Melihat Pabrik Baru Daihatsu di Karawang, Tempat Lahirnya Toyota Agya dan Daihatsu Ayla
Enda · 28 Feb, 2025 11:08
0
0
Toyota Agya dan Daihatsu Ayla merupakan kendaraan perkotaan jenis city car dengan menyandang status sebagai LCGC (Low Cost Green Car). Mobil ini diproduksi secara lokal di pabrik PT Astra Daihatsu Motor (ADM) di Karawang, Jawa Barat.
Sebagai salah satu produsen otomotif terbesar di Indonesia, PT ADM terus berkontribusi pada industri otomotif di Tanah Air dengan meresmikan pabrik terbarunya yang dinamakan Karawang Assembly Plant 2 (KAP 2) pada Kamis, 27 Februari 2025.
Berlokasi di Kawasan Industri Surya Cipta, di Karawang Timur, Jawa Barat, pabrik barunya ini merupakan yang ke-6 dengan menggunakan fasilitas baru. Dibangun di atas lahan lebih dari 26 hektar, pabrik ini dihadirkan dapat memenuhi segala kebutuhan pelanggan baik pasar domestik maupun ekspor yang kini terus berkembang.
“Pabrik Daihatsu di Indonesia merupakan terbesar kedua setelah Jepang. Di sini kami memproduksi yang pastinya sesuai dengan kebutuhan pasar baik domestik maupun ekspor. Untuk kapasitas produksi yang bisa dihasilkan dari pabrik ini sebanyak 140 ribu unit per tahun,” ujar Direktur Marketing & Komunikasi Korporat PT ADM, Sri Agung Handayani disela-sela peresmian pabriknya.
Lebih lanjut Agung mengatakan, pabrik barunya ini untuk sekarang digunakan untuk memproduksi yang difokuskan pada produk kolaborasi LCGC, Agya dan Ayla.
“Pabrik baru KAP 2 memiliki 3 fasilitas utama, seperti Body (Bodi), Painting (Pengecatan), dan Assembling (Perakitan). Untuk tahap pertama model kendaraan yang kita produksi adalah Toyota Agya dan Daihatsu Ayla,” ungkapnya.
Sebagai informasi, pembukaan pabrik baru Daihatsu KAP 2 ini turut dihadiri oleh Menteri Perindustrian Republik Indonesia, Agus Gumiwang Kartasasmita. Selain itu juga disambut oleh Duta Besar Jepang untuk Indonesia, Yasushi Masaki; tiga perwakilan pemegang saham PT Astra Daihatsu Motor, seperti President of Daihatsu Motor Co., Ltd. (DMC), Masahiro Inoue; Direktur PT Astra International Tbk, Gidion Hasan; Senior Executive Officer of Toyota Tsusho Corporation, Shigeru Harada; Presiden Direktur ADM Yasushi Kyoda, Wakil Presiden Direktur ADM Erlan Krisnaring Cahyono; perwakilan supplier, distributor, serta mitra strategis lainnya.
Menteri Perindustrian RI, Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan, pemerintah memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada PT Astra Daihatsu Motor atas pencapaian ini, serta kepada Daihatsu Motor Co., Ltd.
Peresmian pabrik baru Daihatsu di Karawang turut dihadiri Menteri Perindustrian RI, Agus Gumiwang Kartasasmita
Jepang berkomitmen dalam mempercayakan ADM sebagai basis produksi Daihatsu di luar Jepang, serta memperlihatkan keyakinan terhadap potensi dan prospek Indonesia sebagai hub industri otomotif global.
“Kami berharap ADM dapat terus mengembangkan model sesuai tren otomotif terkini, memperkuat partisipasi industri melibatkan rantai pasok lokal agar dapat memperbesar tingkat penggunaan komponen dalam negeri, serta dapat memantapkan posisinya sebagai salah satu produsen kendaraan bermotor roda empat terbesar di Indonesia, di Asia Tenggara bahkan di dunia,” katanya dalam sambutan.
Selain Toyota Agya dan Daihatsu Ayla Pasar Domestik, Pabrik KAP 2 Produksi Wigo untuk Kebutuhan Ekspor
Toyota Wigo buatan pabrik ADM KAP 2
Pabrik baru Daihatsu dibuat secara terintegrasi dan menggunakan teknologi terkini dengan menerapkan konsep inovatif E-SSC (Evolution, Simple, Slim, Compact). Konsep ini menerapkan proses produksi modern, produktivitas tinggi, ramah lingkungan dengan penggunaan energi terbarukan dan optimalisasi produksi yang mampu mengurangi emisi karbon hingga 20%, serta tempat kerja yang lebih aman dan nyaman bagi karyawan.
Sejalan dengan komitmen SDGs (Sustainable Development Goals) dalam upaya menuju carbon neutral, pabrik baru KAP 2 didesain dengan konsep tanpa dinding untuk menghasilkan sirkulasi udara lebih baik yang mampu memberikan efisiensi penggunaan tenaga listrik lebih optimal dengan utilisasi peningkatan teknologi robotik.
