Tahun ini pemerintah telah memperbolehkan masyarakat untuk mudik Lebaran. Bahkan memberikan keringanan kepada berbagai instansi bila ingin meliburkan karyawannya lebih cepat. Ternyata, efek hari libur yang bisa lebih lama membuat penjualan mobil pribadi jadi sedikit turun.
Padahal seperti tahun-tahun sebelumnya saat pandemi belum melanda, penjualan mobil baru diprediksi akan meningkat jelang hari raya Idul Fitri 2022. Secara bulanan, pasar otomotif sedikit mengalami koreksi pada April 2022 menjadi sekitar 81 ribu unit, atau turun sekitar 9% dibandingkan bulan Maret 2022 sekitar 89 ribu unit.
Dalam hal penjualan bulanan, segmen LCGC yang masih didukung oleh Diskon PPnBM DTP LCGC berdampak sangat positif terhadap Daihatsu. Tercatat pada bulan April 2022, penjualan LCGC Daihatsu secara total (Ayla & Sigra) mencapai 5.428 unit, atau naik 13% menjadi dibandingkan Maret 2022 sebanyak 4.811 unit.
window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [
728,
90
], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });
“Daihatsu bersyukur dapat tetap mempertahankan posisi nomor 2 penjualan otomotif nasional hingga April 2022 ini. Semoga pasar otomotif tahun ini lebih baik dari tahun sebelumnya. Dalam kondisi seperti sekarang, pelanggan juga dapat melakukan pembelian mobil Daihatsu di saat yang tepat seperti saat ini,” ujar Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO).
Daihatsu kembali bukukan penjualan Januari – April 2022 dengan capaian positif. Hal ini dibuktikan dengan kenaikan penjualan ritel Daihatsu menjadi 62.347 unit selama empat bulan.
Penjualan Daihatsu Xenia di Segmen Mobil Baru Kembali Cerah
Secara berturut-turut, penjualan Daihatsu selama 4 bulanan didominasi oleh top 3 model mulai dari Sigra sebanyak 15.748 unit, atau berkontribusi 25,3%; disusul Gran Max PU (Pick Up) sebanyak 13.812 unit (22,2%); dan Xenia dengan raihan 8.422 unit (13,5%).
Adapun kenaikan penjualan tertinggi pada model Daihatsu secara berturut-turut ada pada Xenia yang mengalami kenaikan signifikan sebesar 173,2%, atau lebih dari 2,5 kali lipat menjadi 8.422 unit dari sebelumnya 3.083 unit; disusul Sigra naik 49,6% menjadi 15.748 unit; dan Gran Max MB (Mini Bus) 26,7% menjadi 5.160 unit.
"Daihatsu bersyukur dapat mengawali penjualan Kuartal II 2022 dengan raihan positif yang semakin mendekati level normal seperti pada sebelum pandemi Covid-19," tambah Hendrayadi.
Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget.
FB:Yongki Sanjaya Putra
window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [
728,
90
], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });