window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Top 5 Artikel Autofun Sepekan: Pilihan Motuba Mulai dari Daihatsu Terios Konde sampai Suzuki Carry Futura

Prasetyo · 15 Jul, 2024 10:01

motuba top 5 autofun

Ngomongin soal Motuba alias mobil tua bangka memang gak ada habisnya. Meski saat ini Indonesia dibanjiri produk-produk otomotif terbaru, bahkan hingga serbuan kendaraan elektrifikasi, nyatanya Motuba tetap ada dihati masyarakat.

Ini terbukti dari daftar Top 5 Artikel Autofun yang cukup banyak diisi tentang informasi terkait mobil-mobil lawas.

Mulai dari Mitsubishi Kuda yang menarik sebagai opsi untuk mobil keluarga lantaran harganya kini sudah setara motor matic keluaran terbaru.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Sementara itu mobil jenis SUV (Sport Utility Vehicle) berpenggerak roda belakang seperti Daihatsu Terios konde juga masih tinggi pembacanya.

Untuk di segmen sedan, pembaca Autofun sepertinya sedang banyak yang tertarik pada sosok Honda Accord Maestro, yang pesonanya masih mengagumkan hingga kini.

Lantas tak ketinggalan, informasi terkait Suzuki Carry Futura juga rupanya masih banyak yang membaca, sebagai mobil keluarga berharga terjangkau selain Toyota Kijang Super.

Nah daripada penasaran motuba apa saja yang lagi ramai pembacanya di Autofun, yuk simak daftar Top 5 Artikel Autofun periode 7-14 Juli 2024.

Baca juga: Top 5 Artikel Autofun Sepekan: Harga BBM Terbaru dari Swasta yang Kompak Turun sampai Pajak Tahunan Toyota Raize

1. Perbedaan Honda HR-V Tipe S dan E, Biar Gak Salah Pilih Beli Bekasnya

motuba honda hr-v top 5 autofun

Honda HR-V bekas Gen 2 harganya cukup stabil

Honda HR-V bekas saat ini masih menjadi satu dari beberapa model mobil Honda yang banyak dicari.

Permintaan akan SUV Crossover asal pabrikan Jepang berlogo H tegak itu juga tetap saja banyak, meski model terbarunya sudah lama diluncurkan di Indonesia.

Melihat usianya, mobil ini diluncurkan pertama kali di Indonesia pada September 2014 lewat ajang Indonesia International Motor Show (IIMS), dan mulai dipasarkan Januari 2015.

Sebagai catatan, mobil yang punya nama lain Honda Vezel di Jepang itu sejatinya adalah HR-V generasi kedua yang berbagi platform dengan Honda Jazz/Fit generasi ketiga.

Pada masa baktinya di Tanah Air, PT Honda Prospect Motor (HPM) membekalinya dengan dua pilihan mesin bensin yaitu 1.500 cc dan 1.800 cc, yang ditawarkan dalam 4 varian, yakni tipe A, S, E, dan Prestige.

Untuk tiga tipe pertama menggunakan mesin 1.500 cc Naturally Aspirated (N/A) dengan penggunaan transmisi manual (tipe A), manual dan matic (tipe S) dan cuma ada opsi tipe matic (E). Sementara khusus untuk tipe Prestige pakai mesin bensin 1.800 cc N/A yang dikombinasikan transmisi otomatis.

Adapun untuk pasaran harga bekas Honda HR-V gen 2 sendiri kini ditawarkan mulai dari Rp200 jutaan. Harga Honda HR-V bekas ini sebenarnya cukup stabil, mengingat permintaan unitnya juga masih lumayan tinggi.

Nah kalau kalian juga berminat membelinya, agar tidak salah pilih, kali ini Autofun akan berbagi tips apa saja perbedaan antara tipe S dan E pada Honda HR-V Gen 2 lansiran 2014 ke atas melalui ulasan berikut.

2. Kelebihan dan Kelemahan Mitsubishi Kuda, Pasaran Termurahnya Hampir Seharga Honda ADV 150 Baru

motuba mitsubishi kuda top 5 autofun

Harga bekasnya setara motor baru

Mitsubishi Kuda diesel di akhir era 1990-an sampai awal dekade 2000-an menjadi opsi menarik mobil keluarga selain Toyota Kijang Kapsul dan Isuzu Panther.

Untuk ukuran mobil bekas, Mitsubishi Kuda diesel ini cocok untuk angkutan keluarga besar yang murah meriah. Tidak seperti para pesaingnya, masa kejayaan Kuda di Tanah Air hanya bertahan enam tahun saja.

Kalau kita membahas mengenai asal usulnya, Kuda merupakan sebuah model MPV yang diracik oleh Mitsubishi Motors dan China Motor Corporation.

Mengapa menggandeng perusahaan Tiongkok? sebab awalnya Kuda ditargetkan untuk pasar Taiwan, yang disana mobil ini berubah nama jadi Mitsubishi Freeca.

Namun kemudian kendaraan tersebut juga dipasarkan untuk beberapa negara di Asia, seperti Vietnam yang pakai nama Mitsubishi Jolie, lalu di Filipina dengan nama Mitsubishi Adventure, serta di Indonesia Mitsubishi Kuda.

Selain Mitsubishi Kuda diesel, sebenarnya juga ada varian yang memakai mesin bensin 1.6000 cc dan mesin bensin 2.000 cc. Awalnya Kuda dihadirkan oleh Mitsubishi Indonesia dalam tiga varian, yaitu Super Exceed, GLX dan GLS.

Selang tiga tahun kemudian, Kuda mendapatkan update tampilan serta penambahan varian yang lebih mewah yaitu Deluxe, Diamond dan Grandia.

Untuk tipe Super Exceed hanya tersedia dengan mesin bensin 1.600 cc, sementara tipe GLX dan GLX punya opsi mesin bensin dan diesel.

Pada generasi ini pula, versi diesel di setiap tipe memiliki sasis yang lebih panjang dan atap yang meninggi ketimbang versi bensinnya.

Harga bekas Mitsubishi Kuda kini mulai Rp 38 jutaan, setara skutik bongsor Honda ADV150. Dengan harga yang ekonomis, kalian bisa dapat kendaraan yang layak dan pastinya kokoh.

Apalagi, build quality khas Mitsubishi ini 'bukan kaleng-kaleng' sehingga membuat Kuda ini tangguh sesuai dengan nama hewan yang kerap dipakai angkut barang.

Apa sih kelebihan dan kelemahan Mitsubishi Kuda diesel sebagai sebuah motuba? Cek artikel lengkapnya disini ya!

3. Perbandingan Konsumsi BBM Daihatsu Terios Lama dan Baru, Mana yang Lebih Irit?

motuba daihatsu terios top 5 autofun

Benarkah Terios Kode lebih boros BBM?

Daihatsu Terios merupakan satu model Sport Utility Vehicle (SUV) yang banyak diminati konsumen di Indonesia.

Daihatsu memang memiliki sejarah yang cukup kuat dengan SUV hingga akhirnya produknya banyak dipercaya oleh para pencinta roda empat.

Sebelum kehadiran Terios di pasaran, Daihatsu pernah mengeluarkan pendahulunya yang tak kalah laris, yakni Daihatsu Taft. Mobil tersebut banyak dibilang sebagai versi mungil dari Toyota FJ40, namun Taft pun harus mengakhiri kiprahnya.

Mobil tersebut banyak dibilang sebagai versi mungil dari Toyota FJ40, namun Taft pun harus mengakhiri kiprahnya.

Setelah Taruna juga dipensiunkan, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) akhirnya resmi meluncurkan Terios di Desember 2006. Model ini jadi produk kolaborasi kedua antara Daihatsu dengan Toyota setelah Xenia dan Avanza.

Meluncur bersamaan dengan Toyota Rush, meski secara angka penjualan kalah, tapi Terios tetap tidak kalah pamor.

Kehadirannya memberikan pilihan baru bagi konsumen di Indonesia, meski platform yang digunakan bisa dibilang sama, harga yang ditawarkan pada Daihatsu Terios lebih terjangkau dari Toyota Rush.

Konsumsi BBM Daihatsu Terios lama dianggap lebih boros daripada Terios baru lantaran teknologinya belum selengkap sekarang, benarkah? Cek pembahasan lengkapnya disini.

