Toyota dan Daihatsu Kompak Recall Raize-Rocky Serta Agya-Ayla, Ini Akar Masalahnya
Herdi · 4 Mar, 2025 13:07
0
0
Toyota dan Daihatsu kompak melakukan recall pada dua produk kembarnya secara bersamaan yaitu Raize-Rocky serta Agya-Ayla. Informasi ini disampaikan secara langsung melalui akun resmi PT Toyota Astra Motor (TAM) dan PT Astra Daihatsu Motor.
Menurut keterangan tertulis Toyota, recall atau yang mereka sebut Special Service Campaign (SSC) sengaja dilakukan sebagai komitmen menjaga keamanan berkendara di level terbaik dengan terus melakukan continuous improvement.
Menurut Vice President Director PT TAM Henry Tanoto Toyota memberikan Total Mobility Solution, perhatian dan tanggung jawab Toyota tidak berhenti sampai mobil datang ke rumah pelanggan. "Dengan semangat continuous improvement, kami terus melakukan riset produk yang telah dipasarkan untuk menemukan kemungkinan masalah dan segera melakukan langkah perbaikan,” ungkap Henry.
Toyota mengklaim jika inisiatif ini mencerminkan transparansi Toyota dalam memberikan solusi yang bertanggung jawab terhadap potensi permasalahan pada produk yang telah dipasarkan.
Sementara bagi Daihatsu, langkah ini dilakukan untuk memperkuat komitmennya dalam memberikan produk dan layanan berkualitas kepada pelanggan untuk mewujudkan mobilitas yang aman, nyaman, dan berkelanjutan.
Menurut Marketing Director dan Corporate Communication Director PT ADM, Sri Agung Handayani, Daihatsu berkomitmen memberikan kepuasan kepada pelanggan selama masa kepemilikan kendaraan.
"Layanan ini gratis tanpa dipungut biaya apa pun dengan estimasi waktu pengerjaan yang berlangsung sekitar 1 jam tanpa perlu penggantian komponen apapun. Daihatsu menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan dari informasi ini,” ujar Agung.
Perlu diketahui mobil yang terkena recall dari Toyota adalah Raize dan Agya, sedangkan Daihatsu Rocky dan Ayla. Kabarnya, akar masalah ada pada bagian brake booster yang dikendalikan oleh Electronic Control Unit (ECU).
Brake booster atau booster rem merupakan komponen sistem rem mobil yang membantu pengemudi melakukan pengereman supaya lebih mudah dan ringan. Terdapat potensi malfungsi pada ECU mesin dikarenakan pemrograman yang kurang tepat, dimana dalam kondisi berkendara tertentu ada kemungkinan brake booster tidak dapat bekerja secara maksimal.
Situasi ini akan menambah jarak berhenti kendaraan yang membuat pengemudi harus memberikan tekanan yang lebih besar saat pengereman, sehingga berpengaruh terhadap safety kendaraan di jalan.
Sementara menurut Daihatsu, langkah ini dilakukan untuk menghilangkan potensi malfungsi yang mungkin dapat terjadi pada kondisi tertentu, dimana pedal rem terasa lebih berat dan keras dari biasanya, sehingga jarak pengereman menjadi lebih panjang dari seharusnya. Sebagai komponen elektronik, ECU berfungsi mengontrol berbagai sistem pada kendaraan, salah satunya booster rem yang mengatur kinerja pengereman agar lebih optimal selama berkendara.
Maka dari itu akan ada proses reprogramming (software update) untuk memperbarui sistem dan mengatasi potensi malfungsi akan dilakukan oleh teknisi ahli bersertifikat Toyota global sehingga prosesnya dapat berlangsung dengan cepat dan aman. Estimasi waktu pengecekan hingga software update selesai, berlangsung sekitar 1 jam tanpa perlu penggantian komponen apapun.
Mobil Toyota dan Daihatsu yang terkena dampak kali ini hanya tahun produksi Juni 2021-Juli 2024. Sementara untuk Daihatsu, recall dikenakan pada varian CVT dengan tahun produksi sama seperti punya Toyota.
Tidak disebutkan berapa jumlah unit yang terkena recall. Akan tetapi berikut ini mobil Toyota dan Daihatsu yang terkena recall.
Toyota
Raize tahun produksi 8 Juni 2021 - 16 Juli 2024
Agya tahun produksi 22 Juli 2022 - 29 Juli 2024
Daihatsu
Rocky 1.2 CVT tahun produksi Juni 2021 - Juli 2024
Ayla 1.2 CVT tahun produksi Maret 2023 - Juli 2024
Pemeriksaan Gratis
Baik pemilik mobil Toyota Raize dan Agya maupun Daihatsu Rocky dan Ayla, diharapkan untuk datang ke jaringan dealer masing-masing. Selain itu, Toyota dan Daihatsu juga akan menginformasikan secara langsung kepada pelanggan melalui via telepon, informasi melalui situs resmi masing-masing.
Agar tidak memakan waktu, konsumen juga dihimbau untuk melakukan booking service terlebih dahulu, supaya tidak terlalu lama menunggu antrian.
Bagi para pelanggan yang ingin memastikan apakah mobilnya terkena recall bisa dicek melalui website resmi https://www.toyota.astra.co.id/ssc, atau via Toyota Customer Care yang beroperasi 24 jam di nomor telepon 1-500-315. Selain itu, pelanggan dapat berinteraksi dengan Toyota Interactive Virtual Assistant (TARRA) melalui Whatsapp di nomor 08111500315 untuk pengecekan status.
Sementara itu, pemilik Daihatsu juga mengunjungi situs resmi www.daihatsu.co.id/ssc dengan memasukkan nomor rangka kendaraan, atau menghubungi Daihatsu Access di nomor telepon 1-500-898.
Toyota dan Daihatsu mengklaim jika proses pemeriksaan ditangani oleh teknisi profesional, dan secara keseluruhan tidak dipungut biaya alias gratis.
Mengawali karir sebagai jurnalis sejak tahun 2011 di salah satu media massa Nasional Tanah Air. Memiliki ketertarikan untuk membahas bidang otomotif, mulai dari sepeda motor, mobil, hingga bus dan truk.