Mobil Daihatsu buatan pabrik Karawang
Hal ini ditujukan untuk dapat menghasilkan sebuah produk berkualitas tinggi, optimalisasi proses pengecatan yang dapat menghilangkan polusi air, tempat kerja yang lebih aman dan nyaman bagi karyawan, serta mengimplementasikan panel surya sebesar 3 Mega Watt sebagai sumber daya listrik terbarukan.
“Seperti yang disampaikan sebelumnya, pabrik ini untuk memenuhi pasar domestik dan mancanegara. Kurang lebih komposisi 70 persen domestik, 30 persen untuk ekspor. Untuk model yang juga telah disebutkan berkaitan pasar dalam negeri Agya dan Ayla. Sedangkan untuk ekspor kita disini produksi Toyota Wigo dengan setir kiri yang bisa rekan-rekan media lihat,” jelas Agung. Infromasi tambahan, pabrik KAP 2 milik ADM menelan nilai investasi sekitar Rp2,9 triliun.
“Dengan kapasitas produksi yang tadi mencapai 140 ribu unit per-tahun, secara total pabrik ADM di Indonesia mampu memproduksi kendaraan hingga lebih dari 530 ribu unit per-tahun untuk pasar domestik dan global. Kemampuan produksi ini juga didukung oleh lebih dari 1.700 supplier, termasuk 700 UMKM, serta tingkat lokalisasi yang mencapai lebih dari 80% untuk semua kendaraan yang diproduksi. Pabrik ini juga sudah dipersiapkan untuk produksi mobil Daihatsu dengan teknologi hybrid. Bukan cuma hybrid tapi juga EV," sahutnya.
Avanza dan Xenia Dipoduksi di Pabrik KAP 2 Mulai Mei 2025
Daihatsu Xenia dijadwalkan akan diproduksi di pabrik KAP 2 pada Mei mendatang
Agung menambahkan, pabrik KAP 2 dijadwalkan akan memproduksi model lainnya yang saat ini menjadi backbone PT ADM. “Terhitung pada Mei nanti, kita akan mulai memproduksi ToyotaAvanza dan Daihatsu Xenia. Untuk selanjutnya sampai akhir Desember lima jenis kendaraan akan kita produksi di KAP 2,” pungkasnya.
Diketahui sebelumnya Avanza-Xenia diproduksi di KAP 1 pabrik Karawang. Model yang diproduksi bukan cuma memenuhi permintaan dalam negeri, namun juga luar negeri.
Proses Pembuatan Modil Daihatsu dan Toyota di KAP 2 ADM Karawang
Proses di body welding
Mengenai proses tahapan pembuatan mobil, Daihatsu mengawalinya dari Press Shop, yaitu dimulai dari lempengen besi yang dicetak dengan mesin cetak ribuan ton untuk membuat setiap bagian dari potongan bodi mobil.
Berikutnya pabrik baru KAP 2 pada fasilitas Body, setiap potongan bagian mobil disatukan menjadi satu bagian utuh dengan menggunakan teknologi robotik terkini dengan utilisasi hingga 98%, sehingga mampu menghasilkan produk berkualitas tinggi dengan tingkat presisi yang sempurna, sekaligus menciptakan lingkungan kerja yang aman dan nyaman bagi karyawan.
Pada saat yang sama, pembuatan mesin mobil juga dilakukan di Casting Shop dimana blok mesin dibuat dari alumunium cair yang dicetak dengan mesin berteknologi tinggi, dengan tingkat presisi yang sempurna. Setelah itu, blok mesin yang sudah jadi dan telah dilakukan tes kualitas, dibawa ke Engine Shop untuk dirakit menjadi mesin mobil yang siap digunakan
Tahapan proses pengecatan seluruhnya menggunakan robotik
Melihat proses selanjutnya pada fasilitas Painting Shop di pabrik KAP 2, bodi mobil dilakukan proses pengecatan dengan menyelupkan cairan cat dasar untuk membuat besi tahan karat dan memperkuat cat luar. Dengan bantuan teknologi robotik, pengecatan cat luar kembali dilakukan untuk menghasilkan bodi mobil agar mengkilap sempurna.
Proses pengecatan di KAP 2 ini dilakukan dengan lebih modern dan ramah lingkungan karena dapat menghilangkan polusi terhadap penggunaan air dan mampu mengurangi emisi karbon hingga lebih dari 1.400 ton per-tahun (tCO2/Year).
Proses pengecekan kebocoran
Memasuki proses selanjutnya, setelah pengecatan bodi mobil dengan mesin siap disatukan menjadi mobil utuh di Assembly Shop. Disini, pabrik Assembly KAP 2 juga didesain tanpa dinding untuk menghasilkan sirkulasi udara lebih baik sebagai ventilasi alami dan berkontribusi mengurangi emisi CO2 dari efisiensi penggunaan tenaga listrik.
Proses produksi kendaraan di KAP 2 juga memiliki desain konveyor dengan fleksibilitas tinggi sehingga mampu memproduksi kendaraan masa depan. Terakhir, mobil utuh yang sudah jadi, dilakukan berbagai macam pengujian melalui Quality Shop, seperti drum test untuk uji pengereman, dan water leaking test untuk pengujian apakah bodi mobil bocor atau tidak. Semua proses dan pengetesan ini ditujukan untuk keamanan dan kenyamanan pelanggan dalam memiliki mobil Daihatsu yang berkualitas global.
Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.