4. Kelebihan dan Kelemahan Suzuki Carry Futura, Alternatif Mobil Keluarga Terjangkau Selain Toyota Kijang

motuba suzuki carry futura top 5 autofun

Motuba buat keluarga dengan harga sangat terjangkau

Kalau bicara Carry Futura dekade 90-an menjadi tahun dimana kepopuleran kendaraan jenis minibus berada dalam puncaknya.

Adapun minibus besutan pabrikan Jepang berlogokan ‘S’, Suzuki Carry Futura pertama kali meramaikan kancah otomotif Tanah Air pada tahun 1991.

Saat itu, kendaraan berbentuk minibus multiguna tersebut mulai ramai dilirik konsumen karena memiliki berbagai macam keunggulan yang diyakini dapat memenuhi segala kebutuhan sehari-hari.

Oh iya sebagai informasi, Carry Futura dihadirkan Suzuki Indonesia untuk melawan Toyota Kijang dan Daihatsu Zebra yang lebih dulu dijual untuk umum.

Ketika diluncurkan, Carry Futura ini menggendong mesin 1.300 cc dengan kode G13C. Agar konsumen dapat merasakan performa yang lebih besar, maka dihadirkan versi 1.600 cc dengan mesin berkodekan G16.

Demi memberikan tampilan yang telihat lebih dinamis, pada 1997 Motuba ini mendapatkan facelift pertamanya yang diketahui hanya secara minor.

Di awal 2000-an, Suzuki Futura mengalami downgrade spesifikasi mesin menjadi 1.500 cc dengan kode G15A dikarenakan adanya peraturan pajak barang mewah untuk mobil di atas 1.500 cc.

Demi mengikuti perkembangan teknologi serta lulus standar emisi Euro 2, pada kuartal pertama di 2005, Suzuki kembali memberikan penyegaran serta merubah sistem bahan bakar yang semula karburator menjadi injeksi.

Setelahnya, dua generasi facelift kembali muncul pada bulan April 2010 dan Januari 2017 hingga produksinya dihentikan pada awal tahun 2019.

Sekarang kalau menyebut nama Suzuki Carry, maka hanya tinggal model pickup saja, sementara Carry minibus tak lagi diproduksi oleh Suzuki Indonesia.

Hal ini terjadi setelah pergeseran selera masyarakat Indonesia dari kendaraan minibus serbaguna menjadi MPV (Multi Purpose Vehicle), yang menawarkan desain lebih modern serta kenyamanan berkendara yang ditingkatkan.

Mengetahui harga bekasnya saat ini, mobil ini kini ditawarkan dengan harga yang relatif terjangkau. Melihat pasarannya, Suzuki Carry Futura ditawarkan mulai dari Rp 30 jutaan.

Buat lebih paham, yuk simak pembahasan mengenai kelebihan dan kelemahan Suzuki Carry Futura minibus wajib Anda ketahui jika mencari mobil keluarga yang harganya murah.

5. Kelebihan dan Kelemahan Honda Accord Maestro, Mercy E-Class Ala Jepang Era 90-an

motuba honda accord maestro

Honda Accord Maestro, pesonanya tak pudar

Kelebihan dan kekurangan Honda Accord Maestro patut dipahami jika Anda hendak meminang sedan Motuba Jepang yang satu ini.

Honda Accord Maestro bekas adalah sedan medium yang sampai saat ini masih banyak peminatnya, terutama mereka yang mau nostalgia ke era 90-an.

Nama Accord sudah sejak lama digunakan sebagai model sedan top of the line Honda di Indonesia. Salah satu generasi Honda Accord yang kini kembali naik daun yaitu Accord Maestro.

Dengan segala kenyamanan dan kenyamanan terbaik yang jadi kelebihan Honda Accord Maestro, menjadikannya layak disejajarkan dengan Mercedes-Benz E-Class di era 90-an.

Apakah itu berlebihan? Tidak juga kok mengingat E-Class seri W124 punya banyak tipe.

Untuk Accord Maestro ini layak disejajarkan dengan E220 atau 230E, bahkan, Accord Maestro unggul di sisi fitur AC yang telah memakai auto climate seperti mobil keluaran baru.

Penasaran seberapa kerennya sedan bongsor yang pasaran bekasnya cuma Rp 40 jutaan ini? Cek disini artikel lengkapnya.

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
Car for sale
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Daihatsu Terios X M/T

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil