Honda Jazz RS merupakan varian paling tinggi dalam setiap generasi Honda Jazz. Namun bukan berarti varian lain dari hatchback ini tidak memikat. Contohnya pada generasi kedua Honda Jazz yang diluncurkan di Indonesia pada 2008.
Saat itu Honda Indonesia membawa dua varian yakni RS dan S. Mungkin beberapa ada yang belum tahu apa saja perbedaan Honda Jazz RS dan S 2008. Sebagai informasi, generasi kedua Jazz di Tanah Air ini memiliki kode bodi GE8. Model ini eksis hingga 2014 sebelum digantikan oleh generasi selanjutnya yang berkodekan bodi GK5.
Selama perjalanannya, Jazz GE8 sempat mendapat dua kali penyegaran secara kecil-kecilan. Untuk facelit pertamanya sendiri terjadi pada 2011 yang memiliki julukan Jazz MMC (Minor Model Change). Pada versi improvement ini, Honda melakukan sedikit ubahan yang alhasil membuat tampilan luarnya terlihat lebih stylish.
Tipe RS maupun S memperoleh sejumlah ubahan pada lampu, grill, serta bumpernya. Sedangkan di bagian dalam, desain dashboard terdapat sedikit penyesuaian khusunya pada panel AC, dan warna LCD Multi-information di odometer.
Penyegaran selanjutnya terjadi pada 2013, yang mana untuk reflektor pada lampu utamanya mendapat aken hitam yang membuatnya terkesan lebih garang. Selanjutnya ubahan lain terjadi pada stoplamp, dimana lampu belakangnya menggunakan mika transparan dengan teknologi LED untuk lampu berhenti. Oh iya, pada versi improvement kedua, Jazz GE8 ketambahan satu varian yaitu A, yang ditempatkan sebagai tipe paling basic di bawah S.
Menempati segmen hatchback kompak, Honda Jazz GE8 hingga kini kondisi bekasnya banyak diburu. Ini dikarenakan generasi kedua Jazz memiliki desain yang timeless, performa mumpuni, serta fun to drive. Nah, kalian yang tertarik dengan Honda Jazz GE8 khususnya lansiran 2008-2010, kami akan mengulas apa saja perbedaan antara varian Honda Jazz RS dan S melalui artikel ini.
Baca juga: Sekilas Mirip, Berikut Perbedaan Honda Jazz GE8 Tipe A dan S
Perbedaan Honda Jazz RS dan S 2008 untuk tampilan luarnya memiliki diferensiasi yang begitu mencolok. Sebagai varian paling atas, secara penampilan tipe RS jauh lebih sporty berkat bumper yang dibuat sedikit lebih gondrong dengan tambahan body kit serta side skirt di samping.
Selain itu pada bagian sampingnya tipe RS untuk spion sudah dilengkapi fitur berupa pelipatan otomatis serta lampu sein pada cover.
Sedangkan varian S, mobil ini hanya dibekali fitur electric mirror serta lampu sein samping yang diletakan di fender bodi bagian depan. Tipe RS diaplikasikan velg 16 inci dengan desain lebih sporty. Sedangkan varian S velgnya memiliki ukuran lebih kecil berdiameter 15 inci. Di belakang, varian RS mendapat tambahan spoiler yang bisa meningkatkan aerodinamika berkendara.
Nuansa interior Jazz RS dan S 2008 terlihat sama yang mana didominasi dengan penggunaan wana gelap. Pada center cluster, keduanya dibekali head unit 2din yang mendukung format seperti CD player, MP3, dan USB. Sebagai pembeda, varian RS dengan transmisi matic mendapat tambahan arm rest pada kursi pengemudi yang dapat diatur secara fleksibel, serta paddle shift di balik setirnya.
Mengenai persamaan, keduanya sudah dilengkapi dengan tilt & telescopic untuk setir serta jok pengemudi dengan hight adjuster yang bisa digunakan untuk menyesuaikan postur tubuh pengemudi supaya berkendara terasa lebih nyaman.
Bukan cuma itu, baik RS maupun S memiliki sistem pendingin udara dengan pengaturan lengkap. Seperti yang bisa dilihat AC nya memiliki beberapa pengaturan arah semburan, heater dan rear defogger.
Memudahkan pengguna ketika ingin menambah daya pada gawai, console tengahnya terdapat power outlet. Jazz GE8 memiliki kabin yang terasa lapang dan serba praktis. Joknya memiliki fitur ultra seat, yang mana penggunanya bisa dengan bebas mengatur posisi jok sesuai kebutuhan.
