Toyota Agya GR Sport 2023 kini menjadi Agya varian tertinggi di Indonesia. Secara total ada tiga tipe Agya yang ditawarkan oleh PT Toyota Astra Motor (TAM). Yaitu All New Agya tipe E, All New Agya tipe G, dan All New Agya GR Sport.
Khusus tipe E cuma hadir dengan transmisi manual dan berstatus Spot Order. Artinya jika kalian berminat maka harus pesan dulu, baru barang diproduksi dan dikirim. Ini membuat indennya lebih lama dibanding tipe non spot order.
Sementara untuk tipe G dan GR Sport bukan status Spot Order serta ada pilihan transmisi manual 5 percepatan dan otomatis CVT. Tapi selisih harganya cukup jauh.
Berikut daftar harga Toyota Agya terbaru per 2025:
Dari dafta harga tersebut terlihat untuk tipe GR-S (GR Sport) menjadi varian tertinggi dari All New Agya. Varian ini disediakan dalam transmisi manual dan otomatis, serta ada opsi warna eksterior Single Tone dan Two Tone.
Untuk harganya, paling murah saja terpaut Rp 65 jutaan lebih mahal dibanding tipe All New Agya tipe G bertransmisi manual. Sedangkan antara tipe G CVT dan tipe GR Sport CVT Two Tone sebagai model termahal selisih harganya bisa sampai Rp 67 jutaan.
Tentunya ada banyak perbedaan yang ditawarkan Toyota pada varian All New Agya GR Sport ketimbang tipe G apalagi tipe E. Bahkan pihak TAM mengklaim kalau All New Agya khusus tipe GR Sport sudah tidak lagi masuk kategori LCGC. Melainkan naik statusnya ke segmen city car berukuran kompak, selevel dengan Honda Brio RS.
Baca juga: Resmi Dijual, Harga Toyota Agya 2023 Tembus Seperempat Miliar
Secara tampilan saja, varian GR-S ini memang meyajikan sosok lebih sporty dan agresif ketimbang tipe-tipe di bawahnya. Alhasil, jika kalian suka dengan mobil-mobil berkarakter sporty, pasti akan kepincut dengan Agya GR Sport terbaru ini.
Tapi jangan sedih dulu kalau sudah naksir dengan tampilan sporty Agya GR-S namun dananya gak cukup. Ternyata, TAM melalui jaringan delaer resminya juga menyediakan Toyota Customization Option (TCO) untuk All New Agya.
Aksesoris tambahan genuine Toyota ini bisa dipasang untuk tipe G, bahkan tipe E supaya tampilannya jadi mirip tipe GR Sport.
Baca juga: Beda Cuma Rp 1 juta, Pilih Toyota Agya GR Sport Atau Raize yang Bermesin Turbo?
Informasi adanya aksesoris Agya GR-S ini kami dapatkan dari satu unggahan Instagram @rezaprawirasdimaja. Si pengunggah yang merupakan bagian dari tim tenaga penjual Toyota itu menulis ada empat paket aksesoris untuk All New Agya.
Aksesoris ini adalah paket paling basic dan hanya berupa komponen eksterior saja. Seperti GR-S Front Aero Mudguard, GR-S Side Sikrt, GR-S Rear Aero Mudguard. Sementara komponen lain dibagian kabin masih serupa tipe G.
Untuk paket ini selain yang termasuk paket GR Aero juga ditambahkan back camera dan premium horn atau klakson.
Karena harganya lebih murah, maka paket ini tidak termasuk bodykit GR Sport. Tapi hanya berupa tambahan back camera dan DVR.
Ini adalah paket paling lengkap. Komponennya berupa bodykit GR Sport untuk bemper depan dan belakang serta sideskirt, lalu back camera, premium horn, dan DVR.
Gimana, gak perlu Rp62 juta buat jadi tampilan ala Agya GR Sport kan...
Baca juga : Harga Sama, Mending Toyota Avanza G 1.5 MT Apa Tetap Pilih Agya GR Sport CVT 2023?
Secara dimensi, tipe GR Sport ini hanya beda di ukuran panjang tubuh. Yaitu 3.830 mm sementara yang tipe G dan E 3.760 mm. Adapun lebar, tinggi, dan jarak sumbu roda pada ketika varian tipenya sama. Yakni masing-masing 1.665 mm, 1.505 mm, dan 2.525 mm.
Tetapi lantaran hadir dengan imbuhan GR Sport, tentunya mobil ini juga memiliki DNA Sporty seperti varian GR lainnya dari Toyota. Secara visual, ia disematkan bodykit racikan dari tim Toyota Gazoo Racing (TGR). Yakni pada bagian bumper depan, side skirt, dan bumper belakang yang semua ornamennya berpenampilan agresif.
Kemudian perbedaan tipe GR-S pada Agya terbaru ini juga bisa terlihat dari penyematan velg 15 inci dengan balutan ban 185/55/R15. Sementara pada Agya tipe G dan E cuma pakai velg 14 inci. Yang paling terlihat jelas tentunya emblem GR berwarna hitam dan merah yang ada di bemper depan serta pintu bagasi belakang.
Logo GR ini juga akan ditemukan ketika Anda masuk ke dalam mobil. Misalnya pada lingkar kemudi, sandaran jok pengemudi dan penumpang depan, scuff plate di pintu pengemudi serta penumpang depan, dan juga karpet lantai.
Oh ya, jok baris pertama di Agya GR Sport juga dibuat berbeda dari tipe G dan E-nya. Modelnya semi bucket dengan busa tebal dan material pelapis suede yang lembut. Bagian headrest juga sudah terpisah, tidak lagi model "pocongan".
Soal fiturnya juga ada beberapa tambahan dari tipe G. Misalnya spion luar yang pakai pelipat elektrik. Kemudian headunitnya juga 8 inci sementara tipe G 7 inci. Lantas meter cluster di tipe GR pakai layar 7 inci dengan tampilan mirip Toyota Raize. Terakhir di tipe GR juga sudah ada wireless charger.
Kehadiran Toyota Agya GR Sport 2023 kalau diselidik lebih lanjut ternyata sangat menarik. Pasalnya, Toyota melalui tim TGR telah meracik sistem steering dan suspension secara khusus. Kalau kita tarik jauh ke belakang, teknik seperti ini juga pernah diterapkan pada Yaris TRD Sportivo generasi pertama, serta Toyota Rush TRD Sportivo tipe konde. Kedua mobil tersebut benar-benar menggunakan sistem suspensi yang dirancang khusus agar berbeda dari tipe-tipe di bawahnya.
Urusan mesin, Agya GR Sport terbaru ini tetap memakai mesin 1.2L dengan kode WA-VE sama seperti tipe G dan tipe E. Mesin berkapasitas 1.198 cc 3-silinder dengan teknologi DOHC dan Dual VVT-i itu di atas kertas mampu menghasilkan tenaga puncak 88 PS pada 6.000 rpm. Semnetara torsi terbesarnya ada di 113 Nm pada putaran 4.500 rpm.
Mesinnya dipadukan dengan transmisi manual 5-percepatan dan opsi D-CVT. Tapi biar lebih cekatan saat berakselerasi, transmisinya dikembangkan dengan fixed gear ratio serta adanya fitur paddle shift, hingga keberadaan Power Mode.
Selain sistem kemudi dan suspensi yang lebih rigid, model ini juga mendapatkan fitur baru yakni Vehicle Stability Control (VSC) dan Hill Start Asssist (HSA). VSC dirasakan sangat membantu pada saat bermanuver di tikungan yang cukup tajam. Adapun HSA begitu membatu ketika menemui jalan menanjak dan harus berhenti akibat kemacetan. Lantaran mobil akan menahan beberapa detik supaya tidak merosot pada saat kaki lepas dari pedal rem.
Spesifikasi teknis Toyota Agya 2023 | |||
---|---|---|---|
Tipe E | Tipe G | Tipe GR Sport | |
Dimensi | |||
Panjang | 3.760 mm | 3.760 mm | 3.830 mm |
Lebar | 1.665 mm | 1.665 mm | 1.665 mm |
Tinggi | 1.505 mm | 1.505 mm | 1.505 mm |
Jarak sumbu roda | 2.525 mm | 2.525 mm | 2.525 mm |
Jarak ke tanah | 150 mm | 150 mm | 160 mm |
Ukuran roda | 175/65 R14 | 175/65 R14 | 185/55 R15 |
Kapasitas tangki | 33 liter | 33 liter | 33 liter |
Mesin | |||
Tipe mesin | WA-VE DOHC Dual VVT-i | WA-VE DOHC Dual VVT-i | WA-VE DOHC Dual VVT-i |
Jumlah silinder | 3 | 3 | 3 |
Kapasitas silinder | 1.198 cc | 1.198 cc | 1.198 cc |
Daya maksimum | 88 PS @6.000 rpm | 88 PS @6.000 rpm | 88 PS @6.000 rpm |
Torsi maksimum | 113 Nm @4.500 rpm | 113 Nm @4.500 rpm | 113 Nm @4.500 rpm |
Transmisi | Manual 5-percepatan | Manual 5-percepatan | Manual 5-percepatan |
Otomatis CVT | Otomatis CVT | ||
Sistem penggerak roda | Penggerak roda depan | Penggerak roda depan | Penggerak roda depan |
Sasis | |||
Suspensi depan | MacPherson Strut | MacPherson Strut | MacPherson Strut |
Suspensi belakang | Semi Independent | Semi Independent | Semi Independent |
Rem depan | Ventilated Disc | Ventilated Disc | Ventilated Disc |
Rem belakang | Drum | Drum | Drum |
Baca juga: Ini Beda Toyota Agya GR Sport 2023 dengan Versi Sebelumnya, Gak Ada Lagi Kesan LCGC
Berikut daftar harga Toyota Agya terbaru per 2025:
Toyota Agya 2023 hadir dengan tiga varian tipe, yaitu tipe E, All New Agya tipe G, dan All New Agya GR Sport. Khusus tipe E cuma hadir dengan transmisi manual dan berstatus Spot Order. Sementara untuk tipe G dan GR Sport bukan status Spot Order serta ada pilihan transmisi manual 5 percepatan dan otomatis CVT.
Semua varian tipe Toyota Agya terbaru memakai mesin 1.2L dengan kode WA-VE berkapasitas 1.198 cc 3-silinder dengan teknologi DOHC dan Dual VVT-i itu di atas kertas mampu menghasilkan tenaga puncak 88 PS pada 6.000 rpm. Semnetara torsi terbesarnya ada di 113 Nm pada putaran 4.500 rpm.