window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Toyota Alphard Gen 2 Bekas Lebih Berkelas Ketimbang Beli Avanza atau Veloz Baru

Prasetyo · 10 Jul, 2024 12:04

toyota alphard gen 2 bekas 2013

Toyota Alphard Gen 2 bekas 2013 kini ditawarkan dengan harga Rp 300 jutaan saja, dan kalian sudah bisa mendapatkan sebuah mobil keluarga bercita rasa premium.

Toyota Alphard hingga kini memang masih menjadi simbol status kemapanan ekonomi keluarga di Indonesia. Sehingga tak heran MPV Premium ini seakan jadi mobil wajib bagi mereka yang merasa derajatnya sudah menengah ke atas.

Alphard juga kerap jadi kendaraan kedua atau ketiga untuk dibutuhkan oleh kalangan berduit yang ingin mobil keluarga demi mengakomodir aktivitas harian yang pada atau liburan mereka dengan keluarga di akhir pekan.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Jika mengacu pada harga Toyota Alphard terbaru 2024 yang dilansir dari situs Toyota Indonesia, maka banderolnya sudah ada di rentang Rp 1,4 miliar hingga Rp 1,7 miliar.

Namun kalau dana kalian tidak sebanyak itu, sebenarnya bisa kok jika ingin bergaya parlente dengan menggunakan MPV boxy berpintu geser otomatis ini.

toyota alphard gen 2 bekas 2013

Unit yang dijual adalah Toyota Alphard gen 2 facelift

Contohnya yang ditawarkan pihak Auto High Pondok Indah, ada unit Toyota Alphard bekas 2013 yang banderolnya hanya Rp 315 juta untuk harga kredit, atau Rp 350 juta untuk harga pembelian tunai (cash).

Dealer mobil bekas premium yang berlokasi di Jl. Sultan Iskandar Muda No.79B Arteri Pondok Indah, Jakarta Selatan itu menawarkan Alphard 2013 tipe 2.4 G yang dulunya dijual oleh pihak PT Toyota Astra Motor (TAM) melalui jaringan dealer resmi Toyota.

Mobil dengan warna eksterior hitam metalic sementara nuansa kabinnya beige tersebut sudah memiliki beberapa unggulan, diantaranya:

  • KM 65.000-an
  • STNK Bulan 04 (NIK 2013)
  • 2TV + Camera + GPS Indonesia
  • Pilot Seat + Full Electric Seat
  • Jok Leather Ori
  • Krey Ori Jepang
  • Bagasi Vacuum
  • ⁠Service Record Toyota

Baca juga: Jadi Favorit Mobil Kaum Tajir, Apakah Biaya Servis Toyota Alphard Semahal Harganya?

Kalau melihat banderol yang ditawarkan, harga Toyota Alphard bekas 2013 ini setara dengan Toyota Veloz tipe Q CVT baru yang per 2024 dilego Rp 318 jutaan oleh pihak TAM, atau Veloz tipe Q CVT TSS yang harga terbaru 2024 Rp 340 jutaan.

Dan jika melihat fisik dan dokumen kelengkapannya, maka unit yang dijual oleh pihak Auto High Pondok Indah tersebut adalah Toyota Alphard generasi 2 yang sudah mendapatkan facelift.

Sebagai informasi, Toyota Alphard gen 2 diluncurkan pertama kali di Tanah Air oleh TAM pada 2008 lewat gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS).

toyota alphard gen 2 bekas

Diluncurkan di Indonesia saat IIMS 2008

Alphard dengan kode AH20 ini mendapatkan cukup banyak penyempurnaan, baik dari segi desain eksterior, interior, hingga teknologi-teknologi yang digunakannya.

Alphard gen 2 ini fasadnya tampil lebih elegan dan modern. Hal tersebut dapat dilihat dari desain grill depan yang lebih lebar dipadukan dengan aksen krom serta lekukan bodi yang lebih luwes.

Selain itu, desain lampu utama juga lebih tajam dan lebih sedikit pipih dibanding generasi sebelumnya. Begitu juga dengan bentuk lampu belakangnya. 

