Sejak awal kemunculannya, sedan kompak Toyota ini menawarkan pengendaraan yang menyenangkan sebagai mobil perkotaan. Dengan harga yang tak lagi murah, Toyota Vios 2020 turut mendapatkan berbagai peningkatan di facelift dari generasi ketiga yang dipasarkan saat ini.
Harga
Tipe | Harga |
Toyota Vios E CVT |
Rp321.750.000 |
Toyota Vios G M/T |
Rp327.550.000 |
Toyota Vios G CVT |
Rp343.650.000 |
Spesifikasi
Mesin | |
Tipe Mesin |
1.5L 4-silinder segaris 16 katup DOHC Dual VVT-i |
Kapasitas Silinder |
1.496 cc |
Tenaga Maksimal |
105 hp @ 6.000 rpm |
Torsi Maksimal |
140 Nm @ 4.200 rpm |
Transmisi |
5-percepatan manual dan 7-percepatan CVT |
Sistem Penggerak |
Front-wheel drive |
Dimensi | |
P x L x T |
4.425 mm x 1.730 mm x 1.500 mm |
Wheelbase |
2.550 mm |
Ground Clearance |
133 mm |
Kaki-kaki Dan Suspensi | |
Suspensi Depan |
MacPherson Strut |
Suspensi Belakang |
Torsion Beam |
Rem Depan |
Ventilated Disc 15” |
Rem Belakang |
Solid Disc 15” |
Ukuran Ban |
195/50 R16 |
Velg |
16 inci |
Sejarah
Toyota Vios awalnya diperkenalkan sebagai pengganti Toyota Soluna yang populer dengan image sedan perkotaan di Indonesia di akhir 90-an. Dikenal juga dengan nama Toyota Belta di Jepang, nama Vios sendiri diambil dari bahasa Latin ‘vio’ yang berarti “melangkah ke depan”.
Generasi pertama Vios lahir pada 2002 dengan kode XP40 dan diproduksi di Thailand. Setahun kemudian, PT Toyota Astra Motor membawa Vios bermesin 1.5L NZ-FE berteknologi VVT-i ke Indonesia dan langsung mendapatkan respons positif.
Meskipun hanya mengandalkan keluaran tenaga 109 hp pada putaran 6.000 rpm serta torsi 141 pada putaran 4.200 rpm, Vios dikenal memiliki mesin yang bandel dan ekonomis. Generasi pertama mendapatkan sekali penyegaran dalam bentuk revisi lampu depan dan belakang serta penggunaan velg alloy.
Ketika generasi kedua yang meluncur tahun 2007, popularitasnya semakin naik dengan berbagai penambahan fitur. Ada lampu depan Bi-Beam HID, Dual SRS Airbag, kontrol audio pada setir, serta sistem pengereman ABS yang menjadi fitur modern di kala itu.
Generasi ketiga meluncur tahun 2014. Eksterior bertambah besar, namun dengan lebar yang sama mengikuti desain Yaris. Empat tahun kemudian, akhirnya facelift generasi ketiga diperkenalkan dengan perubahan mesin baru 2NR-FE dan transmisi CVT. Versi ini yang masih dipasarkan oleh PT TAM hingga saat ini.
Eksterior
Toyota Vios 2020 generasi ketiga mendapatkan platform yang sama dengan Toyota Yaris. Membuat tampilan depannya terasa mirip bersama grille yang berkesan besar dan memberikan kesan sporty serta gagah pada sedan kompak Toyota ini.
Grille berwarna hitam menjulang hingga ke bawah. Bersanding dengan fog lamp untuk membantu Anda berkendara di jalanan berkabut atau di kala hujan. Daytime Running Light berteknologi LED naik ke atas, menempel di bawah lampu depan yang dibuat sipit.
