Selisih Rp69 Jutaan, Ini Perbedaan Toyota Hiace Commuter dengan Hiace Premio
Enda · 22 Okt, 2021 14:00
0
0
Perbedaan Toyota Hiace Commuter dengan Hiace Premio
Kendaraan penumpang jenis light commercial car, Toyota Hiace Commuter dan Hiace Premio memiliki daya tarik tersendiri bagi para pelaku usaha travel dan pasriwisata. Hal ini dikarenakan keduanya terbilang nyaman, mudah dalam perawatan, irit bahan bakar, serta memiliki tampilan yang futuristik.
Perlu kalian ketahui, Toyota Hiace Commuter dengan Hiace Premio ini memiliki banyak perbedaan baik pada tampilan eksterior, interior, fitur serta jantung pacu yang digunakan. Bicara mengenai harga bandrolnya saat ini, Hiace Commuter ditawarkan Rp512.620.000 sedangkan Hiace Premio dipatok Rp581.670.000 OTR Jakarta.
Ingin tahu perbedaan apa saja dari keduanya? Simak ulasannya berikut ini.
Dimensi Toyota Hiace Commuter Lebih Kecil Dibandingkan Hiace Premio
Dimensi Toyota Hiace Premio lebih besar dibandingkan Hiace Commuter
Bicara dimensi, Hiace Commuter memiliki panjang 5.380 mm, lebar 1.880 mm serta tinggi 2.285 mm. Untuk wheelbasenya, mobil ini berada di angka 3.110 mm.
Bagaimana dengan Hiace Premio? Mobil niaga ini diketahui mempunyai dimensi lebih besar dengan panjang 5.915 mm, lebar 1.950 mm, dan tinggi 2.280 mm. Wheelbase Toyota Hiace Premio sendiri 3.860 mm.
Perbandingan dimensi Toyota Hiace Commuter vs Hiace Premio
Keterangan
Hiace Commuter
Hiace Premio
Panjang
5.380 mm
5.915 mm
Lebar
1.880 mm
1.950 mm
Tinggi
2.285 mm
2.280 mm
Wheelbase
3.110 mm
3.860 mm
Tampilan Toyota Hiace Premio Jauh Lebih Futuristik dan Modern
Eksterior
Tampilan eksterior Hiace Premio terkesan lebih futuristik
Mengenai tampilan luar, baik Toyota Hiace Commuter dengan Hiace Premio ini sangatlah berbeda. Seperti yang bisa dilihat, Hiace Premio memiliki bentuk yang jauh lebih futuristik dan modern berkat menawarkan kemewahan namun tetap terlihat gagah. Dengan bodi yang cukup lebar dan panjang, mobil ini memiliki beberapa desain menarik. Kombinasi desain headlamp, bumper yang seolah dibagi menjadi dua bilah, dan grill di bagian depan membuatnya tampil modern. Khususnya desain headlamp yang meruncing ke samping bodi mobil sehingga ada kesan tegas dan dinamis.
Toyota Hiace Premio juga menggunakan desain Semi-Bonnet untuk tipe body agar bisa meningkatkan beberapa sisi. Dari sisi keselamatan, performa, hingga kabin yang dirasa lebih kedap suara sehingga mampu menyuguhkan rasa nyaman disaat melakukan perjalanan.
Toyota Hiace Commuter terlihat lebih sederhana
Berbeda dengan Hiace Commuter, mobil ini tidak memiliki moncong di bagian depan sehingga dianggap kurang begitu safety disaat mengalami benturan.
Interior
Toyota Hiace Commuter dan Hiace Premio sama-sama mampu dimuati hingga 15 orang sekaligus
Baik Toyota Hiace Commuter maupun Hiace Premio sama-sama mampu dimuati hingga 15 orang sekaligus dalam satu kali melakukan perjalanan. Bedanya, wujud tampilan interior Hiace Premio terasa lebih luxury dan comfortable.
Tampilan interior Hiace Premio lebih luxury
Seperti yang bisa dilihat khususnya di area kokpit, mobil ini mendapatkan dashboard dengan tampilan lebar dan bertingkat yang dipadukan dua warna, hitam dan beige. Tuas perpindahan gigi atau shift knobnya sendiri diletakan pada center cluster guna memberikan kemudahan kepada pengemudinya.
Ditambah dengan indikator instrumen panel yang jauh lebih informatif dan stylish, membuat pengemudi merasa lebih mudah dan fun to drive ketika memantau status informasi pada kendaraan.
Oh iya, varian ini juga dilengkapi dengan overhead atau console tray serta retractable and supplemental mirror agar bisa memberikan sudut pandang kepada pengendara supaya bisa memastikan keamanan sekitar. Sisi sebelah kiri dan kanan pun dilengkapi dengan cup holder yang diletakan berhadapan dengan kisi-kisi AC guna selalu selalu menyuguhkan minuman yang segar.
Tampilan dashboard Toyota Hiace Commuter
Bicara Hiace Commuter, area kokpitnya terkesan simpel dan sederhana. Pada dashboard sendiri dilabur dengan warna hitam yang dianggap lebih mudah untuk dibersihkan ketika terkena noda. Sama seperti Hiace Premio, tuas persenelingnya diletakan di center cluster sehingga terasa lebih ergonomis. Untuk tampilan instrumen panelnya, Hiace Commuter ini juga terbilang sederhana tanpa adanya indikator yang dibuat futuristik.
