Daihatsu Sirion Generasi Terbaru Adopsi DNGA dan Disuntik Mesin Yaris Cross Hybrid

Daihatsu Sirion generasi terbaru diprediksi akan rilis pada 2025, hal ini seiring bocornya informasi terkait hatchback tersebut di Malaysia.

Media asal Jepang, Automachi, menulis Perodua Myvi yang merupakan Daihatsu Sirion versi Perodua, pabrikan otomotif asal Malaysia, akan merilis generasi terbarunya.

Menggunakan kode D01D, Perodua Myvi terbaru ini diprediksi akan debut pada 2025, karena saat ini pihak Perodua sedang melakukan pengembangan menuju tahap pengetesan dan produksi.

Hal tersebut diketahui berdasarkan informasi dari para perusahaan rekanan Perodua yang diberi tugas memasok suku cadang untuk Myvi anyar tersebut.

Sketsa desain Perodua Myvi 2025

Jadwal peluncuran Perodua Myvi ini diketahui akan sedikit berbeda dengan yang bakal dilakukan Daihatsu, mengingat antara Toyota dan Daihatsu group sedang mengalami kasus skandal uji keselamatan.

Kasus tersebut pun kabarnya membuat jadwal peluncuran beberapa mobil Toyota dan Daihatsu mundur dari jadwal.

Misalnya Yaris Cross versi Jepang yang sudah direncanakan rilis pada April 2024, ditunda sampai akhir tahun ini.

Sehingga kemungkinan besar Perodua Myvi 2025 akan lebih dulu diluncurkan, sementara versi Daihatsu Sirion-nya bakal hadir sedikit lebih lama.

Baca juga: 5 Alasan Beli Daihatsu Sirion Bekas, City Car Underrated yang Punya Banyak Kelebihan

Daihatsu Sirion Generasi Terbaru Pakai Mesin Hybrid Yaris Cross

Mesin 1.5L 2NR-VEX milik Yaris Cross Hybrid

Masih dari sumber yang sama, Perodua Myvi 2025 alias Sirion terbaru itu akan menghadirkan mesin hybrid terbaru, sejalan dengan strategi pabrikan menuju pergeseran ke elektrifikasi.

Jika benar demikian, maka Sirion akan menjadi model hybrid kedua setelah Daihatsu Rocky e:Smart hybrid yang dijual di Malaysia dengan nama Perodua Ativa hybrid.

Namun menariknya, mesin hybrid pada Daihatsu Sirion generasi terbaru ini akan menggunakan mesin yang sama dengan Yaris Cross HEV (Hybrid Electric Vehicle) versi ASEAN.

Kalau kita melihat Yaris Cross HEV yang juga dijual di Indonesia itu, menggunakan mesin 2NR-VEX 1.5-liter 4 silinder 16 valve DOHC Dual VVT-i.

Platform DNGA

Mesin bensin ini juga dikombinasikan baterai dan motor electric yang bisa memberikan kemampuan kendaraan untuk melaju tanpa bantuan bahan bakar minyak (BBM) setetes pun dalam jarak tertentu di kecepatan tertentu.

Selain itu, informasinya Sirion 2025 akan menggunakan platform Daihatsu New Global Architecture (DNGA) tepatnya DNGA-B yang didesian untuk mobil berdimensi compact.

Sebagai informasi, platform DNGA-B ini sudah lebih dulu dipakai pada All New Daihatsu Xenia yang merupakan Xenia generasi ketiga di Indonesia.

Prediksi spesifikasi Daihatsu Sirion generasi terbaru 2025
Tipe mesin 2NR-VEX 16 valves DOHC Dual-VVT-i
Kapasitas silinder 1.496 cc
Jumlah silinder 4
Daya maksimum 11 PS @5.500 rpm
Torsi maksimum 121 Nm @4.000 - 4.800 rpm
Tipe motor listrik Atkinson-Cycle
Daya motor listrik 59 kW (80 PS)
Torsi motor listrik 141 Nm
Tipe baterai listrik Lithium-ion
Kapasitas baterai 0,7 kWh

Baca juga: Perodua Emo-1 Concept Muncul di Malaysia, Calon Daihatsu Sirion Versi Listrik

Akan Ada Versi Listriknya Juga?

Perodua em-o concept

Meskipun informasi menyebutkan kalau Daihatsu Sirion generasi keempat bakal pakai mesin Toyota Yaris Cross HEV, tetapi diyakini Perodua juga menyiapkan versi BEV (Battery Electric Vehicle) untuk kembaran Sirion.

Hal ini seiring telah dua kali Perodua menampilkan mobil konsep bertajuk em-o dan emo-1 yang keduanya berurutan hadir pada ajang Malaysia Autoshow 2023 serta 2024.

emo-1 Concept diyakini merupakan prototype yang sudah mendekati versi produksi dari segi teknologi mesinnya.

Sementara em-o memiliki desain eksterior yang mencerminkan paras fisik dari Daihatsu Siriopn generasi berikutnya tersebut.

Sama-sama menggunakan basis Perodua Myvi, emo-1 diklaim merupakan hasil pengembangan antara Perodua dan Daihatsu dengan mengumpulkan pendapat para konsumennya di Negeri Jiran, akan sebuah kendaraan listrik harapan mereka.

Seperti inikah tampilan belakang Daihatsu Sirion generasi terbaru nantinya?

Kalau mengacu pada spesifikasi teknis Perodua EMO yang pernah tampil tahun lalu, maka mobil ini memiliki panjang tubuh 3.895 mm, lebarnya 1.735 mm, tinggi 1.515 mm, serta punya jarak sumbu roda 2.500 mm.

Bedanya berat kendaraan ini bertambah jadi 1.400 kg, sementara berat kosong Sirion versi mesin bensin hanya 1.000 kg.

Kondisi tersebut terjadi karena ada baterai jenis Lithium Iron Phosphate (LFP) berkapasitas 57,6 kWh yang diklaim mempunya jarak tempuh 400 km dalam sekali isi daya.

Sementara sumber tenaganya berasal dari 3-phase Permanent Magnet Synchronous Motor yang diletakkan pada poros roda depan.

Motor tersebut mampu menghasilkan daya puncak 120 kW (163 PS) dengan torsi maksimum 315 Nm, serta memiliki kecepatan tertinggi 150 km/jam.

Daihatsu Sirion versi Indonesia

Bandingkan dengan Sirion bermesin bensin yang pakai mesin berkode 1NR-VE DOHC 4 silinder Dual VVT-i 1.329 cc, mesin ini hanya mampu menghasilkan daya maksimum 95 PS di 6.000 rpm dengan torsi 120 Nm dio 4.200 rpm.

Perodua Emo-1 Concept juga memiliki soket charging CCS2 Type 2 dengan kemampuan ngecas pada tipe daya AC 11 kW atau DC 50 kW.

Baca juga: 3 Hal Menarik Daihatsu Sirion X 2023, Opsi Hatchback Murah Meriah Dari Brio RS Hingga Agya GR Sport

Daihatsu Sirion di Indonesia dari Generasi ke Generasi

Sirion Gen 1

Walau jadi city car yang begitu populer di Malaysia, namun versi Daihatsu Sirion juga punya sejarah panjang di Indonesia.

Terhitung PT Astra Daihatsu Motor (ADM) pertama kali meluncurkan Sirion pada April 2007, yang artinya di 2024 usia mobil ini sudah mencapai 17 tahun!

Daihatsu Sirion gen 1 diimpor secara utuh (CBU/Completely Built Up) dari Malaysia yang sudah diluncurkan lebih dulu pada 2005.

Pada awal kemunculannya, ADM menawarkan Sirion dalam dua tipe yakni D dan M yang semuanya pakai mesin berkode K3-VE berkapasitas 1.298 cc 4 silinder dengan teknologi DOHC dan VVT-i.

Mesin tersebut diklaim mampu memproduksi daya maksimal 88 PS pada 6.000 rpm serta torsi puncak sebesar 116 Nm di 4.000 rpm.

Untuk tipe D hanya disediakan transmisi manual 5 percepatan sementara tipe M hadir dengan transmisi otomatis 4 percepatan ECT dan juga manual 5-speed.

Daihatsu Sirion generasi pertama ini pernah mendapat facelift pada 2009 dengan ubahan di bagian grill depan, bentuk lampu utama, lekukan bumper, serta penambahan beberapa fitur.

Sision Gen 2

Sementara itu mulai 2011, ADM menawarkan Daihatsu Sirion generasi kedua yang mengalami perubahan cukup signifikan terutama di sisi eksterior dan interior.

Tapi soal mesinnya tetap pakai mesin 1.3-liter K3-VE dari generasi Sirion sebelumnya, namun begitu tenaga puncaknya naik jadi 92 PS dan torsinya pun meningkat jadi 117 Nm akibat setting ulang pada ECU.

Berselang 7 tahun kemudian, barulah ADM memperkenalkan Sirion generasi ketiga yang sampai 2024 masih dijual di seluruh dealer resmi Daihatsu di Indonesia.

Lagi-lagi Sirion gen 3 ini mengalami ubahan yang cukup banyak di bagian eksterior dan interiornya, serta fitur-fiturnya yang makin lengkap.

