Kelebihan dan kekurangan Suzuki Baleno Millenium wajib diperhatikan untuk kalian yang hendak membeli mobil ini lantaran harga bekasnya kini sangat terjangkau.
Bagaimana tidak, mengitup dari beberapa situs jual beli mobil bekas termasuk Mobil123.com, harga Suzuki Baleno Millenium bekas kini sudah ada mulai dari Rp38 jutaan sampai Rp50 jutaan.
Padahal mobil ini memiliki sederet daya tarik yang tak kalah menarik dibanding sedan ukuran compact saat ini.
Kalau mau sedikit kilas balik kehadirannya di Indonesia, Sosok Suzuki Baleno Millenium sejatinya merupakan varian facelift dari Suzuki Baleno sedan yang telah diluncurkan Suzuki di Tanah Air tahun 1999 dan diproduksi hingga 2002.
Untuk kalian ketahui, generasi pertama Baleno sendiri punya ciri khas lampu pipih sebagai mobil perkotaan jenis sedan kompak pesaing utama Honda City dan Toyota Corolla.
Punya tampilan yang tak kalah menarik dari rivalnya, Suzuki Baleno Millenium hingga kini punya pamor yang cukup populer.
Selain karena tampilannya, mobil ini cukup digandrungi masyarakat Tanah Air karena perawatannya juga tak terlalu memusingkan.
Jika kalian tertarik membeli untuk digunakan sebagai mobil keluarga ataupun kendaraan sehari-hari, simak dulu beberapa kelebihan dan kekurangan Suzuki Baleno Millenium berikut ini.
Baca juga: Mengenal Suzuki Baleno dari Masa ke Masa
Pertama-tama kali akan kupas terlebih dulu apa saja yang menjadi alasan sedan Suzuki yang pamor di era tahun 2000-an ini masih layak untuk kalian miliki sekarang.
Hal pertama untuk membahas kelebihan dan kekurangan Suzuki Baleno Millenium adalah soal tampilannya.
Sedan ini punya bentuk yang tak ketinggalan zaman, atau bahasa kerennya timeless.
Seperti yang bisa dilihat, bodynya masih bisa diterima sampai sat ini.
Tidak terlihat kaku, banyak mengimplementasikan desain membulat yang terkesan elegan tapi ada sedikit sentuhan sporty.
Pada bagian wajahnya, generasi faceliftnya ini mendapat lampu berbahan dasar polycarbonate dengan bentuk lebar dan membulat yang di smoke hitam di bagian lis dalamnya, guna menyuguhkan kesan sporty.
Bonnet atau penutup mesinnya sendiri memperoleh improvement dengan lekukan garis yang dinamis.
Melihat grillnya, bagian terpenting mobil ini juga punya tampilan yang tak kalah modern berkat adanya aksen krom horizontal.
Melihat sisi samping dan belakang, Baleno Millenium tak mengalami ubahan dari generasi sebelumnya terkecuali desain velg yang terkesan jauh lebih atraktif.
Dibagian dalamnya, nuansa kokpit mobil ini menampilkan kesan elegan dan ergonomis.
Dengan banyak menampilkan bentuk membulat, bentuk yang diterimanya tidak terlihat kaku.
Pada center clusternya sendiri dibuat berkelompok sehingga memundahkan penggunannya ketika ingin menjalankan fitur.
Di penumpang depan, pada dashboardnya terdapat console terbuka yang bisa dimanfaatkan oleh pengguna untuk menaruh barang bawaan berukuran kecil atau tissue.
Bicara fitur yang ada didalamnya, sedan kompak ini telah dilengkapi dengan tilt steering, power steering, power window, electric mirror, central door lock, head unit single din yang bisa diupgrade double din, AC dan heater.
Meskipun di Indonesia fitur ini tidak memiliki fungsi yang terlalu penting, namun dengan adanya heater setidaknya mampu membuat suhu kabin menjadi hangat disaat musim hujan ataupun sedang berpergian ke dataran tinggi.
Generasi pertama Suzuki Baleno varian faceliftnya memperoleh mesin sedikit lebih kecil dibandingkan model pre facelift.
Jika generasi pre facelfitnya mendapatkan mesin 1.6L, faceliftnya sendiri dibenamkan jantung pacu 1.5L.
Menurut data, mesin G15B 1.500 cc 4-silinder segaris SOHC dengan kombusi injeksi yang tersematkan pada varian faceliftnya terebut mampu memeras tenaga sebesar 105 PS pada 6.000 rpm dengan torsi puncak 128 Nm di 4.500 rpm.
Suzuki Baleno Millenium sendiri ditawarkan dengan dua pilihan transmisi, yakni manual 5-percepatan dan otomatis.
Bicara mesin yang digunakan, jantung mekanisnya tersebut selain bandel juga terkenal cukup responsif terutama pada putaran bawahnya.
Disisi lain putaran tenaga diatasnya juga terasa ngejambak.