Toyota Hiace Commuter berhasil mendapatkan dual airbags di bagian depan
Soal sistem infotaiment, Toyota Hiace Commuter berhasil tersematkan head unit higher level of travel experience with AVX 6” touch screen yang mendukung format Bluetooth, AUX, USB, AM/FM, DVD/CD bahkan memiliki konektivitas iPod. Dengan begitu penumpang akan merasa lebih nyaman ketika melakukan perjalanan terlebih tingkatan suara yang dihasilkan terasa jelas berkat speaker berkualitas yang digunakan.
Selain itu, mobil ini juga telah mendapatkan power window di bagian depan, tilt steering, pengaturan spion elektrik dan Electronic Power Steering (EPS) yang memudahkan penggunanya ketika bermanuver maupun memarkirkan kendaraan di tempat yang sempit.
Perlu kalian ketahui juga, Hiace Commuter juga dilengkapi dengan AC double blower yang mana baris kedua hingga kelima memiliki blower yang rata dengan plafon sehingga tidak mengganggu pandangan serta head room. Bukan cuma itu, mobil ini juga mempunyai banyak kompartemen yang bisa kalian manfaatkan untuk menaruh benda kecil maupun botol minuman.
Bicara mengenai fitur keselamatan, Toyota Hiace Commuter memiliki 3-Points Seat Belt, Dual SRS Airbags dan ABS+BA. Untuk sistem pengeremannya, di bagian depannya sudah menggunakan Ventilated Disc w/ Floating Calyper 1-Cylinder serta Leading-Trailing Drum Brake di roda belakangnya.
Sebagai bentuk perlindungan lebih terhadap penggunannya, Toyota Hiace Commuter dilengkapi dengan crumple zone yang akan mengurangi dampak fatal terhadap penumpang dan pengemudi jika terjadi tabrakan depan.
Toyota Hiace Premio memperoleh fitur HSA
Hiace Premio didasarkan pada konsep mewah dan kuat, Robust-Luxury. Dengan begitu jangan heran apabila kalian akan menemukan rasa nyaman pada mobil niaga ini. Soal sistem infotaiment, Hiace Premio turut dibenamkan head unit yang sama seperti Hiace Commuter.
Fitur pendukung lainnya, mobil ini turut mendapatkan console tray, overhead tray, supplemental mirror, power window di depan, tilt&telescopic steering, pengaturan spion elektrik with retractable dan juga Electronic Power Steering (EPS).
Sama seperti Hiace Commuter, Hiace Premio diaplikasikan dengan AC double blower yang mana baris kedua hingga kelima memiliki blower yang rata dengan plafon sehingga tidak mengganggu pandangan penumpang.
Beberapa fitur keselamatannya, Hiace Premio ini lebih lengkap bila dibandingkan Hiace Commuter dengan menyematkan sistem pengereman ABS & BA, Dual SRS Airbags, Seatbelt with Pretensioner & Force Limiter 3-Points, Isofix base serta Front and Rear Disc Brake agar meningkatkan kinerja rem di keempat rodanya.
Selain itu, mobil ini juga mendapatkan fitur keselamatan berupa Vehicle Stability Control dan Hill-Start Assist, loh…
Toyota Hiace Commuter dengan Hiace Premio Dibenamkan Jantung Pacu yang Berbeda
Toyota Hiace Commuter mengandalkan mesin 2KD-FTV seperti yang digunakan Innova lama
Toyota Hiace Commuter hadir dengan pilihan mesin diesel 2KD-FTV turbocharger 2.494 cc 4-silinder segaris 16-valve DOHC D-4D berteknologikan common rail yang dapat memuntahkan tenaga 102 PS @3.600 rpm di angka torsi maksimal sebesar 259 Nm @1.600-2.400 rpm. Mesin yang digunakannya tersebut kemudian dikawinkan dengan transmisi manual 5-percepatan.
Bagaimana dengan Toyota Hiace Premio? Seperti yang diketahui mobil niaga ini dibenamkan mesin yang dinamai Super GD Engine - VNT Turbo Intercooler, yakni 1GD-FTV 2.755 cc 4-silinder segaris 16-valve DOHC D-4D diesel common rail, direct injection. Menurut data, mesin tersebut mampu melecutkan tenaga maksimum hingga 156,4 PS @3.600 rpm dengan torsi puncak 450 Nm @ 1.600-2.200 rpm. Berbeda dengan Hiace Commuter, transmisi yang digunakan Hiace Premio adalah manual 6-percepatan.
Kesimpulan
Antara Toyota Hiace Commuter dengan Hiace Premio tidak hanya memiliki perbedan pada tampilan eksterior dan interiornya. Fitur yang disuguhkan keduanya juga berbeda, dimana Hiace Premio ini lebih lengkap layaknya mobil pribadi. Selain itu, mesin yang diterima Hiace Premio juga memiliki kapasitas serta tenaga yang lebih besar dengan dikawinkannya transmisi manual 6-percepatan.
Setelah melakukan perbandingan keduanya, menurut pandangan kami Toyota Hiace Premio lebih pantas digunakan sebagai kendaraan yang membawa tamu negara, serta tamu hotel ketika melakukan kunjungan.
Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.