Tidak Overheat Tapi Kenapa Kipas Radiator Nyala Terus? Ketahui Beberapa Penyebabnya!

Pertanyaan mengenai kenapa kipas radiator nyala terus mungkin cukup sering kalian dengar di kalangan pengguna mobil, umumnya pemilik mobil lama (motuba).

Buat pengguna mobil-mobil lawas, sistem pendinginan mesin memang menjadi masalah yang kerap ditemui, mengingat umumnya mobil-mobil yang sudah berusia lebih dari 10 tahun sudah mulai mengalami problem di sektor cooling system.

Padahal dengan sistem pendinginan yang bekerja optimal, suhu mesin dapat terjaga sehingga mobil idak mengalami overheat tiba-tiba di jalan.

Sebagai salah satu peranti vital pada mobil yang berguna membantu pendinginan terhadap suhu mesin, peran kipas radiator sangatlah penting.

Pada umumnya, kipas ini diletakan di belakang radiator yang diselimuti cover guna menghindari adanya benda atau anggota tubuh supaya tidak bersentuhan langsung disaat bilah-bilah kipas berputar kencang.

Kipas radiator sendiri bertugas untuk menyedot udara segar dari luar mobil kemudian mengalirkan udara tersebut ke bidang permukaan radiator melalui sirip radiator.

Sebagai informasi, umumnya ada dua jenis kipas pendingin yang digunakan mobil, yaitu konvensional dan elektrik.

Kipas radiator dengan motor listrik

Jenis kipas radiator yang digerakkan dengan motor listrik lebih sering ditemui pada kendaraan keluaran terkini.

Jenis kipas tersebut dipilih karena bekerja berdasarkan sensor pada saluran air pendingin.

Apabila komponen ini menerima sensor naiknya suhu air pendingin sampai batas temperatur tertentu, maka kipas radiator baru bergerak menjalankan tugasnya.

Beda halnya dengan kipas radiator yang digerakkan menggunakan pulley serta v belt, kipas akan terus bekerja ketika mesin kendaraan dinyalakan mengikuti RPM.

Dengan demikian, penggunaan komponen ini tidak banyak menggunakan arus listrik.

Contoh mobil saat ini yang masih mengandalkan kipas radiator model konvensional adalah Toyota Kijang Innova dan Fortuner.

Sedangkan mobil dengan kipas radiator elektrik ialah Honda Brio, Daihatsu Sigra, serta Toyota Avanza.

Bicara kipas radiator model elektrik, seperti yang kami sampaikan sebelumnya, benda ini normalnya akan berputar dan mati secara otomatis.

Baca juga: Isuzu Panther Keluar Asap dari Dipstick dan Tutup Oli? Bukan Berarti Ngobos!

Cara Kerja Kipas Radiator Mobil

Kipas radiator konvensional tanpa motor listrik

Kipas radiator mobil terletak di bagian belakang radiator guna mendinginkan suhu mesin. 

Cara kerja dari kipas pendingin tersebut ada dua macam yang dibedakan berdasarkan penggerak kipasnya yang sudah kami jelaskan tadi. 

Berikut cara kerja kipas radiator mobil sesuai tipenya.

Kipas Radiator yang Digerakkan dengan Pulley

Kipas pendingin yang digerakkan oleh pulley dan v belt akan bergerak terus menerus jika mesin dalam keadaan hidup. 

Antara poros engkol dan manual fan dihubungkan melalui sebuah pulley dan belt.

Kipas manual tipe ini secara umum dipasang di depan water pump. 

Kecepatan putaran yang dihasilkan dari kipas tersebut juga sangat bergantung dengan kecepatan dari mesin yang berputar. 

Jika mesin berputar dengan kecepatan tinggi, maka kipas juga akan berputar lebih cepat, namun jika mesin berputar dengan kecepatan yang rendah, maka kipas juga akan berputar lebih lambat. 

Gerakan kipas yang dihasilkan dari berputarnya poros engkol semacam ini dirasa menambah beban mesin.

Jika beban yang diterima oleh mesin bertambah, otomatis bahan bakar yang dibutuhkan juga akan semakin banyak. 

Selain itu, kipas tersebut juga akan menimbulkan bunyi saat bekerja, karena itu, untuk mengatasi masalah tersebut, kipas menggunakan sebuah kopling.

Kipas Radiator yang Digerakkan dengan Motor Listrik

Tipe kipas pendingin kedua adalah yang digerakkan menggunakan motor listrik.

Kipas semacam ini tidak lagi memanfaatkan putaran yang dihasilkan dari poros engkol sebagai penggerak kipas pendinginnya, kipas elektrik tersebut akan berputar ketika motor listrik dialiri arus listrik.

Motor listrik yang dipakai pada tipe kipas ini adalah DC, yaitu jenis arus yang searah, serta menggunakan sebuah sensor yang bernama Water Temperature Sensor (WTS). 