Kemudian di balik bonet mobil ini juga tersimpan mesin baru berkode 1NR-VE DOHC dengan teknologi Dual VVT-i.

Mesin berkapasitas silinder 1.329 cc tersebut sanggup memuntahkan daya maksimum sebesar 95 PS di 6.000 rpm dengan torsi puncak 120 Nm pada 4.200 rpm.

Kemudian Daihatsu juga mengganti sistem transmisi pada Sirion Gen 3 menjadi otomatis CVT, baik untuk tipe X maupun R.

Harga Daihatsu Sirion Generasi Terbaru 2024:

  • X CVT: Rp 230.350.000
  • R CVT: Rp 239.550.000
Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang...

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Daihatsu Sirion

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

Lihat Lebih

Video Pendek Terkait

Related Videos

Memperkenalkan Daihatsu Sirion True Perfection Baru

Pameran Daihatsu Sirion yang Serba Baru

Biaya ganti oli Nissan Grand Livina di bengkel resmi kerap dianggap terlalu mahal ketimbang di bengkel umum, apa iya? Ya, bengkel resmi memang menjadi satu rujukan ketika para pemilik kendaraan hendak melakukan perawatan berkala. Namun sebagai konsumen, sebaiknya kalian juga jangan langsung menyerahkan kendaraan begitu saja ke pihak bengkel. Ada hal-hal yang patut diketahui pada kendaraan itu demi menghindari aksi "nakal" oknum bengkel resmi yang melakukan kecurangan pada pekerjaannya. Contoh ke
Berbeda dengan model sebelumnya, mobil listrik Neta V-II sudah dilengkapi dengan fitur keselamatan pintar berupa ADAS (Advanced Driver Assistance Systems). Meskipun sudah dibekali ADAS, harga mobil listrik yang diproduksi di Indonesia dengan menyandang status Completely Knock Down (CKD) ini justru lebih terjangkau. Dengan memuat Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) sebesar 44%, harga Neta V-II dibandrol Rp299 juta OTR Jakarta. Kembali ke fitur ADAS pada mobil listrik Neta V-II, ternyata sistem i
Mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia kembali ditantang untuk mengikuti gelaran Shell Eco Marathon 2024. Ya, Shell Eco Marathon 2024 kembali dihelat di Indonesia, tepatnya di Sirkuit Internasional Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat, pada 2-6 Juli 2024. Seperti sebelumnya, kompetisi balapan irit-iritan mobil karya mahasiswa dari 80 tim ini tidak hanya diikuti perguruan tinggi di Indonesia, melainkan ada 12 negara dari Asia-Pacific dan Timur Tengah. Baca juga: Pakai Teknologi B
Beli mobil bekas menjadi pilihan jika kalian hendak memiliki kendaraan dengan harga yang lebih terjangkau. Tapi perlu diperhatikan, saat membeli mobil bekas banyak aspek yang perlu jadi bahan pertimbangan sebelum akhirnya benar-benar membawa pulang kendaraan tersebut. Sebab namanya mobil bekas, pasti kondisinya tidak akan seperti mobil baru, apalagi kalian tidak bisa memantau perilaku pemilik kendaraan itu sebelumnya. Untuk itulah kalian harus memastikan kalau beli mobil bekas wajib mendapatkan
Tak sedikit yang penasaran ingin mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan Suzuki SX4 S-Cross. Jagat otomotif Tanah Air kehadiran sosok SX4 S-Cross pada 11 Agustus 2016, bertepatan dengan diselenggarakannya GIIAS ke-24. Sebagai generasi penerus Suzuki SX4 X-Over, SX4 S-Cross sejatinya merupakan rival dari Honda HR-V, Chevrolet Trax, Nissan Juke hingga Mazda CX-3. Mobil berjeniskan SUV kompak yang didatangkan secara utuh dari Negeri Hindustan ini, sempat mendapat sejumlah penyegaran secara min

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaruPembaruan
Hot
Toyota

Toyota Calya

Rp 161,50 - 181,10 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Mendatang
BAIC

BAIC X-55

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Mendatang
GAC

GAC Aion Y

Belum Tersedia

Lihat Mobil
HAVAL

HAVAL H6

Rp 595,80 Juta

Lihat Mobil
TANK

TANK 500

Rp 1,20 Milyar

Lihat Mobil
Mendatang
Neta

Neta V II

Rp 299,00 Juta

Lihat Mobil
Kia

KIA EV9

Rp 1,99 Milyar

Lihat Mobil
MG

MG VS HEV

Rp 389,00 Juta

Lihat Mobil
Mitsubishi

Mitsubishi L100 EV

Rp 320,00 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Tiggo 5X 2024

Rp 269,00 - 299,00 Juta

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

Daihatsu Sirion
Lihat