Bukan Cuma Agya, Ini Daftar Mobil Baru Toyota Paling Murah
Enda · 14 Agu, 2024 08:02
0
0
Pilihan mobil Toyota yang paling murah saat ini bukan hanya Agya. Perlu diketahui bahwa mobil baru masuk dalam kategori murah berada di bawah Rp200 juta.
Terdapat beberapa alasan mengapa orang mencari mobil Toyota yang paling murah. Karena selain mudah dan murah dari segi perawatan, untuk layanan aftersales mobil pabrikan tiga oval lebih banyak dibandingkan mobil dari merek lain, serta harga bekas yang stabil.
Mengetahui apa saja daftar mobil Baru Toyota yang paling murah saat ini, simak ulasan berikut.
Mobil Toyota yang Paling Murah, Agya Cocok Buat ke Kantor Hingga Anak Sekolah
Pilihan pertama mobil Toyota yang paling murah saat ini adalah Agya. Untuk Agya baru di bawah Rp200 juta pilihannya mulai dari 1.2E MT hingga 1.2 G CVT.
Menempati segmen LCGC (Low Cost Green Car) 5-seater, Agya kini dibekali berbagai teknologi terkini yang lebih canggih dibanding generasi sebelumnya. Selain itu Agya juga mengalami peningkatan cukup banyak dan terlihat jauh lebih revolusioner berkat ubahan yang diterima, serta dimensi yang membesar.
Dibangun berdasarkan platform Daihatsu New Global Architecture (DNGA) hasil rancangan Daihatsu, Agya kini memiliki ruang kabin lebih besar yang berdampak pada kenyamanan berkendara. Platform DNGA mengadopsi konsep (1-1-1-1) dengan filosofi 1 gram, 1 milimeter, 1 sen, dan 1 detik.
Angka ini merepresentasikan bahwa setiap pengembangan produk berbasis platform baru tersebut telah memperhitungkan segala aspek secara mendetail dimulai dari ukuran, bobot, harga, dan waktu untuk menghasilkan sebuah kendaraan berkualitas. Bicara dimensi, Agya memiliki panjang 3.760 mm, lebar 1.665 mm, tinggi 1.505 mm dan wheelbase 2.525 mm.
Baik Agya 1.2 E maupun 1.2 G untuk sistem pencahayaannya sudah utamanya sudah menggunakan LED termasuk LED Illumination lamp vertikal di kanan dan kiri. Selain itu, spion samping keduanya sudah dilengkapi pengaturan elektrik.
Hanya saja pada tipe 1.2 E untuk lingkar rodanya mobil ini masih menggunakan velg kaleng yang ditutupi dop. Berbeda dengan tipe 1.2 E, varian diatasnya 1.2 G telah diplikasikan velg alloy.
Di dalam, Agya 1.2 E untuk tombol pengaturan AC-nya menggunakan model knob putar, dan untuk setirnya sudah dilengkapi pengaturan tinggi-rendah dan power window di semua pintu. Sedangkan pada varian 1.2 G, untuk pengaturan AC-nya memiliki tampilan digital yang menampilkan kesan modern sekaligus lebih ergonomis.
Selain odometer, untuk meter cluster keduanya memperoleh tachometer serta layar MID yang memudahkan pengemudi untuk mendapatkan informasi seputar kendaraan. Melalui layar MID menampilkan bergam informasi secara digital seperti; fuel meter, jarak tempuh, dan beberapa informasi lainnya.
Mengenai sistem hiburan, baik Agya 1.2 E maupun Agya 1.2 G disematkan head unit layar sentuh berukuran 7 inci yang mendukung konektivitas smartphone. Namun pada Agya 1.2 G, setirnya dilengkapi tombol pengaturan yang terhubung secara langsung dengan head unit serta pusat informasi berkendara.
Menyoal keselamatan berkendara, Agya 1.2 E MT dan Agya 1.2 G untuk sistem pengereman dipadukan ABS dan EBD. Tak hanya itu keduanya memperoleh dual SRS airbags, rear parking sensor, speed sensor lock, isofix, seat belt warning, Vehicle Stability Control (VSC) dan Hill Start Assist (HSA).