Menilik sisi samping Vios, terlihat jelas bagaimana siluetnya hampir sama dengan Toyota Yaris yang diberi buntut. Desainnya masih mengagumkan. Belum lagi ditambah dengan velg 16 inci namun dengan ban yang lebih tebal membuat bantingannya lebih enak dan stabil.
Pada bagian belakang, Vios menawarkan lampu belakang dengan aksen striking LED light guide yang melebar mengikuti bodi mobil Desain belakangnya terasa serasi dengan model depannya dengan tambahan ducktail sehingga menghasilkan tampilan yang lebih sporty.
Memang tak banyak yang bisa dilihat dari bagian belakang. Pasalnya Vios masih belum mendapatkan fitur baru, seperti fitur gerakan kaki untuk membuka pintu bagasi. Tak ada tombol atau tuas yang bisa Anda gunakan untuk membuka pintu bagasi dari luar.
Interior
Tampilan interior yang diberikan terasa elegan dengan perpaduan warna hitam dan beige pada bagian dashboard. Sedangkan kabin pada dasarkan dilingkupi dengan warna beige. Terasa menawan layaknya model-model Toyota yang lebih tinggi.
Dashboard sudah dilengkapi dengan head unit HP Display 7 inci beserta fitur Weblink, Multitasking Window, dan Remote Apps yang bisa diakses melalui smartphone. Fitur multimedia mampu memutar DVD, Radio FM/AM, AUX, USB, HDMI, Bluetooth, serta iPod Read dan Miracast.
Tampilan setir juga sedikit berbeda pada tipe G dengan tipe E. Jika setir Vios G sudah mendapatkan tombol pengaturan dengan kemudi multi-fungsi, Vios tipe E terasa polos, bahkan tanpa lapisan kulit layaknya tipe G.
Vios juga dikenal dengan handling yang baik serta serta mampu memberikan rasa berkendara yang fun-to-drive. Terlihat dari paddle shift yang menawarkan pengendaraan yang lebih sporty. Anda juga bisa memilih dua mode berkendara, Eco untuk menghemat bahan bakar dan Sport yang lebih bertenaga.
Meskipun berdimensi kompak untuk sebuah sedan, namun Vios mampu menawarkan ruang kabin yang lapang. Kenyamanan penumpang belakang tetap diperhitungkan dengan penyangga pada pada jok serta pengaturan jok yang cukup rebah. Memberikan rasa nyaman bahkan pada perjalanan jauh.
Pengaturan AC digital cukup lengkap dengan pengaturan suhu, kecepatan blower, serta arah hembusan AC. Kesejukannya terjamin namun tidak terlalu membebani tenaga mesin. Tak salah jika Vios masih menjadi andalan armada taksi di Indonesia.
Bagasi memang tak terlalu baik jika dibandingkan dengan pesaingnya di segmen yang sama. Tetapi kapasitas bagasi yang ditawarkan cukup untuk menyimpan hingga tiga koper berukuran besar. Cocok untuk membawa barang-barang keperluan sehari-hari.
Fitur keamanan
Untuk menjaga Anda tetap nyaman selama berkendara, Toyota mengerahkan berbagai fitur keselamatan terbaik bagi Vios. Semua varian Vios yang dipasarkan saat ini sudah dilengkapi dengan 7 SRS Airbag, termasuk airbag pada bagian lutut pengemudi.
Anda juga bisa memanfaatkan fitur Hill-Start Assist. Fitur keselamatan modern ini akan membantu kendaraan agar tidak mundur ketika berhenti di jalanan menanjak. Tak ketinggalan Vehicle Stability Control untuk menjaga kestabilan berkendara ketika sedang berakselerasi atau berbelok.
Sebagai pelengkap, Vios mendapatkan sistem pengereman Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake-force Distribution (EBD) dan Brake Assist (BA) untuk pengereman yang lebih akurat. Membuat Vios meraih bintang lima pada uji tes tabrak dari ASEAN NCAP.
