Mau Ubah Toyota Agya 2023 Jadi Tipe GR Sport? Cuma Tambah Rp6 Jutaan!

Toyota Agya GR Sport 2023 kini menjadi Agya varian tertinggi di Indonesia. Secara total ada tiga tipe Agya yang ditawarkan oleh PT Toyota Astra Motor (TAM). Yaitu All New Agya tipe E, All New Agya tipe G, dan All New Agya GR Sport.

Khusus tipe E cuma hadir dengan transmisi manual dan berstatus Spot Order. Artinya jika kalian berminat maka harus pesan dulu, baru barang diproduksi dan dikirim. Ini membuat indennya lebih lama dibanding tipe non spot order.

Sementara untuk tipe G dan GR Sport bukan status Spot Order serta ada pilihan transmisi manual 5 percepatan dan otomatis CVT. Tapi selisih harganya cukup jauh.

Berikut daftar harga Toyota Agya terbaru per 2025:

  • 1.2 E M/T: Rp 170.900.000
  • 1.2 G M/T: Rp 178.400.000
  • 1.2 G CVT: Rp 194.400.000
  • 1.2 GR-S M/T: Rp 243.000.000
  • 1.2 GR-S M/T (Two Tone): Rp 245.500.000
  • 1.2 GR-S CVT: Rp 259.300.000
  • 1.2 GR-S CVT (Two Tone): Rp 261.800.000

All New Agya tipe G

Dari dafta harga tersebut terlihat untuk tipe GR-S (GR Sport) menjadi varian tertinggi dari All New Agya. Varian ini disediakan dalam transmisi manual dan otomatis, serta ada opsi warna eksterior Single Tone dan Two Tone.

Untuk harganya, paling murah saja terpaut Rp 65 jutaan lebih mahal dibanding tipe All New Agya tipe G bertransmisi manual. Sedangkan antara tipe G CVT dan tipe GR Sport CVT Two Tone sebagai model termahal selisih harganya bisa sampai Rp 67 jutaan.

Tentunya ada banyak perbedaan yang ditawarkan Toyota pada varian All New Agya GR Sport ketimbang tipe G apalagi tipe E. Bahkan pihak TAM mengklaim kalau All New Agya khusus tipe GR Sport sudah tidak lagi masuk kategori LCGC. Melainkan naik statusnya ke segmen city car berukuran kompak, selevel dengan Honda Brio RS.

Baca juga: Resmi Dijual, Harga Toyota Agya 2023 Tembus Seperempat Miliar

Tipe GR-S

Secara tampilan saja, varian GR-S ini memang meyajikan sosok lebih sporty dan agresif ketimbang tipe-tipe di bawahnya. Alhasil, jika kalian suka dengan mobil-mobil berkarakter sporty, pasti akan kepincut dengan Agya GR Sport terbaru ini.

Tapi jangan sedih dulu kalau sudah naksir dengan tampilan sporty Agya GR-S namun dananya gak cukup. Ternyata, TAM melalui jaringan delaer resminya juga menyediakan Toyota Customization Option (TCO) untuk All New Agya.

Aksesoris tambahan genuine Toyota ini bisa dipasang untuk tipe G, bahkan tipe E supaya tampilannya jadi mirip tipe GR Sport.

Baca juga: Beda Cuma Rp 1 juta, Pilih Toyota Agya GR Sport Atau Raize yang Bermesin Turbo?

Cuma Tambah Rp6 Juta Ubah Toyota Agya Tipe G 2023 Jadi GR Sport

Informasi adanya aksesoris Agya GR-S ini kami dapatkan dari satu unggahan Instagram @rezaprawirasdimaja. Si pengunggah yang merupakan bagian dari tim tenaga penjual Toyota itu menulis ada empat paket aksesoris untuk All New Agya.

1. GR Aero Package (Rp3.495.000)

Front aero mudguard

Aksesoris ini adalah paket paling basic dan hanya berupa komponen eksterior saja. Seperti GR-S Front Aero Mudguard, GR-S Side Sikrt, GR-S Rear Aero Mudguard. Sementara komponen lain dibagian kabin masih serupa tipe G.

2. Aero Function Package (Rp4.669.000)

GR-S Side Skirt

Untuk paket ini selain yang termasuk paket GR Aero juga ditambahkan back camera dan premium horn atau klakson.

3. Advance Package (Rp2.149.000)

Rear aero mudguard

Karena harganya lebih murah, maka paket ini tidak termasuk bodykit GR Sport. Tapi hanya berupa tambahan back camera dan DVR.

4. Full Spec Package (Rp6.494.000)

Tampilannya mirip tipe GR Sport

Ini adalah paket paling lengkap. Komponennya berupa bodykit GR Sport untuk bemper depan dan belakang serta sideskirt, lalu back camera, premium horn, dan DVR.

Gimana, gak perlu Rp62 juta buat jadi tampilan ala Agya GR Sport kan...

Baca juga : Harga Sama, Mending Toyota Avanza G 1.5 MT Apa Tetap Pilih Agya GR Sport CVT 2023?

Perbedaan Toyota Agya GR Sport 2023 dengan Varian G dan E

Emblem GR Sport

Secara dimensi, tipe GR Sport ini hanya beda di ukuran panjang tubuh. Yaitu 3.830 mm sementara yang tipe G dan E 3.760 mm. Adapun lebar, tinggi, dan jarak sumbu roda pada ketika varian tipenya sama. Yakni masing-masing 1.665 mm, 1.505 mm, dan 2.525 mm.

Tetapi lantaran hadir dengan imbuhan GR Sport, tentunya mobil ini juga memiliki DNA Sporty seperti varian GR lainnya dari Toyota. Secara visual, ia disematkan bodykit racikan dari tim Toyota Gazoo Racing (TGR). Yakni pada bagian bumper depan, side skirt, dan bumper belakang yang semua ornamennya berpenampilan agresif.

Kemudian perbedaan tipe GR-S pada Agya terbaru ini juga bisa terlihat dari penyematan velg 15 inci dengan balutan ban 185/55/R15. Sementara pada Agya tipe G dan E cuma pakai velg 14 inci. Yang paling terlihat jelas tentunya emblem GR berwarna hitam dan merah yang ada di bemper depan serta pintu bagasi belakang.

Logo GR ini juga akan ditemukan ketika Anda masuk ke dalam mobil. Misalnya pada lingkar kemudi, sandaran jok pengemudi dan penumpang depan, scuff plate di pintu pengemudi serta penumpang depan, dan juga karpet lantai.

Jok dengan headrest terpisah

Oh ya, jok baris pertama di Agya GR Sport juga dibuat berbeda dari tipe G dan E-nya. Modelnya semi bucket dengan busa tebal dan material pelapis suede yang lembut. Bagian headrest juga sudah terpisah, tidak lagi model "pocongan".

Soal fiturnya juga ada beberapa tambahan dari tipe G. Misalnya spion luar yang pakai pelipat elektrik. Kemudian headunitnya juga 8 inci sementara tipe G 7 inci. Lantas meter cluster di tipe GR pakai layar 7 inci dengan tampilan mirip Toyota Raize. Terakhir di tipe GR juga sudah ada wireless charger.

Kehadiran Toyota Agya GR Sport 2023 kalau diselidik lebih lanjut ternyata sangat menarik. Pasalnya, Toyota melalui tim TGR telah meracik sistem steering dan suspension secara khusus. Kalau kita tarik jauh ke belakang, teknik seperti ini juga pernah diterapkan pada Yaris TRD Sportivo generasi pertama, serta Toyota Rush TRD Sportivo tipe konde. Kedua mobil tersebut benar-benar menggunakan sistem suspensi yang dirancang khusus agar berbeda dari tipe-tipe di bawahnya.

Urusan mesin, Agya GR Sport terbaru ini tetap memakai mesin 1.2L dengan kode WA-VE sama seperti tipe G dan tipe E. Mesin berkapasitas 1.198 cc 3-silinder dengan teknologi DOHC dan Dual VVT-i itu di atas kertas mampu menghasilkan tenaga puncak 88 PS pada 6.000 rpm. Semnetara torsi terbesarnya ada di 113 Nm pada putaran 4.500 rpm.

Mesin 1.2L WA-VE 3 silinder

Mesinnya dipadukan dengan transmisi manual 5-percepatan dan opsi D-CVT. Tapi biar lebih cekatan saat berakselerasi, transmisinya dikembangkan dengan fixed gear ratio serta adanya fitur paddle shift, hingga keberadaan Power Mode.

Selain sistem kemudi dan suspensi yang lebih rigid, model ini juga mendapatkan fitur baru yakni Vehicle Stability Control (VSC) dan Hill Start Asssist (HSA). VSC dirasakan sangat membantu pada saat bermanuver di tikungan yang cukup tajam. Adapun HSA begitu membatu ketika menemui jalan menanjak dan harus berhenti akibat kemacetan. Lantaran mobil akan menahan beberapa detik supaya tidak merosot pada saat kaki lepas dari pedal rem.

Spesifikasi teknis Toyota Agya 2023
  Tipe E Tipe G Tipe GR Sport
Dimensi
Panjang 3.760 mm 3.760 mm 3.830 mm
Lebar 1.665 mm 1.665 mm 1.665 mm
Tinggi 1.505 mm 1.505 mm 1.505 mm
Jarak sumbu roda 2.525 mm 2.525 mm 2.525 mm
Jarak ke tanah 150 mm 150 mm 160 mm
Ukuran roda 175/65 R14 175/65 R14 185/55 R15
Kapasitas tangki 33 liter 33 liter 33 liter
Mesin
Tipe mesin WA-VE DOHC Dual VVT-i WA-VE DOHC Dual VVT-i WA-VE DOHC Dual VVT-i
Jumlah silinder 3 3 3
Kapasitas silinder 1.198 cc 1.198 cc 1.198 cc
Daya maksimum 88 PS @6.000 rpm 88 PS @6.000 rpm 88 PS @6.000 rpm
Torsi maksimum 113 Nm @4.500 rpm 113 Nm @4.500 rpm 113 Nm @4.500 rpm
Transmisi Manual 5-percepatan Manual 5-percepatan Manual 5-percepatan
    Otomatis CVT Otomatis CVT
Sistem penggerak roda Penggerak roda depan Penggerak roda depan Penggerak roda depan
Sasis
Suspensi depan MacPherson Strut MacPherson Strut MacPherson Strut
Suspensi belakang Semi Independent Semi Independent Semi Independent
Rem depan Ventilated Disc Ventilated Disc Ventilated Disc
Rem belakang Drum Drum Drum

Baca juga: Ini Beda Toyota Agya GR Sport 2023 dengan Versi Sebelumnya, Gak Ada Lagi Kesan LCGC

FAQ

Berapa harga mobil baru Toyota Agya 2023?

Berikut daftar harga Toyota Agya terbaru per 2025:

  • 1.2 E M/T: Rp 170.900.000
  • 1.2 G M/T: Rp 178.400.000
  • 1.2 G CVT: Rp 194.400.000
  • 1.2 GR-S M/T: Rp 243.000.000
  • 1.2 GR-S M/T (Two Tone): Rp 245.500.000
  • 1.2 GR-S CVT: Rp 259.300.000
  • 1.2 GR-S CVT (Two Tone): Rp 261.800.000

Apakah Agya ada yang matic?

Toyota Agya 2023 hadir dengan tiga varian tipe, yaitu tipe E, All New Agya tipe G, dan All New Agya GR Sport. Khusus tipe E cuma hadir dengan transmisi manual dan berstatus Spot Order. Sementara untuk tipe G dan GR Sport bukan status Spot Order serta ada pilihan transmisi manual 5 percepatan dan otomatis CVT.

Berapa cc mesin Toyota Agya?

Semua varian tipe Toyota Agya terbaru memakai mesin 1.2L dengan kode WA-VE berkapasitas 1.198 cc 3-silinder dengan teknologi DOHC dan Dual VVT-i itu di atas kertas mampu menghasilkan tenaga puncak 88 PS pada 6.000 rpm. Semnetara torsi terbesarnya ada di 113 Nm pada putaran 4.500 rpm.

    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang...

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Toyota Agya

Video Pendek Terkait

Related Videos

Rekomendasi Mobil Keluarga AutoFun Indonesia 2023 (FCR)

Menimbang Toyota Agya G dan Daihatsu Ayla R, Lebih Pas Mana?

Jadi Mending Agya Baru, Brio Satya, atau Cukup Ayla? | Komparasi Mobil di Bawah Rp 200 juta!

Nyoba Dua Varian Agya Baru, Apa Saja Bedanya? | All New Toyota Agya G & GR Sport

NEW 2021 TOYOTA AGYA

Ada beberapa kelebihan dan kekurangan Toyota Sienta yang patut kalian ketahui secara mendetil jika berminat membeli MPV yang satu ini. Namun perlu diperthatikan pula, kini Sienta hanya bisa didapatkan dalam kondisi unit bekas. Mobil jenis multi purpos vehicle (MPV) dengan pintu geser atau sliding door banyak juga diminati oleh konsumen di Indonesia. Sebab, tampilannya terlihat elegan dan berkelas serta memiliki kemudahan untuk akses masuk dna keluar kabin mobil. Mobil MPV pintu geser di Indonesi
Jika dilihat secara lebih teliti, perbedaan Suzuki Ignis GL dan GX cukup banyak, loh. Ignis merupakan city car kompak dengan tampilan crossover yang pertama kali diluncurkan di Indonesia pada 2017. Untuk pasar Tanah Air, mobil ini sempat mendapat penyegaran secara minor change pada 2020. Keberadaan Ignis di Indonesia cukup diminati oleh beberapa kalangan lantaran memiliki bentuk yang unik, dimensi kompak, harga mepet LCGC Honda Brio namun memiliki fitur menarik. Kini PT Suzuki Indomobil Sales (S
Konsumsi BBM Nissan March merupakan hal yang kerap ditanyakan oleh mereka yang tertarik dengan city car ini. Tak heran memang, mengingat Nissan March punya beberapa keistimewaan yang jadi daya tariknya. Selain Sport Utility Vehicle (SUV) dan Multi Purpose Vehicle (MPV), mobil jenis city car atau hatchback juga cukup jadi favorit banyak konsumen di Indonesia. Jika SUV dan MPV didominasi oleh konsumen yang sudah berkeluarga, untuk city car atau hatchback lebih banyak digunakan oleh generasi muda.
Satu lagi merek mobil China masuk pasar otomotif nasional, yaitu Xpeng. Brand anyar ini akan dijual oleh Erajaya Active Lifestyle (ERAL) selaku agen pemegang merek, yang merupakan anak perusahaan Erajaya Group. Informasi kehadiran brand anyar ini diumumkan melalui keterangan resmi, pada 31 Desember 2024, dimana ERAL telah melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) dengan Xpeng. Kedua perusahaan ini telah bertemu, yang diwakili CEO Erajaya Active Lifestyle, Djohan Sutanto, dan Head of Inter
Toyota Avanza 2022 dan Toyota Veloz 2022 yang menggunakan sistem penggerak roda depan atau FWD, menandakan babak baru eksistensi mobil sejuta umat itu di Indonesia. Ini jadinya mobil baru tersebut sama seperti Mitsubishi Xpander dan Suzuki Ertiga yang hadir dalam format sistempengegrak roda yang serupa. Direktur Pemasaran PT Toyota-Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy mengatakan perubahan tersebut untuk menjawab pergeseran tren dan selera masyarakat. Penggunaan mesin FWD diakui Anton karena me

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaruPembaruan
Hot
Toyota

Toyota Calya

Rp 170,20 - 190,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

  • Toyota Agya
    Rp 167,90 Juta
    VS
    Honda Brio
    Rp 167,90 Juta
    Agya vs Brio
  • Toyota Agya
    Rp 167,90 Juta
    VS
    Daihatsu Ayla
    Rp 103,30 Juta
    Agya vs Ayla
  • Toyota Agya
    Rp 167,90 Juta
    VS
    Toyota Yaris
    Rp 295,80 Juta
    Agya vs Yaris
  • Toyota Agya
    Rp 167,90 Juta
    VS
    Wuling Air EV
    Rp 238,00 Juta
    Agya vs Air EV
  • Toyota Agya
    Rp 167,90 Juta
    VS
    Suzuki Baleno
    Rp 235,00 Juta
    Agya vs Baleno
Toyota Agya
Lihat