Toyota Veloz dan BYD M6 bisa jadi pertimbangan ketika Anda memilih sebuah mobil keluarga dengan kapasitas tujuh orang penumpang.
Ya, meski kedua mobil ini memang tidak bisa dikatakan apple to apple, karena dari segmentasi Veloz dan M6 berbeda. Hanya saja, jika dilihat secara harga, BYD M6 ini cukup menyenggol Toyota Veloz yang bisa dikatakan lebih murah Rp30 jutaan.
Nah, untuk mengetahui apa saja kelebihan masing-masing dari mobil tersebut, ini dia beberapa rangkumannya.
Jika dilihat secara dimensi, ada beberapa hal yang membuat Toyota Veloz lebih besar atau bisa juga lebih kecil jika dilihat.
Ya, untuk soal Panjang dan lebar, M6 lebih melar karena ukuran mencapai 4.710 mm dan 1.810. Sedangkan sedangkan jika membahas tinggi, maka Veloz lebih jangkung karena mencapai 1.700 millimeter.
Untuk detail ukurannya bisa lihat di bawah ini:
Perbandingan Dimensi | ||
---|---|---|
Keterangan | Toyota Veloz | BYD M6 |
Panjang | 4.475 mm | 4.710 mm |
Lebar | 1.750 mm | 1.810 mm |
Tinggi | 1.700 mm | 1.690 mm |
Jarak Sumbu Roda | 2.750 mm | 2.800 mm |
Jarak Mobil ke Tanah | 205 mm | 170 mm |
Hal yang menjadi bagian penting sebagai bahan perbandingan ketika membeli mobil tentu saja soal desain. Hanya saja, jika bicara desain, maka itu adalah selera.
Veloz
Mirip Avanza, jelas saja Toyota Veloz memang masih satu keluarga dengan mobil sejuta umat, termasuk Xenia.
Kendati demikian, untuk sejumlah orang, tampilan desain Veloz belum membosankan, karena generasi saat ini menggunakan grill berbentuk trapezium, ditambah sepasang lampu sudah LED, masih laris di pasaran.
Lampu LED juga disematkan pada bagian belakang, sehingga cukup memberikan kesan mewah pada Veloz.
M6
Layaknya sebuah mobil listrik, BYD M6 ini tidak memiliki grill, sehingga bagian wajahnya terkesan simple.
Namun begitu, bagian wajah mobil ini menyisakan list tebal di bagian tengan dan tulisan BYD dengan cat krom, yang menyatukan antara lampu kanan dan kiri. Oia, lampu-lampu BYD M6 ini sudah menggunakan full LED dan dilengkapi DRL pada bagian depan.
BYD M6 ini disebut sudah memiliki gaya desain Aerodynamic Dragon Face, karena mobil ini memang tidak terlalu kotak dan cenderung mampu memberikan efek aerodinamis.
Bagian interior harus jadi pertimbangan, karena selama jadi pengemudi maupun penumpang, kita akan selalu berada di dalam. Maka dari itu ada beberapa yang harus diketahui.
Jika membandingkan antara Veloz dan M6, maka ada beberapa perbadingan yang membuat M6 bisa dikatakan lebih unggul.
Sebut saja, kehadiran panoramic roof dengan kaca yang terpampang di bagian atas, sehingga memberikan kesan mobil ini luas dan juga mewah. Hal ini tidak ada pada Toyota Veloz.
Tampilan dashboard Toyota Veloz masih memiliki beberapa tombol, seperti halnya AC. Toyota Veloz ternyata masih menggunakan layar sentuh berukuran 9 inci yang terkoneksi dengan Smartphone.
Namun demikian, BYD M6 ternyata ukuran, Head Unit lebih besar yaitu 12,8 inci dan sudah terkoneksi dengan Apple CarPlay dan Android Auto tanpa kabel.
Menariknya lagi, layar Head Unit M6 ini bisa diputar 90 derajat sehingga tampilannya bisa horizontal maupun vertikal. Bisa atur menggunakan tombol di lingkar kemudi.