Mesin
Sama seperti sebagian besar negara di Asia, Toyota Vios yang dipasarkan saat ini menggunakan mesin 1.5L 2NR-FE dengan kapasitas silinder 1.486 cc. Menawarkan tenaga hingga 105 hp pada putaran 6.000 rpm dan torsi puncak yang tercatat 140 Nm pada 4.200 rpm.
Dari dua tipe yang tersedia, Vios E hanya mengandalkan transmisi 5-percepatan manual. Sedangkan Vios tipe G yang lebih tinggi dibekali transmisi 5-percepatan manual dan transmisi CVT otomatis dengan harga yang lebih tinggi.
Jika dibandingkan dengan pesaingnya, Honda City, yang sama-sama mengemas mesin 1.5L, tenaga yang dikeluarkan memang lebih kecil. Tapi kenyamanan berkendara yang diberikan tak kalah melawan sedan kompak milik Honda tersebut.
Performa dan Handling
Jika dibandingkan dengan Vios generasi sebelumnya, tenaga yang digunakan saat ini lebih kecil 2 hp. Begitu pula torsi yang dibuat turun 1 Nm. Namun peningkatan teknologi yang diberikan pada mesin membuat tenaga bisa didapatkan pada putaran mesin yang lebih rendah.
Karena itu, Vios cukup bertenaga ketika digunakan pada putaran bawah. Tak ketinggalan teknologi CVT dipadukan dengan paddle shift pada setir turut memberi pengaruh besar pada putaran mesin yang bisa didapatkan serta memudahkan Anda mendapatkan rasio gigi yang diinginkan.
Dengan jumlah rasio tak terhingga dari transmisi CVT, putaran mesin bisa dibuat serendah mungkin sehingga membuatnya semakin efisien dalam pembakaran. Tentunya berdampak besar pada konsumsi bahan bakar yang lebih rendah.
Mungkin yang menjadi sedikit kelemahan dari Vios adalah kaki-kaki dan suspensi yang dibuat untuk pengendaraan santai di jalanan perkotaan. Pasalnya kaki-kaki akan lebih sering bermasalah ketika dibawa berkendara dalam kecepatan kencang terus-terusan.
Konsumsi BBM
Sejak pertama kali diperkenalkan hingga saat ini, Toyota Vios seringkali disebut sebagai salah satu sedan dengan konsumsi bahan bakar yang irit. Ketangguhannya di jalan dibarengi dengan efisiensi bahan bakarnya dimana Anda bisa memilih fitur berkendara Eco maupun Sport.
Mesin 2NR-FE mampu membawa Vios dengan mudah di jalanan perkotaan. Konsumsi bahan bakarnya bisa mencapai 17-18 km/l ketika dibawa dengan kecepatan sedang. Pada saat berkendara di jalan tol yang lebih konstan, konsumsinya bahkan bisa meraih 20 km/l.
Tapi jangan takut ketika membawa mobil ini di jalanan perkotaan yang pada dengan kondisi berkendara stop-and-go. Setidaknya Vios bisa menghasilkan hingga 15 km/l jika dibawa dengan pengendaraan yang efisien dan tak ugal-ugalan.
Video
Meskipun Toyota Indonesia tidak mengeluarkan video promosi untuk Vios, Anda bisa melihat lebih detail desainnya yang menawan dari facelift Toyota Vios 2020 terbaru melalui video di bawah ini.
Kesimpulan
Di Indonesia, Toyota Vios masih menjadi salah satu pilihan sedan kompak perkotaan dengan pengendaraan yang menyenangkan. Dengan performa yang mumpuni ditambah konsumsi bahan bakar yang irit, mobil ini siap melenggang menembus kemacetan.
Fitur yang diberikan tak kalah dibandingkan pesaingnya, walaupun Vios bisa dibilang belum menawarkan hiburan yang mengesankan di dalam mobil. Tapi dengan harga yang ditawarkan, Toyota Vios 2020 masih menjadi salah satu sedan keluarga terbaik saat ini.