Buat Jadi Mobil Travel Premium, Toyota HiAce Premio Dapat Lawan Baru dari Wuling Journey 2021
Prasetyo · 27 Jul, 2021 14:02
0
0
Disegmen kendaraan komersial ringan biasanya Anda akan tertuju pada mobil pick up. Padahal ada jenis kendaraan lain yang juga masuk kategori ini, yaitu minibus atau microbus berukuran sedang.
Di segmen tersebut ada dua pemain tenar yang menguasai pangsa pasar di Indonesia, yaitu Isuzu Elf dan Toyota Hiace. Keduanya kerap diandalkan untuk kebutuhan sebagai kendaraan penumpang jarak jauh maupun jarak dekat di sektor pariwisata. Namun selain Elf dan Hiace, sebenarnya ada satu pemain baru lagi, yakni Wuling Journey.
Ya, namanya memang kurang familiar di Indonesia. Padahal Wuling Journey yang punya nama lain Wuling Zhangcheng sudah ada di Cina sejak 2015. Dan model barunya pun tengah dipersiapkan
Meskipun Wuling Zhengcheng 2021 ini belum resmi dirilis tetapi gambar-gambar eksterior serta interiornya sudah tersebar luas. Dan mobil ini rasanya sangat bisa melawan Toyota Hiace Premio yang menawarkan fitur lebih premium dibanding Hiace Commuter?
PT Toyota Astra Motor (TAM) menawarkan Hiace Premio saat berlangsungnya GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019. Ini merupakan versi premium dari Toyota Hiace yang selama ini terkenal sebagai mobil travel.
Kabinnya dibuat lebih lega, ukuran jendelanya juga lebih besar, serta pintu penumpang belakang yang model geser, bukaannya lebih lebar dibanding Hiace biasa. Ini terjadi berkat dimensi Hiace Premio yang lebih panjang 535 mm dan lebih lebar 70 mm dibanding Hiace Commuter.
Kemudian yang juga ikut menciptakan kenyamanan adalah posisi mesin diubah ke bagian bonet bukan lagi di bawah jok pengemudi. Tentu langkah tersebut membuat tingkat kebisingan ke ruang kabin juga berkurang signifikan.
Wuling Journey Lebih Boxy
Perbandingan Dimensi Toyota Hiace Premio vs Wuling Journey
Dimensi
Toyota Hiace Premio
Wuling Journey 2021
Panjang
5.915 mm
5.150 mm
Lebar
1.950 mm
1.840 mm
Tinggi
2.280 mm
1.895 mm
Jarak sumbu roda
3.860 mm
3.180 mm
Untuk Wuling Journey, konsep desainnya "Geometri Minimalis" yang secara sederhana dibuat lebih persegi dibanding model sebelumnya. Dari segi dimensi, Journey lebih mungil dibanding Hiace Premio. Meski begitu, Wuling menawarkan jok baris kedua model captain seat pada tipe tertentu.
Ruang mesin pada Journey juga diletakkan di bagain depan, jadi pengemudi dan penumpang tidak akan merasakan panas atau bising saat mesin tersebut bekerja. Dan cukup berbeda dibanding Hiace, Wuling juga mendesain ruang kokpit dari Journey yang nyaman untuk pengemudi.
Siapa Punya Kapasitas Angkut Penumpang Lebih Banyak?
Sebagai kendaraan niaga untuk angkutan penumpang, tentu masalah kapasitas muatan akan jadi pertimbangan utama. Disini lagi-lagi Toyota Hiace Premio lebih unggul. Sebab mobil ini memiliki konfigurasi sampai 12 penumpang termasuk pengemudi.
Sementara untuk Wuling Journey 2021 tersedia dalam beberapa pilihan tipe. Yakni tipe 7 seater, 8 seater dan 9 seater. Untuk yang berkapasitas tujuh penumpang menggunakan konfigurasi jok 2+2+3 dimana jok baris kedua menggunakan model captain seat lengkap dengan armrest.
Sementara untuk tipe 8 seater konfigurasi joknya 2+3+3 dan di bagian belakang masih menyisakan ruang bagasi sangat lapang. Terakhir untuk tipe 9 seater menggunakan konfigurasi jok 2+2+2+3 dimana jok baris kedua dan ketiga disediakan lorong untuk akses masuk dan keluar penumpang jok baris paling belakang.
Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.