Mengenai fitur keamanan, keduanya sudah dulengkapi alarm dan immobilizer. Hanya saja pada Agya 1.2 G pabrikan melengkapinya dengan fitur smart entry system serta adanya tambahan kamera mundur.
Dari segi performa, keduanya dipersenjatai mesin WA-VE berkapasitas 1.198 cc 3-silinder segaris DOHC 12 valve dual VVT-i. Di atas kertas mesinnya dapat memeras tenaga 88 PS di 6.000 rpm dan torsi sebesar 113 Nm pada putaran 4.500 rpm.
Memberikan kesan berkendara yang fun to drive, mesinnya dipadukan dengan transmisi manual 5-percepatan dan D-CVT dengan fitur paddle shift dan power mode untuk varian 1.2 G. sedangkan tipe E hanya ditawarkan transmisi manual 5-percepatan.
Mobil Toyota di Bawah Rp200 Juta, Calya Sanggup Memuat Tujuh Orang
Selanjutnya pilihan mobil Toyota yang paling murah adalah Calya. Menempati segmen LCGC (Low Cost Green Car) 7-seater, saat ini Calya dibandrol mulai dari Rp167,3 juta sampai dengan Rp190 juta OTR Jakarta.
Toyota Calya 1.2 E maupun 1.2 G untuk lampu utamanya sama-sama menggunakan LED headlamp dengan aksen smoked. Pada bagian bumper, tipe 1.2 G dilengkapi dengan foglamp yang mampu meningkatkan penerangan saat berkendara di malam hari.
Melihat bagian samping, keduanya diaplikasikan velg alloy 14 inci dengan tampilan two-tone. Untuk spion 1.2 E maupun 1.2 G dilengkapi pengaturan elektrik serta lampu sein pada cover.
Hanya saja pada varian 1.2 G mendapat tambahan side moulding, side visor, dan mud guard.Selain itu juga sudah dilengkapi fitur retractable outer mirror yang mana dapat membuka dan menutup spion secara otomatis.
Selanjutnya di bagian belakang kedua tipe mendapatkan shark fin antenna serta rear wiper. Tak ketinggalan terdapat tambahan reflektor lampu di antara garnish tengah yang mempercantik tampilan.
Bicara akan sistem hiburan, keduanya sama-sama disematkan head unit AVX layar sentuh 7 inci. Hanya saja pada varian G, head unitnya telah mendukung konektivitas smartphone yang selanjutnya dapat dikendalikan melalui tombol yang terdapat pada lingkar kemudi.
Mengenai keselamatan berkendara, Calya 1.2 E dan 1.2 G dilengkapi 3-point seatbelt di seluruh bangku, dual SRS airbag, front seatbelt with pretensioner & force limiter, ISOFIX, side impact beam, Anti-Lock Braking System (ABS) dan Electronic Brake-force Distribution (EBD). Untuk struktur rangkanya sendiri didukung dengan teknologi GOA Body (Global Outstanding Assessment).
Selain itu keduanya berhasil disematkan sensor parkir di belakang. Terasa semakin aman, tipe 1.2 G mendapat tambahn kamera parkir di belakang yang memudahkan visibilitas pengemudi ketika parkir mundur. Untuk keamanannya, keduanya berhasil dilengkapi immoblizer serta main & spare key integrater with remote.
Toyota Calya 1.2 E dan 1.2 G dipersenjatai mesin 1.197 cc dengan kode 3NR-VE, 4-silinder segaris DOHC Dual VVT-i. Jantung pacu berkomubusi injeksi dengan durabilitas tinggi tersebut sanggup meletupkan tenaga 88 PS di 6.000 rpm dengan torsi sebesar 107 Nm pada putaran 4.200 rpm.
Guna membuatnya berjalan, Calya 1.2 E disandingkan dengan transmisi manual 5-percepatan. Sedangkan tipe diatasnya dipadukan menggunakan transmisi manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan torque converter yang selanjutnya diteruskan ke roda depan.
Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.