Kulik Perbedaan Honda Jazz RS dan S 2008, Bukan Cuma Tambah Bodi Kit!

Honda Jazz RS merupakan varian paling tinggi dalam setiap generasi Honda Jazz. Namun bukan berarti varian lain dari hatchback ini tidak memikat. Contohnya pada generasi kedua Honda Jazz yang diluncurkan di Indonesia pada 2008.

Saat itu Honda Indonesia membawa dua varian yakni RS dan S. Mungkin beberapa ada yang belum tahu apa saja perbedaan Honda Jazz RS dan S 2008. Sebagai informasi, generasi kedua Jazz di Tanah Air ini memiliki kode bodi GE8. Model ini eksis hingga 2014 sebelum digantikan oleh generasi selanjutnya yang berkodekan bodi GK5.

Selama perjalanannya, Jazz GE8 sempat mendapat dua kali penyegaran secara kecil-kecilan. Untuk facelit pertamanya sendiri terjadi pada 2011 yang memiliki julukan Jazz MMC (Minor Model Change). Pada versi improvement ini, Honda melakukan sedikit ubahan yang alhasil membuat tampilan luarnya terlihat lebih stylish. 

Tipe RS maupun S memperoleh sejumlah ubahan pada lampu, grill, serta bumpernya. Sedangkan di bagian dalam, desain dashboard terdapat sedikit penyesuaian khusunya pada panel AC, dan warna LCD Multi-information di odometer. 

Honda Jazz RS MMC 2013

Penyegaran selanjutnya terjadi pada 2013, yang mana untuk reflektor pada lampu utamanya mendapat aken hitam yang membuatnya terkesan lebih garang. Selanjutnya ubahan lain terjadi pada stoplamp, dimana lampu belakangnya menggunakan mika transparan dengan teknologi LED untuk lampu berhenti. Oh iya, pada versi improvement kedua, Jazz GE8 ketambahan satu varian yaitu A, yang ditempatkan sebagai tipe paling basic di bawah S.

Menempati segmen hatchback kompak, Honda Jazz GE8 hingga kini kondisi bekasnya banyak diburu. Ini dikarenakan generasi kedua Jazz memiliki desain yang timeless, performa mumpuni, serta fun to drive. Nah, kalian yang tertarik dengan Honda Jazz GE8 khususnya lansiran 2008-2010, kami akan mengulas apa saja perbedaan antara varian Honda Jazz RS dan S melalui artikel ini.

Baca juga: Sekilas Mirip, Berikut Perbedaan Honda Jazz GE8 Tipe A dan S

Perbedaan Honda Jazz RS dan S 2008

Eksterior

Jazz RS 2008

Perbedaan Honda Jazz RS dan S 2008 untuk tampilan luarnya memiliki diferensiasi yang begitu mencolok. Sebagai varian paling atas, secara penampilan tipe RS jauh lebih sporty berkat bumper yang dibuat sedikit lebih gondrong dengan tambahan body kit serta side skirt di samping.

Selain itu pada bagian sampingnya tipe RS untuk spion sudah dilengkapi fitur berupa pelipatan otomatis serta lampu sein pada cover.

Jazz S 2008

Sedangkan varian S, mobil ini hanya dibekali fitur electric mirror serta lampu sein samping yang diletakan di fender bodi bagian depan. Tipe RS diaplikasikan velg 16 inci dengan desain lebih sporty. Sedangkan varian S velgnya memiliki ukuran lebih kecil berdiameter 15 inci. Di belakang, varian RS mendapat tambahan spoiler yang bisa meningkatkan aerodinamika berkendara.  

Interior

Interior Jazz RS

Nuansa interior Jazz RS dan S 2008 terlihat sama yang mana didominasi dengan penggunaan wana gelap. Pada center cluster, keduanya dibekali head unit 2din yang mendukung format seperti CD player, MP3, dan USB. Sebagai pembeda, varian RS dengan transmisi matic mendapat tambahan arm rest pada kursi pengemudi yang dapat diatur secara fleksibel, serta paddle shift di balik setirnya.

Mengenai persamaan, keduanya sudah dilengkapi dengan tilt & telescopic untuk setir serta jok pengemudi dengan hight adjuster yang bisa digunakan untuk menyesuaikan postur tubuh pengemudi supaya berkendara terasa lebih nyaman.

Bukan cuma itu, baik RS maupun S memiliki sistem pendingin udara dengan pengaturan lengkap. Seperti yang bisa dilihat AC nya memiliki beberapa pengaturan arah semburan, heater dan rear defogger.