Sensor tersebut akan mendeteksi temperatur air yang ada pada mesin, apabila air sudah mencapai pada suhu yang telah ditetapkan, maka WTS akan mengirimkan laporan ke ECU. 

Selanjutnya, ECU akan mengirimkan sinyal tegangan pada relay fan, kemudian status relay fan menjadi aktif dan motor listrik akan teraliri listrik.

Dalam kondisi semacam ini, motor listrik akan bekerja menggerakkan kipas pendingin. 

Pada dasarnya, banyak sekali keuntungan yang dimiliki oleh kipas radiator tipe elektrik ini, di antaranya adalah mesin tidak terlalu terbebani, yang pada akhirnya bahan bakar bisa lebih efisien.

Baca juga: Gak Usah Bingung, Ini Pilihan dan Harga Oli Mobil Daihatsu Sigra yang Bagus

Penyebab Kenapa Kipas Radiator Nyala Terus

Jika menemukan gejala kipas radiator elektrik menyala secara terus menerus, tentunya ada kejadian yang tidak beres dan perlu mendapatkan penanganan dengan segera.

Karenanya ketika kalian mempertanyakan kenapa kipas radiator nyala terus, maka sebenarnya itu dapat menimbulkan efek tidak baik untuk komponen mobil.

Seperti aki menjadi cepat tekor yang pada akhirnya sistem kelistrikan mobil menjadi tidak bekerja secara sempurna dan mengganggu aktivitas ketika sedang bekendara.

Selain dari itu, efek lainnya mesin menjadi boros bahan bakar ditambah tarikan menjadi kurang enak.

Oh iya, disisi lain jika kipas terus bergerak, motor listrik jadi mudah lemah karena diharuskan selalu berputar.

Mengalami kejadian seperti ini pada mobil kesayangan? Ketahui beberapa penyebab kenapa kipas radiator nyela terus menerus.

1. Rusaknya Refrigerant Pressure Sensor

Refrigerant Pressure Sensor rusak

Nyalanya kipas radiator secara terus menerus bisa disebabkan oleh kerusakan pada Refrigerant Pressure Sensor. Kerusakannya membuat kipas terus nyala ketika AC juga dinyalakan. 

Dalam kondisi normal, ketika AC tidak dinyalakan putaran kipas menjadi normal mengikuti kondisi pendingin mesin. Namun jika terjadi kerusakan di Refrigerant Pressure Sensor, maka ECU bisa memerintahkan kipas radiator untuk terus berputar sepanjang waktu.

2. Relay yang Rusak Jadi Alasan Kenapa Kipas Radiator Nyala Terus

Kerusakan relay

Kerusakan relay pada jalur kelistrikan kipas radiator bisa menjadi salah satu penyebab kenapa kipas terus berputar.

Komponen ini merupakan saklar elektrik yang bekerja elektromagnetik sesuai arus input di bagian kumparan.

Kerusakan relay tersebut dalam kondisi tertentu bisa membuat kipas radiator terus terkoneksi.

Hal yang membuat relay kipas radiator rusak bisa disebabkan karena faktor usia pemakaian, korsleting listrik baik terkena air maupun arus pendek.

3. Fan Control Unit Mengalami Kerusakan

Fan Control Unit

Microcontroller atau fan control unit merupakan alat untuk mengatur kecepatan putaran kipas radiator sesuai kebutuhan mesin.

Alat ini biasanya dapat ditemukan di mobil keluaran tahun lama.

Jika mobil kalian masih menggunakan alat ini, sebaiknya harus lebih diperhatikan.

Apabila mengalami kerusakan pada bagian ini, bisa dipastikan kipas radiator akan menyala secara terus menerus.

Baca juga: Musim Hujan Bikin Rawan Jamur Kaca Mobil, Begini Cara Deteksi dan Menghindarinya

4. Water Temperature Sensor Bermasalah

Water Temperature Sensor (WTS) mulai rusak

Kerusakan Water Temperature Sensor (WTS) adalah penyebab lain kipas radiator mobil selalu menyala.

Diluaran, WTS ini sering juga disebut sebagai ECT (Engine Coolant Temperature Sensor) yang umumnya diletakan di pipa sebagai jalurnya air dari radiator menuju mesin dan sebaliknya.

Kerusakan WTS yang memberikan efek kipas nyala secara terus menerus ini biasanya terjadi karena short circuit atau korsleting.

Nilai tahanan WTS menjadi tetap 0 dan arus listrik terus mengalir ke ECU, kemudian ECU menilai sinyal ini sebagai penanda bahwa suhu air pendingin menjadi panas.

Akhirnya ECU langsung mengaktifkan kipas radiator mobil sehingga terus berputar. 

5. Arus listrik dari Aki yang Dibuat langsung Menuju ke Motor Listrik

Kipas mendapat arus litrik langsung dari aki

Jika kalian tertarik membeli mobil bekas dan mendapati kejadian kipas radiator selalu menyala ketika anak kunci diputar ke posisi on, bisa dipastikan motor kipas menerima arus listrik dari aki secara langsung.

