Perbedaan Honda Fit dan Jazz Lama, Jangan Sampai Tertipu Emblem di Belakang!

Perbedaan Honda Fit dengan Honda Jazz lama bukan hanya sekedar tulisan di belakang. Fit sendiri merupakan penamaan Honda Jazz untuk pasar Jepang (Japan Domestic Market) dan Australia.

Fit pertama kali diperkenalkan di negara asalnya pada Juni 2001. Selanjutnya pada 2002, Honda Motor Co., Ltd memutuskan untuk memproduksinya secara global.

Kehadiran Fit pada awal dekade 2000 diterima dengan baik di Jepang. Mobil jenis hatchback kompak ini hadir dengan menggabungkan antara performa mesin yang handal di kelasnya serta tingkat konsumsi bahan bakar yang rendah.

Selain itu Fit juga merupakan hatchback kompak dengan tingkat keselamatan tertinggi di kelasnya. Mobil ini berhasil meraih Japan New Car Assessment Program dan meraih rating maksimal; 6 bintang untuk Driver Seat serta Passenger Seat nya.

Rating ini merupakan hasil tertinggi yang pernah dicapai oleh sebuah hatchback kompak di kelasnya saat itu. Tak hanya itu, Fit juga telah melalui tes uji tabrak menyeluruh di fasilitas Honda Motor-Real World Crash Test di Tochigi, Jepang.  

Sebagai hatchback kompak, nama Fit kemudian diganti dengan Jazz untuk beberapa negara tujuan pasar ekspor, salah satunya Indonesia.

Baca juga: Bingung Pilih Honda Jazz GD3 i-DSI Vs VTEC? Ini Kelebihan Masing-masing Varian

Honda Jazz GD3 meluncur 2004

Honda Jazz pertama kali diluncurkan oleh PT. Honda Prospect Motor (HPM) di Tanah Air pada Februari 2004. Saat itu keberadaannya didatangkan secara utuh dari Thailand, sebagai basis produksi mobil ini untuk kawasan Asia.

Di Indonesia, city car berpenampilan hatchback ini dijual hingga tahun 2007. Sebelum hadirnya Jazz di Indonesia, untuk mobil jenis hatchback kompak pabrikan Jepang berlogo ‘H’ tegak sempat diisi oleh Fit. Tahun 2002-2003, Fit berseliweran di Indonesia. Kehadirannya tak lepas dari tangan para Importir Umum (IU) yang mendatangkannya langsung dari Jepang.

Fit CBU Jepang ini memiliki spesifikasi yang sangat berbeda, meski sekilas secara penampilan terlihat sama dengan Jazz generasi pertama yang dijual oleh HPM. Beberapa fitur Fit untuk Jazz pasar Indonesia dipangkas guna menghadirkan harga yang lebih terjangkau. Agar nilai prestige Fit bisa dirasakan oleh pemilik Jazz, tak sedikit pengguna Jazz lawas mengganti emblem di bagian belakang dengan Fit.

Karena memiliki spesifikasi yang berbeda, pasaran harga bekas Honda Fit lebih tinggi ketimbang Jazz lawas. Apabila pasaran Jazz generasi pertama di kisaran mulai dari Rp60 jutaan, Fit sendiri berada di Rp90 jutaan.

Agar tidak tertipu dengan penampilan Fit dan Jazz lawas, simak perbedaannya berikut ini

Perbedaan Honda Fit dan Jazz Lama dari Segi Tampilan

Honda Fit

Meski umurnya kini sudah lebih dari 10 tahun, baik Honda Fit maupun Honda Jazz lama tetap tidak terlihat ketinggalan zaman. Sama seperti beberapa produk Honda yang memang secara khusus dihadirkan untuk para kaula muda, mobil ini mempunyai bentuk yang sporty dan atraktif dengan bentuk yang sedikit membulat serta garis tajam dibeberapa lekukannya.

Sekilas secara tampilan antara Fit dan Jazz lama terlihat sama. Sebagai informasi, Honda Fit lawas memiliki kode bodi GD1, sedangkan Jazz generasi pertama mempunyai kode GD3. Area wajah, Fit GD1 dengan Jazz GD3 secara bentuk lampu sama. Namun untuk Fit GD1 yang diimpor dari Jepang memiliki aksen hitam di area reflektornya.

Honda Jazz

Sedangkan di Jazz GD3 untuk headlampnya multi-relfektor, alias serba krom mengkilap untuk bagian dalamnya. Oh iya, untuk Fit memiliki varian sport dengan tambahan bodi kit dari Modulo.

Untuk spion, keduanya sama-sama memiliki pengaturan elektrik, kemudian di belakang dilengkapi dengan wiper serta defogger. Oh iya, Fit juga dilengkapi spoiler dengan bentuk berbeda. Sebagai identitas, tentu versi CBU Jepang ini di bagian pintu bagasi sebelah kanan mendapat emblem Fit, dan Jazz untuk pasar lokal.

Baca juga: Hatchback Bekas Rp60 Jutaan, Pilih Honda Jazz GD3 atau Toyota Yaris Bakpao?

Interior Honda Fit Lebih Mewah?

Interior Fit GD1

Antara Fit GD1 dengan Jazz GD3 jika dilihat sekilas interiornya terlihat sama. Keduanya sama-sama menggunakan jok dengan bahan fabric berwarna gelap yang dibuat senada dengan door trim.

Apabila kalian lihat lebih teliti keduanya, bentuk setir antara Fit GD1 dengan Jazz GD3 berbeda. Menariknya, Jazz GD3 sudah dilengkapi tombol di sebelah kanan dan kiri yang digunakan untuk menambahkan atau menurunkan gigi secara manual pada varian matic.

Sedangkan pada Fit GD1, head unitnya dibuat menyatu dengan dashboard yang terlihat clean. Sebagai informasi, Fit yang sempat masuk ke Indonesia lewat IU terdapat dua model, 1.3 i-DSI dan 1.5 Vtec.

Untuk Fit 1.5 Vtec sendiri tombol pengaturan AC yang diletakan di bawah sistem hiburannya menggunakan digital serta spion dengan peliptan otomatis. Selain itu pada bagian atapnya sudah tersematkan panormaic sunroof.

Interior Jazz GD3

Dibandingkan dengan Jazz lokal, Fit memiliki lampu baca di baris pertama yang bisa dinyalakan secara individu untuk kedua sisi. Keduanya untuk jok sudah dilengkapi fitur Ultra seat. Fitur ini mempunyai banyak keunggulan yang mana pengguna bisa dengan bebas mengatur jok mobilnya disesuaikan dengan kebutuhan.

Bukan cuma memberikan kenyamanan berkendara, dengan adanya fitur ini juga dapat menyuguhkan dimensi kabin yang lebih luas. Ultra seat pada keduanya terdiri dari 4 mode, yaitu; Utility Mode, Long Mode, Tall Mode dan Refresh Mode.

1. Utility Mode

Lipat kedua kursi belakang hingga rata dengan lantai untuk memaksimalkan area kargo. Bahkan barang besar bisa masuk dengan mudah ke dalam kargo.

2. Long Mode

Lipat kursi depan dan belakang untuk menciptakan ruang simpan yang super panjang

3. Tall Mode

Lipat kursi belakang untuk menciptakan ketinggian ekstra pada ruang simpan, memungkinkan untuk membawa barang berdimensi tinggi seperti furniture atau tanaman.

4. Refresh Mode

Lipat penuh kedua kursi depan untuk menghadirkan sebuah kelapangan ruang depan yang maksimal, sangat ideal untuk bersantai sejenak di sela kesibukan aktivitas sehari-hari.

Fitur Keselamatan Fit Lebih Komplit

Uji tabrak Honda Jazz/Fit gen 1

Honda Fit dan Honda Jazz lama menggunakan sasis jenis monokok yang mendukung teknologi Honda G-Force Control Technology (G-CON). Struktur rangka yang digunakan mampu menjaga kestabilan mobil saat melaju dalam kecepatan tinggi.

Bicara akan keselamatan berkendara, Jazz GD3 hanya mengandalkan seatbelt di setiap barisnya. Sedangkan Fit GD1 sudah dilengkapi Anti-lock Braking System (ABS) untuk sistem pengeremannya. Kehadiran ABS sendiri mencegah ban kendaraan terkunci saat pengereman mendadak. 

ABS juga menjaga daya cengkram ban sehingga kendaraan tetap bisa dikendalikan. Selain ABS tadi, Fit GD1 berhasil mendapatkan dual SRS airbags di depan yang berfungsi untuk melindungi pengemudi maupun penumpang depan ketika mengalami benturan keras.

Jazz GD3 Lebih Bertenaga

Mesin L13A Honda Fit

Perbedaan lainnya antara Honda Fit dan Honda Jazz lama juga terletak di bagian mesin. Dimana Fit GD1 dibekali mesin 1.339 cc berkodekan L13A 4-silinder segaris SOHC i-DSI (intelligent Dual & Sequential Ignition). Di atas kertas tenaga yang dihasilkan sebesar 86 PS dan torsi 119 Nm dengan transmisi CVT 7-percepatan.

Fit yang masuk ke Indonesia lewat IU untuk varian 1.5 menggunakan mesin L15A VTEC (Variable Valve Timing & Lift Electronic Control), 1.496 cc 4-silinder segaris yang diketahui mampu memeras tenaga hingga 110 PS dengan torsi maksimal 143 Nm. Mesin ini juga dipadukan transmisi CVT 7-percepatan.

Bicara Jazz GD3, mobil ini disematkan mesin L15A 4 silinder SOHC berkubikasi 1.496 cc i-DSI yang mampu menghasilkan tenaga 87 PS dan torsi 128 Nm. Untuk varian Vtec, Jazz GD3 memakai jantung pacu sama seperti yang dipakai Fit Vtec dengan perolehan tenaga serta torsi yang sepadan.

Jika Fit hanya menggunakan transmisi CVT 7-percepatan, Jazz GD3 memiliki opsi transmisi manual 5-percepatan.

Baca juga: Sejarah Honda Jazz di Indonesia, Mobil Bekas yang Banyak Diburu

FAQ

Apakah Honda Jazz sama dengan Honda Fit?

Di Jepang dan Australia, Honda Jazz dinamakan dengan Honda Fit. Keduanya sebenarnya sama, yang membedakan hanya spesifikasi dan fitur guna menyesuaikan kebutuhan pasar.

Honda Fit keluaran tahun berapa?

Generasi pertama Fit memulai debutnya pada bulan Juni 2001 di Jepang dan kemudian diperkenalkan di Eropa (awal 2002), Australia (akhir 2002), Amerika Selatan (awal 2003), Afrika Selatan dan Asia Tenggara (2003), Cina (September 2004), dan Meksiko (akhir 2005).

Jazz terakhir tahun berapa?

Di Indonesia Honda Jazz terakhir kali dijual pada 2021. Generasi ketiga Jazz di Tanah Air dengan kode GK5 ini kemudian digantikan oleh Honda City Hatchback RS.

    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Enda

Senior Writer

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia...

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Honda Jazz

Video Pendek Terkait

Related Videos

Honda City Hatchback RS CVT: Apa bedanya sama Honda Jazz?? | Test Drive

ALL NEW 2020 HONDA JAZZ Crosstar Hybrid HATCHBACK

Honri Boma EV, satu lagi merek mobil listrik China masuk ke Indonesia. Debutnya dilaksanakan saat pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2025. IIMS sendiri berlangsung 13-23 Februari 2025. Ketika masuk ke Indonesia, Honri Boma EV akan berada di bawah payung Utomocorp. Di segmen kendaraan roda empat, Utomocorp memang masih asing. Tetapi perusahaan yang juga bergerak di industri Consumer Goods, Food and Beverage, serta Fashion itu, sudah menjadi distributor untuk beberapa brand kendaraa
AION V jadi satu di antara banyaknya mobil listrik di Tanah Air yang siap bersaing di pasar otomotif nasional, khususnya di segmen Sport Utility Vehicle (SUV) empat penumpang. Mobil ini diperkenalkan di ajang Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) November 2024 lalu, dengan harga pre-booking di bawah Rp499 juta. Menurut CEO AION Indonesia Andri Ciu, meski harganya masih pre-booking, antusias masyarakat akan AION V cukup tinggi. "Dari GJAW sampai per Januari 2025 akhir, itu sudah hampir 800 unit terpe
Ban Bridgestone Turanza 6 resmi diluncurkan di Indonesia pada 22 Januari 2025. Ban jenis comfort touring premium ini dihadirkan secara khusus untuk kendaraan city car, sedan, SUV dan MPV seperti halnya Toyota Innova Zenix. Untuk diketahui, Turanza 6 tersedia dalam 34 ukuran, termasuk dengan lima ukuran baru. Sebagai suksesor dari Bridgestone Turanza T005A, ban ini tersedia mulai dari ukuran 14 hingga 19 inci. Dihadirkan untuk meningkatkan kenyamanan berkendara, Turanza 6 mulai bisa dijumpai di p
Menarik untuk membahas konsumsi BBM Honda Civic Turbo. Mengingat sedan ini dibekali sjeumlah teknologi yang diklaim bisa mereduksi penggunaan bahan bakar, tanpa meninggalkan kenikmatan berkendara yang kerap ditawarkan oleh Honda. Honda Civic memang merupakan salah satu produk kelas menengah atas dari Honda yang dinilai sukses di pasaran. Terbukti sejak pertama kali diperkenalkan pada tahun 1972 hingga kini Honda Civic tetap eksis dan telah mengalami sederet inovasi. Saat ini merupakan generasi 1
Kelemahan Honda BR-V 2017 adalah hal yang wajib kalian ketahui sebelum memutuskan membeli mobil ini. Meski demikian, BR-V generasi pertama tersebut juga bukan berarti tak layak untuk dilirik. Mengingat ada beberapa kelebihan yang menjadi daya tariknya. BR-V sendiri sebenarnya pertama kali diperkenalkan oleh PT Honda Prospect Motor (HPM) di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) pada 20 Agustus 2015. Bahkan kehadirannya kala itu bertitel World Premiere, lantaran menjadi Low SUV 7 seat

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaruPembaruan
Hot
Toyota

Toyota Calya

Rp 170,20 - 190,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Mazda

Mazda CX-80

Rp 1,20 Milyar

Lihat Mobil
Mendatang
Xpeng

Xpeng X9

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Mendatang
Xpeng

Xpeng G6

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Mendatang
Leap Motor

Leap Motor T03

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Mendatang
Leap Motor

Leap Motor C10

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Mendatang
Geely

Geely EX5

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Chery

Chery J6

Rp 498,00 - 558,00 Juta

Lihat Mobil
Maxus

Maxus Mifa 9

Rp 1,09 Milyar

Lihat Mobil
Aletra

L8

Rp 445,00 - 488,00 Juta

Lihat Mobil
Honda Jazz
Lihat