Tepatnya tugasnya memutar flywheel untuk menghidupkan atau menyalakan mesin mobil. Tindakan ini dihasilkan dari konversi energi listrik menjadi gerak mekanis.
Solenoid Starter
Komponen ini sering disebut starter solenoid dan menyerupai tabung atau silinder yang duduk di atas motor utama. Ini terdiri dari gulungan dan memainkan peran kunci dalam menggerakkan drive pinion dan memasok tegangan ke motor utama.
Solenoida dilengkapi dengan dua kumparan. Koil "pull in" dirancang untuk mengaktifkan dan menggerakkan drive pinion dengan mendorong plunger. Koil penahan kedua terletak di depan koil penarik dan perannya adalah untuk menstabilkan gerakan koil penarik dan mengarahkan arus dari baterai ke motor utama.
Solenoida beroperasi menggunakan gaya elektromagnetik yang ada dalam kumparan. Ketika arus melewati koil, medan magnet dalam arah tertentu terbentuk. Medan magnet ini mendorong drive pinion, mengunci pinion dengan flywheel.
Solenoid agak mirip dengan koil, dengan inti besi pusat melilit banyak gulungan tembaga besar. Gulungan yang banyak dan relatif besar ini menggerakkan pendorong dengan cepat dan kuat.
Solenoid plunger
Komponen ini terletak di ujung pull-in coil dan memiliki tujuan yang unik namun penting: menghubungkan gerakan pull-in coil ke drive rod. Selain itu, ia bertindak sebagai saluran, secara efektif mentransmisikan ketegangan koil.
Solenoid caps
Penutup katup solenoid adalah bagian penting dari starter dan terletak di ujung depan starter. Ini bukan hanya penutup, ini adalah saluran yang menghubungkan arus listrik dari sistem ke aktuator starter.
Ada tiga terminal berbeda di motor starter. Pertama adalah terminal 50 yang menghubungkan rangkaian starter dengan kunci kontak. Berikutnya adalah terminal 30, yang dirancang untuk menerima arus dari baterai. Terakhir, Terminal C mengarahkan arus utama dari solenoid ke starter motor, memungkinkannya berputar.
Field Coil
Rakitan ini pada dasarnya adalah rakitan kumparan magnet yang dirancang untuk memperkuat magnet di sekitar kumparan rotor. Pada dasarnya, motor membutuhkan medan magnet di sekitar rotor, dan komponen ini menyediakannya. Ini terdiri dari beberapa bagian - kuk, inti tiang dan koil.
Armature Coil
Dikenal sebagai kumparan rotor atau angker, komponen ini ditempatkan secara strategis pada poros motor. Apa fungsi utamanya? Menghasilkan medan magnet yang berinteraksi dengan kumparan medan, sehingga menghasilkan gerakan. Tidak seperti kumparan tembaga biasa, angker memiliki sejumlah besar belitan, sehingga diameternya besar.
Commutators
Komutator berada di bagian paling depan kumparan angker dan memiliki sifat yang mengingatkan pada tembaga tersegmentasi. Ini bertindak sebagai saluran untuk membawa arus dari sikat ke kumparan angker. Karena desainnya yang unik, komutator dapat menangani hubung singkat secara efisien, mengelola arus positif dan negatif secara efektif.
Drive Lever
Bagian solenoida ini berbentuk garpu dan bertindak sebagai tenaga penggerak di belakang roda gigi. Pengoperasiannya bergantung pada sistem leverage yang sederhana namun efektif.
Brushes
Terletak di dalam motor utama, bagian ini disebut sikat dan bertindak sebagai saluran untuk mentransfer arus melalui konduktor statis ke konduktor bergerak. Pada dasarnya, sikat mentransmisikan sinyal arus dari terminal 50 langsung ke koil angker.
Drive Pinion Brush
Pikirkan komponen ini sebagai benteng dari berbagai komponen starter. Housing berbentuk tabung utama terbuat dari logam dan berfungsi sebagai tempat berlindung, yang secara efektif melindungi elemen-elemen penting seperti roda gigi pinion dan penutup housing.
Drive Pinion Gear
Berikutnya adalah bagian seperti roda gigi di ujung poros drive pinion. Fungsi utamanya adalah meneruskan putaran yang dihasilkan oleh motor listrik ke poros engkol melalui roda gila.
Motor Housing
Pikirkan komponen ini sebagai benteng dari berbagai komponen starter. Terbuat dari logam, housing seperti tabung utama ini berfungsi sebagai tempat berlindung, yang secara efektif melindungi elemen vital seperti pinion dan penutup housing.
Mengenal Ciri-Ciri Dinamo Starter Mobil Rusak
Mengetahui tentang komponen mesin starter mobil, Anda tahu bahwa mereka dapat mengalami berbagai tingkat kerusakan dari waktu ke waktu, dan seringkali kendaraan akan menunjukkan ciri-ciri starter mobil yang rusak:
1. Lampu Depan Mobil Mati Mendadak
Tanda pertama dari starter mobil yang tidak berfungsi mungkin adalah suara yang tidak biasa disertai dengan pemadaman lampu depan yang tiba-tiba. Ini bisa disebabkan oleh baterai yang lemah atau mati, atau sirkuit terbuka di starter kendaraan. Penyebab lainnya bisa jadi terminal yang terkorosi (biasanya sambungan baterai) yang menghalangi aliran arus ke motor starter atau sistem lainnya. Jika Anda mengalami gejala ini, periksa komponen di atas dengan cermat dan efisien dan lakukan perbaikan yang diperlukan.
