Awal 2022 Toyota Avanza Kukuhkan Predikat Low MPV Terlaris, Mitsubishi Xpander Terlempar dari Tiga Besar
Adit · 18 Apr, 2022 13:17
0
0
Toyota Avanza tetap jadi Low MPV terlaris di Indonesia, kalahkan Mitsubishi Xpander.
Terbukti selama penjualan di periode kuartal I 2022, Avanza keluar sebagai Low MPV yang paling banyak dibeli.
Low MPV terlaris kedua bukan dipegang Xpander, melainkan Toyota Veloz.
Persaingan mobil di segmen Low MPV semakin memanas setelah Toyota Avanza menemui lawan sepadan seperti Mitsubishi Xpander, yang mengaspal pertama kali pada 2017 lalu. Sejak saat itu keduanya saling kejar-kejaran merebut tahkta MPV murah terlaris di Indonesia.
Bersamaan dengan keluarnya data penjualan Gaikindo, menarik bila mencari tahu siapa dari kedua model tadi yang paling laris pada awal 2022. Khususnya periode penjualan kuartal pertama (Januari-Maret) tahun ini, mana ya yang paling banyak dibeli?
Berdasarkan data penjualan, Toyota Avanza ternyata Low MPV terlaris, kalahkan Mitsubishi Xpander
Dari data wholesales (distribusi dari pabrik ke diler) Gaikindo, Low MPV yang memiliki predikat terlaris pada tiga bulan pertama ini rupanya dipegang oleh Toyota Avanza. Secara akumulasi, pabrikan telah mendistribusikan model tersebut sebanyak 12.334 unit.
Padahal kedua barang panas ini mengalami ubahan yang signifikan pada akhir 2021 lalu. Hanya saja taji Mitsubishi Xpander kurang runcing, selama periode yang sama, tiga berlian menyuplai ke jaringan penjualan sebanyak 8.886 unit. Sebagai catatan, angka ini tidak termasuk model Xpander Cross.
Mitsubishi Xpander menempati posisi 4 Low MPV terlaris selama kuartal I 2022
Secara peringkat, Mitsubishi Xpander menempati posisi empat sebenarnya. Sebab posisi dua dihuni oleh Toyota Veloz yang pada kurun waktu yang sama berhasil terkirim ke diler sebanyak 10.864 unit, diikuti Daihatsu Xenia sebanyak 9.846 unit. Berikut ini peringkatnya.
Direktur Pemasaran PT Toyota-Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy mengatakan, penerimaan Toyota Avanza dan Veloz terus meningkat setelah dirombak besar-besaran, pakai wujud baru, matic CVT, dan format baru sistem penggerak depan (FWD).
"Avanza dan Veloz di tahun ini angkanya tembus 23 ribu unit dan ini dibandingkan periode yang sama tahun lalu meningkat 92 persen, jadi peningkatannya cukup baik dan market share Avanza dan Veloz dari 40 persen menjadi 41,2 persen di tahun ini," terangnya dalam konferensi pers virtual belum lama ini.
Toyota Avanza dan Veloz kini dua entitas yang berbeda
Adapun bila melihat tren distribusi Avanza, angka melonjak tajam pada Maret kemarin sebanyak 6.085 unit dibanding Januari dan Februari yang masing-masing angka distribusinya sebanyak 3.188 dan 3.061 unit
"Saya rasa ini merupakan penerimaan yang cukup baik di kedua model, kami berharap ke depannya permintaan mobil MPV 7-seater bisa berlanjut," lengkapnya lagi.