Toyota Kijang Innova EV hadir sebagai mobil listrik konsep yang bisa dikendarai di jalan raya.
Mobil listrik konsep yang dibangun berdasarkan Innova Reborn ini pertama kali diperkenalkan secara umum melalui ajang IIMS Hybrid 2022.
Saat itu Menteri Perekonomian Airlangga Hartarto bersama dengan beberapa pejabat PLN lainnya sempat menjajali mobil ini secara langsung sebelum dipamerkan.
Namun belum lama ini sosok Toyota Kijang Innova EV tertangkap kamera sedang dikendarai di salah satu ruas tol di wilayah Jabodetabek.
Berdasarkan foto yang diunggah melalui akun facebook bernama Vian pada grup Motuba, tertera Kijang Innova EV menggunakan plat nomor dengan TNKB (Tanda Nomor Kendaraan Bermotor) B 1590 UNP.
Guna mendapatkan informasi lebih detail mengenai Kijang Innova EV ini, bermodalkan angka TNKB yang tertera kami mencoba menelusurinya melalui aplikasi Cek Ranmor yang terinstal di dalam gawai.
Tertulis bahwa nama pemilik adalah PT TOYOTA MOTOR M I atau PT Toyota Motor Manufacturing (TMMIN) yang beralamatkan di Jl Laksamana Yos Sudarso, Sungai Bambu, Kec. Tj. Priok, Jakarta Utara.
Untuk nilai jualnya berdasarkan informasi yang tertulis Kijang Innova EV lansiran 2022 ini di angka Rp1.163.000.000, yang mana untuk pajak kendaraannya Rp0 (nol rupiah,red).
Baca juga: Bikin Kepo, Begini Kolong Toyota Kijang Innova EV Tempat Baterai dan Motor Elektrik Bersemayam
Untuk sumber daya listrkinya, Kijang Innova EV disimpan di dalam dua buah baterai yang diletakan di tengah tepat berada di samping sasis bagian dalam.
Baterai yang digunakan secara keseluruhan memiliki kapasitas 58,9 kWh yang disebut-sebut dapat menggerakan mobil sejauh 300 km.
Untuk jarak tempuhnya setara dengan Wuling Air ev tipe Long Range yang dibekali baterai berkapasitas 26,7 kWh.
Sebagai informasi, beterai yang digunakan mempunyai kapasitas sedikit lebih besar dari Hyundai Ioniq tipe Standard yang kapasitasnya 58 kW, dengan jarak tempuh maksimal hingga 384 km.
Bicara mengenai jantung pacunya, mobil listrik keluarga konsep yang basisnya dibuat dari Innova generasi kedua tersebut berdasarkan informasi saat diselenggarakannya gelaran IIMS Hybrid 2022, mobil ini dibekali motor listrik bertenaga 179 Hp atau setara dengan 131,6 kW dengan torsi sebesar 700 Nm.
Berbeda dengan data kendaraan bermotor yang tertulis di aplikasi Cek Ranmor, tertera bahwa motor listriknya memiliki tenaga 134 kWh atau daya sebesar 182 PS.
Motor listrik yang diletakan di bawah bonnetnya menganut kontruksi longitudinal dengan dipadukan transmisi matic bersistem operasi shift-by wire D, N dan B.
Untuk membuatnya berjalan, putaran motor litsrik yang dihasilkan diatur menggunakan transmisi elektrik, yang selanjutnya ditranslasi ke penggerak roda belakang (RWD) sama seperti Kijang Innova Reborn bensin maupun diesel.
Baca juga: Sosok Toyota Kijang Innova Listrik Tampil di IIMS Hybrid 2022
Berbeda dengan versi ICE ((Internal Combustion Engine), Kijang Innova EV memiliki aksen biru di dalam lampu utama, logo, stiker bodi dan stoplampnya yang juga dibuat transparan.
Sedangikan untuk joknya mobil ini menggunakan warna cerah yakni putih, tidak seperti versi bensin maupun diesel yang dipadukan dengan warna coklat.
Baca juga: Komentar Netizen +62: Masih Ragu Soal Toyota Kijang Innova EV, Mending Hybrid Saja?
Jaminan Kualitas Mobil
Garansi Satu Tahun
Jaminan 5 Hari Uang Kembali
Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi
{{variantName}}
{{expSellingPriceText}}
{{carMileage}} km
{{registrationYear}} tahun
{{storeState}}