window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Top 5 Artikel Autofun Sepekan: Awas Kena Jebakan Beli Mobil STNK Only!

Prasetyo · 29 Apr, 2024 11:02

beli mobil stnk only

Beli mobil STNK only memang cukup marak ditemui di berbagai marketplace media online, tawaran harganya pun cukup menggiurkan.

Misalnya Toyota Fortuner bekas tahun 2015 bisa dijual setengah lebih murah dibanding harga pasaran, begitu juga Mitsubishi Pajero Sport bekas STNK only yang harganya jauh di bawah harga pasaran.

Beli mobil STNK only yang juga kerap disebut mobil dengan surat selendangan itu meski murah tapi mengundang risiko yang sangat berbahaya.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Bahkan kalian bisa dianggap sebagai jaringan pencurian mobil jika nekat tetap membeli dan menggunakannya, serta ada ancaman pidana penjara.

Nah apa saja kerugian beli mobil STNK only ini ternyata juga menjadi cukup banyak perhatian pembaca Autofun Indonesia dalam sepekan ke belakang.

Namun selain itu, ada juga beberapa tulisan yang menjadi Top 5 Artikel di Autofun, seperti kekurangan Honda Civic Turbo yang perlu diwaspadai sebelum membelinya.

Serta ada kelebihan dan kekurangan Ford EcoSport buat yang mencari SUV compact bekas harga terjangkau tapi berfitur lengkap.

Lalu artikel mengenai keistimewaan Daihatsu Xenia yang tidak dimiliki Toyota Avanza juga banyak menarik minat pembaca.

Biar lebih jelas, berikut Top 5 Artikel Autofun periode 22-28 April 2024:

Baca juga: Top 5 Artikel Autofun Sepekan: Pasca Lebaran, Jangan Lupa Perpanjang SIM dan Honda HR-V yang Berhasil Kalahkan Rush-Terios

1. Jangan Nekat Beli Mobil STNK Only, Meski Murah Tapi Banyak Ruginya!

beli mobil stnk only

Jangan sampai beli mobil STNK only tanpa BPKB

Istilah beli mobil STNK Only memang kerap dijumpai pada bursa jual beli mobil bekas di Indonesia.

Julukan ini melekat pada kendaraan-kendaraan yang cuma dilengkapi Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) sebagai kelengkapan dokumennya.

Namun tidak seperti kendaraan lain, mobil tersebut tidak memiliki kelengkapan dokumen lainnya seperti Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) maupun Faktur Pembelian dari dealer mobil tempat si pemilik pertama kali membeli kendaraan tersebut.

Contohnya kami menemui beberapa kendaraan yang dijual di sejumlah marketplace jual beli mobil bekas, namun si penjual menyebut jika mobil ini hanya memiliki dokumen resmi berupa STNK.

Kilah si pedagang nakal tersebut pun bermacam-macam, ada yang beralasan BPKB kendaraan itu hilang, BPKB cuma berupa fotocopy, hingga yang menyebut kalau BPKB ada di pihak leasing dan belum diambil ke tangan pemiliknya.

Kalian sebaiknya jangan terkecoh dengan berbagai alasan tersebut, karena beli mobil bekas STNK only ini hanya akan merugikan kalian di kemudian hari.

Paling utama tentu adalah masalah legalitas, karena tanpa BPKB yang sah, kalian tidak memiliki bukti kepemilikan yang jelas atas kendaraan tersebut. 

Hal ini dapat menyulitkan dalam mengurus perpanjangan pajak, asuransi atau bahkan jika ternyata mobil tersebut adalah hasil curian, maka kalian bisa terkena kasus pidana.

Baca selengkapnya disini >>>

2. 7 Kelemahan Honda Civic Turbo, Harga Bekas Menarik Tapi Perhatikan Hal Ini

kelemahan honda civic turbo

Harga bekasnya menarik tapi ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum membelinya

Honda Civic Turbo bekas adalah pilihan menarik karena menawarkan sebuah kendaraan dengan performa yang mengesankan serta fitur yang cukup lengkap. 

Apalagi harga bekas Honda Civic generasi kesepuluh ini sekarang harga sekennya sangat menggoda.

Meskipun dibalut dengan beberapa keunggulan, namun seperti semua kendaraan, Civic Turbo juga memiliki beberapa kelemahan yang perlu diperhatikan oleh calon pembeli.

Sedikit kilas balik, PT Honda Prospect Motor (HPM) pertama kali meluncurkan Civic Turbo pada 2016 lalu dalam tipe body sedan tepatnya di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2016.

Kemudian pada Juni 2017, HPM menawarkan Civic Turbo dengan body hatchback meskipun secara platform, mesin, hingga fitur, keduanya serupa.

Kala pertama muncul, Honda ingin menyasar pelanggan yang saat ini menggunakan Honda Jazz serta konsumen berusia muda mengingat ketika itu Jazz memang telah direncanakan untuk discontinue di Indonesia.

Antara lain mobil ini mengalami depresiasi harga yang cukup tinggi, kemudian pemakaian bahan bakar juga wajib diperhatikan tingkat oktannya, ruang kabin yang terbatas jika mobil ini dibutuhkan untuk kendaraan keluarga, sampai belum tersedianya Honda SENSING.