Fitur ultra seat pada mobil ini terdiri dari 4 mode, yaitu; Utility Mode, Long Mode, Tall Mode dan Refresh Mode. Terasa ergonomis, Jazz GE8 punya ruang bagasi terbesar di kelasnya sehingga sangat cocok untuk kalian yang gemar berpergian ke luar kota.
Baca juga: Walau Banyak Diminati, Ini 5 Alasan Tidak Memilih Honda Jazz GE8 Bekas
Perbedaan Honda Jazz RS dan S 2008 selanjutnya terletak pada fitur keselamatan. Seperti diketahui tipe RS sudah dibekali dengan dual airbags, yang akan mengembang ketika mobil mengalami benturan dari bagian depan guna melindungi pengguna dan mengurangi cedera serius.
Tak hanya itu, varian RS juga sudah mendukung keyless entry system memudahkan pengguna ketika ingin membuka dan mengunci pintu, serta pintu yang akan mengunci secara otomatis ketika mobil melaju.
Baik Honda Jazz RS dan S 2008 telah dibekali kunci dengan immobilizer yang dapat mencegah mobil dari tindak pencurian. Keduanya untuk sistem pengereman remnya sudah menggunakan cakram di setiap rodanya. Bahkan remnya ini sudah didukung dengan fitur ABS (Anti-lock Braking System) dan EBD (Electronic Brake-force Distribution) yang dirancang untuk meningkatkan keselamatan dan kontrol kendaraan.
Fungsi dari ABS sendiri mencegah roda mobil terkunci saat melakukan pengereman mendadak atau di jalan licin.sedangkan EBD menyesuaikan distribusi gaya pengereman antara roda depan dan belakang sesuai dengan kondisi beban kendaraan. Secara keseluruhan baik ABS maupun EBD bekerja bersama untuk memberikan pengendalian yang lebih baik dan meningkatkan keselamatan dalam kondisi mengemudi yang sulit atau berbahaya.
Honda Jazz GE8 RS dan S 2008 memiliki karakter berkendara yang responsif dan fun to drive. Performa mobil ini dihasilkan dari penggunaan mesin L15A 1.497 cc 4-silinder segaris SOHC i-VTEC. Di atas kertas jantung pacu ini dapat memeras tenaga sebesar 120 PS di 6.600 rpm dengan torsi puncak 145 Nm pada putaran mesin 4.800 rpm.
Pada tarikan atasnya mobil ini memiliki nafas panjang sehingga sangat cocok untuk kalian yang menyukai kecepatan. Mesinnya dipadukan dengan transmisi manual 5-percepatan dan otomatis 5-percepatan torque converter. Transmisi matic yang digunakan berbeda dengan generasi sebelumnya yang mengandalkan CVT.
Transmisi matic konvensional yang dipakai mobil ini lebih mudah dan murah dari segi perawatan. Selain itu juga lebih tangguh dan awet. Pada versi matic tipe RS, mobil dilengkapi paddle shifter, yang bisa digunakan untuk menaikan dan menurunkan gigisecara manual melalui tuas di balik kemudinya.
Baca juga: Sejarah Honda Jazz di Indonesia, Mobil Bekas yang Banyak Diburu
Generasi kedua Honda Jazz di Indonesia, Jazz GE8 merupakan hatchback kompak andalan Honda yang saat ini masih menjadi favorit para kaula muda. Mobil ini pertama kali hadir pada 2008 dengan mendapat dua kali penyegaran yakni 2011 dan 2013 sebelum digantikan oleh generasi ketiga Jazz GK5 pada 2014.
Beberapa pemilik Honda Jazz GE8 menyebutkan bahwa untuk konsumsi bahan bakar penakaian dalam kota bekisar 10-12 km/liter. Sedangkan untuk luar kotanya di angka 13-16 km/liter.
Fitur keselamatan standar yang ditawarkan Honda Jazz GE8 yakni hadirnya ABS dan EBD dengan rem cakram di semua roda baik untuk varian RS maupun S.
Mengenai penggunaan bahan bakar, Jazz GE8 disarankan untuk menggunakan bensin dengan angka RON92 atau sejenis pertamax supaya performanya tetap maksimal. Mengingat juga bahwa mesin L15A yang digunakan Jazz GE8 memiliki angka kompresi 10,4:1, sehingga membutuhkan bahan bakar yang lebih berkualitas.