Pada bagian interior, tampilan juga lebih elegan dan nyaman. Panjang dan tinggi tubuhnya ikutan bertambah. Mobil ini memiliki panjang 4.915 mm, lebar 1.850 dan tinggi 1.895 mm.

Kesuksesan generasi kedua Alphard ini membuat Toyota Indonesia menghadirkan model facelift-nya di 2012 dengan sejumlah penyegaran desain dan tambahan fitur. 

Elemen eksterior yang berubah diantaranya desain bumper depan, sementara itu di sisi kabin ada penambahan jumlah speaker menjadi 10 memberikan pengalaman audio yang lebih impressive, khususnya bagi penumpang baris ketiga.

Baca juga: 4 Keistimewaan Toyota Alphard Gen 1, Mobil Mewah Seharga Ayla Tipe Terbawah

Keunggulan Toyota Alphard Gen 2 Bekas

Nah sebagai bahan pertimbangan kalian yang tertarik membeli Toyota Alphard seharga Veloz baru, berikut ini kami beberkan setidaknya lima keunggulan dari mobil tersebut.

1. Eksterior Toyota Alphard Gen 2 Bekas Masih Terlihat Mewah dan Prestisius

Toyota Alphard Gen 2 Bekas

Model facelift-nya ada aksen chrome di bagian tengah bemper depan

Walau usianya sudah lewat 10 tahun, tapi Alphard generasi kedua ini masih tetap memancarkan aura kemewahan dan kesan prestisius.

Lampu utamanya sudah menggunakan teknologi projector dengan bentuk rumah lampu besar meski masih pakai lampu halogen. Pada tampilan bumpernya dibuat lebih bulat dengan foglamp yang diletakan di bawah sudut kiri dan kanan bemper.

Bodi Alphard AH20 tidak banyak mengimplementasikan garis tegas yang malah membuat mobil ini tampak elegan jika dilihat dari bagian samping. 

Sebagai ikonik Alphard, juga sudah menggunakan pintu geser dengan electric power sliding door, serta pengaturan spion elektrik dan retractable. Alhasil, buka tutup pintu penumpang belakang dan juga melipat spion tinggal pencet tombol

Buritannya, Alphard gen 2 juga terlihat mewah dan timeless berkat pemakaian stoplamp berdimensi lebar model kristal serta garnish krom di tengah. 

Sebagai catatan, pada versi facelift yang diluncurkan tahun 2012, bumper depan mobil ini terlihat lebih tegas dengan gril dilapisi krom mewah.

2. Kabin Lapang 

Toyota Alphard Gen 2 Bekas

Dimensi lebih panjang membuat area kabin makin lapang

Tak hanya sisi luar, untuk tampilan interior mobil ini juga memadukan kemewahan serta kenyamanan berkendara. Di bagian dalam Alphard juga menggunakan perpaduan warna hitam, beige dan aksen wood panel di beberapa bagian.

Penumpang pada jok baris tengah juga sudah disediakan kursi Executive Power Seats. Jok model captain seat ini dibekali dengan fitur footrests, power leg rests, headrests dan armrests berukuran cukup besar yang memberikan kenyamanan berkendara secara lebih eksklusif.

Kemudian dengan wheelbase 2.915 mm atau 15 mm lebih panjang dari Alphard generasi sebelumnya, membuat ruang kaki (legroom) mobil ini khususnya di bangku baris kedua, menjadi jauh lebih lapang.

Baca juga: Seharga Avanza Baru, Intip Spesifikasi dan Harga Bekas Toyota Alphard Gen 2

3. Fitur Pemanja Penumpang Berlimpah

Toyota Alphard Gen 2 Bekas

Penumpang belakang dimanjakan kenyamanan

Tak salah memang kalau Alphard ditujukan buat kendaraan keluarga kalangan atas. Mengingat fitur-fitur yang disediakan berorientasi pada kenyamanan penumpang, khususnya di area kabin belakang.

Mulai dari jok baris kedua yang pada bagian tengahnya sudah disediakan meja serta cup holder, lantas ada pula side back pocket, armrest lengkap di bagian kiri dan kanan, serta sandaran kepala yang sangat nyaman

Di bagian atap mobil ii juga sudah ada Dual Glass Roof, lalu Roof Monitor yang tersambung dengan 10 speaker berkualitas premium.

