Cari Mobil Keluarga, Pilih Toyota Kijang Innova Zenix atau BYD M6?
Herdi · 13 Agu, 2024 17:02
0
0
Toyota Kijang Innova Zenix dan BYD M6, kini dianggap sebagai rival di pasar otomotif nasional, karena keduanya adalah mobil keluarga yang masuk segmen Multi Purpose Vehicle (MPV) dan mampu menampung enam atau tujuh penumpang.
Hanya saja, kedua mobil ini berbeda dari segi teknologi penggerak, dimana Kijang Innova Zenix hadir dengan mesin hybrid dan bensin, sedangkan M6 berbasis listrik.
Karena mengusung teknologi listrik inilah, BYD M6 cenderung maunya disebut MPEV atau Multi-Purpose Electric Vehicle.
Di luar hal tersebut, sebagai bahan referensi ketika memilih mobil, kali ini Autofun akan menjelaskan beberapa hal terkait Toyota Kijang Innova Zenix dan BYD M6, yang memang sejatinya kedua mobil ini adalah mobil keluarga.
Ketika memilih mobil, sudah seharusnya Anda mempertimbangkan soal dimensi, karena akan berkaitan dengan ukuran garasi untuk menyimpannya. Nah, jika melihat dimensinya, memang Toyota Kijang Innova memiliki bentuk yang lebih melar dibandingkan M6, baik panjang, lebar dan tinggi.
Demikian juga dengan jarak sumbu roda lebih panjang Kijang Innova Zenix, termasuk ground clearance yang lebih tinggi. Untuk detailnya lihat di bawah ini:
Jika bicara soal desain antara Toyota Kijang Innova Zenix dan BYD M6, memang selera konsumen dan sangat subjektif, tergantung darimana sudut pandang Anda memandang. Kendati begitu, berikut ini beberapa hal yang perlu diketahui pada eksterior kedua mobil tersebut.
Kijang Innova Zenix
Sebagai pertimbangan, Toyota Kijang Innova Zenix disebut memiliki konsep eksterior yang disebut Glamorous and Tough. Tampilan Kijang Innova Zenix ini sudah dilengkapi grille trapezoidal, dan lampu depan sudah LED Projector, serta pada bagian bawah mobil telah dilengkapi over fender hitam. Selain itu, Kijang Innova Zenix tipe Q dan V Hybrid sudah dilengkapi panoramic sunroof.
M6
BYD M6 ini disebut sudah memiliki gaya desain Aerodynamic Dragon Face, yang mengedepankan sebuah mobil dengan tampilan lebih aerodinamis. Namun yang perlu digaris bawahi, sebagai ciri khas mobil listrik, maka M6 tidak dilengkapi dengan grill.
M6 juga sudah menggunakan lampu full LED diperlampuannya, termasuk adanya DRL LED yang memberikan kesan mewah. Mobil listrik ini juga sudah dilengkapi panoramic roof dengan kaca yang cukup luas.
Desain Interior
Sama seperti eksterior, soal desain interior juga sangat subjektif, sehingga balik lagi soal selera. Namun begitu, ada beberapa poin yang bisa dilihat dari interior kedua mobil ini.
Jok Baris Kedua
Seperti disebutkan di atas, bahwa Kijang Innova Zenix dan M6 merupakan mobil yang memiliki kapasitas 6-7 penumpang. Bahkan kedua mobil ini memiliki pilihan enam penumpang, lantaran baris keduanya mengusung desain captain seat.
Penggunaan jok captain seat memang saat ini lumrah terjadi, khususnya mobil keluarga, lantaran penumpangnya jadi lebih nyaman dan ekslusif, serta kabinnya terasa lebih lega.
Pada mobil Kijang Innova Zenix, desain captain seat ada pada tipe G Luxury AT dan V Luxury AT. Sedangkan untuk M6, jok captain seat ada pada tipe Superior Captain Seat.
Head Unit
Kijang Innova Zenix memiliki Head Unit layar sentuh yang ukurannya hanya 10 inci, dimana sudah terintegrasi menggunakan smartphone lewat Apple CarPlay dan Android Auto, baik secara wireless atau pakai kabel.
