Daihatsu Luxio merupakan minivan yang dikembangkan oleh Daihatsu dan diproduksi di oleh Astra Daihatsu Motor di Indonesia sejak Februari 2009. Luxio dibuat berdasarkan Daihatsu Gran Max sehingga memiliki beberapa kesamaan bagi model komersial andalan Daihatsu tersebut.
Daihatsu Luxio diposisikan di atas Gran Max untuk versi penumpang kelas atas. Mengandalkan bodi yang lebih lebar, lebih tinggi, dan memiliki ubahan kosmetik yang lebih elegan dibandingkan Gran Max yang mampu mengangkut hingga 8 orang dengan nyaman.
Ketika pertama kali dipasarkan di Indonesia, Daihatsu Luxio memiliki tiga pilihan varian, yaitu Luxio D, M, dan X. Hanya saja trim M tak lagi dipasarkan sejak edisi facelift Luxio. Hingga kini, Luxio hanya ditawarkan dalam dua pilihan varian saja, Luxio D dan Luxio X sebagai varian tertinggi.
Daihatsu Luxio terbaru merupakan bagian dari facelift generasi pertama yang diperkenalkan pada Februari 2014 silam. Dalam keterangannya, desain baru yang ditampilkan merupakan karya asli dari desainer Indonesia, Mark Widjaja.
Berapa perubahan minor pada Daihatsu Luxio 2020 menawarkan tampilan yang lebih segar, termasuk ubahan apda fasia depan dengan tambahan aksen chrome pada grille. Sayangnya beberapa fitur tak lagi dipasang karena permintaan yang tak begitu besar.
Daihatsu Luxio dikenal sebagai salah satu pilihan mobil untuk usaha travel atau bisnis pariwisata dengan tampilannya yang elegan namun harga yang terjangkau. Bersaing dengan model lain di segmen minivan komersial seperti Suzuki APV, intip review Daihatsu Luxio di bawah ini.
Eksterior
Meskipun tak semewah Toyota Alphard atau Mercedes-Benz V-Class, tapi Luxio bisa dibilang menyajikan kenyamanan serta tampilan yang elegan sebagai mobil van komersial. Terlebih dengan tampilan luar yang memadukan aksen chrome pada beberapa bagian.
Bagian depan dipenuhi dengan grille dengan bilah chrome yang lebar dengan logo Daihatsu pada bagian tengah. Dilengkapi lampu depan berbentuk kotak yang dibuat semakin besar dibandingkan edisi sebelum facelift.
Bumper bawah dengan kisi-kisi yang cukup lebar untuk mengalirkan udara ke dalam mesin yang terletak di bagian depan mobil. Bagian depan Daihatsu Luxio juga dilengkapi dengan fog lamp yang akan membantu pengemudian di malam hari.
Dari samping, kesan minimalis terasa tanpa berbagai aksen dan aksesoris. Besar kemungkinan untuk mengurangi biaya produksi. Hanya ada sedikit list chrome di bagian bawah yang menghiasi sliding door, meski belum mendapatkan pengaturan bukaan elektris.
Aksesoris lainnya seperti spion berlapis chrome pada Daihatsu Luxio dengan fungsi retractable dan electric mirror untuk kesan elegan. Ground clearance mencapai 180 mm dipadukan dengan dimensi yang panjang, lebih dari 4 meter, memberikan kabin yang lapang untuk delapan orang.
Bilah chrome juga tersemat pada eksterior belakang. Diapit oleh lampu belakang yang dikelilingi oleh aksen chrome. Selain rear spoiler yang melengkapi tampilan belakang, jendela belakang cukup besar dengan visibilitas yang baik. Mengingat dimensi mobil Luxio yang boxy sehingga memiliki banyak blind spot.
Interior
Untuk sekelas mobil komersial, Daihatsu Luxio interiornya memiliki berbagai fitur kenyamanan yang sudah mumpuni. Terlihat dari perpaduan material plastik dengan aksen dual tone pada dashboard dan trim pintu. Terdapat glovebox untuk menyimpan barang-barang selama berkendara.
