Ini Rahasia Daihatsu Sukses di Urutan ke-2 Merek Mobil Terlaris Indonesia Selama 16 Tahun

PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengumumkan kembali berhasil menjadi merek mobil terlaris kedua di Indonesia pada 2024. Hal ini dicapai dari penjual ritel nasional yang mencapai 889.680 unit, brandnya mampu merebut pasar hingga 18,9 persen atau mencapai lebih dari 168 ribu.

Bahkan menurut Marketing Director and Corporate Planning & Communication Director PT ADM, Sri Agung Handayani, dengan perolehan tersebut, Daihatsu sudah mempertahankan posisi kedua selama 16 tahun sejak tahun 2009.

"Kami bersyukur, menutup tahun 2024 Daihatsu mampu mempertahankan posisi nomor dua penjualan otomotif nasional selama 16 tahun berturut-turut," ungkap Agung saat ditemui di kawasan Kuningan, Jakarta, Kamis (16/1/2025).

Baca juga: 3 Ide Modifikasi Daihatsu Gran Max Biar Terlihat Makin Keren

​​

Jika melihat data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), pencapaian ritel Daihatsu hanya kalah dari saudara terdekatnya yaitu Toyota dengan torehan 293.788 unit. Sementara posisi di bawah Daihatsu, terdapat Honda di urutan ketiga dengan raihan 103.023 unit, lalu Mitsubishi sebanyak 74.030 unit, dan juga Suzuki 69.392 unit. 

Baca juga: Horas! Medan Jadi Kota Pamungkas Daihatsu Kumpul Sahabat 2024

Mobil Terlaris Daihatsu Bukan Xenia 

Seperti disebutkan di atas, Daihatsu berhasil meraih peringkat dua merek mobil terlaris di Indonesia. Lantas mobil apa yang menyumbangkan penjualan terbanyak?

Menanggapi hal tersebut, Agung menuturkan, jika mobil yang paling banyak diburu konsumen di Tanah Air adalah Daihatsu Sigra dengan torehan penjualan mencapai 54.366 unit atau berkontribusi sebesar 32 persen.

Daihatsu Sigra

 "Sigra sudah menjadi market leader kurang lebih empat tahun berturut-turut dan market share-nya 58 persen," ucap Agung. Ya, sosok mobil Sigra merupakan paling pas jadi mobil pilihan keluarga di Indonesia, karena mobil ini merupakan sebuah Low Cost Green Car (LCGC) yang harganya cukup terjangkau. 

"Segmen LCGC ini sangat sehat, Sigra dan Calya adalah jadi pilihan LCGC MPV yang signifikan naik dibandingkan dua tahun terakhir," terang Agung. Selain itu, Sigra juga menjadi mobil yang tepat untuk keluarga, lantaran mobil tersebut mampu menampung tujuh sampai delapan penumpang. Sehingga banyak diburu konsumen.

Baca juga: Segini Simulasi Kredit Daihatsu Terios Terbaru, PNS Masih Bisa Nyicil!

Daihatsu Gran Max bisa dimodifikasi

Sementara di urutan model terlaris kedua Daihatsu adalah Gran Max yang berkontribusi sebesar 25 persen atau menyumbangkan penjualan sebanyak 41.703 unit. "Daihatsu Gran Max jadi market leader 2 tahun berturut-turut, market share-nya 56 persen dan yang terakhir ada Grand Max minibus yang market sharenya 91 persen," ucap Sri Agung.
 
Untuk urutan ketiga mobil Daihatsu terlaris, posisinya di tempat Terios yang mencapai 12 persen atau penjualannya menyumbangkan 19.873 unit. Selanjutnya mobil Daihatsu Ayla berada di posisi empat dengan penjualan sebanyak 18.588 unit yang berkontribusi sekitar 11 persen, disusul Gran Max Mini Bus 15.040 unit yang menyumbangkan 9 persen. 

Adapun mobil sejuta umat, Daihatsu Xenia berada di urutan kelima dengan menyumbangkan tujuh persen atau sebanyak 11.014 unit. Sedangkan model lainnya seperti Rocky, Luxio, dan Sirion jika digabungkan terjual lebih dari 7 ribu unit atau menyumbang sekitar 4 persen. 

Alasan Banyak Pilih Daihatsu

Daihatsu Ayla

Tidak bisa dipungkiri, merek mobil Daihatsu memang kurang prestige dimata orang berduit. Maka dari itu, di wilayah kota besar, seperti Jakarta, volume mobil Daihatsu seakan sangat jarang. Kendati demikian, kenapa Daihatsu berada di urutan kedua mobil terlaris? 

Menurut Agung, Daihatsu memang memiliki  pasar yang berbeda dibandingkan dengan merek mobil lainnya di Indonesia. "Dimana kita lebih didominasi oleh first car buyer. Beberapa, mereka akan datangnya dari informal sektor," jelas Agung.

Ya, Daihatsu memang sengaja mengincar konsumen pertama yang ingin memiliki mobil pertama, dimana sebelumnya konsumen menggunakan sepeda motor atau ada juga ingin punya mobil baru pertama kali. 

Daihatsu Xenia masih tetap dicari

Faktor di atas sangat erat kaitannya dengan  harga. Dimana mobil Daihatsu memiliki harga yang sangat terjangkau dibandingkan yang lainnya. Bahkan jika dilihat di situs resmi Daihatsu, sangat jarang menemukan mobilnya dibanderol di atas Rp300 juta. Jika pun ada itu hanya satu atau dua, dan modelnya adalah Daihatsu Terios. 

