window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

KIA Siapkan SUV Kecil Baru Bermesin Turbo, Buat Lawan Honda WR-V?

Prasetyo · 5 Jan, 2023 08:04

KIA Siapkan SUV Kecil Baru Bermesin Turbo, Buat Lawan Honda WR-V? 01

KIA AY SUV, begitu kode yang diberikan pabrikan Korea Selatan (Koresel) ini untuk project terbarunya. Mobil baru KIA tersebut akan masuk kesegmen entry level. Bahkan pilihan mesinnya bukan cuma bensin, namun juga ada opsi berpenggerak listrik berbasis baterai (BEV).

"Pabrikan sedang mengembangkan sebuah small SUV dengan kode AY. SUV ini menggunakan platform yang fleksibel, yang memungkinkan KIA masuk ke segmen SUV bensin entry level, juga ke EV," ucap pernyataan pejabat Kia India, dikutip dari Indiatimes, Kamis (05/01/2023).

KIA Siapkan SUV Kecil Baru Bermesin Turbo, Buat Lawan Honda WR-V? 02

Mobil listrik KIA EV6

Rencana KIA untuk menghadirkan sebuah EV yang lebih terjangkau akibat melihat kesuksesan mobil listrik KIA EV6. Apalagi saat ini KIA memiliki Small dan Compact SUV yang cukup laris, yakni Sonet serta Seltos. Project KIA AY SUV itu pun diberi tagline "Compact Lifestye SUV" akibat menyasar kalangan generasi muda.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga: Diam-Diam Kia Grand Carnival Bensin Sudah Dijual di Indonesia, Jadi Varian Termahal

Harga KIA AY SUV Diprediksi Bakal Terjangkau

Meski disebut akan masuk segmen small SUV, namun menurut Autocarindia, KIA AY bakal menduduki posisi antara Sonet dan Seltos. Panjang tubuhnya diperkirakan sekitar 4 meter, dengan tubuh berotot dan desainnya mengkotak seperti Sorento. Hal ini yang bakal membedakan AY dengan Seltos atau Sonet yang tampil lebih stylish.

KIA Siapkan SUV Kecil Baru Bermesin Turbo, Buat Lawan Honda WR-V? 01

Rendering dari Autocar India

Dengan postur jangkungnya, AY diharapkan memiliki kemampuan fleksibilitas berkendara lebih baik. Sementara dengan tubuh lebih panjang dari Sonet, mobil ini juga seharusnya punya ruang kabin lebih lega. Namun tentu saja belum ada informasi detil spesifikasi dari pihak pabrikan.

Baca juga: Harga Lebih dari Setengah Miliar, KIA Carens 2022 di Vietnam Siap Lawan Toyota Innova

Pakai Mesin Turbo 1.0L

Menurut sumber internal dari perusahaan tersebut, KIA AY SUV akan hadir dengan beberapa pilihan mesin. Satu diantaranya yang menggunakan mesin bensin 1.0-liter Turbo.

KIA Siapkan SUV Kecil Baru Bermesin Turbo, Buat Lawan Honda WR-V? 02

Rendering dari shifting-gears.com

Akan ada pula opsi EV yang kemungkinan pakai dua motor listrik untuk memberikan kemampuan seperti sebuah mobil 4WD. Sementara untuk varian mesin bensin hanya pakai penggerak roda depan (FWD) seperti halnya Sonet.

Sumber itu juga menyebut, India bakal jadi basis produski AY dengan target 10.000 unit per tahun. Selain untuk pasar domestik, AY produksi India juga akan memproduksi versi right hand drive (RHD) alias setir kanan untuk kebutuhan ekspor.

Wah masuk Indonesia juga kah?

Baca juga: Kapasitas Mesin Sama, Mana Lebih Oke Antara Honda WR-V 2022 dan Kia Sonet?

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
Car for sale
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

2021 Kia Sonet 1.5L Standard MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil
Electric Cars Indonesia