Navara merupakan salah satu lini produk lama Nissan yang diperkenalkan pada tahun 1997. Pada saat itu, Navara yang dikenal juga dengan nama Nissan Frontier menghadirkan penjualan yang cukup signifikan dari pasar Asia dan Eropa.
Generasi pertama dengan kode D22 merupakan pikap berukuran kompak. Nissan menghadirkan D22 sebagai alternatif yang lebih murah dibandingkan D40 pada beberapa pasar. Desain awalnya dirancang oleh Nissan Design International di La Jolla, California.
Navara akhirnya mendapatkan desain ulang dengan penambahan dimensi. Membuatnya masuk ke dalam segmen pikap menengah. Diperkenalkan pada tahun 2004, Navara menggunakan platform Nissan F-Alpha terbaru dengan gaya bodi eksterior yang menyerupai truk Nissan Titan.
Baru pada tahun 2015, Nissan Motor Indonesia yang menjadi pemegang lisensi Nissan di Indonesia menawarkan pikap 4x4 ini di Tanah Air. Hingga saat ini, belum ada perubahan yang ditawarkan NMI. Meski mobil ini sudah mendapatkan teknologi Nissan Intelligent Mobility.
Kesan gagah bisa ditemukan pada mobil ini dengan berbagai kelengkapan di dalam kabin. Apalagi kemampuannya ketika berkendara di medan kasar terasa sangat mengesankan. Ingin tahu lebih lanjut tentang mobil ini? Dapatkan review Nissan Navara 2020 di bawah ini.
Eksterior
Kesan maskulin terasa ketika melihat dari luar tampilan mobil ini. Nissan mengklaim bahwa Navara NP300 memberikan kenyamanan di segala medan, baik untuk tujuan pribadi berpetualang ke alam liar atau perjalanan bisnis.
Agresif di depan, NP300 memberikan grille berwarna chrome serta sudut tegas untuk desain maskulin. Lampu depan LED menawarkan visibilitas yang lebih baik di semua kondisi jalan. Di bawah, foglamp dikelilingi list chrome memberikan kenyamanan berkendara di jalanan berkabut.
Ground clearance yang ditawarkan bahkan mencapai 225 mm, sudah sangat baik ketika harus berhadapan dengan jalanan bergelombang atau medan kasar. Hanya saja radius putar mobil ini cukup besar, tercatat hingga 6.2 meter.
Karena jarak terendah dari tanah yang cukup tinggi, maka Navara juga sudah dilengkapi dengan foot steep. Menawarkan kepraktisan dan akses masuk guna memudahkan penumpang masuk ke dalam kabin. Walau bisa dibilang bukaan pintu belakang tak terlalu besar.
Tak hanya menawarkan kesan minimalis, ada beberapa list chrome yang terlihat pada sisi samping. Kesan premium diberikan pada aksen chrome mulai dari gagang pintu, foot step, serta roof rail bagi mereka yang ingin membawa barang hingga 75 kg.
Butuh ruang untuk membawa barang bawaan? Pikap Nissan Navara memberikan bak yang cukup lapang di bagian belakang. Bukaan bak belakang terasa efisien dan praktis ketika harus membawa barang berukuran besar.
Sedangkan tampilan belakang masih mengandalkan kesan sporty khas off-road milik Navara. Lamp belakang terletak pada kedua sisi bak, dengan dudukan yang terdapat pada pintu bak. Pelengkap sentuhan menawan pada NP300 ada spoiler belakang untuk membantu meningkatkan efisiensi bahan bakar.
Interior
Kesan tangguh juga menjalar pada bagian dalam dengan berbagai sistem dan teknologi yang diberikan. Meski sudah lima tahun tanpa pembaharuan, namun sistem dan kepraktisan di dalam kabin tak kalah dengan pikap lain yang lebih muda.
Nissan mempertahankan kesan maskulin pada bagian dalam. Menawarkan kabin yang lapang dengan dashboard yang ergonomis. Sedikit aksen soft touch disandingkan dengan material plastik keras serta beberapa list chrome pada bagian dashboard.
Sistem hiburan di dalam mobil terbilang lengkap untuk sekelas truk pikap menengah. Sistem audio 2DIN dengan 6 speaker dilengkapi 6 CD in-dash, radio tuner dan pemutar MP3 pada bagian tengah dashboard akan menemani selama pengendaraan jarak jauh.
Sistem dashboard yang ergonomis bisa dirasakan dengan tombol pengaturan bergaya konvensional. Terasa ketinggalan zaman tetapi tak sulit untuk diakses. Kepraktisannya terasa dari berbagai kemudahan dan ruang penyimpanan yang tersebar di dalam kabin.
Termasuk dua cupholder pada konsol tengah serta pada masing-masing pintu untuk meletakkan minuman ketika berkendara. Ditambah dengan ruang penyimpanan yang bisa dibuka pada armrest bagi penghuni baris pertama dan glove box sebagai tempat penyimpanan tertutup.
Setir berlapis kulit mendapatkan tombol pengaturan audio serta pengaturan Bluetooth yang memudahkan pengemudi untuk menelpon atau mengganti saluran. Di depan kemudi terdapat meter cluster dengan kombinasi TFT Display yang memberikan berbagai informasi selama berkendara.
Tak perlu khawatir ketika berkendara di siang hari yang panas. Kenyamanan penghuni kabin didukung oleh fitur AC Auto Climate Dual Zone Control bersanding AC ventilasi belakang yang memberikan kesejukan, tak hanya bagi penghuni depan, tapi juga di baris kedua.
Navara menawarkan sistem double cabin yang mampu membawa hingga lima orang di dalam kabin serta barang kebutuhan di bak belakang. Ada pula area penyimpanan di bagian bawah kursi belakang untuk menyembunyikan alat-alat keselamatan ketika berkendara.
Fitur Keselamatan Aktif
Meskipun pikap Navara NP300 sudah lama tanpa pembaharuan, namun sistem keselamatan yang ditawarkan cukup baik dalam menjaga penghuni kabin selama berkendara. Meski memang beberapa fitur keselamatan canggih masih belum tersedia.
Navara ditemani sistem pengereman Anti-lock Braking System (ABS) yang sangat membantu saat melakukan pengereman mendadak di jalanan licin. Dengan sistem Electronic Brakeforce Distribution (EBD) untuk memberikan kekuatan ekstra pada rem belakang ketika mendeteksi bawaan yang berat di bak belakang.
Fitur keselamatan Nissan Navara termasuk canggih dengan kehadiran Vehicle Dynamic Control (VDC), membantu pengemudi menguragi output mesin atau memberikan tekanan rem pada roda. Ditambah Traction Control System (TCS) yang mengurangi risiko roda selip.
Untuk mencegah cedera parak saat berkendara, penghuni kabin depan sudah mendapatkan airbag depan. Begitu pula dengan sistem sabuk pengaman dengan teknologi pretensioner dan sensor occupant untuk melindungi pengemudi jika terjadi tabrakan.
Mesin
Rival Toyota Navara seperti Toyota Hilux maupun Mitsubishi Triton sudah lama mendapatkan pembaharuan, Namun dari sisi dapur pacu yang digunakan, Nissan masih tetap setia dengan mesin yang sama sejak 2015 silam.
Navara tetap mengandalkan mesin bertenaga diesel dengan kode YD25DDTi atau teknologi Common Rail Turbo Diesel with Intercoller berkapasitas 2.5L. Mampu menghasilkan tenaga maksimal hingga 190 PS pada 3.600 rpm dan 450 Nm torsi puncak pada 2.000 rpm.
Bersanding transmisi 5-percepatan manual dan 6-percepatan otomatis dengan mode manual, tenaga dialurkan ke semua roda. Tapi dengan tenaga dan torsi yang bisa dihasilkan, Navara masih sanggup berhadapan dengan pikap lainnya yang lebih baru.
Performa dan Handling
Masalah performa, Nissan tampaknya tetap percaya diri terhadap Navara walau pesaingnya sudah menerima pembaharuan mesin dan tenaga. Tenaga dan torsi besar yang dilesatkan Navara terbilang baik dalam membawa mobil ini mendaki di jalanan terjal maupun saat digeber di jalanan perkotaan.
Walau Navara diklaim mampu menawarkan pengemudian premium saat dibawa di jalanan perkotaan, tapi habitat aslinya adalah jalanan terjal. Mesin besar dan ground clearance yang tinggi memudahkannya melahap jalanan bergelombang, semisal di area pertambangan maupun perkebunan.
Guna memaksimalkan rasa berkendara, kedua jenis transmisi yang digunakan sudah menerima sistem transmisi Limited Slip Differential. Fitur andalan kendaraan off-road ini berfungsi mencegah terjadinya slip pada saat melakukan perpindahan gigi.
Nissan tampaknya masih percaya diri dengan kenyamanan yang diberikan pada Navara. Dan hal tersebut terbukti dari pengendaraan yang menyenangkan secara on-road maupun offroad melalui suspensi 5-link Coil Spring yang sudah dilengkapi dengan Shock Absorber.
Meski bodinya terasa cukup bongsor, tapi pengendaliannya masih menyenangkan di berbagai kondisi jalan. Apalagi Navara sudah dilengkapi sistem kemudi Rack and Pinion dengan Electronic Power Steering (EPS) untuk handling yang lebih praktis.
Konsumsi BBM
Navara bermesin diesel yang sudah dilengkapi teknologi turbo dan intercool memang memberikan performa yang mengesankan di jalanan. Tapi siapa sangka konsumsi bbm mobil ini tak kalah jika dibandingkan dengan model double cabin lain di Indonesia.
Akselerasi mobil ini terkesan cukup baik, dengan catatan 12,3 detik dari diam hingga 100 km/jam. Catatan yang tidak terlalu mengesankan. Sebagian besar karena Nissan sepertinya ingin menambah efisiensi mesin bagi mobil berbobot 1.8 ton ini.
Efisiensi konsumsi bbm Nissan Navara termasuk rata-rata, jika bukan yang terbaik di kelasnya. Mobil ini mampu meraih 12-13 km/L ketika dibawa dalam rute dalam kota. Sedangkan pada saat dikendalikan di jalan tol dengan kecepatan lebih stabil, Navara mencatatkan hingga 15 km/L.
Video
Nissan memang sudah lama memperkenalkan generasi ketiga ini. NMI pun sudah menjajal mobil ini ke berbagai tempat menarik di Indonesia. Salah satunya ekspedisi Nissan Navara ke Tanah Rencong seperti yang diunggah Nissan Indonesia di bawah ini.
Kesimpulan
Telah lama Nissan Navara tanpa perubahan, tapi tak membuatnya kehilangan daya tariknya. Navara masih menyenangkan dibawa berjalan dengan mesin bertenaga dan fitur keselamatan mumpuni. Apalagi ketika harus menempuh perjalanan di medan off-road yang menjadi kesukaannya.
Meskipun teknologinya tak kalah dibandingkan dengan para rival, sayangnya nama besar Nissan yang kurang mentereng membuat pelanggan masih berpikir dua kali untuk membeli mobil ini. Apalagi dengan harga jual Nissan Navara yang cukup jatuh.
Tapi dibandingkan pesaingnya di segmen yang sama, mobil Nissan Navara bekas masih banyak dinikmati. Atau bagi konsumen yang ingin menunggu perubahan terbaru mobil ini, Nissan Navara 2021 diprediksi akan membawa generasi keempat dengan berbagai tambahan teknologi baru.