BYD Indonesia kembali melebarkan sayap bisnisnya di Tanah Air dengan menambah jaringan penjualan terbaru berlokasi di kawasan Slipi, Jakarta Barat. Dealer yang dioperasikan PT Harmony Makmur Indonesia dirancang untuk memberikan pengalaman premium bagi pelanggan, sekaligus memperkuat komitmen perusahaan terhadap inovasi kendaraan ramah lingkungan dan keberlanjutan.
Menurut Country GM BYD Harmony Auto Indonesia, Suwandy, dipilihnya dealer baru di Slipi, tak lepas dari lokasinya yang strategis, karena akses yang dilewati berdekatan dengan gedung perkantoran, institusi, perumahan hingga akademi atau kampus.
Baca juga: BYD Tambah Investasi di Indonesia, Pabrik Diperluas dan Mulai Beroperasi Akhir 2025
"Dealer ini menjadikannya lokasi ideal untuk menjangkau profesional, perusahaan, dan pelanggan premium di sekitarnya," jelas Suwandy, saat ditemui di sela acara peresmian dealer BYD Harmony Slipi.
Tidak hanya itu, Slipi juga cukup dekat dengan sejumlah akademik atau kampus, mulai dari Universitas Bina Nusantara, Tarumanegara, Trisakti, dan lainnya. “Mereka bisa dibilang mahasiswa-mahasiswa yang memang punya kapasitas untuk bisa memiliki EV (Electric Vehicle),” ungkap Suwandy.
Baca juga: Penjualan BYD Nomor 1 di Negara Asalnya, Indonesia Menyusul?
Dia menyebutkan, berdasarkan hasil survei internal dealer BYD Harmony kepada konsumen, ternyata 15-20 persen customernya adalah mahasiswa. Karenanya BYD berharap, mahasiswa yang bagian dari anak muda banyak tertarik untuk membeli mobil listrik, karena selain ramah lingkungan, juga bebas ganjil genap.
"Jadi bisa dibilang (konsumen mahasiswa) cukup banyak, khususnya di kota-kota besar, termasuk di Jakarta," ucapnya.
Baca juga: BYD Berhasil Kalahkan Tesla untuk Pertama Kalinya
Saat ini, BYD jadi brand yang sangat aktif menjual mobil listrik, mulai dari BYD Dolphin, Atto 3, M6, hingga Seal. Semuanya sudah dilengkapi teknologi dan fitur canggih. Di luar itu, Suwandy menjabarkan ada beberapa alasan mahasiswa sangat menginginkan sebuah mobil listrik. Satu diantaranya adalah bebas ganjil genap.
"Karena memang di Jakarta ini beberapa lokasi kampus pasti sudah melewati ganjil genap. Jadi pasti itu jadi salah satu pertimbangan utama mereka untuk melakukan pergantian mobil (dari mobil bensin ke mobil listrik)," ujarnya.
Suwandy juga tak menampik, banyak mahasiswa yang cukup peduli terhadap energi terbarukan, yang lebih ramah lingkungan. Hal ini karena mobil listrik tidak menghasilkan emisi gas buang.
Tidak hanya tu, mobil listrik dianggap lebih hemat anggaran dibandingkan dengan mobil Internal Combustion Engine (ICE/ Bensin). "Jadi setiap bulan itu kita cuma bayar sekitar Rp400 ribu sampai Rp500 ribu untuk biaya listrik charge-nya," ucapnya.
Lain halnya dengan mobil ICE, Suwandy mengaku bisa menghabiskan Rp600 ribu dalam seminggu. Sehingga jika ditotal dalam sebulan mencapai Rp2,4 juta.
"Bayangkan berapa biaya yang sudah kita hemat untuk itu. Jadi itu yang membuat kita yakin bahwa memang transformasi energi dari kendaraan konvensional ke EV ini akan cukup bisa diterima dan akan cukup tinggi di tahun ini," terangnya.
Dealer BYD Harmony Slipi yang memiliki luas 2.000 meter persegi dilengkapi dengan fasilitas Sales, Service, dan Spare Parts, serta sejumlah fasilitas lainnya, termasuk area inspeksi.
Tidak hanya itu, dealer yang mampu menampung 10 mobil listrik juga dilengkapi dengan empat bay kerja untuk layanan after sales, termasuk satu bay khusus yang dirancang untuk ekspres, serta sanggup menampung 15 pelanggan untuk service kendaraan berkala.
Dealer BYD Harmony Slipi juga menyediakan fasilitas isi daya baterai, dengan colokan bertipe AC dan DC untuk kendaraan listrik, sehingga pemilik mobil yang kehabisan daya tidak perlu khawatir untuk mengisinya.
“Di mana kalau konsumen datang mau charging, jadi setengah jam bisa mencapai 80% untuk sekali pengecasan. Jadi sangat cepat, tidak perlu menunggu lama lagi,” tutur Nathan Sun selaku Operation Director of BYD Motor Indonesia. Dengan layanan after sales yang unggul, pelanggan dapat menikmati pengalaman yang aman dan efisien, mendukung setiap tahap perjalanan berkendara dengan kendaraan listrik.
“Dengan kehadiran BYD Harmony Slipi ini menegaskan langkah nyata kami dalam menyediakan akses yang lebih mudah dan nyaman bagi seluruh masyarakat Indonesia sekaligus memberikan pengalaman terbaik bagi pelanggan di lokasi yang strategis. Kami percaya, langkah ini akan membawa kita lebih dekat pada visi bersama untuk menciptakan masa depan solusi mobilitas yang berkelanjutan,” tutup Nathan.