![Jika Baojun 310 Masuk Indonesia, Lebih Irit Mana Lawan Toyota Agya? 01]()
Baojun 310 adalah versi hatchback dari Baojun 330, keduanya diproduksi oleh SAIC-GM-Wuling (SGMW). Sebelum masuk Indonesia, sepertinya Baojun 310 ini memiliki keunikan. Dari sisi dimensi Baojun 310 masuk segmen hatchback, tapi dari sisi harga Baojun 310 sasar kelas city car.
Jika mau dihadapkan akan berhadapan dengan hatchback yang sudah bermain seperti Toyota Agya, Daihatsu Ayla, Honda Brio. Untuk membandingkan mesin dan harga yang mendekati adalah Toyota Agya.
Sekilas info saja, Toyota Agya memiliki 6 varian ini dibanderol dengan biaya termurah Rp 143.800.000 dan termahal di angka Rp 169.290.000 on the road Jakarta. Untuk vers maticnya, harga mobil Agya matic berkisar dari Rp 157 juta hingga Rp 169 jutaan. Ini merupakan harga mobil Agya di tahun 2020 ini.
Bagiamana hasil perbandingan mobil Agya dan Baojun 310, simak uraian dari Autofun berikut ini.
Mesin Baojun 310 dan Toyota Agya
![Jika Baojun 310 Masuk Indonesia, Lebih Irit Mana Lawan Toyota Agya? 01]()
Dengan mesin berkapasitas 1.2L SGMW yang baru dikembangkan, Baojun 310 mencapai keseimbangan ideal antara tenaga dan efisiensi bahan bakar. Mesin menghasilkan tenaga maksimum 60,3 kW dan torsi maksimum 116 Nm pada 3.600 rpm.
Hal itu membuat konsumsi bahan bakar (bensin) Baojun 310 mencapai 1 Liter untuk 18 Km (1:18) untuk kawasan luar kota. Sementara untuk konsumsi bensin dalam kota mencapai 1 liter/14 km.
Sementara Toyota Agya, generasi terbaru yang sudah memiliki varian yang dilengkapi mesin 1.200 cc dengan konfigurasi 4 silinder. Kekuatan yang dihasilkan oleh mobil New Agya lebih besar dari generasi sebelumnya. Namun, bukan berarti konsumsi bahan bakar lebih boros.
Konsumsi bahan bakar mobil Agya dengan mesin 1.200 cc adalah 15,1 km/liter di kota. Saat berada di jalan raya, Toyota Agya mampu merekam catatan efisiensi sebesar 20,7 km/liter.
Spesifikasi
|
Toyota Agya
|
Baojun 310
|
Tinggi x Panjang x Lebar (mm)
|
1520 x 3660 x 1600
|
1470 x 4032 x 1680
|
Jarak sumbu roda (mm)
|
2450
|
2550
|
Isi silinder (cc)
|
1197
|
1206
|
Konfigurasi mesin
|
1.2 L 4 Cylinder in-line 16 Valves, DOHC, Dual VVT-i
|
P-TEC 1,2 liter
|
Konfigurasi Transmisi
|
Manual 5 Speed + Automatic 4 Speed
|
Manual 5-speed
|
Tenaga
|
88 ps/6,000 rpm
|
82 ps/5.600 rpm
|
Torsi
|
11 kgm/4,200 rpm
|
116 Nm /3.600-4.000 rpm
|
Konsumsi Bensin
|
Toyota Agya
|
Baojun 310
|
Pemakaian dalam kota
|
15,1 km/liter
|
14 km/liter
|
Pemakaian Luar Kota dan Tol
|
20,7 km/liter
|
18.5 km/liter
|
![Jika Baojun 310 Masuk Indonesia, Lebih Irit Mana Lawan Toyota Agya? 02]()
Kesimpulan
Memiliki performa mesin yang tidak mengesankan, tetapi kaya fitur-fiturnya. Rupanya, Baojun 310 lebih menawarkan kelengkapan fitur-fitur khusus. Seperti jok kulit, sunroof, Cruise Control, sistem infotainment dengan layar sentuh 8 inci, sistem navigasi, kamera mundur dan kursi berlapis kulit. Selain itu, mobil ini juga telah menerapkan beberapa fitur keselamatan seperti ABS, EBD dan 4 airbag.
![Jika Baojun 310 Masuk Indonesia, Lebih Irit Mana Lawan Toyota Agya? 03]()
Rasanya, akan menarik jika Wuling Baojun 310 dipasarkan di Indonesia untuk menantang beberapa pesaingnya seperti Toyota Agya, Suzuki Ignis dan Honda Brio. Sayangnya, pihak Wuling sendiri mengakui bahwa ia fokus pada produk MPV-nya daripada menghadirkan model-model lain di Indonesia.