Selain itu, konsumen yang membeli Daihatsu disebutkan datang dari pelaku bisnis Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Dimana konsumen menginginkan mobil terjangkau namun tetap tangguh untuk digunakan usaha, baik angkut barang atau sebagai usaha jasa transportasi. 

Mobil Daihatsu yang dijual di Indonesia juga memiliki banyak dealer, termasuk di daerah. Sehingga mereka yang ingin melakukan pembelian, juga purna jual, hingga suku cadang akan sangat mudah dijangkau. 

Daihatsu selalu punya mobil kembar bersama saudaranya Toyota

Daihatsu juga punya saudara Toyota. Dan mereka kerap berkolaborasi untuk membuat mobil kembar, seperti halnya Ayla-Agya, Sigra-Calya, Xenia-Avanza, hingga Terios-Rush. Alasan lainnya adalah Daihatsu memiliki produk LCGC seperti Ayla dan Sigra. Dimana mobil tersebut dibanderol sangat terjangkau dibandingkan brand lainnya. 

Tak hanya harga yang murah, untuk menarik hati konsumen, Daihatsu juga menjalin kerjasama dengan perusahaan pembiayaan untuk memberikan skema kredit yang mudah. "Terutama DP, pemilihan tingkat bunga, lalu tenor yang lebih panjang. Maka customer bisa berdiskusi, menyesuaikan dengan kebutuhannya," tuturnya.

Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Herdi

Senior Writer

Mengawali karir sebagai jurnalis sejak tahun 2011 di salah satu media massa Nasional Tanah Air. Memiliki ketertarikan untuk m...

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Daihatsu Sigra

Video Pendek Terkait

Related Videos

New Daihatsu Sigra dapat mewujudkan Impian Keluarga Jadi Nyata

Gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2025 dipastikan berlangsung di JIExpo, Kemayoran, Jakarta, pada 13-23 Februari 2025 mendatang. Hajatan otomotif yang diinisiasi Dyandra Promosindo Indonesia dipastikan semakin meriah, karena menggabungkan berbagai aspek seperti otomotif, hiburan hingga musik. Menurut Project Manager IIMS, Rudi MF, dengan banyaknya peserta yang turut dalam pameran IIMS 2025, maka area yang digunakan kini menjadi lebih luas, yaitu mencapai 133.547 meter persegi. "K
Honda Jazz RS merupakan varian paling tinggi dalam setiap generasi Honda Jazz. Namun bukan berarti varian lain dari hatchback ini tidak memikat. Contohnya pada generasi kedua Honda Jazz yang diluncurkan di Indonesia pada 2008. Saat itu Honda Indonesia membawa dua varian yakni RS dan S. Mungkin beberapa ada yang belum tahu apa saja perbedaan Honda Jazz RS dan S 2008. Sebagai informasi, generasi kedua Jazz di Tanah Air ini memiliki kode bodi GE8. Model ini eksis hingga 2014 sebelum digantikan oleh
Cara memilih wiper mobil terbaik mungkin terdengar seperti gimmick belaka bagi sebagian orang. Padahal, menentukan mana wiper mobil yang bagus buat kendaraan kita, akan menciptakan hasil yang terbaik pula. Sebagian besar dari kalian para pengguna mobil pasti sudah mengetahui kalau wiper merupakan satu dari sekian banyak komponen penting di kendaraan. Perangkat yang bersandingan dengan bagian kaca depan atau kaca belakang mobil ini akan sangat bermanfaat manakala kalian berkendara di saat turun h
BYD Indonesia kembali melebarkan sayap bisnisnya di Tanah Air dengan menambah jaringan penjualan terbaru berlokasi di kawasan Slipi, Jakarta Barat. Dealer yang dioperasikan PT Harmony Makmur Indonesia dirancang untuk memberikan pengalaman premium bagi pelanggan, sekaligus memperkuat komitmen perusahaan terhadap inovasi kendaraan ramah lingkungan dan keberlanjutan. Menurut Country GM BYD Harmony Auto Indonesia, Suwandy, dipilihnya dealer baru di Slipi, tak lepas dari lokasinya yang strategis, kar
Indonesia mengirim satu unit modifikasi Honda Civic Estilo bertema batik ke Jepang. Modifikasi mobil Honda Civic Estilo ini bakal tampil di ajang Osaka Auto Messe 2025. Kehadiran Honda Civic Estilo modifikasi tersebut merupakan bagian dari program "NMAA Great of Indonesia", yang digagas oleh National Modificator & Aftermarket Association (NMAA). Program ini bertujuan mempromosikan produk aftermarket buatan Indonesia ke pasar global, membuktikan bahwa karya anak bangsa mampu bersaing di kancah in

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaruPembaruan
Hot
Toyota

Toyota Calya

Rp 170,20 - 190,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Mendatang
Xpeng

Xpeng X9

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Mendatang
Xpeng

Xpeng G6

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Mendatang
Leap Motor

Leap Motor T03

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Mendatang
Leap Motor

Leap Motor C10

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Mendatang
Geely

Geely EX5

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Chery

Chery J6

Rp 498,00 - 558,00 Juta

Lihat Mobil
Maxus

Maxus Mifa 9

Rp 1,09 Milyar

Lihat Mobil
Aletra

L8

Rp 445,00 - 488,00 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Tiggo 8

Rp 349,50 - 400,00 Juta

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

Daihatsu Sigra
Lihat