Biaya Servis Toyota bZ4X Ternyata Lebih Murah dari Innova Zenix

Mungkin Anda penasaran dengan biaya servis Toyota bZ4X. Pasalnya mobil listrik ini bisa disebut barang baru. Apalagi, PT Toyota Astra Motor (TAM) selaku agen pemegang merek Toyota, juga untuk pertama kalinya memasarkan mobil full listrik.

Lantas, apakah ada perbedaan dalam hal service atau perawatan berkala antara mobil listrik dibandingkan dengan mobil mesin bensin?

Mobil listrik Toyota bZ4X

Jika melihat situs resmi Toyota, secara garis besar tetap sama. Antara lain perawatan Toyota bZ4X dilakukan pertama kali di bulan pertama pasca kepemilikan atau 1.000 km, mana yang tercepat. Kemudian untuk servis berkala seterusnya dilakukan setiap enam bulan sekali atau kelipatan 10.000 km, 20.000 km, 30.000 km dan seterusnya.

Namun tentunya saja karena ada komponen baik pada mesin, sasis dan body, memiliki perbedaan. Maka beberapa bagian-bagian yang diperiksa atau diganti juga berbeda.

Baca juga: Toyota bZ4X Sudah Uji Tabrak Euro NCAP dari Berbagai Sisi, Apa Hasilnya?

Biaya Servis Toyota bZ4X Sampai 5 Tahun

Pertama kali muncul di GIIAS 2022

Meski Toyota bZ4X bisa disebut memiliki harga lebih dari Rp1 miliar, namun untuk urusan biaya service cenderung lebih terjangkau dari mobil-mobil mewah besutan Toyota lainnya. Bahkan biaya service Toyota bZ4X lebih murah dari Toyota Kijang Innova Zenix selama lima tahun.

Disebutkan dalam catatan after sales Toyota, untuk perawatan bZ4X ternyata bebas biaya jasa dan suku cadang sampai service ke-7 atau tahun ketiga mana yang paling cepat.

Hal tersebut juga berlaku untuk program T-Care dimana program ini tidak dikenakan biaya jasa dan biaya suku cadang sampai dengan servis berkala ke-7 maksimal 3 tahun atau 60.000 km.

Nah, di periode servis Toyota bZ4X ke-8, 9, 10 dan 11, ternyata biaya yang dikeluarkan masing-masing sebesar, Rp847.485, Rp2.737.972, Rp847.485, dan Rp2.623.481.

Sebagai bahan perbandingan, diperiode yang sama, biaya service Toyota Kijang Innova Zenix ongkosnya masing-masing mencapai Rp1.557.900, Rp3.055.352, Rp1.557.900, dan Rp5.374.444.

Baca juga: Tembus Rp1 Miliar, Tetap Pilih Toyota bZ4X atau Lebih Baik Lexus UX 300e Aja?

Rincian Biaya Service Berkala Toyota bZ4X

Toyota bZ4X
Toyota bZ4x Biaya
Service ke-1 Gratis
Service ke-2 Gratis
Service ke-3 Gratis
Service ke-4 Gratis
Service ke-5 Gratis
Service ke-6 Gratis
Service ke-7 Gratis
Service ke-8 Rp847.485
Service ke-9 Rp2,737,972
Service ke-10 Rp847,485
Service ke-11 Rp2,623,481

Baca juga: 5 Hal Penting dari Toyota bZ4X, Tampilan Biasa Aja Harganya Mahal Apa Pantas Dibeli?

Parts yang Diperiksa dan Diganti 

Service ke-1: 1 bulan atau 1.000 km

Pada bagian komponen yang wajib diperiksa yaitu sistem pendinginan dan heater, cairan pendingin inverter, baterai EV dan pengisiannya dan baterai 12 volt.

Selain itu, bagian lain yang harus diperiksa pada bagian sasis dan body, pedal rem dan fungsi rem parkir, minyak rem, suspensi depan dan belakang, kondisi ban-ban dan tekanan pemompaannya (termasuk ban serep), semua lampu-lampu, klakson, penghapus dan pembasuh kaca depan, Kencangkan mur dan baut-baut pada chassis dan bodi, kecukupan isi cairan air conditioner atau pendingin udara.

Service ke-2: 6 bulan atau 10.000 km

Pada bagian komponen mesin yang wajib diperiksa yaitu baterai EV dan baterai 12 volt. Untuk bagian sasis dan body yang harus diperiksa yaitu pedal rem dan fungsi rem parkir (termasuk tromol dan kanvas rem parkir), pad-pad dan piringan rem, minyak rem, boot drive shaft.

Ada juga pengerjaan pengencangan baut atau mur pada drive shaft (tipe flange), kencangkan baut dan mur pada chasis dan bodi, periksa kondisi ban dan tekanan pemompaannya, rotasi ban dan balance lampu-lampu, klakson, penghapus dan pembasuh kaca, karet wiper, bersihkan saringan pendingin udara, dan periksa Alat pemadam Api Ringan.

Service ke-3: 12 bulan atau 20.000 km

Pada service ketiga, ada beberapa bagian komponen yang wajib diperiksa baterai EV dan baterai 12 volt. Bagian sasis dan body juga harus diperiksa, pedal rem dan fungsi rem parkir (termasuk tromol dan kanvas rem parkir), atau bila perlu ganti pad-pad rem, periksa juga piringan rem, minyak rem, pipa-pipa dan saluran-saluran minyak rem, roda kemudi, sambungan dan gear box kemudi, boot drive shaft.

Lantas pengencangan baut atau mur pada drive shaft (tipe flange), ball joint pada suspensi dan penutup debu, suspensi depan dan belakang, kencangkan baut dan mur pada chasis dan bodi, periksa kondisi ban dan tekanan pemompaannya, rotasi ban dan balance, periksa semua lampu-lampu, klakson, penghapus dan pembasuh kaca, bila perlu ganti karet wiper, bersihkan saringan pendingin udara, periksa kecukupan isi cairan pendingin udara dan Alat pemadam Api Ringan.

Service ke-4: 18 bulan atau 30.000 km

Untuk service berkala keempat, maka  ada beberapa bagian komponen yang wajib diperiksa baterai EV dan baterai 12 volt. Bagian sasis dan body juga perlu periksa yaitu pedal rem dan fungsi rem parkir, pad-pad dan piringan rem, minyak rem, periksa boot drive shaft, ball joint dan penutup debu, periksa kondisi ban-ban dan tekanan pemompaannya (termasuk ban serep), rotasi ban dan balance, lampu-lampu, klakson, penghapus dan pembasuh kaca depan.

Diikuti kencangkan mur dan baut-baut pada drive shaft (tipe flange), periksa karet wiper, bila perlu ganti saringan pendingin udara dan alat pemadam api ringan.

Service ke-5: 24 bulan atau 40.000 km

Ketika memasuki tahun kedua, ada bagian mesin diganti seperti oli differential depan, kemudian diperiksa juga seperti sistem pendinginan dan heater, cairan pendingin inverter, baterai EV, baterai 12-volt, tutup pengisian listrik, soket dan jalur kelistrikan. 

Selain itu, bagian sasis dan body, juga diperiksa pedal rem dan fungsi rem parkir (termasuk tromol dan kanvas rem parkir),  bila perlu ganti pad-pad rem, piringan rem, ganti minyak rem, periksa pipa-pipa dan saluran-saluran minyak rem, roda kemudi, sambungan dan gear box kemudi, boot drive shaft, kencangkan pengencangan baut atau mur pada drive shaft (tipe flange), periksa ball joint pada suspensi dan penutup debu, suspensi depan dan belakang, kencangkan baut dan mur pada chasis dan bodi, periksa kondisi ban dan tekanan pemompaannya, rotasi ban dan balance, periksa semua lampu-lampu, klakson, penghapus dan pembasuh kaca, bila perlu ganti karet wiper, bersihkan saringan pendingin udara dan periksa Alat pemadam Api Ringan.

Service ke-6: 30 bulan atau 50.000 km

Pada service keenam, ada bagian komponen mesin perlu periksa seperti  baterai EV dan baterai 12 volt. Selain itu, bagian sasis dan body juga diperiksa mulai dari pedal rem dan fungsi rem parkir (termasuk tromol dan kanvas rem parkir), pad-pad rem, piringan rem, minyak rem, boot drive shaft.

Lantas ada pengencangan baut atau mur pada drive shaft (tipe flange), periksa ball joint pada suspensi dan penutup debu, kencangkan baut dan mur pada chasis dan bodi, periksa kondisi ban dan tekanan pemompaannya, rotasi ban dan balance, periksa semua lampu-lampu, klakson, penghapus dan pembasuh kaca, karet wiper, bersihkan saringan pendingin udara, dan periksa Alat pemadam Api Ringan.

​Service ke-7: 36 bulan atau 60.000 km

Pada periode ini, komponen mesin yang perlu diperiksa seperti baterai EV dan baterai 12 volt. Bagian sasis dan body juga diperiksa mulai dari pedal rem dan fungsi rem parkir (termasuk tromol dan kanvas rem parkir), bila perlu ganti pad-pad rem, piringan rem, minyak rem, pipa-pipa dan saluran-saluran minyak rem, roda kemudi, sambungan dan gear box kemudi, boot drive shaft.

Ada pula pengencangan baut atau mur pada drive shaft (tipe flange), ball joint pada suspensi dan penutup debu, oli diferensial depan, suspensi depan dan belakang, kencangkan baut dan mur pada chasis dan bodi, periksa kondisi ban dan tekanan pemompaannya, rotasi ban dan balance, periksa semua lampu-lampu, klakson, penghapus dan pembasuh kaca, periksa atau bila perlu ganti karet wiper, bila perlu ganti saringan pendingin udara, kecukupan isi cairan pendingin udara, dan periksa Alat Pemadam Api Ringan.

Service ke-8: 42 bulan atau 70.000 km

Di periode kedelapan, komponen mesin yang perlu diperiksa seperti baterai EV dan baterai 12 volt. Selain itu sasis dan body juga perlu diperiksa mulai dari pedal rem dan fungsi rem parkir, pad-pad dan piringan rem, minyak rem, boot drive shaft,  ball joint dan penutup debu, kondisi ban-ban dan tekanan pemompaannya (termasuk ban serep), rotasi ban dan balance, lampu-lampu, klakson, penghapus dan pembasuh kaca depan, karet wiper.

Termasuk pengencangan mur dan baut-baut pada chassis dan bodi, saringan pendingin udara dan periksa alat pemadam api ringan.

Service ke-9: 48 bulan atau 80.000 km

Service kesembilan perlu dilakukan pemeriksaan seperti sistem pendinginan dan heater, ganti cairan pendingin mesin, periksa baterai EV dan baterai 12-volt, serta tutup pengisian listrik, soket dan jalur kelistrikan.

Bagian sasis dan body juga wajib diperiksa seperti periksa pedal rem dan fungsi rem parkir, pad-pad dan piringan rem, ganti minyak rem, periksa pipa-pipa dan selang-selang saluran minyak rem, periksa roda kemudi dan persambungannya, side slip, boot drive shaft, kencangkan pengencangan baut atau mur pada drive shaft (tipe flange), ball joint dan penutup debu, minyak transmisi otomatis, suspensi depan dan belakang, kondisi ban-ban dan tekanan pemompaannya (termasuk ban serep), rotasi ban dan balance, periksa semua lampu-lampu, klakson, penghapus dan pembasuh kaca depan, kencangkan mur dan baut-baut pada chassis dan bodi, bila perlu ganti karet wiper, bersihkan saringan pendingin udara, periksa kecukupan isi cairan pendingin udara, dan Alat pemadam Api Ringan.

Service ke-10: 54 bulan atau 90.000 km

Periode ini juga harus diperiksa pada bagian mesin yaitu baterai EV dan baterai 12-volt. Selain itu, bagian sasis dan bodi juga perlu diperiksa antara lain pedal rem & fungsi rem parkir, pad-pad dan piringan rem, boot drive shaft, kencangkan pengencangan baut atau mur pada drive shaft (tipe flange).

Pengencangan baut dan mur pada chasis dan bodi, minyak rem ball joint dan penutup debu, periksa kondisi ban-ban dan tekanan pemompaannya (termasuk ban serep), rotasi ban dan balance, periksa semua lampu-lampu, klakson, penghapus dan pembasuh kaca depan, karet wiper, bersihkan saringan pendingin udara, dan alat pemadam api ringan.

Service ke-11: 60 bulan atau 100.000 km

Pada service ke-11, ada beberapa komponen mesin perlu diperiksa baterai EV dan baterai 12-volt, sistem pendinginan dan heater, tutup pengisian listrik, soket dan jalur kelistrikan. 

Bagian sasis dan bodi juga perlu diperiksa seperti pedal rem dan fungsi rem parkir (termasuk tromol dan kanvas rem parkir), bila perlu ganti pad-pad rem, periksa piringan rem, minyak rem, pipa-pipa dan saluran-saluran minyak rem, roda kemudi, sambungan dan gear box kemudi, boot drive shaft, kencangkan pengencangan baut atau mur pada drive shaft (tipe flange), periksa ball joint pada suspensi dan penutup debu, oli diferensial depan, suspensi depan dan belakang, kencangkan baut dan mur pada chasis dan bodi, periksa kondisi ban dan tekanan pemompaannya, rotasi ban dan balance, periksa semua lampu-lampu, klakson, penghapus dan pembasuh kaca, bila perlu ganti karet wiper, bersihkan saringan pendingin udara, dan periksa kecukupan isi cairan pendingin udara, serta Alat Pemadam Api Ringan.

