Toyota NAV1 merupakan Medium MPV cikal bakal dari Toyota Voxy. Diluncurkan pertama kali di Indonesia pada 2013, mungkin masih banyak yang belum mengetahui apa saja perbedaan Toyota NAV1 G dan V.
Masa edar NAV1 di Tanah Air bersaing dengan Nissan Serena C26 terbilang cukup lama, yang saat itu sekaligus mengisi kekosangan segmen antara Alphard dan Kijang Innova. Sebagai mobil keluarga yang masuk dalam kategori premium, PT Toyota Astra Motor (TAM) menjual NAV1 hingga 2017.
Selama berkiprah, mobil ini memang hanya dihadirkan dalam dua versi, yakni G dan V yang dijual hingga 2014. Kemudian tipe G dan V Limited dihadirkan sejak 2015 hingga model ini berhenti dijual. Untuk model yang pertama kali meluncur ditawarkan warna hitam, putih serta abu-abu. Kemudian pada versi faceliftnya yang muncul tahun 2015 warna yang dihadirkan yakni hitam, putih dan silver.
Oh iya, keberadaan NAV1 saat itu sudah menyandang status CKD (Completely Knock Down). Seperti diketahui mobil ini dirakit di dalam negeri oleh PT Sugity Creatives, anak perusahaan Toyota Auto Body, yang berlokasi di Bekasi, Jawa Barat.
Nah, untuk pasaran harga bekas Toyota NAV1 sendiri ditawarkan mulai dari Rp150 jutaan. Mengetahui apa perbedaan antara varian G dan V, simak ulasan berikut ini.
Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Toyota NAV1, Harga Bekasnya Setara Daihatsu Sigra Baru!
Perbedaan Toyota NAV1 G dan V terbilang cukup banyak. Bukan hanya sekedar di bagian kosmetik, namun juga kenyamanan berkendara.
Untuk tampilan luar NAV1 G dan V memiliki perbedaan yang tampak begitu jelas. Seperti yang terlihat pada tipe V, pabrikan melengkapinya dengan tambahan kosmetik berupa body kit yang dipasangkan di bumper depan dan belakang, serta di bawah pintunya.
Perbedaan selanjutnya terletak pada sistem pencahayan yang digunakan. Terlihat tipe paling atas berhasil mendapatkan foglamp di bumper yang diketahui dapat meningkatkan visibilitas berkendara. Mengenai lampu utama, keduanya sama-sama menggunakan lampu dengan projector yang menghasilkan cahaya lebih fokus.
Perbedaan berikutnya terlihat di bagian samping. Memiliki desain velg serupa, untuk tipe V memiliki ukuran 16 inci, sedangkan G punya diameter lebih kecil yakni 15 inci. NAV1 pada pintu baris keduanya memakai sliding door.
Untuk pintunya dibekali motor listrik yang memudahkan pengguna ketika ingin membuka dan menutup pintu secara otomatis. Bedanya jika varian V dapat membuka dan menutup pintu secara otomatis untuk kedua sisi, di tipe G hanya tersedia di pintu sebelah kiri.
Beranjak melihat bagian belakang keduanya, NAV1 tipe V mendapat tambahan body moulding pada pintu bagasi serta garnish dengan dilengkapi reflektor. Selain itu bentuk spoiler keduanya pun berbeda, yang mana tipe V tampak lebih sporty ditambah adanya high mount soplamp.
Nuansa interior NAV1 lansiran 2013-2014 dikombinasikan dengan dua warna, yakni hitam dan krem. Sedangkan produksi 2015 hingga 2017 dibalut dengan warna full hitam. Sebagai pembeda antara kedua varian, tipe V berhasil diaplikasikan ornamen wood panel untuk beberapa bagiannya.
Mengenai sitem hiburan, kedua varian dibekali head unit layar sentuh berukuran 5,8 inci yang pengaturannya dapat dikendalikan melalui tombol pada setir. Bedanya di tipe V, head unitnya mendukung sistem navigasi yang memudahkan pengemudi disaat ingin menuju lokasi yang dituju.
Memberikan kenyamanan bagi penumpang di baris kedua dan ketiga, baik tipe G maupun V dilengkapi Rear Seat Entertaiment (RSE) yang diletakan pada plafon. Oh iya, tipe V mendapat tambahan fitur berupa tombol start/stop engine dengan smart entry. Kehadiran smart entry ini memudahkan pengguna ketika ingin membuka ataupun mengunci mobil hanya dengan menekan tombol kecil pada handle pintu.
Bedanya pada varian G, mobil ini masih menggunakan anak kunci untuk menyalakan dan mematikan mesin mobil. Selanjutnya untuk mengunci maupun membuka pintu dilakukan dengan menekan tombol pada remote.
Baca juga: Cari Mobil Keluarga Rp 150 Juta, Toyota NAV1 Bekas Kini Seharga Toyota Calya 2021
Selain itu tipe V juga berhasil tersematkan cooler box di sela jok penumpang depan dan pengemudi, serta dua USB port yang bisa digunakan untuk menambahkan daya pada gadget. NAV1 tipe G dan V memiliki konfigurasi seat 2+2+3. Jok baris pertama dan kedua untuk dua varian mendapatkan arm rest. Kursi baris pertama hingga paling belakang dapat dierbahkan secara maksimal.
Pada jok tengah, mobil ini dapat distel maju-mundur secara maksimal dan bisa diputar 180 derajat untuk dibuat berhadapan dengan penumpang di baris belakang. Oh iya, sistem pendingin udara keduanya memilik tampilan digital yang mendukung fitur dual climate control dengan AC double blower hingga baris ketiga. Mobil ini juga memiliki 13 buah laci penyimpanan terbuka dan tertutup yang terasa praktis mulai dari dashboard hingga trim pintu paling belakang.
Mengenai keselamatan berkendara, NAV 1 tipe G dan V telah dibekali dual SRS airbag di depan serta ABS dan EBD pada sistem pengereman. Selain itu keduanya pun dilengkapi sensor parkir serta kamera 360 derajat.
Khusus varian teratas, mobil ini mendapat tambahan fitur keselamatan, yakni corner sensor. Fitur ini bagian dari sensor parkir yang diletakan di pojok mobil. Fitur ini sangat berfungsi ketika melewati jalan sempit atau terjebak dalam kemacetan. Dimana sensor akan memberikan sinyal berupa alarm suara ketika bagian sisi pojok mobil mendekati objek di luar untuk meminimalisir terjadinya benturan.
Menyoal jantung pacu, Toyota NAV1 dibekali mesin 1.987 cc dengan kode 3ZR-FAE 4-silinder segaris 16 valve DOHC dengan VALVEMATIC. Berdasarkan data yang tercantum di atas kertas, mesinnya sanggup memeras tenaga sebesar 158 PS di 6.200 rpm dengan torsi 196 PS pada putaran 4.400 rpm.
Mesin yang digunakan memiliki karakter tangguh dan mudah dari segi perawatan. Pemilik cukup melakukan tune up serta penggantian pelumas secara berkala guna menjaga performa agar tetap optimal.
Oh iya, untuk mesinnya dipadukan dengan transmisi CVT 7-percepatan yang selanjutnya ditranslasi ke penggerak roda depan (FWD). Bicara transmisi yang digunakan, gearboxnya mengusung fitur tiptronik yang dapat dikendalikan secara manual baik untuk menaikan atau menurunkan gigi.
Baca juga: 3 Fakta Penting Toyota NAV1 Bekas, Tampang Tua Tapi Lebih Nyaman Dari Kijang Innova
Dapatkan mobil bekas berkualitas dengan standar CARSOME Certified Lab, datang langsung ke CARSOME Experience Centre terdekat atau klik: https://bit.ly/AutoFun-CARSOME
Toyota NAV1 atau yang disebut juga Toyota Noah merupakan mobil jenis Medium MPV berpenampilan boxy dengan pintu geser di tengah. Mobil ini dihadikan secara khusus untuk pasar Asia Pendahulu dari mobil ini adalah Toyota Liteace Noah.
Mesin yang digunakan NAV1 mengusung teknologi VALVEMATIC pada katupnya. Berkat penerapan teknologi ini, konsumsi bahan bakarnya tergolong irit untuk sebuah Medium MPV. Berdasarkan penuturan beberapa pemilik, mobil ini sanggup menempuh jarak hingg 12 km/liter untuk pemakaian dalam kota.
NAV1 disematkan mesin bensin 3ZR-FAE yang diletakan secara melintang. Jantung pacu ini kemudian dikawinkan dengan transmisi CVT yang selanjutnya diteruskan ke roda depan untuk membuatnya berjalan.
NAV1 tidak dilengkapi dengan sunroof. Sebagai penggantinya di bagian atap terdapat layar monitor atau yang disebut dengan Rear Seat Entertaiment (RSE). RSE sendiri menampilkan gambar dari head unit utama untuk memberikan kenyamanan bagi setiap pengguna.