Untuk Head Unit pada layar Kijang Innova Zenix terdapat fitur Near Field Card (NFC) yang dapat digunakan mengecek saldo kartu elektronik guna memudahkan pengguna.
Selain itu, pada untuk tipe Q dan V, sudah dilengkapi dua layar berukuran 9 inci yang menempel di jok baris kedua, agar penumpang belakang tetap bisa melihat video sebagai hiburan.
Sedangkan untuk BYD M6, Head Unit lebih besar karena ukurannya 12,8 inci yang juga terkoneksi dengan Apple CarPlay dan Android Auto.
Uniknya, layar Head Unit M6 ini bisa diputar, seperti mobil listrik BYD lainnya, seperti Seal, Dolphin atau Atto 3, sehingga tampilannya bisa horizontal maupun vertical.
Head unit ada M6 ini terbilang multifugsi, karena tidak hanya mengoperasikan audio saja, tapi juga suhu AC, dan sejumlah fitur lainnya.
Pengisian Daya
Kijang Innova Zenix maupun M6, sama-sama sudah dilengkapi dengan perangkat pengisian daya Wireless Charge. Dengan perangkat ini, maka pengemudi maupun penumpang tidak perlu menggunakan kabel untuk mengisi daya smartphone atau tablet.
Namun begitu, jika Anda masih menggunakan kabel, kedua mobil ini tetap menyediakan soket berupa power outlet bertegangan 12 Volt, termasuk model kabel Type-A dan Type-C.
Fitur
Fitur keamanan dan keselamatan jadi hal wajib ada pada sebuah mobil masa kini. Hanya saja, kali ini BYD M6, rupanya lebih lengkap dibandingkan Kijang Innova Zenix. Berikut daftar fiturnya.
Kijang Innova Zenix:
SRS Airbag
Seat Belt Reminder
Parking Sensor
Vehicle Stability Control (VSC)
Hill Start Assiste (HSA)
Parking Camera
Anti Lock Braking System (ABS)
Brake Assist (BA)
Panoramic View Monitor
Child Restraint System
Digital Video Recorder (DVR)
Toyota Safety Sense 3.0
Pre-Collision System (PCS)
Dynamic Radar Cruise Control (DRCC)
Lane Departure Alert (LDA)
Lane Tracing Assist (LTA)
Automatic High Beam (AHB)
Blind Spot Monitoring
Smart Entry
Vehicle Approach Notice
Anti Theft System
M6
Airbags
Seat belt reminder
Tyre Pressure Monitoring System (TPMS)
ISOFIX child restraint
Anti-Lock Braking System (ABS)
Electric Parking Brake System (EPB)
Electronic Stability Control (ESC)
Traction Control System(TCS)
Electronic Brake-force Distribution (EBD)
Vehicle Dynamic Control System
Hill Hold Control (HHC)
Brake disc wiping system (BDW)
Coordinated regenerative braking system (CRBS)
Roll Movement Intervention (RMI)
Brake override system (BOS)
Around View Monitor (AVM)
Rear 4 radars
Auto hold
Cruise Control(CC)
Adaptive Cruise Control (ACC)
Autonomous Emergency Braking (AEB)
Door Open Warning (DOW)
Intelligent Cruise Control(ICC)
Predictive Collision Warning (PCW)
Rear Collision Warning (RCW)
Blind Spot Detection (BSD)
Rear Cross Traffic Alert (RCTA)
Rear Cross Traffic Brake (RCTB)
Lane Departure Assist (LDA)
Emergency Lane Keeping Assist (ELKA)
Kaki-kaki
Untuk sebuah kenyamanan saat berkendara, maka kaki-kaki haruslah jadi perhatian. Walaupun untuk sebuah mobil baru biasanya tidak menjadi kendala.
Mengawali karir sebagai jurnalis sejak tahun 2011 di salah satu media massa Nasional Tanah Air. Memiliki ketertarikan untuk membahas bidang otomotif, mulai dari sepeda motor, mobil, hingga bus dan truk.