Changan CS75 Plus 2021, Fiturnya Berlimpah Harga Setengah Toyota Fortuner Terbaru
Prasetyo · 23 Jul, 2021 12:09
0
0
Membahas mengenai mobil Cina dibandingkan mobil Jepang, Amerika, atau Eropa memang selalu menarik. Terlepas dari desainnya yang kadang mirip atau mungkin memang sengaja dimirip-miripkan, namun para produsen Tiongkok ini coba menawarkan banyak kelebihan dibanding model yang "diconteknya".
Kali ini kita akan membahas mengenai Changan CS75 Plus 2021. Sebuah SUV medium dari perusahaan yang sudah memproduksi mobil di Cina sejak tahun 1959. Perawakannya terlihat sporty sekaligus juga futuristik. Namun kalau dilihat sekilas cukup identik dengan Toyota Fortuner 2021 yang beredar di Indonesia.
Mirip gak sama Fortuner TRD Sportivo 2021?
Tapi tentunya Changan menyimpan banyak potensi untuk melawan Toyota Fortuner. Seperti apa kelebihan dan kekurangan Changan CS75 Plus 2021? Kita bahas sedikit ya sebagai informasi tambahan buat Anda.
Changan CS75 Plus vs Toyota Fortuner TRD Sportivo 2021 Mana Lebih Ganteng?
Pertama-tama mari kita bahas soal desainnya. CS75 Plus tampil sebagai SUV berotot namun dengan desain yang masih terlihat stylish. Lampu depannya sudah pakai LED dengan bentuk sipit. Tentunya ini juga mirip dengan lampu depan dari Fortuner terbaru.
Dari belakang juga kelihatan keren
Kemudian grilnya besar dengan desain sarang lebah. Lantas bemper depannya juga punya lekukan yang cukup agresif. Ada pula tambahan aksen merah yang membuatnya terlihat makin garang. Sayangnya lekukn bemper depan ini juga mirip dengan bemper Toyota Fortuner TRD Sportivo 2021.
Lanjut ke samping, Changan menggunakan velg ukuran ring 18. Body moulding juga pakai warna merah yang lagi-lag mirip stiker TRD Sportivo. Sementara di belakang, lampu remnya melebar hingga ke dekat fender roda. Lantas Changan juga menggunakan quad muffler yang mempertegas karakter sporty dari SUV 5 seater ini.
Meter cluster dan head unit seakan menyatu
Sudah ada Sunroof, Kamera 360 Derajat, dan Nanoe Air Filter
Meskipun dari luar terlihat mirip, namun apa yang disuguhkan Changan pada kabin CS75 Plus tampak berbeda dengan Toyota Fortuner. Misalnya mobil ini sudah pakai meter cluster full digital 7 inci dan monitor 12 inci di bagian tengah dasbor. Headunit multimedia ini sudah sanggup melakukan mirroring ke ponsel penggunanya, serta tersedia fitur kamera 360 derajat.
Kemudian Changan CS75 Plus 2021 juga sudah menggunakan tombol Start/Stop Engine, electric sunroof, AC dengan sistem filter N95 yang mampu menyaring partikel sangat kecil, serta seluruh jok yang dilapis Nappa Leather, dan setir yang juga sudah dibungkus bahan kulit.
Mesinnya setara Wuling Almaz
Untuk mesinnya, CS75 Plus pakai mesin bensin 1.5-liter 4 silinder Turbo. Sepintas mengingatkan kita dengan Wuling Almaz ya, tapi Changan punya tenaga 178 hp dan torsi 265 Nm. Sementara Almaz tenaganya 140 hp 250 Nm. Pengemudi ditawarkan transmisi otomatis 6 percepatan dan juga pilihan Drive Mode.
Fitur standar lainnya yang juga sudah terdapat di CS75 Plus adalah 6 airbags, ABS dengan EBD, Electronic Stability Control, Hill Hold Control, Hill Descent Control, sampai Tire Pressure Monitoring System.
Fitur Kalah Telak, Toyota Fortuner Kemahalan?
Changan CS75 Plus 2021 Toyota Fortuner 2.7 TRD Sportivo 2021
Spesifikasi
Changan CS75 Plus
Toyota Fortuner 2.7 SRZ TRD Sportivo
Tipe mesin
1.5L Inline 4 Turbo
2TR FE In-Line 4 DOHC Dual VVT-i
Jumlah silinder
4
4
Isi silinder
1.500 cc
2.694 cc
Tenaga maksimum
178 hp
160 hp
Torsi maksimum
265 Nm
242 Nm
Transmisi
Otomatis 6 percepatan
Otomatis 6 percepatan dengan Sport Sequential Switchmatic
Harga
Rp375.000.000
Rp604.100.000
Meskipun brand Cina di Indonesia selalu dicibir, namun Changan sebenarnya punya model kuat untuk masuk ke Tanah Air. Apalagi dengan model CS75 Plus ini yang telah diganjar penghargaan Supreme Gold Award 2020 pada ajang International CMF Design Awards di negara asalnya.
Sudah dipasarkan ke sejumlah negara Asia lain seperti Filipina, harga Changan CS75 Plus 2021 hanya Rp375 jutaan. Bandingkan dengan harga Toyota Fortuner bensin tipe SRZ TRD Sportivo yang harganya ada di Rp604,1 juta.
Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.