Bukan Cuma Daihatsu, Toyota Avanza, Veloz, dan Raize di Indonesia Juga Kena Recall
Herdi · 5 Jun, 2023 17:15
0
0
PT Toyota Astra Motor (TAM) rupanya juga mengumumkan aktivitas recall Toyota Avanza, Veloz, dan Raize, menyusul pengumuman yang sama yang dilakukan Daihatsu.
Ketiga produk Toyota yang kena recall tersebut menimpa unit dengan tahun produksi antara Desember 2022 hingga Januari 2023.
Program recall Toyota Avanza, Veloz, dan juga Raize ini kasusnya ternyata juga sama seperti yang dilakukan Daihatsu pada dua produknya yaitu Xenia dan Rocky.
Adapun recall ini diketahui terkait pengecekan atau penggantian pada bagian ECU Airbag yang ada pada Toyota Avanza, Veloz, dan Raize.
Menurut Vice President Director TAM, Henry Tanoto, aktivitas recall pada produk tertentu telah dilakukan TAM sejak bertahun-tahun, sebagai wujud komitmen Toyota dalam mengutamakan keamanan dan keselamatan pelanggan.
"Pemilik model-model yang disebutkan di atas, disarankan untuk menghubungi Toyota atau datang ke jaringan dealer Toyota terdekat agar dilakukan pengecekan pada ECU Airbag kendaraannya, dan jika dibutuhkan melakukan penggantian komponen ECU Airbag di bengkel resmi Toyota,” ungkap Henry dalam keterangan resmi, Senin (5/6/2023).
Memang sebuah recall merupakan hal umum dan biasa dilakukan para produsen otomotif. Ini juga kerap dilakukan Toyota demi menjaga keamanan dan keselamatan konsumen.
Oleh sebab itu, recall ECU Airbag yang dialami pada Toyota Veloz, Avanza, dan Raize, disebutkan sengaja dilakukan karena adanya potensi Airbag tidak dapat beroperasi sebagaimana mestinya.
Untuk itu, Toyota menginformasikan kepada para pelanggan untuk membawa mobilnya ke dealer atau bengkel resmi Toyota yang berjumlah 289 unit di seluruh wilayah Indonesia, mulai hari ini Senin 5 Juni 2023.
Auto2000 merupakan salah satu bengkel resmi Toyota yang juga bisa melakukan pengecekan atau penggantian ECU Airbag
Diperkirakan, proses pengecekan hingga pengerjaan ECU Airbag baik Toyota Veloz, Avanza dan Riaze berlangsung sekitar satu jam.
Untuk prosesnya, pelanggan disarankan melakukan booking service terlebih dahulu, agar dealer dapat mempersiapkan stall, teknisi, dan part yang akan diganti.
Pelanggan juga bisa menghubungi jaringan dealer resmi Toyota terdekat yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia, serta dapat menghubungi Toyota Customer Care (24 jam) di nomor telepon 1-500-315.
Perlu dicatat, seluruh proses pemeriksaan dan penggantian tidak dipungut biaya sama sekali alias gratis.
Mengawali karir sebagai jurnalis sejak tahun 2011 di salah satu media massa Nasional Tanah Air. Memiliki ketertarikan untuk membahas bidang otomotif, mulai dari sepeda motor, mobil, hingga bus dan truk.