Toyota Kijang Innova Zenix resmi menjadi generasi ketujuh keluarga Kijang di Indonesia. Semenjak generaso Zenix, Toyota tak lagi menyediakan tipe diesel. Tipe terbawah Kijang Innova Zenix dibekali mesin bensin naturally aspirated 2.000 cc dengan konsumsi BBM bisa lebih baik dari Innova Reborn.
Lantas apakah selisih efisiensi BBM di mesin baru ini begitu signifikan? Pasalnya, mesin lawas di Kijang Innova Reborn juga berkapasitas 2.000 cc yang dilengkapi transmisi baru otomatis 6-percepatan.
Baca juga:
Dirakit di Indonesia, Toyota Kijang Innova Zenix 2023 dengan Teknologi Hybrid Resmi Meluncur
Detail Spesifikasi Toyota Kijang Innova Hybrid, Pakai Mesin Voxy?
Toyota Kijang Innova Zenix Meluncur Sebentar Lagi, Versi Diesel Hilang dari Peredaran
Sebagai gambaran, Innova Zenix memakai mesin 2.000 cc yang sebelumnya telah digunakan pada Toyota Voxy terbaru. Transmisi juga ikut diubah jadi CVT dengan penggerak roda depan. Beberapa aspek tersebut diharapkan bisa menekan konsumsi bahan bakar jadi lebih bersahabat.
Lantas seberapa jauh beda konsumsi BBM antara Kijang Innova Reborn dan Kijang Innova Bensin? Berikut ini perbandingan keduanya.
Kijang Innova bensin dipersenjatai mesin 2.0-liter berkode M20A-FKS. Gelontoran dayanya 171 hp di 6.600 rpm, dengan torsi 204 Nm di 4.500-4.900 rpm. Transmisi yang digunakan kali ini ialah CVT dengan simulasi manual 10 percepatan.
Dari hasil pengetesan internal Toyota, konsumsi bahan bakar Innova Zenix bensin untuk satu liter bensin mampu untuk menempuh jarak 16,2 km. Aspek efisiensi tak lepas dari penggunaan platform Toyota New Global Achitecture (TNGA): GA-C, dengan struktur monocoque.
Toyota dalam platform TNGA ini juga turut memangkas berat keseluruhan pada Zenix hingga 170 kg dibanding generasi sebelumnya. Power to weight ratio kendaran juga lebih baik 79 persen. Dengan pengurangan berat yang signifikan memberikan kontribusi pada sisi efisiensi bahan bakar yang lebih hemat.
Untuk style berkendara boros tanpa mengaktifkan Eco Mode, Innova Zenix CVT hanya mencatatkan angka konsumsi BBM rata-rata 9,2-12,5 km/liter untuk berkendara di jalan tol. Sedangkan bila memakai Eco Mode dengan berkendara santai, bisa mencapai 21,3 km/liter. Fantastis serasa LCGC iritnya!
Transmisi baru menawarkan kualitas berkendara yang makin fun to drive, berkat hadirnya transmisi CVT simulasi 10 percepatan berkode K120. CVT tersebut memakai rasio sabuk baja lebih lebar, digadang-gadang mempengaruhi peningkatan keiritan bahan bakar, akselerasi, juga operasional yang lebih senyap.
Belum lagi ditambah dengan perubahan penggerak roda dari belakang ke depan. Hal itu memberikan sisi responsif yang lebih baik dari putaran bawah tanpa mengharuskan pengendara menekan pedal gas lebih dalam.
Toyota Kijang Innova Reborn bensin didukung dengan kode mesin 1TR-FE berkapasitas 2.000 cc. Sejak Kijang Innova pertama kali diperkenalkan pada tahun 2004, mesin tersebut terus digunakan hingga era Innova Reborn dan Venturer. Namun, pada versi terbarunya, mesin 1TR-FE ini sudah memiliki teknologi katup variabel, yakni Dual VVT-i, DOHC, dengan 16 katup.
Tenaga maksimum yang dihasilkan mesin ini dapat mencapai 137 hp dan torsi maksimumnya mencapai 183,3 Nm. Tenaga tersebut disalurkan dari mesin langsung ke roda belakang melalui gardan.
Sistem penggerak roda belakang atau Rear Wheel Drive (RWD) masih diandalkan pada mobil ini karena dinilai lebih tangguh dibandingkan penggerak roda depan.
Untuk urusan transmisi, Toyota menawarkan dua pilihan transmisi untuk Innova bensin, yakni 6 percepatan otomatis with Sport Sequential Switchmatic dan 5 percepatan manual. Nah, terdapat upgrade transmisi karena dulunya di generasi Kijang Innova masih kemakai matic 4-percepatan yang terkenal boros.
Pada Innova bensin generasi awal, konsumsi BBM mobil ini dapat mencapai 8 kilometer per liter. Banyak yang berpendapat bahwa multi purpose vehicle (MPV) andalan Toyota ini termasuk boros. Adapun konsumsi BBM Innova Reborn bensin diklaim lebih irit hingga sekitar 10 persen.
Dari pengetesan yang dilakukan oleh media lokal, konsumsi BBM Innova Reborn bensin adalah 11,6 kilometer per liter. Angka segitu masih jauh lebih boros dibandingkan Innova Zenix yang berkisar antara 15-21 km/liter untuk situasi berkendara santai di jalan tol.
Jaminan Kualitas Mobil
Garansi Satu Tahun
Jaminan 5 Hari Uang Kembali
Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi
2021 Toyota KIJANG INNOVA V 2.0
10.962 km
2,5 tahun
Jakarta
2022 Toyota KIJANG INNOVA G 2.0
25.226 km
1,5 tahun
Jawa Barat
2017 Toyota KIJANG INNOVA REBORN VENTURER GASOLINE 2.0
89.898 km
6 tahun
Jawa Barat
2019 Toyota KIJANG INNOVA REBORN V 2.0
89.687 km
4 tahun
Jawa Barat
2018 Toyota KIJANG INNOVA REBORN V 2.4
39.691 km
5,5 tahun
Jawa Barat