Toyota Kijang Innova 2021: Varian Diesel Lebih Diminati Dibandingkan Bensin, Kenapa?
Enda · 16 Des, 2020 13:00
0
0
Medium Multi Purpose Vehicle (MMPV) sekelas Toyota Kijang Innova 2021 memang masih memiliki daya tarik tersendiri bagi sebagian keluarga di Indonesia.
Bagaimana tidak, meski kini telah dibandrol hampir menembus angka Rp450 juta, nyatanya Toyota Kijang Innova 2021 terus selalu diminati.
Seperti yang diinformasikan GAIKINDO dalam data penjualan wholesale yang dirangkum pada Oktober 2020 kemarin, Toyota Kijang Innova varian G mencatatkan penjualan sebanyak 1.316 unit. Kemudian diikuti tipe V 463 unit, dan dipimpin tipe Venturer dengan total 286 unit.
Angka penjualan dari pabrik ke diler yang berhasil diraih Toyota kijang Innova 2021, mendominasi lima besar mobil terlaris Oktober 2020.
Namun, sebelum membeli Toyota Kijang Innova 2021, kalian diwajibkan menentukan pilihan varian diesel atau bensin. Dengan begitu, kami ingin memberikan pilihan yang terbaik untuk Anda.
Varian diesel lebih menarik untuk dimiliki ketimbang mesin bensin biasa?
Pada varian dieselnya, Toyota Kijang Innova 2021 di atas kertas memiliki mesin berkubikasi 2.393 cc dengan kode 2 GD FTV 4 Cylinder in-line, 16 valve DOHC with VNT Intercooler.
Jantung mekaniknya mampu merilis tenaga hingga 149 PS @3.400 Rpm serta torsi maksimal mencapai 36.7 kgm @1.200 – 2.600 Rpm.
Sedangnkan mesin bensin 1.998 cc, 1TR-FE 4 Cylinders in-line, 16 valve DOHC with Dual VVT-I ini mempunyai tenaga lebih kecil, 139 PS @5.600 Rpm di angka torsi 18.7 kgm @4.000 Rpm.
Perbandingan mesin diesel dan bensin Toyota Kijang Innova 2021
1TR-FE 4 Cylinders in-line, 16 valve DOHC with Dual VVT-I
Volume silinder
2.393 cc
1.998 cc
Tenaga
149 PS @3.400 Rpm
139 PS @5.600 Rpm
Torsi
36.7 kgm @1.200 – 2.600 Rpm
18.7 kgm @4.000 Rpm
Toyota Kijang Innova 2021 diesel banyak dipilih karena lebih irit dari mesin bensinnya?
Selain bertenaga, Toyota Kijang Innova 2021 diesel masih menjadi primadona karena terbilang irit dalam hal konsumsi bahan bakar. Ketika dilakukan pengetesan, Toyota Kijang Innova 2021 diesel tembus di angka 13 km/l penggunaan dalam kota.
Saat mobil dipacu di jalan bebas hambatan dengan kecepatan konstan, penggunaan BBM jenis solar pada mobil ini tembus hingga 18 km/l.
Sedangkan Toyota Kijang Innova 2021 varian mesin bensin, hanya bisa menempuh jarak 9 km/l penggunaan dalam kota. Saat mobil digunakan berpergian ke luar kota, konsumsi BBMnya menjadi 13 km/l.
Perbandingan konsumsi BBM Toyota Kijang Innova 2021 Diesel vs Bensin
Varian
Penggunaan dalam kota
Penggunaan luar kota
Toyota Kijang Innova 2021 Diesel
13 km/l
18 km/l
Toyota Kijang Innova 2021 Bensin
9 km/l
13 km/l
Khusus varian diesel, transmisi otomatisnya lebih diidamkan?
Ketika masyarakat Indonesia memilih untuk menghindari kendaraan bertransmisi otomatis karena dianggap lemot dan rumit akan perawatan, berbeda saat Toyota Kijang Innova 2021 diesel dihadirkan dengan varian transmisi otomatis.
Di segmen Medium MPV, Toyota Kijang Innova 2021 diesel transmisi otomatis justru banyak diburu. Hal ini lantaran versi matiknya sangat nyaman digunakan, perpindahan gigi otomatisnya terasa halus, dan yang terpenting lebih responsif dan bertenaga dibanding varian manualnya.
Semakin mahal, fitur Toyota Kijang Innova 2021 semakin menarik?
Belum lama ini Toyota kembali memberikan penyegaran terhadap Toyota Kijang Innova 2021. Di mana mobil impian keluarga Indonesia ini, kini dilengkapi Head Unit berukuran 8 inch touchscreen dilengkapi Radio, Bluetooth, USB, & Mirroring.
Khusus Varian V dan V Luxury berhasil ditanami ukuran lebih besar, 9 inch touchscreen dengan Radio, Bluetooth, USB, Miracast, Smartphone Connection.
Untuk memberikan kesegaran di dalam kabin, tipe Luxury berhasil mendapatkan Pembersih Udara Terintegrasi (Ionizer Car) menghasilkan udara yang baik untuk meningkatkan kualitas kesegaran udara. Oiya, jok model Captain Seat juga hanya bisa ditemukan di varian Luxury.
Semua varian Toyota Kijang Innova 2021 juga sudah dilengkapi VSC (Vehicle Stability Control). Tombol ini bisa dijumpai terletak di bawah Head Unit di samping fitur Eco Mode dan Power Mode.
Tak tertinggal Fitur Hill Start Assist (HSA) hadir disemua varian Toyota Kijang Innova 2021 guna memberikan keselematan dan kenyamanan berkendara yang lebih baik. Sistem pengereman ABS dan EBD juga hadir dalam semua varian.
Kesimpulan
Toyota Kijang Innova 2021 dengan harga paling mahal Rp440.9 juta, justru yang diinginkan kebanyakan orang. Hal ini dikarenakan tipe paling atasnya ini sudah dilengkapi beragam fitur pendukung guna memberikan kenyamanan serta keamanan terhadap pengguna.
Selain itu juga, harga termahal dipilih karena ditanami mesin diesel berteknologi Variable Nozzle Turbocharger (VNT) with intercooler yang bertenaga, irit bahan bakar, serta memiliki emisi gas buang rendah.
Selain irit dalam konsumsi bahan bakar, varian dieselnya terbukti memiliki tenaga lebih lebih besar dibanding mesin bensinnya.
Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.