Ada head unit berlayar sentuh yang terintegrasi dengan dashboard bersama fungsi audio guna memutar MP3 maupun radio AM/FM. Untuk Luxio bertransmisi otomatis, tuas persneling bisa ditemukan tertanam pada bagian tengah dashboard, tepat di bawah head unit.
Secara keseluruhan, Daihatsu Luxio menawarkan panel layar berukuran minimalis guna menunjang kebutuhan infotainment dan akses beberapa sistem yang ditawarkan pada mobil. Termasuk kenop AC berbentuk vertikal pada sisi kiri dan kanan head unit.
Setir palang tiga khas Daihatsu masih menemani pengendaraan. Belum ada fombol multi fungsi layaknya model terbaru Daihatsu. Tapi Daihatsu Luxio sudah dilengkapi dengan instrument kluster yang menawarkan berbagai informasi seputar kendaraan, seperti konsumsi bahan bakar dan bahan bakar yang tersisa.
Keunggulan Luxio terdapat pada kabin yang terasa luas dengan ruang kaki dan ruang kepala yang lapang dikarenakan desain boxy yang digunakan. Kursi berbalut material fabric memang tak semewah lapisan kulit, tetapi sudah cukup nyaman untuk menemani sepanjang perjalanan.
Terdapat cupholder pada armrest dan bantalan kursi sehingga meningkatkan kepraktisan di dalam mobil. Kursi baris kedua Daihatsu Luxio sudah dipasang fitur one touch tumble sehingga memudahkan penumpang ketika akan melipat kursi hanya dalam satu sentuhan.
Ruang bagasi cukup baik dibandingkan pesaingnya di segmen yang sama. Bisa menampung hingga beberapa tas jika kursi baris ketiga terisi penuh. Tapi dengan bangku baris ketiga diangkat, bagasi belakang mendapatkan tambahan ruang untuk barang bawaan.
Fitur Keselamatan
Untuk sebuah minivan yang fokus pada kenyamanan dan dimensi kabin yang lapang, bisa dibilang Daihatsu Luxio masih kurang memberikan sistem keselamatan layaknya mobil penumpang lainnya. Bahkan mobil ini belum mendapatkan fitur airbag.
Hanya saja Daihatsu Luxio mengandalkan sasis bodi yang tak mudah ringkih karena menawarkan struktur bodi monokok. Bodi monokok mampu memberikan frame bodi yang kuat namun ringan. Rangka jenis ini bisa meredam benturan dengan baik ketika terjadi tabrakan.
Namun Daihatsu Luxio bukan tanpa sistem keselamatan. Dua penumpang depan dan dua penumpang samping pada baris kedua serta baris ketiga sudah mendapatkan 3-point seatbelt. Sedangkan penumpang tengah pada baris kedua dan ketiga hanya mendapatkan 2-point seatbelt.
Sebenarnya generasi pertama Luxio sudah mendapatkan opsi fitur keselamatan Anti-lock Braking System yang bisa didapatkan pada model pra-facelift untuk varian M dan X. Namun pilihan ini tak lagi diberikan karena kurangnya permintaan dari konsumen di Tanah Air.
Mesin
Mobil Daihatsu Luxio yang dipasarkan di Indonesia hanya menawarkan satu pilihan mesin, yaitu mesin 3SZ-VE 1.5L dengan teknologi DOHC dan VVT-i (Variable Valve Timing with intelligence) sehingga menghasilkan mesin yang lebih efisien.
Mesin 1.5L masih sama seperti generasi pertama tanpa perubahan meski sudah mendapatkan facelift. Tenaga maksimal yang ditawarkan mencapai 97 PS pada putaran 6.000 rpm serta torsi maksimal 134 Nm pada putaran 4.400 rpm.