Jok baris kedua Jazz GE8

Memudahkan pengguna ketika ingin menambah daya pada gawai, console tengahnya terdapat power outlet. Jazz GE8 memiliki kabin yang terasa lapang dan serba praktis. Joknya memiliki fitur ultra seat, yang mana penggunanya bisa dengan bebas mengatur posisi jok sesuai kebutuhan.

Fitur ultra seat pada mobil ini terdiri dari 4 mode, yaitu; Utility Mode, Long Mode, Tall Mode dan Refresh Mode. Terasa ergonomis, Jazz GE8 punya ruang bagasi terbesar di kelasnya sehingga sangat cocok untuk kalian yang gemar berpergian ke luar kota.

Baca juga: Walau Banyak Diminati, Ini 5 Alasan Tidak Memilih Honda Jazz GE8 Bekas

Fitur Keselamatan Jazz RS Lebih Komplit

Jazz S sudah dilengkapi ABS dan EBD

Perbedaan Honda Jazz RS dan S 2008 selanjutnya terletak pada fitur keselamatan. Seperti diketahui tipe RS sudah dibekali dengan dual airbags, yang akan mengembang ketika mobil mengalami benturan dari bagian depan guna melindungi pengguna dan mengurangi cedera serius.

Tak hanya itu, varian RS juga sudah mendukung keyless entry system memudahkan pengguna ketika ingin membuka dan mengunci pintu, serta pintu yang akan mengunci secara otomatis ketika mobil melaju.

Baik Honda Jazz RS dan S 2008 telah dibekali kunci dengan immobilizer yang dapat mencegah mobil dari tindak pencurian. Keduanya untuk sistem pengereman remnya sudah menggunakan cakram di setiap rodanya. Bahkan remnya ini sudah didukung dengan fitur ABS (Anti-lock Braking System) dan EBD (Electronic Brake-force Distribution) yang dirancang untuk meningkatkan keselamatan dan kontrol kendaraan.

Fungsi dari ABS sendiri mencegah roda mobil terkunci saat melakukan pengereman mendadak atau di jalan licin.sedangkan EBD menyesuaikan distribusi gaya pengereman antara roda depan dan belakang sesuai dengan kondisi beban kendaraan. Secara keseluruhan baik ABS maupun EBD bekerja bersama untuk memberikan pengendalian yang lebih baik dan meningkatkan keselamatan dalam kondisi mengemudi yang sulit atau berbahaya.

Mesin dan Transmisi Serupa

Mesin L15A

Honda Jazz GE8 RS dan S 2008 memiliki karakter berkendara yang responsif dan fun to drive. Performa mobil ini dihasilkan dari penggunaan mesin L15A 1.497 cc 4-silinder segaris SOHC i-VTEC. Di atas kertas jantung pacu ini dapat memeras tenaga sebesar 120 PS di 6.600 rpm dengan torsi puncak 145 Nm pada putaran mesin 4.800 rpm.

Pada tarikan atasnya mobil ini memiliki nafas panjang sehingga sangat cocok untuk kalian yang menyukai kecepatan. Mesinnya dipadukan dengan transmisi manual 5-percepatan dan otomatis 5-percepatan torque converter. Transmisi matic yang digunakan berbeda dengan generasi sebelumnya yang mengandalkan CVT.

Transmisi matic konvensional yang dipakai mobil ini lebih mudah dan murah dari segi perawatan. Selain itu juga lebih tangguh dan awet. Pada versi matic tipe RS, mobil dilengkapi paddle shifter, yang bisa digunakan untuk menaikan dan menurunkan gigisecara manual melalui tuas di balik kemudinya.

Baca juga: Sejarah Honda Jazz di Indonesia, Mobil Bekas yang Banyak Diburu

FAQ

Honda Jazz GE8 tahun berapa?

Generasi kedua Honda Jazz di Indonesia, Jazz GE8 merupakan hatchback kompak andalan Honda yang saat ini masih menjadi favorit para kaula muda. Mobil ini pertama kali hadir pada 2008 dengan mendapat dua kali penyegaran yakni 2011 dan 2013 sebelum digantikan oleh generasi ketiga Jazz GK5 pada 2014.

Berapa konsumsi BBM Jazz GE8?

Beberapa pemilik Honda Jazz GE8 menyebutkan bahwa untuk konsumsi bahan bakar penakaian dalam kota bekisar 10-12 km/liter. Sedangkan untuk luar kotanya di angka 13-16 km/liter.

Apakah Jazz RS sudah ABS?

