Saat kalian mencari mobil pertama untuk keluarga, pertimbangan yang umum dipikirkan ialah soal harga beli, durabilitas, serta kemudahan perawatan. Dari sekian banyak model yang tersedia, Daihatsu Terios konde memenuhi syarat karena memiliki kelebihan yang disebutkan tadi.
Daihatsu Terios kali pertama diperkenalkan di Indonesia pada Desember 2006. Terios sejak awal diposisikan sebagai low SUV dengan harga terjangkau. Basis yang digunakan juga memang dari Xenia, dengan beberapa upgrade supaya ideal menjadi sebuah SUV.
Baca juga:
Punya Tampilan 'Konservatif', Daihatsu Terios Konde Lebih Menarik Dari Terios Baru
Sejarah Daihatsu Terios Konde di Indonesia, Pelopor Segmen Low SUV Tanah Air
Varian TX Daihatsu Terios Konde Lebih Layak Dipilih Dibandingkan TS, Kenapa?
Konsep desain Terios ini mengadopsi dari Daihatsu Be-Go di Jepang yang disesuaikan dengan selera masyarakat Indonesia. Bisa dibilang, Terios ini seperti versi long wheelbase dari Be-Go, karena mobil tersebut di negaranya hanya berkonfigurasi 5-seater dengan 3 pintu.
Rupanya penampilan ala jip konservatif ini sangat diterima masyarakat, karena mencitrakan aura tangguh. Dengan sedikit modifikasi di velg dan ban, penampilan Terios jadi kian kekar dan mumpuni melewati medan off road ringan.
Generasi pertama Terios memiliki tampilan yang SUV banget. Sebagai ciri khasnya, mobil ini dilengkapi over fender dan terlihat cukup tinggi dengan ground clearance-nya yang mencapai 200 mm. Dengan begitu, kalian akan merasa lebih mudah dalam menaklukan jalan tanah berbatu yang bergelombang.
Seperti halnya mobil SUV lawas, Daihatsu Terios ini memiliki ban cadangan yang bertengger di pintu bagasi. Ban serep seperti in dapat memudahkan setiap penggunannya ketika ingin mengganti ban. Penempatan ban cadangan di belakang inilah yang kemudian membuat genererasi pertama mobil ini mempunyai sebutan Terios Konde.
Daihatsu Terios Konde ini disematkan mesin 1.500 cc yang terbukti memiliki tingkat durabilitas cukup baik tenaga yang cukup besar. Secara data spesifikasi, mesin 1.5L berkodekan 3SZ-VE DOHC VVT-I Electronic Fuel Injection 4 silinder segaris ini mampu menghasilkan tenaga 109 PS @6.000 rpm dan torsi maksimal mencapai 145 Nm @4.400 rpm.
Untuk dapat menggerakan mobil ini, tenaga yang dihasikan tersebut ditranslasi ke penggerak roda belakang yang diatur menggunakan transmisi manual 5-percepatan serta otomatis konvensional 4-percepatan.
Konsumsi BBM Terios generasi pertama ini mampu meraih jarak 11 km/liter. Berbeda ketika melakukan perjalanan ke luar kota yang notabene sering dipacu dalam kecepatan konstan, mobil ini mampu menempuh jarak hingga 14 km/liter.
Mobil ini memiliki basic yang sama dengan Toyota Avanza yaitu berpenggerak belakang. Hal itu jadi satu kelebihan, karena dengan penggerak belakang mampu melibas tanjakkan dengan enteng sekalipun membawa penumpang penuh.
Torsi yang kuat serta bantuan penggerak belakang yang tidak perlu khawatir saat diperjalanan dengan jalan naik turun yang curam. Selain itu dengan penggerak belakang, kaki-kaki jadi lebih awet karena bagian depan hanya fokus pada kendali kemudi.
Mobil apapun kalau mempunyai basic yang sama dengan Avanza-Xenia maka tidak perlu khawatir tentang perawatannya. Mesinnya juga sudah teruji sangat tangguh dan spare partnya sangat melimpah dan murah karena juga banyak tersedia dalam versi OEM sampai imitasi alias KW.
Bengkel manapun pasti akan familiar dengan jenis mesin yang satu ini. Maka akan mudah diservis jika terjadi kerusakan.
Daihatsu Terios yang hadir sebagai mobil keluarga sudah sejak awal telah mendapatkan jok pada baris paling belakangnya. Dengan begitu Terios mampu dimuati hingga 7-penumpang sekaligus. Hal yang perlu diperhatikan ialah kursi Terios konde ini lumayan sempit di baris ketiga.
Pada interiornya, Terios didukung AC double blower, head unit 2-Din yang mendukung format CD, DVD, MP3, AUX, serta support USB. Sistem infotaiment Daihatsu Terios generasi pertama keluaran terakhir juga bisa memberikan tampilan GPS yang dapat memudahkan pengguna ketika sedang menetukan lokasi tujuan.
Untuk ukuran mobil SUV 4X2 keluaran 2000-an, harga bekas Daihatsu Terios Konde sekarang cukup bersahabat. Untuk keluaran awal 2006-2007 ini harganya mulai dari Rp90 jutaan.
Tentu ini cukup membantu bagi kalian first buyer car yang mencari mobil keluarga serba bisa. Terios sebagai sebuah SUV 4X2 pun siap disiksa untuk perjalanan ke pelosok dengan kondisi jalan tanah berbatu atau aspal keriting.
Jaminan Kualitas Mobil
Garansi Satu Tahun
Jaminan 5 Hari Uang Kembali
Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi
2019 Daihatsu TERIOS X 1.5
19.652 km
4,5 tahun
Jakarta
2021 Toyota RAIZE S 1.0
15.274 km
2 tahun
Jawa Barat
2021 Kia SONET DYNAMIC 1.5
12.742 km
2 tahun
Java East
2021 Daihatsu TERIOS X 1.5
19.465 km
2,5 tahun
Banten
2021 Toyota RAIZE GR SPORT TSS 1.0
14.811 km
2 tahun
Banten