    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Toyota bZ4X

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2019 Daihatsu TERIOS X 1.5

Rp 195,00 Juta
Rp 3,97 Juta/bln

19.652 km

4,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2021 Toyota RAIZE S 1.0

Rp 235,00 Juta
Rp 4,79 Juta/bln

15.274 km

2 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2021 Kia SONET DYNAMIC 1.5

Rp 251,00 Juta
Rp 5,11 Juta/bln

12.742 km

2 tahun

Java East

Cek Tawaran Juli

2021 Daihatsu TERIOS X 1.5

Rp 205,00 Juta
Rp 4,18 Juta/bln

19.465 km

2,5 tahun

Banten

Cek Tawaran Juli

2021 Toyota RAIZE GR SPORT TSS 1.0

Rp 243,00 Juta
Rp 4,95 Juta/bln

14.811 km

2 tahun

Banten

Cek Tawaran Juli
Lihat Lebih

Video Tiktok

Berita Terbaru

Hyundai Stargazer X Penantang Xpander Cross Dipastikan Meluncur di GIIAS 2023

Hyundai akan terus melakukan inovasi di pasar otomotif nasional, termasuk mempersiapkan produk baru berupa Hyundai Stargazer X. Kemunculan Stargazer X ini disebutkan langsung oleh President Director PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) Woojune Cha, di Jakarta, Senin (17/7/2023). Baca juga: Senggol Xpander Cross, Hyundai Stargazer X 2023 Bakal Hadir Pakai Rem Cakram di Semua Roda Menurut Woojune Cha, Stargazer X bakal diluncurkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) yang dimu

Hyundai Stargazer Essential Resmi Diluncurkan dengan Harga Menarik, Ini yang Berubah

PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) menghadirkan Hyundai Stargazer Essential yang menjadi varian baru dari Stargazer, Senin (17/7/2023). Kehadiran Hyundai Stargazer Essential ini ternyata menggantikan tipe Trend. Alhasil, varian Stargazer saat ini untuk urutan termurah sampai termahal adalah Active, Essential, Style dan Prime. Baca juga: Hyundai Stargazer Essential Segera Diluncurkan, Fiturnya Lebih Lengkap Menurut President Director PT Hyundai Motors Indonesia, Woojune Cham kehadiran Stargazer E

Terungkap, MG Cyberster 2023 Bisa Sprint Lebih Cepat dari Ferrari dan Lamborghini

Mobil listrik pertama MG berjeniskan roadster soft top, MG Cyberster 2023 diperkenalkan pertama kali pada April lalu. Pabrikan China berdarah Inggris, MG, hadirkan Cyberster 2023 bukan cuma membawa desain yang agresif sekaligus atraktif, namun juga dengan performa tinggi. Baru-baru ini diungkapkan bahwa mobil listrik ini bahkan lebih cepat dan lebih bertenaga daripada banyak supercar terkemuka dunia. Wang Jian, director of electric propulsion development SAIC Motor, mengatakan Cyberster merupaka

6 Catatan Penting Wuling Air ev Selama di Indonesia

Tepat 11 Agustus 2022, mobil listrik Wuling Air ev memasuki satu tahun kehadirannya di pasar otomotif Indonesia. Nah, bersamaan dengan kehadiran Wuling Motors di Indonesia sejak Juli 2017, merek mobil asal China ini menggelar acara Green Drive Festival dengan mengundang konsumen Air ev serta komunitas Wuling Electric Vehicle Indonesia (WEVI). Dalam acara tersebut, Wuling Motors menghadirkan berbagai aktivitas seru serta penampilan dari stand up comedian, Mongol, dan hingga mendatangkan penyanyi

Review Pemilik: Honda City Hatchback RS 2021, Cocok Buat Dimodif

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Honda City Hatchback RS 2021 Honda City Hatchback RS dihadirkan sebagai penerus Jazz GK5 di Tanah Air. Mewarisi berbagai keunggulan yang menjadi ikonik hatchback Honda, City Hatchback RS terlihat stylish, sporty, canggih, serta memiliki performa besar, yang mempunyai karakter 11-12 dengan Jazz. Pada review pemilik kali ini, kami akan mengulas City Hatchback RS manual lansiran April 2021. Menurut cerita dari pemilik, ia membeli mobil ini dalam

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Varian Baru
Toyota

Toyota Agya

Rp 175,40 - 253,50 Milyar

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil
Toyota bZ4X
Lihat