Sebagai sebuah mobil keluarga, Toyota Kijang dirancang sebagai minibus atau MPV yang nyaman tapi tetap perkasa. Banyak yang tak tahu kalau Kijang juga sudah memiliki opsi transmisi matic pada generasi Kijang Kapsul. Untuk Matic ini hadir pada tipe tertinggi yaitu Toyota Kijang LGX.
Pernah jadi mobil yang cukup mewah pada masanya, kini harga bekas Kijang LGX untuk versi matic sudah relatif murah. Berdasarkan penelusuran kami di marketplace, harga MPV tersebut dijual mulai dari Rp60 jutaan untuk transmisi otomatis.
Tentu ini cukup menggiurkan bagi kalian yang sedang bingung cari mobil matic untuk di kota besar, tapi harganya bersahabat dengan perawatan yang mudah. Sebagai informasi, LGX ini merupakan tipe tertinggi, dan untuk kelengkapan fitur di tipe LGX ini sama antara versi manual atau otomatis.
Baca juga:
Rp80 Jutaan, Pilih Toyota Kijang Innova 2005 atau Toyota Kijang Kapsul 2003?
Konsumsi BBM Toyota Kijang Innova Bensin 2004 Kok Lebih Boros Dari Versi 2008, Apa Sebabnya?
Kelebihan dan Kekurangan Toyota Kijang Kapsul Diesel, Musuh Bebuyutan Isuzu Panther
Bagi yang enggan terlihat jadul, bisa memilih Kijang kapsul facelift keluaran tahun 2000. Perbedaannya yang bisa kita ketahui ialah headlamp berukuran besar dengan cover mika, bukan lagi kaca buram. Kemudian pada kaca di pintu belakang model tempel sehingga tidak ada lis karet di sekeliling kaca.
Lantas apa saja hal penting yang perlu diketahui dari Kijang Kapsul versi matic? berikut ini ulasannya.
Pada Kijang Kapsul, transmisi maticnya dikawinkan pada beberapa varian mesin bensin. Adapun mesin bensin di Kijang Kapsul terdiri dari 1.800 cc dengan sistem karburator (7K), dan injeksi atau EFI (7K-E), mesin bensin 2.000 cc (1RZ-FE). Untuk outputnya, 7K-E dengan kapasitas 1.800 cc EFI bertenaga 80 dk dan 1RZ-E berkapasitas 2.000 cc dengan tenaga 100 dk.
Kijang Kapsul tipe LGX bertransmisi matik malah harganya lebih murah daripada transmisi manual, Ini karena Kijang yang matic dulu peminatnya masih sepi.
Berdasarkan penelusuran kami di marketplace jual-beli mobil, Kijang Kapsul dijual dengan harga mulai dari Rp60 juta untuk yang termurah dan harga termahalnya Rp110 juta. Untuk versi manualnya dijual mulai Rp59 juta hingga Rp120 juta.
Meskipun lebih murah, jangan cemas soal durabilitas transmisi Aisin yang dimiliki Kijang Kapsul. Maticnya jelas nggak ringkih, kuat walau transmisi jadul asalkan selalu terawat. Dan karena masih matic konvensional tentu lebih kuat dari CVT.
Kijang kapsul masih memakai transmisi otomatis konvensional 4-percepatan yang dipasok oleh Aisin. Karakter tenaga yang dihasilkan ini cukup halus dan responsif. Sebagai catatan, karena hanya 4-percepatan maka pengemudi harus lincah untuk jaga putaran mesin saat menghadapi tanjakan panjang bila memakai mode D.
Untuk tanjakan panjang seperti di Cipularang, pengemudi harus pintar jaga ritme mesinnya, rpm sebaiknya dijaga di antara 2500-3000rpm. Agar tetap bertenaga maka OD off dan sesekali perlu matikan ac juga. Dikutip dari forum Serayamotor, gigi 4 tak sampai 3.000 rpm untuk kecepatan 100 km/jam.
Jadi, kalau butuh nanjak santai maka pakai D sudah cukup, dan bisa kita pindahkan ke 2 atau low bila tanjakannya semakin curam. kalau turunan pakai 2 atau low untuk engine brake membantu pengereman.
Bicara konsumsi BBM antara 1.800 dan 2.000 cc itu mirip. Kalau mesin dalam kondisi sehat dan normal tidak terlalu boros. Konsumsi bbm di daerah pegunungan itu berkisar 9-10 km/liter. Angka segitu bagi sebagian orang dianggap boros karena tenaga juga pas-pasan kalau dibandingkan mobil baru.
Pindah gigi di Kijang Kapsul matic tergantung dari cara pengemudi menginjak pedal gasnya. Kalau lagi jalan santaim maka di bawah 2.000 rpm sudah shifting. Tapi kalau kickdown misal di tanjakan, maka transmisinya baru mendekati 3000rpm akan shifting.
Akselerasi matic jadul tentu lebih bolot dibanding manual. masih matik jadul. Kelemahan maticnya, gigi 1 ke 2 itu ada nahan kalau pengemudi langsung kickdown tapi dari 2,3 ke 4 halus. Namun kalau dikendarai santai maka gejala tersebut tidak muncul.
Jaminan Kualitas Mobil
Garansi Satu Tahun
Jaminan 5 Hari Uang Kembali
Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi
2021 Toyota KIJANG INNOVA V 2.0
10.962 km
2,5 tahun
Jakarta
2022 Toyota KIJANG INNOVA G 2.0
25.226 km
1,5 tahun
Jawa Barat
2017 Toyota KIJANG INNOVA REBORN VENTURER GASOLINE 2.0
89.898 km
6 tahun
Jawa Barat
2019 Toyota KIJANG INNOVA REBORN V 2.0
89.687 km
4 tahun
Jawa Barat
2018 Toyota KIJANG INNOVA REBORN V 2.4
39.691 km
5,5 tahun
Jawa Barat