Head unit ada M6 ini terbilang multifungsi, karena tidak hanya mengoperasikan audio saja, tapi juga suhu AC, dan sejumlah fitur lainnya.
Hanya saja, Toyota Veloz sudah dilengkapi sebuah layar di bagian tengah, sehingga penumpang belakang tetap bisa melihat hiburan sedikit lebih jelas.
Oia, untuk bentuk tuas transmisi Toyota Veloz terkesan biasa saja sehingga jadi terlihat jadul. Lain halnya dengan M6 yang bentuknya sudah cukup menarik mirip joystick.
Untuk bagian lainnya tetap sama seperti, seperti halnya tilt & telescopic saat mengatur posisi kemudi, hingga start stop engine untuk menyalakan mesin. Termasuk wireless charger yang saat ini sudah jadi fitur standar buat mobil-mobil baru.
Perlu dicatat, untuk BYD M6 tersedia pilihan konfigurasi enam dan tujuh penumpang, dimana untuk versi enam penumpang menggunakan mode captain seat.
Veloz
M6
Perbandingan Kaki-kaki | ||
---|---|---|
Keterangan | Veloz | M6 |
Suspensi Depan | MacPherson Strut | |
Suspens Belakang | Torsion-beam | Multi-Link |
Rem Depan | Cakram | |
Rem Belakang | Cakram | |
Jenis Velg | Alumunium | |
Ukuran Velg | 195/60 R16 (MT/CVT) 205/50 R17 (Q CVT) | 225/55 R17 |
Untuk jantung pacu, Toyota Veloz dan BYD M6 tentu saja berbeda. Ya, ini karena Veloz masih menggunakan mesin bensin, sedangkan M6 sudah listrik. Untuk detail jeroan mesin kedua mobil ini bisa dilihat di bawah ini:
Perbandingan Mesin | ||
---|---|---|
Keterangan | Veloz | M6 |
Mesin | 2NR-VE 4 Cylinders In-line, 16 Valve DOHC with Dual VVT-i | - |
Isi Silinder | 1.500 cc | - |
Diameter x Langkah | 72.5 x 90.6 | - |
Sistem Bahan Bakar | Sistem Injeksi Bahan Bakar Elektronik | - |
Tipe Motor | - | AC Permanent Magnet Synchronous Motor |
Jenis Baterai | - | BYD Blade Battery |
Kapasitas Baterai | - | 554,4 kWH (Standar), 71,8 (Superior) |
Daya Maksimum | 77,9 kw (106 PS) 6.000 rpm | 120 kw (163 PS) (Standar), 150 kw (203 PS) (Superior) |
Torsi Maksimum | 137,3 Nm/4.200 rpm | 310 Nm |
Jika Anda memang mempunya budget antara Rp300-400 jutaan, maka nggak ada salahnya coba ketahui dulu perbandingkan dua mobil keluarga, Toyota Veloz dan BYD M6.
Seperti tabel harga di bawah ini:
Perbandinga Harga | |||
---|---|---|---|
Toyota Veloz | Harga | BYD M6 | Harga |
M/T | Rp292.900.000 | M6 Standard | Rp379.000.000 |
CVT | Rp308.700.000 | M6 Superior | Rp419.000.000 |
Q CVT | Rp318.000.000 | M6 Superior Captain | Rp429.000.000 |
Q CVT TSS | Rp340.400.000 | - | - |
Apabila melihat kedua harga mobil di atas, maka jika ingin Veloz paket komplit dengan segala rupa fitur dan teknologi di dalamnya, maka wajib mengeluarkan mahar lebih besar yaitu Rp340.400.000.
Sedangkan jika Anda nambah Rp30 jutaan, maka bisa pilih BYD M6 Standar Rp379.000.000, walaupun masih sama-sama tujuh penumpang, namun sudah mobil listrik dan fiturnya cukup canggih.
Jaminan Kualitas Mobil
Garansi Satu Tahun
Jaminan 5 Hari Uang Kembali
Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi
{{variantName}}
{{expSellingPriceText}}
{{carMileage}} km
{{registrationYear}} tahun
{{storeState}}