Untuk sisi pengemudi juga sudah ada meter cluster dengan tampilan modern yang dilengkapi Multi Information Display (MID). Posisi setirnya juga mudah diatur karena dilengkapi fitur tilt & telescopic

4. Fitur Keselamatan Lengkap

Toyota Alphard Gen 2 Bekas

Layout kabin depannya

Tak cuma dari sisi hiburan dan kenyamanan, untuk keselamatan pengemudi dan seluruh penumpangnya juga sudah dipikirkan masak-masak oleh Toyota.

Tak ayal Alphard Gen 2 ini sudah dipersenjatai dengan perangkat keselamatan seperti 7 Airbags, Anti-lock Braking System (ABS), dan Electronic Brake Distribution (EBD).

Lantas kursi depan dengan konsep WIL (Whiplash Injury Lessening) yang memadukan teknologi Active Headrest. Selain itu pada jok pada baris kedua dan ketiga mobil ini sudah tersematkan sabuk pengaman tiga titik dan headrest Superior Safety.

Kemudian ada juga fitur seperti Adaptive Front Lighting System (AFS), Traction Control (TC), Parking Sensor, dan sistem pengendalian keamanan tabrakan GOA (Global Outstanding Assessment) memenuhi kondisi yang lebih ketat lagi dengan memadukan konsep omni-directional compatibility.

Baca juga: Harga Bekas Menarik, Ini 5 Keistimewaan Toyota Alphard Gen 2

5. Punya Pilihan Mesin yang Superior

Toyota Alphard Gen 2 Bekas

Ada mesin 2.4L dan 3.5L

Seperti yang dijelaskan di awal tulisan ini, unit Toyota Alphard bekas 2013 yang ditawarkan Auto High menggendong mesin bensin 2.400 cc.

Mesin berkode 2AZ-FE 4 silinder dengan teknologi VVTi itu mampu menghasilkan tenaga puncak 170 PS di 6.000 rpm dan torsi maksimum 235 Nm pada putaran 4.100 rpm, menggunakan transmisi otomatis 7-percepatan Super CVT-i.

Kalau dirasa mesin ini kurang bertenaga, maka ada pula opsi mesin bensin V-engine berkapasitas 3.500 cc pada Alphard tipe V.

Jantung pacu berkode 2GR-FE V6 yang disematkan tersebut dapat memeras tenaga hingga 280 PS di 6.200 rpm dan torsi 330 Nm pada 4.700 rpm, serta dipadankan dengan transmisi otomatis super ECT 6-percepatan.

Kesimpulan

Dengan harga hanya Rp 300 jutaan, Toyota Alphard Gen 2 bekas menjadi pilihan menarik bagi kalian yang mencari kendaraan mewah namun tetap terjangkau. 

Banderol yang setara dengan Toyota Veloz baru, Alphard Gen 2 menawarkan kenyamanan dan kemewahan kelas atas dengan harga yang lebih bersahabat. 

Kendaraan ini dilengkapi dengan fitur-fitur premium seperti interior berlapis kulit, kursi elektrik, dan sistem hiburan canggih yang menjadikannya lebih unggul dalam hal kenyamanan berkendara. 

Ruang kabin yang luas dan suasana interior yang elegan membuat Alphard bekas tetap menjadi incaran para pencinta mobil mewah meski usianya sudah lewat dari 10 tahun.

Sementara itu, Toyota Veloz baru, meskipun hadir dengan teknologi terbaru dan efisiensi bahan bakar yang baik, tetap tidak dapat menandingi aura kemewahan dan kenyamanan yang ditawarkan oleh Alphard.

@autofun.indonesia Mobil Wajib Orang Berduit, Kenapa Begitu Ya? #mobilbekas #reviewmobil #mobilmewah #mobilseken ♬ soul jazz old school groove full length - EXCLUSIVE TO POND5 - InstantClassix

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
Car for sale
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Toyota Alphard 2.5 X A/T

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil