Mitsubishi Colt Diesel 'Ragasa', Truk Light Duty yang Lincah dan Perkasa

Mitsubishi Colt Diesel Ragasa menjadi salah satu kendaraan niaga yang terkenal memiliki spesifikasi mumpuni.

Tak heran kalau si kepala kuning, julukan Colt Diesel, jadi truk light duty terlaris di Indonesia.

Punya nama asli Mitsubishi Colt Diesel 120 PS, ini adalah produk truk ringan dari pabrikan berlogo tiga berlian itu yang terkenal punya kemampuan mesin hebat, tapi sekaligus juga efisiensi bahan bakar yang sangat baik.

Sedikit kilas balik tentang sejarahnya, Mitsubishi terhitung sudah memproduksi Colt Diesel sejak 1963, dimana truk ini bersaing dengan Isuzu Elf, Hino 300, bahkan Toyota Dyna.

Dalam perjalanannya, pabrikan tersebut pernah merilis Colt Diesel FE3 dan FE4 yang dijuluki sebagai Mitsubishi Colt Diesel Ragasa.

Light truck andalan Mitsubishi di Indonesia

Adapun perbedaan secara fisik Mitsubsihi Colt Diesel FE4 berbentuk kabin lebar, sedangkan FE3 kabin sempit.

Versi yang pertama muncul pada tahun 1995 yaitu Colt Diesel FE 449E, truk ringan ini masih menggunkan mesin 4d34 (120 ps) sama seperti generasi sebelumnya.

Nama Colt Diesel sendiri bertahan hingga tahun 2022, namun kemudia Mitsubishi merubah penamaan itu jadi Canter, hingga sekarang.

Baca juga: Si Kepala Kuning Mitsubishi Colt Diesel 'Umplung', Sukses Jadi Truk Light Duty Terlaris

Mengenal Varian Mitsubishi Colt Diesel Ragasa

Sempat eksis di eranya

Dirancang dengan sedemikian rupa, Mitsubishi Colt Diesel 120PS ini menjadi pilihan yang tepat untuk mengangkut beban yang cukup berat dan melibas berbagai medan yang sulit utamanya di daerah pelosok Nusantara.

Namun sayangnya, pihak pabrikan telah menyuntik mati truk ini, karena mengikuti perkembangan jaman dan kemajuan teknologi

Meski terkadang truk ini masih saja muncul di jalanan, tapi sudah seramai dulu kala, serta eksistensinya digantikan truk Fuso Canter yang telah mengalami perubahan teknologi.

Konon, nama Mitsubisi Colt Diesel Ragasa berasal dari akronim Si Ragil yang Bergaya dan Leluasa yang merupakan jargon dari Mitsubishi Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) yang dipakai untuk materi iklan truk tersebut.

Awal karirnya, Ragasa muncul sebagai suksesor dari Colt Diesel FE Series yang juga punya julukan Cold Diesel Umplung.

Sengitnya persaingan di kelas kendaraan komersial, khususnya light truck tidak membuat KTB terlena begitu saja.

Andalan pengusaha pada masanya

Apalagi pada era 1990-an Indonesia tengah mengalami pembangunan disejumlah daerah yang membuat kebutuhan akan kendaraan jenis ini juga cukup tinggi.

Uutuk itu KTB kemudian meluncurkan Mitsubsihi Colt Diesel FE4, yang kemudian lebih dikenal dengan sebutan Mitsubishi Colt Diesel Ragasa yang sebenarnya juga punya nama lain, Colt Diesel Tepak.\

Pada tahun 1997, KTB kemudian meluncur juga Colt Diesel tipe FE3 yang mempunyai kabin sempit sama seperti Colt Diesel FE1 series. 

Baik FE3 maupun FE4 fiturnya sudah cukup modern, dengan hadirnya peranti tuas transmisi di lantai (floor shift) dan kabin jungkit (tilt cab) sebagai standarnya.

Secara umum, selain tipe 135PS, sisi teknisnya masih banyak kemiripan dgn Colt Diesel FE1 generasi sebelumnya.

Selama pemasarannya di Indonesia, Colt Diesel FE3 dan FE4 hadir dalam 3 tipe utama, 5 varian tipe, dgn 11 model, yakni sebagai berikut:

  1. Colt Diesel 100PS FE334E, didukung mesin 4D31 3.298 cc 5MT, yang menghasilkan tenaga 100 PS dan torsi 235 Nm. 
  2. New Colt Diesel D 100PS hadir dalam varian FE334E, FE334E HD, truk ini didukung mesin 4D31 5MT 3298cc yang menghasilkan tenaga 100 PS dan torsi 235 Nm. 
  3. Colt Diesel 120PS FE349E didukung mesin 4D34 3.908 cc 5MT dengan tenaga yang dihasilkan sebesar 120 PS dengan torsi 274 Nm. 
  4. New Colt Diesel 120PS FE349E dan FE349E HD, truk ini didukung mesin 4D34 5MT 3.908 cc yang memproduksi tenaga 120 PS dan torsi 274 Nm. 
  5. CD 120PS FE449E Ragasa (kabin lebar warna krem), tipe ini diproduksi antara 1995 – 1997 serta didukung mesin 4D34 5MT 3.908 cc dengan output tenaga 120 PS dan torsi 274 Nm. 
  6. CD 135PS FE347E, sebuah truk yang dibekali mesin 4D33 4.214 cc 5MT dengan output tenaga 135 PS dan torsi 304 Nm. 
  7. New CD 135PS FE347E yang didukung mesin 4D31 4.214 cc 5MT serta memiliki tenaga yang dihasilkan sebesar 135 PS dengan torsi 304 Nm. 
  8. CD 135PS FE447E (kabin lebar warna krem), truk ini dibekali mesin 4D31 4.214 cc 5MT dan tenaga yang dihasilkan sebesar 135 PS dengan torsi puncak 304 Nm.
  9. New CD 135PS FE447E (kabin lebar), truk ini mengandalkan mesin 4D31 4.214 cc 5MT, dengan output tenaga maksimum 135 PS dan torsi 304 Nm.

Lantas apa kehebatan dari Colt Ragasa hingga mampu bertahan hingga belasan tahun? Berikut ini ulasannya. 

Baca juga: Mitsubishi Fuso Pensiunkan Colt Diesel, Rilis 29 Varian Berstandar Euro4

Truk Mitsubishi Colt Diesel Ragasa Lincah dan Punya Daya Angkut Besar

Laris manis dipasaran

Meskipun dibangun sebagai truk ringan, namun Colt Diesel Ragasa ini punya kemampuan angkut yang perkasa. Hal ini bisa dilihat dari Gross Weight Vehicle tiap tipe yang cukup besar.

Berikut ini rinciannya:

  • GVW 100ps = 7.0ton, 
  • GWV 120ps = 7.5ton, 
  • GWV Ragasa 120ps = 7.8ton, 
  • GWV 135ps = 8.0ton. 

Sementara itu, dibangun dengan konstruksi sasis dan wheelbase yang cukup pendek membuat Ragasa cukup lincah masuk ke gang-gang yang lumayan sempit.

Posisi spion yang menjulur keluar dengan kaca cukup besar turut membuat pengemudi lebih leluasa mengawasi bagian belakang.

Nah, kelemahan pada Colt FE4 ini terdapat pada ruang kabin untuk pengemudi sedikit sempit.

Bagi pengemudi yang badannya cukup bongsor agak sulit mengoper gigi maupun melepas parking brake.

Untuk mensiasatinya, pengemudi terpaksa mengatur posisi kursi sedikit dimundurkan. 

Mesin Galak Ciri Khas Colt Ragasa

Sering juga dipakai jadi mobil antar paket

Colt Diesel 135ps hadir sebagai jawaban KTB atas hadirnya Isuzu ELF NKR66 135PS yang telah mendominasi pasar High LDT selama 2 tahun.

Kelebihan di tipe Colt Diesel 135PS ini juga memiliki tromol rem yg lebih lebar ketimbang Colt Diesel 120PS.

Secara umum, selain tipe 135PS, sisi teknisnya masih banyak kemiripan dengan Colt Diesel FE1 generasi sebelumnya.  

Bicara soal karakter mesin, dapur pacu milik Mitsubishi Colt Diesel Ragasa bisa dibilang cukup garang dan responsif.

Pengemudi hanya perlu menginjak pedal gas secukupnya, sudah membuat mesin melesat kencang, namun cukup memiliki "teriakan" yang tinggi. 

Hal ini disebabkan karena mesin tidak dibekali turbo atau Naturally Aspirated (NA) sehingga tenaga mesin dibuat sebesar mungkin.

Durabilitas mesin juga jadi daya tariknya

Tanpa adanya turbo, efeknya seperti mesin dengan kompresi padat dan suara bising yang agak berlebihan.

Tipe 135ps ini sangat diminati oleh pembeli Colt Diesel, utamanya berasal dari konsumen Indonesia bagian timur, mereka memesan mayoritas model FE347E kabin sempit.

Sedang di Indonesia bagian barat, penjualan tipe kabin sempit kurang menggembirakan.

Konsumen kebanyakan membeli model FE447E kabin lebar untuk aplikasi truk box.

Baca juga: 4 Mobil Baru Rasa Motuba di Indonesia, Masih Tetap Laris Padahal Usianya Ada yang Sudah 40 Tahun!

Model Facelift Punya Kemampuan Makin Perkasa

Masih ada beberapa pengusaha yang menggunakannya hingga kini

Pada tahun 2002 Colt Diesel FE3 dan FE4 kemudian mendapatkan facelift.

Adapun perubahan di truk ini terdapat pada headlamp dengan desain kotak seperti milik Fighter, spion model baru, corak seat cover baru, juga kaca depan jenis baru. 

Pada tahun 2003, dihadirkan model tambahan berupa FE334HD 100PS dan FE349HD 120PS.

Tak cuma desain baru, kemampuan tipe ini juga turut ditingkatkan agar makin perkasa saat membawa muatan. Tipe ini disiapkan sebagai truk 4x2 yang perkasa di medan off road.

Model HD ini memiliki beberapa komponen tambahan yang memungkinkan untuk membawa muatan lebih berat serta lebih jago untuk melewati medan offroad.

Varian HD ini sudah memakai power steering dan axle ratio 6.666:1, sasis juga ditambahkan bbrp penguat “L” pada bbrp titik section.

Pada bagian per atau spring, varian HD kini memiliki 8 lembar per di bagian depan, serta 18 lembar per di bagian belakang (10 utama + 8 pembantu). 

Colt Diesel varian HD kebanyakan digunakan dengan aplikasi dump truck dan persebaran terbesarnya ada di luar pulau Jawa. Tak heran bila saat itu penjualannya tidak sebanyak varian lain.

    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Au...

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Mitsubishi L300

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

Lihat Lebih

Video Pendek Terkait

Related Videos

Harga L300 pick up 2020 wilayah kalsel

Raksasa otomotif asal China, Great Wall Motor (GMW) berencana menutup kantor pusat regional Eropa yang berada di Munich, Jerman, mulai 1 Agustus 2024 mendatang. Akibat dari rencana penutupan kantor pusatnya ini, setidaknya akan ada 100 tenaga kerja yang ikut diberhentikan. Tentu saja ini berbanding terbalik dengan rencana GWM di Indonesia, karena mereka sedang merancang strategi untuk memasarkan produknya, melalui brand Tank, Haval, hingga Ora yang juga akan segera dipasarkan di Tanah Air. Baca
Sanksi plat nomor palsu terus diberikan oleh pihak kepolisian kepada para pelanggar lalu lintas terutama di Jakarta. Pengendara mobil yang menggunakan Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) palsu ini sebagian dipakai oknum pengemudi demi melintas di kawasan ganjil genap (Gage) Jakarta yang diterapkan di beberapa jalan raya. Hal itu pula yang terlihat dari akun Instagram @TMCPoldametro. Ditlantas Polda Metro Jaya yang terus melakukan penindakan dan memberi sanksi plat nomor palsu bagi pengendara u
Pada halaman menu Mobil Dijual di situs Auotufun.co.id, kalian bisa menemukan beberapa listing yang menampilkan harga Hyundai Ioniq 5 bekas. Sekedar informasi, mobil listrik berjeniskan mid-size crossover ini pertama kali diluncurkan di Indonesia melalui ajang IIMS 2022. Ditopang di atas struktur Electric-Global Modular Platform (E-GMP), mobil listrik pertama Hyundai Indonesia ini telah diproduksi di pabrik Hyundai yang berlokasi di Cikarang, Jawa Barat. Ioniq 5 sendiri telah dibekali beragam fi
Toyota Kijang Innova Zenix sejak diperkenalkan pada akhir 2022 terlah membuat fenomena baru. Segmen Medium MPV pun kembali ramai setelah PT Toyota Astra Motor (TAM) menghadirkan generasi ketujuh Innova yang dinamakan Innova Zenix ini. Selain itu sudut pandang masyarakat Indonesia juga mulai berubah, dari yang sebelumnya hanya percaya pada teknologi mesin pembakaran internal (Internal Combustion Engine/ICE) baik bensin maupun mesin diesel, kini mulai marak yang melirik teknologi Hybrid Electric V
Jambore Nasional Mercedes-Benz Club Indonesia ke-19 dijadwalkan akan dihelat pada 27-28 September 2024 di Peninsula Island The Nusa Dua, Bali. Ajang silahturahmi komunitas pecinta mobil Mercedes Benz Tanah Air yang digelar setiap tahunnya ini nantinya sekaligus menyambutMercedes-Benz World Days 2024. Mengusung tema "Harmony in Motion: Celebrating Mercedes-Benz Passion and Milestones", Jambore Nasional Mercedes-Benz Club Indonesia ke-19 bertujuan untuk merayakan kecintaan dan kesatuan dalam komun

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaruPembaruan
Hot
Toyota

Toyota Calya

Rp 161,50 - 181,10 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
HAVAL

HAVAL H6

Rp 595,80 Juta

Lihat Mobil
TANK

TANK 500

Rp 1,20 Milyar

Lihat Mobil
Mendatang
Neta

Neta V II

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Kia

KIA EV9

Rp 1,99 Milyar

Lihat Mobil
MG

MG VS HEV

Rp 389,00 Juta

Lihat Mobil
Mitsubishi

Mitsubishi L100 EV

Rp 320,00 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Tiggo 5X 2024

Rp 269,00 - 299,00 Juta

Lihat Mobil
Mendatang
Vinfast

VinFast e34

Belum Tersedia

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

  • Mitsubishi L300
    Rp 217,15 Juta
    VS
    Toyota Hilux
    Rp 245,85 Juta
    L300 vs Hilux
  • Mitsubishi L300
    Rp 217,15 Juta
    VS
    Daihatsu Gran Max PU
    Rp 143,05 Juta
    L300 vs Gran Max PU
  • Mitsubishi L300
    Rp 217,15 Juta
    VS
    Isuzu Traga
    Rp 211,80 Juta
    L300 vs Traga
Mitsubishi L300
Lihat