Tanpa Embel-embel Limited, Ini Alasan Toyota Rush GR Sport Lebih Laris Daripada Veloz GR Limited
Adit · 12 Sep, 2021 12:00
0
0
Tepat sebulan Toyota-Astra Motor (TAM) mulai memasarkan varian baru GR Sport, yang menggantikan TRD Sportivo untuk semua model yang memiliki varian bertampang sporty tersebut.
Misalnya Toyota Rush GR Sport. Tampangnya kini lebih sangar ketimbang masih pakai embel-embel TRD Sportivo. Justru yang terbaru ini malah lebih sedap dipandang, karena aksen silvernya tak begitu banyak.
Dari samping juga memiliki side body moulding yang letaknya lebih menurun. Serat tanpa decal TRD Sportivo, membuatnya tampak lebih elegan. Sayangnya dari belakang ubahannya tak banyak, cuma revisi desain underguard biar kesan barunya mencuat.
Selain itu ada juga penambahan fitur automatic idling stop system. Yang kerjanya sebagai penghemat bensin layaknya Honda Vario, mesin bisa mati sendiri dalam kondisi idling untuk mencegah bensin terbakar sia-sia. Lalu ada juga head unit baru yang tak lagi pakai pemutar CD.
Selanjutnya ada Toyota Veloz GR Limited yang dijual terbatas 3.700 unit. Perbedaannya dari Veloz biasa punya add on bumper baru. Kemudian dibubuhi palang horizontal yang lengkap identitas GR pada kisi-kisi air dam.
Sementara bagian samping tetap punya side skirt, serta velg yang dibalut lebih gelap. Kemudian belakangnya dipasangkan bumper baru untuk menyesuaikan tampangnya, lalu tak lupa ada semacam aksen diffuser biar aura sporty mobil ini makin terpancar.
Selebihnya untuk Agya, Fortuner, dan Yaris yang juga dapat sentuhan GR Sport, tak begitu jauh berbeda tampilannya dari sebelumnya menggunakan identitas TRD Sportivo. Dengan arti lain cuma ganti emblem entitas GR Sport ke TRD Sportivo, jadi ya, tak begitu istimewa sebenarnya.
Karena punya ubahan yang signifikan, penerimaan Toyota Rush GR Sport lebih besar ternyata dibanding Veloz yang dijual dalam edisi terbatas, demikian ungkap Direktur Pemasaran PT TAM, Anton Jimmi Suwandy meskipun tak menyebut angka spesifik.
"SPK (Surat Pemesanan Kendaraan) Veloz GR Limited di Agustus 1.700-an unit, paling banyak varian GR. Di September ini fokus wholesales-nya di varian GR," terangnya saat dihubungi AutoFun Indonesia, Jumat (10/9).
Angka itu bukan sepenuhnya SPK Veloz GR Limited, tetapi digabung penghabisan stok Veloz reguler. Oleh karena itu Anton menyebut varian GR paling besar penyerapan pasarnya.
Sementara itu pada waktu yang sama pemesanan unit Toyota Rush GR Sport ternyata lebih besar dari Veloz. "Total SPK Rush 6.000-an unit, mayoritasnya juga GR, angka SPK-nya mencapai 5.000-an unit," tambah Anton.
Ini seperti mengulang capaian penjualan Toyota Indonesia sebulan pasca diskon 100 persen Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM) diterapkan. Kala itu SPK Rush menjadi kontributor utamanya. Anton menjelaskan pihaknya masih meriset pergeseran selera konsumen tersebut.
Total ada 8 produk Toyota Indonesia yang memiliki label GR atau Gazoo Racing. Tapi tak semuanya berupa kosmetika penampilan sporty. Ada beberapa model yang hadir menjanjikan performa dan DNA khas balap, yang diracik khusus oleh insinyur Toyota Gazoo Racing. Berikut ini daftar harga berbagai varian Toyota GR Sport bulan September 2021.