Hal ini biasanya dilakukan oleh beberapa pemilik atau pedagang mobil bekas yang hendak menjual kendaraannya dan mendapati sensor atau bagian lainnya pada radiator tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

Kesimpulan

Jika ada pertanyaan kenapa kipas radiator nyala terus di mobil kalian, maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Pertama cek terlebih dulu jenis cooling system di mobil tersebut, apakah yang digerakan oleh pulley atau pakai motor listrik.

Jika digerakkan oleh motor listrik, periksa apakah ada kabel dari kipas tersebut yang di jumper langsung ke aki supaya bisa selalu berputar.

Lantas cek beberapa komponen terkait seperti refrigerant pressure sensor, relaynya, fan control unit, sampai water temperature sensor.

    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Enda

Senior Writer

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia...

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Toyota Avanza

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

Lihat Lebih

Video Pendek Terkait

Related Videos

Avanza, Xpander, Ertiga, Siapa yang Paling Lega dan Banyak Fitur? | Mobil Baru di GIIAS 2021

Mobil listrik GAC Aion Y Plus memang sudah direncanakan untuk masuk ke Indonesia. Bahkan mobil pertama untuk pasar Indonesia dari GAC ini akan diperkenalkan perdana kepada publik pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023, di ICE BSD City, Tangerang. Namun jelang debutnya di dalam negeri, GAC Aion Y Plus rupanya sudah melakukan uji jalan (road test) di beberapa jalan sepanjang Jabodetabek (Jakarta-Bogor-Tangerang-Bekasi). "Kami antusias membawa Aion Y Plus ke pasar Indone
Suzuki Vitara, Escudo dan Sidekick merupakan salah satu andalah bagi mereka yang mencari kendaraan tangguh bertubuh jangkung dan sanggup "bermain" di medan off road. Biasanya peminat mobil ini adalah golongan yang mau upgrade dari Suzuki Jimny yang punya dimensi lebih compact namun juga offroader sejati. Pada dekade 1990-an, Suzuki memang menjadi salah satu pabrikan Jepang yang populer dengan lini SUV mereka. Tak cuma memiliki Jimny atau Katana, Suzuki juga memasarkan SUV long wheelbase dalam ke
Mitsubishi Canter FE 74 HD vs Isuzu ELF NMR 71 merupakan dua light truck yang cukup menguasai pangsa pasarnya di Indonesia. Nama Mitsubishi Canter FE 74 HD dan Isuzu ELF NMR 71 memang sudah tidak asing di telinga para pelaku pengusaha angkutan barang untuk segmen truk Light-Duty 6 roda. Keduanya kerap kali dipertimbangkan karena memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing untuk mendukung kegiatan bisnis sehari-hari. Bicara mengenai harga baru, keduanya memiliki perbedaan harga yang lumayan,
Isuzu Panther bekas memang masih banyak peminatnya, tapi lebih cocok dipakai di daerah pelosok ketimbang di kota besar seperti Jakarta. Isuzu Panther merupakan mobil legendaris yang begitu melekat di kalangan masyarakat Indonesia selain Toyota Kijang. Julukan "Rajanya Diesel" pun masih melekat sampai sekarang, karena pada masa jayanya dulu, tak banyak MPV yang menawarkan opsi mesin diesel kecuali Toyota Kijang. Jika kalian lahir di era 1990-an, maka boleh jadi masih ingat betul iklan berjargon "
Baterai mobil listrik ternyata masih jadi isu yang paling banyak dibicarakan terkait masyarakat yang mulai beralih menggunakan kendaraan elektrifikasi. Dalam beberapa tahun terakhir mobil listrik selalu menjadi pembicaraan, karena mobil tanpa bahan bakar minyak ini juga didukung secara langsung oleh pemerintah. Hanya saja, berdasarkan riset yang dilakukan Populix, terhadap 350 responden laki-laki dan perempuan berusia 17-45 di Jakarta, selama Maret 2024, ada sejumlah tantangan yang dirasakan pem

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaruPembaruan
Hot
Toyota

Toyota Calya

Rp 161,50 - 181,10 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
HAVAL

HAVAL H6

Rp 595,80 Juta

Lihat Mobil
TANK

TANK 500

Rp 1,20 Milyar

Lihat Mobil
Mendatang
Neta

Neta V II

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Kia

KIA EV9

Rp 1,99 Milyar

Lihat Mobil
MG

MG VS HEV

Rp 389,00 Juta

Lihat Mobil
Mitsubishi

Mitsubishi L100 EV

Rp 320,00 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Tiggo 5X 2024

Rp 269,00 - 299,00 Juta

Lihat Mobil
Mendatang
Vinfast

VinFast e34

Belum Tersedia

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

Toyota Avanza
Lihat