Tentu saja dengan beberapa kelemahan yang ada, kalian wajib pertimbangkan apakah mau membeli Civic Turbo atau mobil bekas lainnya dengan banderol setara.

Baca selengkapnya disini >>>

3. Kelebihan dan Kekurangan Ford EcoSport Bekas, SUV Kompak Rp120 Jutaan

ford ecosport bekas

SUV compact yang fiturnya cukup lengkap

Masyarakat Indonesia mungkin sudah tidak asing mendengar nama Ford EcoSport.

Yup, SUV kompak berdarah Amerika Serikat (AS) ini pertama kali meramaikan kancah otomotif Tanah Air pada tahun 2014.

Kalau dikulik sejarahnya, EcoSport sejatinya tidak lahir di Negeri Paman Sam, namun ia adalah sebuah Mini MPV hasil rancangan Ford Brazil.

Model EcoSport sendiri sebenarnya sudah ada sejak tahun 2003, namun model yang kita kenal dan pernah hadir di Indonesia adalah EcoSport generasi kedua yang dihadirkan secara global di New Delhi Auto Expo 2012 di India.

Mobil ini mengambil basis dari Ford Fiesta, sehingga tak heran kalau posisi berkendara dan beberapa teknologi yang diterapkan juga serupa.

Bicara Ford EcoSport, pesaing dari Chevrolet Trax dan Honda HR-V itu untuk harga bekasnya sekarang sudah terbilang menarik yaitu hanya Rp120 jutaan.

Di Indonesia, usia mobil ini terbilang singkat, tercatat EcoSport yang didatangkan secara utuh dari Thailand hanya mampu bertahan selama dua tahun berbarengan dengan angkat kakinya PT Ford Motor Indonesia (FMI) selaku APM kendaraan Ford di Tanah Air saat itu.

Dengan pasaran harga bekas di angka segitu kalian bisa mendapatkan mobil yang cocok digunakan di dalam kota dan diajak berpetualang dengan fitur lengkap.

Baca selengkapnya disini >>>

4. 5 Kelebihan Mitsubishi Xpander yang Jadi Favorit Keluarga Indonesia

keunggulan mitsubishi xpander

MPV nyaman buat keluarga

Memiliki tampilan yang terlihat elegan, atraktif, sekaligus dinamis, versi facelift dari Mitsubishi Xpander mempunyai kelebihan lain yang tidak dimiliki pesaing terdekatnya sehingga terasa nyaman ketika sedang dikendarai.

Bermain di segmen small MPV 7-seater, New Xpander juga mempunyai fitur canggih serta teknologi modern yang tentunya dapat memudahkan setiap pengguna.

Mobil ini antara lain memiliki pengaturan jok yang fleksibel dan bagasi yang luas sehingga memudahkan akomodasi seluruh penumpang sampai jok baris ketiga, serta kemudahan akses naik turun barang.

Sebagai mobil keluarga modern dan canggih, New Xpander dibekali beragam fitur yang dapat meningkatkan kenyamanan sekaligus keamanan berkendara.

Seperti yang terlihat mobil ini telah memiliki New T-Shape LED untuk lampu utama dan lampu belakangnya, serta ada pengaturan AC model digital, head unit 8 inci, dan juga mempunyai 19 kompartemen sebagai tempat untuk menyimpan atau menaruh barang.

Kelebihan New Mitsubishi Xpander lainnya yakni memiliki ground clearance paling tinggi di kelasnya, membuat penggunanya merasa lebih aman dan nyaman ketika sedang berkendara melewati jalan yang berkontur.

Baca selengkapnya disini >>>

5. 8 Keunggulan Daihatsu Xenia Dibanding Toyota Avanza yang Sering Tidak Terlihat

keunggulan daihatsu xenia

Sering dinomorduakan setelah Avanza

Keunggulan Daihatsu Xenia dibanding Toyota Avanza terkadang tidak terlihat secara jelas oleh banyak calon konsumennya.

Hal tersebut lantaran Xenia kerap dianggap opsi kedua setelah Avanza ketika hendak memilih mobil keluarga dengan harga relatif terjangkau.

Ya, pasar mobil keluarga di Indonesia memang selalu kompetitif, namun di segmen Low MPV selalu ada dua pemain utama yang telah lama bersaing: Daihatsu Xenia dan Toyota Avanza.

Kedua mobil ini sebenarnya menggunakan platform yang serupa dan sama-sama diproduksi di pabrik Daihatsu sejak 19 tahun yang lalu.

Meski sering dinomorduakan, tetapi bukan berarti Xenia menjadi tidak laku penjualannya di Indonesia.

Daihatsu Xenia terus mendapat sambutan positif dari pelanggan dan tercatat lebih dari 725 ribu masyarakat Indonesia mempercayakan pilihan kendaraannya terhadap Xenia terhitung sejak peluncuran perdananya pada 2004 hingga saat ini.

Nah masing-masing mobil ini memiliki penggemar setia, tetapi banyak orang masih bingung dalam memilih antara keduanya.

Baca selengkapnya disini >>>


 

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
Car for sale
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Honda Civic RS 2024

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil