Jajal Toyota Hilux GR Sport 2021 di Thailand, Wajah Garang Tapi Nyaman Buat Harian
Evan · 28 Sep, 2021 17:01
0
0
Toyota Hilux GR Sport 2021 yang baru-baru ini meluncur di Thailand merupakan versi paling sporty dari keluarga Toyota Hilux Revo.
Selain sejumlah ubahan di sektor tampilan luar, Hilux satu ini juga mempunyai senjata utama di bagian suspensi dengan model baru. Menjanjikan pengendalian yang lebih baik dan sedikit sporty.
Varian GR Sport ini sendiri hadir lewat dua pilihan model, yaitu tipe 4x2 Lo-Floor dan versi 4x4 Hilux Revo. Soal harga, Toyota Thailand membanderol tipe 4x2 Lo-Floor seharga 889.000 Baht atau sekitar Rp377 juta dan tipe 4x4 dipatok 1,29 Juta Baht atau sama dengan Rp547 juta.
Tim Autofun Thailand mendapat kesempatan untuk menjajal sensasi mengendarai Toyota Hilux Revo GR Sport. Seperti apa hasil pengujiannya, mari kita bahas satu-persatu mulai dari sisi eksterior, interior, hingga pengalaman berkendara double cabin Toyota ini.
Perbedaan bagian luar varian GR Sport ini meliputi banyak ditempelkannya bodykit baru. Pada gril misalnya, logo Toyota di tengah yang sebelumnya triple elips diganti jadi model ejaan TOYOTA.
Hal ini dilakukan agar kamera 360 dan sistem sonar bisa masuk tambah merubah dudukan.
Beberapa bodykit di bagian eksterior berwarna black glossy, seperti pada gril depan, area foglamp dan spion samping. Membuat kesan yang kontras dengan warna Emotional Red II pada mobil tes ini.
Bagian kolong roda sekarang lebih lebar karena penggunaan overfender sewarna bodi dengan sedikit warna black bar diatas.
Velg model baru menggunakan ukuran 18 inci alloy dengan kaliper rem merah bertuliskan GR. Emblem GR juga hadir di beberapa bagian eksterior mobil. Seperti gril depan, panel pintu dan pintu kargo belakang.
Hadir juga sports bar hitam di yang menghiasi bagian bak belakang dan tambahan bemper belakang model baru yang berwarna black glossy.
Secara keseluruhan desain tampilan luar memberikan kesan agresif dan sedikit kearah retro.
Pakai Suspensi Baru Ada Plus dan Minusnya
Toyota Thailand memilih untuk mengganti per daun menjadi shock absorber monotube yang tentunya akan memberikan efek positif pada pengendaraan.
Dimana kelembutan ayunan suspensi meningkat sehingga lebih nyaman ketika melewati jalan rusak atau jalan berlubang.
Tetapi sepertinya gejala suspensi yang lebih lembut dari Hilux sebelumnya harus ditukar dengan rasa berkendara yang sedikit memantul dari permukaan kontak jalan. Apalagi saat mobil melewati jalan berbatu atau offroad kecil, gejala memantul makin terasa.
Masuk ke kabin Toyota Hilux GR Sport 2021, kesan sporty sangat terasa lewat pemakaian lis hitam di sekeliling mobil. Joknya sekarang pakai model baru dilapisi suede perforated yang serba hitam dikombinasikan dengan kulit sintetis merah.
Tak lupa jahitan-jahitan merah tersebar di seluruh interior, termasuk pada panel pintu, jok, hingga armrest.
Bagian stir juga mengalami ubahan, sekarang dengan jahitan merah dan ada posisi jam 12, membantu pengemudi mengetahui arah dari roda kemudi.
Dibawahnya ada pedal rem dan gas model baru yang lebih sporty, menjanjikan grip yang bagus saat dipakai offroad.
Emblem GR juga tersebar hampir di seluruh bagian interior.
Selain grafik saat menyala pada panel instrumen, ada juga di tombol start stop, bagian bawah stir, dan sandaran kepala.
Soal mesin, Toyota Thailand tidak melakukan perubahan sama sekali. Masih menggunakan mesin diesel berkode 1 GD-FTV 2.800 cc empat silinder turbo yang mampu mengeluarkan tenaga maksimum 204 PS dan torsi maksimum 500 Nm.
Tenaga dari mesin kemudian disalurkan ke empat roda melalui transmisi otomatis 6-percepatan yang sama, lengkap dengan paddle shift sama seperti Fortuner.
Sistem Keselamatan ADAS Sebagai Standar
Khusus untuk tipe 4x4 Hilux GR Sport, Toyota Thailand sudah menyematkan rangkaian sistem keselamatan Advance Driving Assistance System (ADAS) yang meliputi beberapa fitur.
Seperti Pre-Collision System (PCS), Panoramic View Monitor (PVM), Lane Departure Alert (LDA), Blind Spot Monitor with Rear Cross-Traffic Alert (BSM, RCTA) and Dynamic Radar Cruise Control (DRCC).
Kesimpulan
Tujuan pengembangan Toyota Hilux GR Sport adalah untuk menjadi salah satu pemimpin di pasar truk double cabin di Thailand.
Hadir dengan performa cukup dan pengendalian yang lebih baik di jalan ketimbang versi standar, serta sistem keselamatan paling canggih di kelasnya. Selain itu tipe GR Sport ini tentunya lebih eye catching dan punya ciri khas tersendiri saat berada di jalan.
Soal harga memang lebih mahal, tetapi di sisi lain Hilux GR Sport merupakan double cabin yang paling menonjol soal eksterior, karena sangat agresif lewat bodykit baru. Plus memberikan kenyamanan superior di jalan, satu hal terbilang langka untuk kelas ini.
Toyota Thailand berusaha mempercepat penjualan market double cabin sebelum hadirnya generasi terbaru Hilux. Dengan segala macam upgrade, apakah Toyota Hilux Revo GR Sport akan membawa mereka kembali menjadi pemimpin pasar? Kita tunggu saja!