Mengenai konsumsi BBM-nya, Suzuki Baleno Millenium terbilang irit.
Seperti yang diketahui, untuk penggunaan dalam kota saja mobil ini mampu menempuh jarak 10-12 km/liter.
Berbeda jika kalian memakainya berpergian ke luar kota, tercatat angka konsumsi yang diraihnya mencapai 14-16 km/liter.
Kelebihan lain dari Suzuki Baleno Millenium adalah perawatan mudah dan suku cadang yang murah.
Hal ini penyebab kenapa beberapa masyarakat Tanah Air mengidamkan mobil ini.
Memiliki perawatan yang mudah serta harga suku cadang murah, tentunya membantu pemilik mobil dalam melakukan perbaikan atau perawatan secara berkala tanpa khawatir kesusahan mendapatkan spare part dengan harga yang mahal.
Baca juga: Perbandingan Toyota Great Corolla (Greco) vs Honda Civic Genio, Icon Sedan Gaul 90-an
Kalau sudah semakin tertarik, tahan dulu, perhatikan beberapa penyakit dan kekurangan Suzuki Baleno yang satu ini.
Untuk membuatnya dapat berjalan, Suzuki Baleno Millenium menggunakan penggerak roda depan (FWD).
Pada kaki-kakinya, mobil ini terbilang lemah, dimana pengendara kerap kali mendengar dan merasakan suara ‘gluduk’ pada bagian roda depannya.
Hal ini diakbiatkan karena karet bushing di swing arm sudah mulai mulai getas, karet ball joint pecah, serta karet tie rod yang jebol yang sudah termakan usia.
Pada bagian depannya, mobil ini menggunakan suspensi jenis MacPherson Strut Independent dan MacPherson Strut Per keong dibelakangnya.
Untuk bantingannya, mobil ini terasa empuk ketika melewati jalan yang sedikit hancur.
Meski empuk, Suzuki Baleno Millenium terasa sedikit limbung ketika dipacu dalam kecepatan tinggi dan sedikit bermanuver, terlebih jika berkendara sendirian.
Hal yang menjadi perhatian penting mobil ini disaat mencucinya.
Karenanya air kerap kali masuk melewati celah-celah dan tergenang di bagasi.
Jika dibiarkan dalam jangka waktu yang cukup lama, tentunya dapat menimbulkan karat di bawah ban cadangan.
Setelah mencuci mobil, sebaiknya kalian juga mengelap sisa air cucian di bawah ban cadangan guna menghindari karat.
Peredam kabin pada mobil ini dianggap kurang baik meredam suara bising dari luar.
Dengan begitu kalian masih bisa mendengar dengan jelas suara kendaraan yang berlalu lalang, serta suara raungan mesin ketika dipacu di atas 80 km/jam.
Sandaran jok penumpang baris belakang mobil ini tidak bisa direbahkan secara maksimal.
Dengan posisinya yang tegak, penumpang akan merasa mudah lelah ketika berpergian ke luar kota.
Spesifikasi Suzuki Baleno Millenium 2000 | |
---|---|
Dimensi | |
Panjang | 4.375 mm |
Lebar | 1.695 mm |
Tinggi | 1.395 mm |
Jarak sumbu roda | 2.480 mm |
Jarak ke tanah | 155 mm |
Kapasitas tangki BBM | 51 liter |
Ukuran roda | 185/55 R15 |
Mesin | |
Tipe mesin | G15B SOHC Fuel Injection |
Isi silinder | 1.462 cc |
Jumlah silinder | 4 |
Daya maksimum | 105 PS @6.000 rpm |
Torsi maksimum | 128 Nm @4.500 rpm |
Transmisi | Manual 5-percepatan |
Otomatis 4-percepatan | |
Sistem penggerak roda | Penggerak Roda Depan |
Sasis | |
Suspensi depan | McPherson Strut Independen |
Suspensi belakang | MacPherson Strut with Coil Spring |
Rem depan | Ventilated disc |
Rem belakang | Drum |
Baca juga: Harga Bekas Menggiurkan, Ini Kelebihan dan Kekurangan Toyota Soluna
Mengetahui harga bekasnya saat ini di rentang Rp35 jutaan serta kelebihan dan kekurangan Suzuki Baleno Millenium dari beberapa parameter di atas, mobil ini masih sangat layak untuk dikendarai termasuk untuk mendukung aktifitas sehari-hari.
Tak hanya itu, perawatan yang mudah, cukup nyaman, suku cadang murah dan mudah ditemukan, serta punya tenaga yang responsif, Baleno Millenium juga sangat cocok digunakan sebagai mobil keluarga.
Kelebihan:
Kekurangan:
Jaminan Kualitas Mobil
Garansi Satu Tahun
Jaminan 5 Hari Uang Kembali
Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi
{{variantName}}
{{expSellingPriceText}}
{{carMileage}} km
{{registrationYear}} tahun
{{storeState}}