Toyota Siapkan GR Yaris yang Lebih Hardcore, Tenaganya Lebih dari 300 PS!
Prasetyo · 6 Agu, 2021 09:02
0
0
Toyota GR Yaris merupakan hothatch yang begitu diburu pecinta mobil-mobil kencang. Bukan tanpa sebab karena Yaris racikan Toyota Gazoo Racing ini mampu menghasilkan tenaga 261 PS dengan torsi 360 Nm dari mesin 3 silinder turbonya.
Catatan itu membuat tenaga GR Yaris dua kali lipat lebih besar dibanding tenaga mesin 2NR-FE dari Toyota Yaris 2021 yang ada di Indonesia. Selain itu tim Gazoo Racing juga merancang sistem suspensi yang lebih rigid, serta bodi yang lebih ringan berkat penggunaan bahan serat karbon polymer.
Ada penampakan GR Yaris yang berbeda
Toyota GR Yaris yang awalnya dibuat untuk berlaga di ajang balap World Rally Campionship (WRC), terbukti benar-benar menyuguhkan sensasi mobil balap untuk pemakaian di jalan raya.
Kalau mungkin Anda sudah dibuat berdecak kagum atau bahkan bermimpi punya satu unit GR Yaris di garasi rumah, namun rupanya rasa puas belum dikantongi sepenuhnya oleh Toyota. Pabrikan Jepang ini pun kabarnya sudah menyiapkan GR Yaris versi yang lebih hardcore.
Ada tambahan sayap di bemper depan dan spatbor dikasi kisi udara
Kabar ini pun diperkuat dengan penampakan satu unit Toyota GR Yaris 2021 yang tampil sedikit berbeda di Sirkuit Nurburgring. Model yang sedang di tes itu terlihat memiliki tambahan aero bodykit di bemper depan, kisi-ksi udara di spatbor, dan wing belakang yang lebih besar.
Unit yang kedapatan sedang melesat kencang di sirkuit legendaris itu juga terlihat ditambah side sills, serta terpasang sebuah alat khusus di dekat bemper belakang. Memang belum ada bocoran dari pihak Toyota tentang keberadaan model yang diuji coba itu. Namun diyakini pihak pabrikan memang sedang menguji varian baru GR Yaris yang fokus pada kemampuan melesat di trek.
Wing belakang lebih besar dan model velg juga berbeda
Suspensi dan Setting Mesin Berbeda
Selain dari penampilannya, Toyota GR Yaris berkelir puth dengan sedikit tambahan aksen hitam itu juga terlihat memiliki desain velg yang berbeda. Bahkan untuk velg bagian belakang diberi tambahan alat lagi yang mungkin untuk mendeteksi performa dari roda belakang mobil tersebut.
Lalu bagaimana dengan mesin yang bersembunyi di balik bonetnya? Kemungkinan besar mesin G16E-GTS 1.6-liter Turbocharged yang ada di GR Yaris saat ini tetap dipakai. Hanya saja bakal ada setup berbeda di mesin itu.
Dibelakang terpasang alat tambahan
Diharapkan adanya teknologi tambahan bisa membuat mesin GR Yaris itu mampu meletupkan tenaga hingga lebih dari 300 PS dan torsi puncak di atas 400 Nm. Jika memang benar demikian, maka rasanya Honda Civic Type R harus bertekuk lutut kala menghadapi GR Yaris di trek balap.
Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.