Kelebihan dan Kekurangan Suzuki XL7 Hybrid, LSUV Hybrid Pertama di Indonesia

Kelebihan dan kekurangan Suzuki XL7 Hybrid akan kami ulas secara tuntas melalui ulasan kali ini. Mengingat XL7 bermain segmen Low SUV 7-seater yang persaingannya cukup sengit.

Sebagai salah satu bentuk inovasi, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) menghadirkan XL7 Hybrid pada 15 Juni 2023. XL7 Hybrid memperoleh sejumlah pembaruan secara minor baik disisi eksterior, interior, serta update di sektor teknologi dan fitur.

Perlu diketahui bahwa XL7 dengan teknologi mild-hybrid hanya terdapat di varian Beta dan Alpha. Sedangkan untuk tipe Zeta atau varian paling bawah, mobil ini tidak dilengkapi dengan teknologi tersebut.

Harga Suzuki XL7 OTR Jabodetabek terbaru 2024

  • XL7 Zeta MT: Rp 260.200.000
  • XL7 Zeta AT: Rp 271.200.000
  • XL7 Beta MT Hybrid: Rp 288.000.000
  • XL7 Beta AT Hybrid: Rp 299.000.000
  • XL7 Alpha MT Hybrid: Rp 298.000.000
  • XL7 Alpha AT Hybrid: Rp 309.000.000

Untuk mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan Suzuki XL7 Hybrid, simak terus ulasan berikut.

Baca juga: Pilih Suzuki Ertiga Hybrid atau XL7 Hybrid? Teknologi Serupa Harga Beda Rp10 Jutaan

Kelebihan dan Kekurangan Suzuki XL7 Hybrid

Kelebihan Suzuki XL7 Hybrid

1. Tampil Modern dengan Dipadukan Fitur Canggih

Suzuki XL7 Hybrid

Pada versi hybrid, XL7 memperoleh aksen black krom di tengah grillnya dengan ukuran tebal. Selain itu grillnya juga dikelilingi ornamen yang sama sehingga membuatnya terlihat semakin dinamis.

Mengenai sistem pencahayaan utama, mobil ini dilengkapi fitur Autolight with Guide Me Light yang dapat mengotomatisasi headlamp ketika berkendara dalam kondisi gelap. Selain itu juga memberikan fungsi lain berupa penerangan beberapa saat ketika pengendara akan keluar maupun masuk ke dalam kabin.

Kehebatan lain yang ada pada Autolight with Guide Me Light, dapat membaca kondisi cahaya sekitar dan secara otomatis mengaktifkan headlight jika sudah diperlukan. Selain itu sinar headlight juga dapat mati secara otomatis ketika kondisi sudah terang atau saat mesin dimatikan.

Jika model sebelum improvement menggunakan spion tengah E-Mirror untuk tipe Alpha, pada versi penyegarannya sudah memakai Smart E-Mirror. Menganut teknologi touchcreen, spion tengah Smart E-Mirror memudahkan penggunanya ketika ingin melakukan pengaturan fitur yang ada didalamnya.

Smart E-Mirror

Sebagai pengganti spion tengah, Smart E-Mirror berfungsi sebagai kaca spion digital yang dibekali dua kamera baik tengah dan di belakang. Keunggulan lainnya spion dengan Smart E-Mirror pada mobil ini bisa difungsikan sebagai alat perekam atau yang dinamakan dashcam.

Pada XL7 Hybrid tipe Beta MT dan Alpha MT, kedua varian ini dibekali Gear Shift Indicator (GSI) pada panel instrument yang dapat menampilkan angka transmisi saat sedang digunakan.

Versi penyegarannya juga Suzuki telah menyematkan layar MID (Multi Information Display) dengan tampilan baru yang tampak begitu modern sekaligus informatif. Menyoal sistem hiburannya mobil ini dibekali head unit layar sentuh 8 inci dengan konektivitas smartphone.

Tombol cruise control XL7 Hybrid

Meski tidak semua varian, XL7 sudah dilengkapi dengan cruise control yang dapat menjalankan mobil tanpa harus menginjak pedal gas. Mengenai fitur cruise control, fitur ini baru bisa diaktifkan ketika mobil dipacu di atas 45 km/jam.

Ketika ingin menambahkan atau menurunkan kecepatan, pengemudi hanya cukup menekan tombol di sebelah kanan setir dengan cara menekan atas maupun bawah.