Ada pilihan transmisi 5-percepatan manual serta 4-percepatan otomatis yang menyalurkan tenaga ke roda belakang. Sebelumnya varian D mendapatkan pilihan transmisi otomatis. Tapi setelah facelift, Daihatsu Luxio D hanya ditawarkan dalam transmisi manual.
Daihatsu Luxio juga memiliki berbagai keunggulan dalam hal mesin, termasuk mesin yang tangguh dengan perawatan yang mudah. Tangguh di berbagai medan, Daihatsu Luxio bekas juga masih banyak dicari di pasar mobil bekas Tanah Air.
Performa dan Handling
Dari segi performa, keluaran mesin 1.5L milik Luxio memang tak begitu besar dibandingkan mobil penumpang lainnya. Hanya saja Luxio menawarkan tenaga yang lebih besar dari pesaingnya, Suzuki APV. Sedangkan untuk pengendaraan di dalam kota, Daihatsu Luxio masih terasa bertenaga dibawa bermanuver.
Meski suara mesin masih terasa ketika berkendara, perpindahan transmisi terasa mulus, terlebih ketika menggunakan transmisi otomats 4-percepatan. Ketika kecepatan mesin naik guna menghasilkan akselerasi yang lebih cepat terjadi pada putaran mesin 2.500 rpm.
Pengendaraannya cukup baik, apalagi ketika dibawa bermanuver di jalanan perkotaan. Bahkan dalam dimensi yang cukup panjang, Daihatsu Luxio hanya menawarkan radius putar maksimum 5.2 meter. Tak terlalu menyulitkan ketika berbelok maupun bermanuver.
Kenyamanan penumpang menjadi poin penting dalam rasa berkendara yang ditawarkan oleh Luxio. Bersama suspensi MacPherson strut di depan serta 5-link Rigid-axio di belakang dengan per keong pada kedua bagian menawarkan bantingan yang nyaman, meski membawa banyak penumpang.
Konsumsi BBM
Meski tampilannya tak begitu agresif, tapi Daihatsu Luxio menawarkan berbagai kelebihan dalam hal mesin. Bisa dibilang tak memiliki performa yang mentereng, Daihatsu menjawabnya dengan konsumsi bbm Daihatsu Luxio yang cukup baik.
Sistem pasokan bahan bakar milik Daihatsu Luxio sudah mendapatkan teknologi Electronic Fuel Injection sehingga mampu meningkatkan efisiensi bahan bakar. Apalagi dengan rangka bodi Luxio yang ringan untuk dibawa pada jalanan perkotaan.
Meski belum mendapatkan catatan resmi dari Daihatsu, tapi beberapa media yang telah mencoba pengetesan konsumsi bbm menyebutkan Luxio hanya menggunakan 1 liter bahan bakar untuk jarak tempuh 10-11 km/jam di dalam kota, dan 13-14 km/jam ketika berkendara dengan stabil di luar kota.
Video
Daihatsu memasarkan Luxio dengan tagline “Sahabat Elegan”. Menegaskan kemampuan minivan ini memberikan rasa nyaman sekaligus pengendaraan yang elegan di jalan. Seperti terlihat pada iklan di video Daihatsu Luxio di bawah ini.
Kesimpulan
Daihatsu Luxio 2020 merupakan minivan yang menawarkan berbagai kenyamanan bagi penumpang. Menjadikannya cocok sebagai mobil komersial yang bisa mengangkut hingga 8 penumpang di dalam kabin tanpa perlu berdesak-desakan.
Luxio dikenal karena memiliki ruang kabin yang lapang serta berbagai kemudahan dalam hal fitur dan teknologi berkendara. Termasuk sistem pengereman ABS yang memberikan rasa aman ketika berkendara di jalanan yang licin atau sehabis hujan.
Dengan harga Daihatsu Luxio baru yang terjangkau, tentu saja kelengkapan mobil Daihatsu Luxio tak begitu masif dibandingkan model yang lebih premium. Tapi Daihatsu Luxio tetap bisa menawarkan pengendaraan yang menyenangkan sebagai mobil komersial untuk penumpang kelas atas.