Toyota Agya GR Sport 2023 diklaim bukan cuma memiliki perbedaan dari segi fisik dibanding Agya tipe lainnya. Sebab Toyota bersama tim Gazoo Racing ternyata sudah meracik sistem suspensi dan steering khusus.
"Ini sebagai jawaban Toyota kalau tipe GR Sport bukan hanya styling, tapi di Agya suspensi dan steering sampai ban juga beda," kata Anton Jimmi Suwandy, Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM) ketika ditemui di Bali, Rabu (05/04/2023).
Apa yang diucapkannya ini pun lantas dibuktikan oleh para pembalap Toyota Indonesia. Berlokasi dispecial track Sirkuit GWK, Bali, ada dua pembalap tim Toyota Gazoo Racing Indonesia (TGRI) yang sudah menjajal Agya GR Sport 2023.
Keduanya yaitu Anjasara Benedictus Wahyu dan Jordan Johan. Dan mereka mengakui kalau Toyota Agya GR Sport 2023 dalam kondisi standar saja sudah bisa menaklukan sirkuit balap dengan cukup baik.
Baca juga: Harga Agya GR Sport 2023 Kemahalan, Toyota: Kami Tetap Ada Pembelinya
Misalnya Anjasara yang dipercaya mengomandoi sejumlah jurnalis saat melakukan pengujian di trek Agility Sirkuit GWK tersebut. Menurut dia, pengendalian mobil ini jauh melampaui ekspektasi yang ia bayangkan sebelumnya.
"Dalam artian suspensinya memang enak, gak limbung, steering yang baru lebih baik, dan fitur VSC (Vehicle Stability Control) juga bekerja dengan baik. Saya rasa improvement yang dilakukan 150 persen lebih baik dari Agya sebelumnya," kata pembalap yang kerap disapa Anjas itu.
Baca juga: Mau Ubah Toyota Agya 2023 Jadi Tipe GR Sport? Cuma Tambah Rp6 Jutaan!
Semetara Jordan yang bertugas mengetuai pengetesan akselerasi menyebutkan, kalau racikan mesin 3 silinder baru pada Agya 2023 berhasil meningkatkan kemampuan akselerasi mobil ini. "Karena kebetulan saya balap juga pakai Agya generasi sebelumnya, dan yang saya rasakan perubahannya sangat banyak," ujar dia.
Misalnya dari perubahan rasio gigi yang lebih rapat memberi respon mesin lebih baik. Kemudian keberadaan Power Mode juga ikut sumbangsih demi membuat mobil jadi makin cekatan. Sebagai catatan, Agya terbaru di semua varian memakai mesin 1.200 cc WA-VE 3-silinder Dual VVT-i bertenaga 88 PS dan torsi 113 Nm.
Menurut Jordan, dengan beberapa fitur baru, membuat mesin 3 silinder ini punya torsi lebih baik dari mesin 1.200 cc sebelumnya. "Mungkin orang akan berpikir mesin 3 silinder biasanya lemot, tapi ini torsinya lebih besar dari sebelumnya. Dan terbukti dari pengujian 0-60 km/jam sekitar 100 meter waktu terbaik didapat sekitar 6 detik," tukas pembalap muda itu.
Baca juga: FAQ Toyota Agya 2023: Harga Lebih Mahal dari Brio Karena Fitur yang Semakin Canggih?
Adapun Dimas Aksa, Head Of Public Relation TAM menuturkan, Agya GR Sport terbaru ini memang sedang dipersiapkan untuk ikut serta dalam sejumlah kejuaraan balap Nasional.
"Sedang kita develop memang untuk balap, termasuk untuk slalom. Dan ya nantinya juga akan dipakai para pembalap TGRI," jelas Dimas.
Jaminan Kualitas Mobil
Garansi Satu Tahun
Jaminan 5 Hari Uang Kembali
Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi
2020 Honda BRIO RS 1.2
18.587 km
3 tahun
Jakarta
2022 Honda BRIO SATYA E 1.2
5.503 km
0,5 tahun
Jawa Barat
2020 Honda BRIO SATYA E 1.2
16.096 km
3,5 tahun
Jawa Barat
2021 Honda BRIO RS 1.2
17.289 km
2,5 tahun
Banten
2020 Honda BRIO RS 1.2
3.226 km
3,5 tahun
Banten