Mengenai fitur keselamatan, XL7 Hybrid telah disematkan ABS, EBD, Hill Hold Control (A/T only), dual airbag, Electronic Stability Programe (ESP), sensor mundur serta Tect Body yang dapat meredam dan menyebarkan energi benturan akibat tabrakan. Untuk keamanannya terdapat keyless entry, immobiliser dan security alarm.

2. Teknologi SHVS Bikin Irit BBM dan Tarikan Lebih Responsif

Teknologi SHVS XL7 Hybrid

XL7 Hybrid Mengusung teknologi mild-hybrid yang dinamai SHVS (Smart Hybrid Vehicle by Suzuki). Dengan teknologi ini XL7 Hybrid bukan cuma diklaim memiliki gas buang lebih rendah sekaligus irit bahan bakar, namun juga mempunyai akselerasi lebih baik.

Sebagai informasi, teknologi SHVS pada mobil ini mengandalkan 2 komponen utama sebagai pendamping mesin pembakaran internal, yaitu ISG (Integrated Starter Generator) dan Lithium-ion battery berdaya 12v dengan kuat arus sebesar 10Ah.

Teknologi ISG difungsikan untuk menciptakan pemakaian bahan bakar yang lebih irit. ISG akan membuat mesin konvensional mati sesaat ketika mobil berhenti di kemacetan atau lampu merah yang juga merupakan dari fitur Idling Stop.

Ketika berhenti dalam kondisi mesin mati, sistem kelistrikan lainnya akan tetap berkerja berkat pasokan daya listrik dari baterai yang diletakkan di bawah jok penumpang depan.

Selanjutnya SHVS akan berkeja melalui fitur acceleration assist membantu akselerasi mesin ketika kembali melanjutkan perjalan, sekaligus menyalakan mesin saat berada di putaran 1.500 RPM.

Selain memberikan Acceleration Assist kepada mesin, SHVS juga berfungsi untuk melakukan Regenerative Braking. Regenerative Braking bertugas menyuplai kebutuhan listrik ke baterai yang akan dipakai untuk menghidupkan beragam komponen elektrikal pada mobil.

Ketika fitur ini aktif, secara otomatis mobil akan memperlambat laju mobil. Untuk regenartifnya sendiri yang kami rasakan terasa cukup smooth.

Mengenai Acceleration Assist, saat kami diberi kesempatan melakukan test drive, kami baru merasakan fitur ini berkerja ketika putaran mesin berada di atas 2.500 rpm. Saat Acceleration Assist aktif, puataran mesin terasa lebih enteng karena ISG membantu memperingan kerja putaran mesin supaya mobil dapat bergerak secara lebih cepat.

Mesin K15B

Teknologi SHVS yang disematkan pada XL7 Hybrid dipadukan dengan mesin K15B 1.462 cc, 4-silinder segaris DOHC VVT multi-point injection dengan perolehan tenaga sebesar 104,7 PS di 6.000 rpm dan torsi 138 Nm pada putaran 4.400 rpm.

Pada varian manual, mobil ini dikawinkan transmisi manual 5-percepatan, dan 4-percepatan torque converter untuk model maticnya.

Memperingan putaran mesin serta dilengkapi fitur Idling Stop, untuk konsumsi BBM-nya Suzuki mengklaim bahwa XL7 Hybrid dapat memangkas penggunaan bahan bakar mencapai 10%.

Baca juga: Tes Konsumsi BBM Suzuki XL7 Hybrid vs Hyundai Stargazer X, Irit yang Mana?

Kekurangan Suzuki XL7 Hybrid

1. Tarikan Awal Kurang Cekatan

Test drive XL7 Hybrid 

Menempati segmen Low SUV 7-seater, XL7 menjadi satu-satunya model yang mendukung teknologi elektrifikasi di kelasnya meski hanya mild-hybrid. Pada varian maticnya mobil ini andalkan transmisi otomatis konvensional 4-percepatan torque converter.

Saat kami diberi kesempatan melakukan test drive XL7 Hybrid untuk varian matic, untuk akselerasi awal yang dihasilkan menurut kami terasa berat dibandingkan rivalnya yang telah menggunakan transmisi CVT.

Selain itu saat melakukan perpindahan gigi secara otomatis, kami masih merasakan adanya sedikit hentakan dan jeda.

2. Tampilan Visual Smart E-Mirror Lebih Dekat Dibanding Kondisi Real

Tampilan objek Smart E-Mirror terasa lebih dekat

Smart E-Mirror yang tersemartkan pada XL7 Hybrid mengadopsi teknologi canggih dengan menggantikan spion tengah konvensional. Spion canggih ini dipadukan dengan dua kamera yaitu satu di depan dan satu di bagian belakang.

Kamera yang digunakan memberikan tampilan secara real-time dari lingkungan sekitar kendaraan. Namun objek di luar yang ditampilkan melalui Smart E-Mirror terlihat lebih dekat daripada spion kaca biasa.

Dengan begitu pengemudi perlu lebih dulu beradaptasi. Meskipun memberikan kemudahan dan teknologi canggih, pengguna juga perlu memahami dan mengatasi tantangan yang mungkin timbul akibat perbedaan tampilan objek.

3. Jok Tengah Cuma Tersedia Dua Headrest

Jok baris kedua tidak dilengkiapi headrest di bagian tengah

Jika para pesaingnya memiliki tiga buah headrest pada baris tengah, di jok baris kedua XL7 Hybrid hanya dilengkapi dua headrest. Tidak adanya headrest di tengah untuk baris kedua, tentu membuat penumpang merasa mudah pegal ketika berpergian jauh.

Namun ketika baris kedua hanya diisi dua orang, sandaran punggung bagian tengah dapat ditarik ke depan dengan menjadikannya sebagai arm rest.

Rasa nyaman selama berkendara untuk baris kedua dan ketiga pun terjaga berkat adanya AC double blower, serta jok tengah yang dapat distel maju-mundur untuk memberikan kenyamanan penumpang paling belakang.

Baca juga: Kepincut Beli Suzuki XL7 2021? Simak Dulu 5 Keluhan Penggunanya

Kesimpulan

Sebagai LSUV 7-seater pertama di Indonesia yang mengusung teknologi hybrid jenis mild-hybrid, beberapa poin serta penjabaran mengenai kelebihan dan kekurangan Suzuki XL7 Hybrid di atas bisa menjadi perhatian penting bagi yang sedang kepincut dengan mobil ini.

Tampil lebih modern, XL7 Hybrid juga memiliki fitur lebih canggih seperti Autolight with Guide Me Light serta Smart E-Mirror dengan sistem pengendalian layar sentuh.

Berbekal teknologi SHVS dengan fitur Acceleration Assist, membuat puataran mesin terasa lebih enteng ketika fitur aktif. Dengan begitu mesin tidak memerlukan bahan bakar lebih banyak untuk menggerakan mesin, serta membuat konsumsi BBM irit ditambah adanya Idling Stop.

Sebagai catatan, untuk kekurangan pada XL7 Hybrid terdapat pada tarikan awalnya yang kurang cekatan. Menggunakan transmisi matic konvensional, setiap perpindahan giginya masih terasa adanya hentakan dan jeda.

Untuk Smart E-Mirror yang digunakan mengenai tampilan objek di luar juga terasa lebih dekat dibandingkan kondisi aktual. Selanjutnya pada jok baris kedua, mobil ini hanya dilengkapi dua headrest sehingga kurang nyaman apabila disinggahi tiga orang.

FAQ

Apakah semua tipe Suzuki XL7 sudah bermesin hybrid?

Varian Suzuki XL7 Hybrid yang dipasarkan oleh PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) di Indonesia saat ini hanya ada di varian Beta dan Alpha. Sementara untuk tipe Zeta tetap pakai mesin bensin 1.5-liter konvensional.

Berapa konsumsi BBM Suzuki XL7 Hybrid?

Berdasarkan hasil pengujian sejumlah pihak, konsumsi bahan bakar Suzuki XL7 Hybrid untuk rute dalam kota mencapai 13-14 km/liter. Sementara konsumsi BBM di rute jalan tol bisa mencapai 20-21 km/liter.

Suzuki XL7 ssetara mobil apa?

Suzuki XL7 masuk kategori Low Sport Utility Vehicle (LSUV) berkonfigurasi 7 penumpang (7-seater). Di segmen ini ada juga mobil serupa seperti Toyota Rush, Daihatsu Terios, Mitsubishi Xpander Cross, dan Hyundai Stargazer X.

    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Enda

Senior Writer

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia...

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Suzuki XL7

Video Pendek Terkait

Related Videos

Suzuki XL7 Pesaing Xpander Cross yang Sekarang Jadi Hybrid!

Is the SUZUKI XL7 just a muscular ERTIGA? Full REVIEW and DRIVE IMPRESSIONS!!

Ada beberapa keunggulan mobil hybrid yang patut kalian pertimbangkan ketimbang membeli mobil listrik murni. Meskipun tidak dapat dipungkiri jika kendaraan berjenis BEV (Battery Electric Vehicle) saat ini sedang menanjak popularitasnya. Mobil listrik dianggap jadi solusi terbaru untuk menekan angka polusi udara yang dihasilkan dari kendaraan berbahan bakar minyak. Selain itu mobil dengan tenaga baterai dan motor electric tersebut juga diklaim bisa melepas ketergantungan masyarakat akan bahan baka
Kehadiran Toyota Hilux Rangga sepertinya memang sudah banyak ditunggu oleh masyarakat Indonesia. Wajar saja mengingat ada beberapa daya tarik dari mobil yang dipersiapkan untuk segmen kendaraan komersial itu. Perata, Hilux Rangga dianggap membawa kembali legenda Toyota Kijang Pick Up yang memang sudah begitu melekat di publik Tanah Air. Dan sayangnya, hingga kini Toyota tak pernah lagi memproduksi Kijang dalam bentuk pick up. Sehingga diharapkan Hilux Rangga dapat memuaskan dahaga kerinduan akan
Korlantas Polri akan kembali menggelar razia Operasi Zebra 2024 yang berlangsung dua pekan, yaitu antara 14-27 Oktober 2024. Operasi ini bertujuan tidak hanya untuk penegakan hukum, melainkan memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai pentingnya keselamatan berkendara di jalan raya. Operasi Zebra 2024 ini sengaja kembali digelar kepolisian mengingat tingginya pelanggaran lalu lintas yang dilakukan pengendara kendaraan bermotor di Indonesia. Berdasarkan data Korlantas Polri, sepanjang Januari-
Awal Oktober 2024 Lalu, PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) ajak rekan-rekan media untuk melakukan test drive Hyundai All-New KONA Electric dari Bekasi menuju Semarang untuk membuktikan daya jelajahnya. Diklaim memiliki jarak jelajah hingga 549 km (berdasarkan NEDC), apakah perjalanan dengan menggunakan All-New KONA Electric varian Signature Long Range ini sesuai dengan ekspektasi bebas khawatir? Perjalanan dimulai dari kawasan Kota Bintang, Bekasi dan perjalanan diperkirakan menempuh jarak 420 k
Gokart merupakan bagian cabang olah raga motor sport yang cukup diminati para pecinta otomotif. Dengan dimensi mobil lebih kecil, oleh raga ini jika ditekuni bisa menjadi cikal bakal pembalap. Pasalnya, banyak para pembalap yang awalnya hanya menggunakan Gokart sebagai sarana menyalurkan hobi. Namun karena kelihaian mengendarai Gokart, atau mengetahui dasar balapan baik akselerasi maupun pengereman yang baik, bukan tak mungkin suatu saat bisa terjuan di dunia mobil balap. Selain itu, Gokart juga

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaruPembaruan
Hot
Toyota

Toyota Calya

Rp 170,20 - 190,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Tiggo 8

Rp 349,50 - 400,00 Juta

Lihat Mobil
Neta

Neta X

Rp 428,00 - 448,00 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5 GT

Rp 453,80 - 493,80 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Tiggo 8 Pro Max

Rp 586,50 - 628,50 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda E5

Rp 419,80 - 498,80 Juta

Lihat Mobil
GAC

GAC Aion Hyptec HT

Rp 685,00 Juta

Lihat Mobil
GAC

GAC Aion ES

Rp 386,00 Juta

Lihat Mobil
Nissan

Nissan Serena e-POWER

Rp 635,00 Juta

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

  • Suzuki XL7
    Rp 251,80 Juta
    VS
    Honda WR-V
    Rp 271,90 Juta
    XL7 vs WR-V
  • Suzuki XL7
    Rp 251,80 Juta
    VS
    Toyota Rush
    Rp 278,80 Juta
    XL7 vs Rush
  • Suzuki XL7
    Rp 251,80 Juta
    VS
    Toyota Raize
    Rp 229,80 Juta
    XL7 vs Raize
  • Suzuki XL7
    Rp 251,80 Juta
    VS
    Wuling Alvez
    Rp 209,00 Juta
    XL7 vs Alvez
  • Suzuki XL7
    Rp 251,80 Juta
    VS
    Daihatsu Terios
    Rp 214,45 Juta
    XL7 vs Terios
Suzuki XL7
Lihat