Fitur keselamatan standar yang ditawarkan Honda Jazz GE8 yakni hadirnya ABS dan EBD dengan rem cakram di semua roda baik untuk varian RS maupun S.

Jazz pakai bensin apa?

Mengenai penggunaan bahan bakar, Jazz GE8 disarankan untuk menggunakan bensin dengan angka RON92 atau sejenis pertamax supaya performanya tetap maksimal. Mengingat juga bahwa mesin L15A yang digunakan Jazz GE8 memiliki angka kompresi 10,4:1, sehingga membutuhkan bahan bakar yang lebih berkualitas.

    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Enda

Senior Writer

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia...

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Honda Jazz

Video Pendek Terkait

Related Videos

Honda City Hatchback RS CVT: Apa bedanya sama Honda Jazz?? | Test Drive

ALL NEW 2020 HONDA JAZZ Crosstar Hybrid HATCHBACK

Cara memilih wiper mobil terbaik mungkin terdengar seperti gimmick belaka bagi sebagian orang. Padahal, menentukan mana wiper mobil yang bagus buat kendaraan kita, akan menciptakan hasil yang terbaik pula. Sebagian besar dari kalian para pengguna mobil pasti sudah mengetahui kalau wiper merupakan satu dari sekian banyak komponen penting di kendaraan. Perangkat yang bersandingan dengan bagian kaca depan atau kaca belakang mobil ini akan sangat bermanfaat manakala kalian berkendara di saat turun h
BYD Indonesia kembali melebarkan sayap bisnisnya di Tanah Air dengan menambah jaringan penjualan terbaru berlokasi di kawasan Slipi, Jakarta Barat. Dealer yang dioperasikan PT Harmony Makmur Indonesia dirancang untuk memberikan pengalaman premium bagi pelanggan, sekaligus memperkuat komitmen perusahaan terhadap inovasi kendaraan ramah lingkungan dan keberlanjutan. Menurut Country GM BYD Harmony Auto Indonesia, Suwandy, dipilihnya dealer baru di Slipi, tak lepas dari lokasinya yang strategis, kar
Indonesia mengirim satu unit modifikasi Honda Civic Estilo bertema batik ke Jepang. Modifikasi mobil Honda Civic Estilo ini bakal tampil di ajang Osaka Auto Messe 2025. Kehadiran Honda Civic Estilo modifikasi tersebut merupakan bagian dari program "NMAA Great of Indonesia", yang digagas oleh National Modificator & Aftermarket Association (NMAA). Program ini bertujuan mempromosikan produk aftermarket buatan Indonesia ke pasar global, membuktikan bahwa karya anak bangsa mampu bersaing di kancah in
Meski mobil listrik Neta tidak terlalu bersinar di 2024, namun pada tahun 2025 merek otomotif asal China tersebut sangat optimistis bisnisnya lancar jaya di Tanah Air. Pasalnya, Managing Director PT Neta Auto Indonesia, Peter Zhang menyatakan, akan melakukan berbagai strategi, termasuk menghadirkan model baru dan juga menambah banyak jaringan penjualan untuk menjangkau konsumen. "Ke depan Neta akan menghadirkan produk yang lebih tepat sasaran, agar bisa memenuhi kebutuhan dari masyarakat Indones
Menempati segmen SUV kompak premium, Mazda CX-30 merupakan salah satu produk unggulan PT Eurokars Motor Indonesia (EMI). Saat ini CX-30 hanya ditawarkan satu varian saja, yakni Grand Touring yang mana per Januari 2025 dibandrol Rp583.300.000. Mobil ini dirancang dengan tujuan untuk memperkaya kehidupan para konsumen dalam membantu merasakan penemuan baru di kehidupan sehari-hari, dengan mengusung teknologi sama seperti mobil Mazda lainnya. Mengetahui apa saja fakta menarik dari Mazda CX-30, sima

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaruPembaruan
Hot
Toyota

Toyota Calya

Rp 170,20 - 190,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Mendatang
Xpeng

Xpeng X9

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Mendatang
Xpeng

Xpeng G6

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Mendatang
Leap Motor

Leap Motor T03

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Mendatang
Leap Motor

Leap Motor C10

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Mendatang
Geely

Geely EX5

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Chery

Chery J6

Rp 498,00 - 558,00 Juta

Lihat Mobil
Maxus

Maxus Mifa 9

Rp 1,09 Milyar

Lihat Mobil
Aletra

L8

Rp 445,00 - 488,00 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Tiggo 8

Rp 349,50 - 400,00 Juta

Lihat Mobil
Honda Jazz
Lihat