Wuling Bocorkan Rencana Bikin Mobil Listrik MPV 7 Penumpang, Confero EV?

Wuling Motor Indonesia berencana menghadirkan mobil listrik model Multi Purpose Vehicle (MPV) dengan kapasitas tujuh penumpang.

Rencana pabrikan asal Tiongkok ini disampaikan President Director PT SGMW Motor Indonesia, Shi Guoyong saat bertemu Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita di Beijing, China, beberapa Waktu lalu. 

"Rencana ke depan yang akan dijalankan oleh Wuling Indonesia, diantaranya menjajaki pasar Australia, New Zealand, Malaysia, dan Afrika Selatan. Kemudian, juga terdapat rencana memproduksi EV jenis 7-seater MPV," ungkap Shi. 

Baca juga: 7 Fakta Menarik Wuling Confero, Low MPV yang Bakal Hadir Versi Listriknya

Tampak belakang dan depan mobil listrik yang digadang-gadang sosok Wuling Confero EV 

Yang tidak kalah pentingnya, Wuling berupaya meningkatkan sistem pasokan EV dengan merangkul beberapa perusahaan Tiongkok untuk berinvestasi di Indonesia.

"Kami mengedepankan pengembangan EV, terutama dengan meluncurkan produk yang berkualitas dengan teknologi tinggi baik untuk brand Wuling dan MG," tutur Shi. 

Niatan Wuling Motor menghadirkan mobil listrik MPV memang bukan isapan jempol semata. 

Pasalnya, beberapa waktu lalu, beredar sebuah gambar sosok mobil mirip Confero dengan tampilan baru seperti mobil listrik.

Baca juga: Wuling Tawarkan Banyak Promo Menarik di Jakarta Fair Kemayoran 2024

Mobil listrik yang disebut jadi calon Confero EV

Ya, berdasarkan laman Autohome, MPV yang juga disebut Hongguang di China itu, pada bagian wajah cukup terkesan simple dengan grill tak lagi memiliki kisi-kisi besar dan lebar.

Hal ini dikarenakan, mobil listrik tidak memiliki radiator yang membutuhkan semburan udara dari luar agar mesin tetap sejuk. 

Meski tidak disebutkan secara detail bagaimana jeroan mesinnya, namun banyak yang menduga jika mirip mobil listrik tersebut adalah Confero.

Baca juga: Tiga Model Wuling EV Layani Mobilitas Ramah Lingkungan Para Delegasi Negara Peserta 10th World Water Forum 2024

Tujuh Tahun Wuling Motor, Segini Nilai Investasinya

Wuling Motor hadir di IIMS 2024

Shi menyebut, selama tujuh tahun Wuling Motor beroperasi di Indonesia, setidaknya investasi yang telah dikucurkan mencapai lebih dari USD700 juta (Rp11,471 Triliun) dan telah menjangkau sekitar 130.000 pembeli. 

Bahkan, penjualan Wuling Motor yang diproduksi di Indonesia, tidak hanya dijual untuk pasar lokal, melainkan di ekspor ke Thailand. 

"Wuling juga merupakan pabrik pertama yang dapat memproduksi mobil listrik dan mencapai Tingkat Komponen Dalam Negeri sebesar 40% pertama di Indonesia," jelas Shi.

Menurutnya, dukungan dan insentif yang diberikan pemerintah Indonesia memungkinkan perusahaan melakukan investasi dengan lancar dan saat ini dapat memproduksi tiga jenis produk EV. 

Wuling Motors Diminta Lebih Banyak Ekspor

Wuling Air ev sudah di ekspor ke Thailand

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengapresiasi pabrikan Wuling Motors telah meningkatkan produksinya di Indonesia dan menjadikan Indonesia sebagai hub produksi untuk ekspor.

"Apalagi Wuling menjadikan Indonesia sebagai satu-satunya fasilitas pabrikasi EV di luar Tiongkok," ujar Agus.

Bagi Agus, Wuling telah memberikan input penting dalam pengembangan industri EV di Indonesia, dan perkembangan produksi EV Wuling begitu pesat di Tanah Air.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita bertemu jajaran SAIC-GM-Wuling Automobile Co., Ltd di Beijing.

Menperin menyampaikan dua hal terkait perkembangan bisnis kepada Wuling. Pertama, untuk dapat meningkatkan dan mengoptimalkan kapasitas produksinya di Indonesia. 

"Menurut kami, pengembangan Wuling di Indonesia tidak cukup berhenti disini. Potensi luar biasa yang sudah diberikan oleh Wuling dapat dikembangkan atau dimanfaatkan di Indonesia," jelas Menperin.

Kedua, Agus, mendorong Wuling untuk menjadikan Indonesia sebagai hub untuk mengekspor produk-produk Wuling ke seluruh dunia, tentunya di luar produk-produk Wuling dari Tiongkok, khususnya untuk menjawab permintaan pasar secara keseluruhan.

    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Herdi

Senior Writer

Mengawali karir sebagai jurnalis sejak tahun 2011 di salah satu media massa Nasional Tanah Air. Memiliki ketertarikan untuk m...

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Wuling Confero S

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

Lihat Lebih

Video Pendek Terkait

Related Videos

Kenali Fitur Wuling New Confero S

Virtual Launch Wuling New Confero S

Penjualan mobil listrik berbasis baterai (Battery Electric Vehicle/BEV) di sejumlah negara di dunia rupanya terus mengalami penurunan. Sementara itu, peminat mobil bermesin pembakaran internal (Internal Combustion Engine/ICE) walau masih cukup dominan, tapi kian hari juga ikut mengecil. Sebaliknya, tren kenaikan yang terjadi malah ada pada peminat kendaraan bermesin hybrid (Hybrid Electric Vehicle/HEV). Apakah kondisi ini mencerminkan usia mobil listrik tidak akan panjang? Baca juga: Eropa Prote
Mobil sport Porsche Cayman mengalami kecelakaan setelah menabrak sebuah truk di KM 5+200 B Tol Dalam Kota, Jakarta, Rabu (19/6/2024) dini hari. Dalam rekaman video yang diunggah akun Instagram @tmcapoldametro disebutkan, pengendara Porsche Cayman dengan nomor polisi B 2031 PBV yang berinisial TP, meninggal dunia. Diketahui mobil sport jenama Jerman menabrak bagian belakang truk besi dengan nomor polisi BE 8124 ACU, sekitar pukul 01.40 WIB. Baca juga: Masuk Indonesia, Mobil Listrik Porsche Macan
Harga GAC Aion Y Plus resmi diumumkan PT Indomobil Energi Baru (IEB) selaku agen pemegang merek GAC Aion di Indonesia, Rabu (19/6/2024). Kehadiran mobil listrik murni berjeniskan LMPV 5-seater berukuran kompak tersebut sekaligus sebagai penanda kendaraan EV pertama GAC Aion di Indonesia. Aion Y Plus dihadirkan untuk mayarakat Indonesia yang menginginkan kendaraan ramah lingkungan untuk menunhang aktifitas sehari-hari, maupun digunakan bersama keluarga berpergian di akhir pekan. “Kenapa kami bawa
Cara balik nama mobil beserta persyaratan dan biaya yang dibutuhkan adalah sesuatu yang wajib kalian ketahui pasca membeli mobil bekas. Karena kondisi mobil bekas pakai pastinya masih menggunakan nama serta informasi pribadi dari pemilik sebelumnya. Dengan kalian balik nama surat-surat kendaraan tersebut, maka identitas pemilik mobil yang tertera pada STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan) dan BPKB (Buku Pemilik Kendaraan Bermotor) akan sesuai dengan identitas kalian. Dikutip dari laman resmi Samsat
Toyota Rush rupanya masih memegang mahkota daftar SUV (Sport Utility Vehicle) terlaris di Indonesia hingga lima bulan pertama di 2024. Meski sempat terjungkal oleh Honda HR-V, kehadiran Toyota Rush GR Sport improvement 2024 langsung membuat Low SUV tujuh penumpang itu kembali melejit ke urutan pertama. Hal ini terlihat dari data wholesales (distribusi dari pabrik ke dealer) yang diumbar oleh Gaikindo (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia). Selama Mei 2024, penjualan Toyota Rush tercata

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaruPembaruan
Hot
Toyota

Toyota Calya

Rp 170,20 - 190,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Mendatang
Zeekr

Zeekr 009

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Mendatang
Zeekr

Zeekr X

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Mendatang
BAIC

BAIC X-55

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Mendatang
GAC

GAC Aion Y

Belum Tersedia

Lihat Mobil
HAVAL

HAVAL H6

Rp 595,80 Juta

Lihat Mobil
TANK

TANK 500

Rp 1,20 Milyar

Lihat Mobil
Mendatang
Neta

Neta V II

Rp 299,00 Juta

Lihat Mobil
Kia

KIA EV9

Rp 1,99 Milyar

Lihat Mobil
MG

MG VS HEV

Rp 389,00 Juta

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

Wuling Confero S
Lihat