2. Saat Mobil Starter, Lampu Mati
Tanda lain dari starter mobil yang rusak adalah saat lampu Anda awalnya berfungsi dengan baik, tetapi tiba-tiba padam saat Anda menyalakan mesin. Hal ini dapat terjadi karena sejumlah alasan, seperti baterai yang tidak diisi dengan cukup. Jika baterai terisi penuh, potensi korsleting dapat menyebabkan starter menyedot terlalu banyak daya. Namun perlu diingat bahwa masalah ini tidak hanya menunjukkan peluncur yang buruk, tetapi juga dapat menunjukkan peluncur yang buruk. Itu juga bisa menunjukkan melemahnya komponen mesin.
3. Mesin Mengeluarkan Suara Dengung Ketika Digunakan
Jika mesin Anda berdengung, itu bisa menjadi gejala starter mobil yang rusak. Ini biasanya terjadi ketika listrik tidak dapat mencapai solenoida untuk mengaktifkan pinion dan flywheel. Biasanya, jenis kegagalan ini disebabkan oleh aki yang terkuras dengan arus yang terlalu rendah atau sambungan listrik yang buruk di dalam rangkaian starter, termasuk korosi pada terminal aki.
4. Tiba-Tiba Bunyi “Klik” yang Keras
Mendengar bunyi "klik" yang stabil bisa menjadi tanda lain bahwa starter mobil Anda tidak berfungsi. Jika ini terjadi, rangkaian starter mungkin menerima arus yang cukup, tetapi masalahnya bisa pada solenoida, motor starter, atau bahkan mesin itu sendiri. Dalam hal ini, pemeriksaan mesin lengkap mungkin menjadi langkah Anda selanjutnya.
5. Mengeluarkan Suara ‘Bak’ Sebuah Gilingan
Bunyi melengking saat menghidupkan mesin juga bisa menandakan starter mobil yang rusak. Hal ini dapat menunjukkan bahwa baut pemasangan starter kendaraan Anda kendur, atau roda gigi pinion dan flywheel memburuk. Jika persneling tidak terpasang dengan benar, Anda akan mendengar suara dentang logam yang khas.
6. Saat Mesin Dinyalakan Tidak Mengeluarkan Suara
Gejala lain dari starter mobil yang rusak adalah tidak adanya suara saat menghidupkan mesin. Hal ini biasanya disebabkan oleh masalah kelistrikan di dalam kendaraan, seperti aki yang lemah atau rusak, komponen sistem yang tidak berfungsi seperti relai atau sakelar pengaman, atau kabel yang berkarat. Secara khusus, masalah dengan terminal baterai dapat mencegah arus mencapai motor starter.
7. Aki Lemah atau Soak
Tanda-tanda lain dari starter mobil yang rusak adalah starter yang lamban dan sistem pengapian yang lamban karena aki yang lemah atau mati. Anda mungkin mendengar suara menderu "RRR-RRR-RRR", atau, jika voltase turun lebih jauh, suara "K-K-K" terputus, sampai akhirnya tidak ada yang terdengar. Jika Anda mendengar bunyi "klik" yang keras saat menyalakan mobil dan kemudian kehilangan daya, masalahnya mungkin bukan pada starternya, tetapi pada sambungan aki yang kotor, berkarat, atau longgar.
Dalam hal ini, periksa sambungan baterai sebagai prioritas. Namun, jika Anda mendengar bunyi "klik" yang berurutan dengan cepat saat memulai, mungkin karena baterai mati atau sambungan ke baterai longgar. Jika Anda memutar kunci kontak dan starter mengengkol, tetapi mesin tidak mau hidup, itu mungkin tidak menunjukkan starter yang buruk. Sebaliknya, itu bisa berupa busi yang buruk, pompa bahan bakar yang rusak, tekanan oli mesin rendah, atau injektor kotor.
Jika Anda mulai memperhatikan tanda-tanda starter yang tidak berfungsi pada mobil Anda, jangan tunda, segera bawa mobil Anda ke bengkel untuk diperbaiki. Masalah yang dibiarkan begitu saja dapat merusak komponen mesin lainnya.
Cara Kerja Dinamo Starter
Intinya, saat Anda memutar kunci kontak ke posisi start, motor starter mobil akan bekerja. Aliran arus dari "pull coil" membentuk koneksi antara terminal "30" dan terminal C. Namun, perlu dicatat bahwa sikat karbon (terletak sebelum dan sesudah angker) dapat mengganggu aliran arus saat aus.
Dalam kondisi normal, pull-in coil aktif, menarik kontak pada plunger dan mendorong pinion melalui tuas pemindah. Tindakan ini memulai sambungan listrik ke flywheel, memungkinkan motor starter berputar. Setelah terminal pada solenoida dan terminal C terhubung, pull-in coil berhenti bekerja karena tegangan antara terminal 50 dan C hampir seimbang.
Pada titik ini, "koil penahan" diaktifkan, menjaga hubungan antara terminal 30 dan C. Pada saat yang sama, menahan pinion di tempatnya, memungkinkan flywheel berputar dan menyalakan mesin. Jika Anda mendengar relai terhubung saat Anda mulai, tetapi motor starter tidak berfungsi, sikat karbon Anda mungkin perlu diganti.
Penyebab Dinamo Starter Mobil Berat dan Rusak
Mengetahui prinsip kerja genset starter mobil, mungkin kita bisa memahami penyebab kerusakan mesin. Berikut alasan umum yang telah kami rangkum.
1.Carbon Brush Dinamo Starter Habis
Sikat karbon adalah bagian penting dari motor starter mobil Anda dan bila aus atau rusak dapat menyebabkan putaran lambat dan kebisingan yang mengganggu. Jika Anda melihat tanda-tanda ini, mungkin sudah waktunya untuk memeriksa dan mengganti sikat karbon.
2.Aki Mobil Kurang Berfungsi
Aki mobil memainkan peran penting dalam menjaga sistem kelistrikan tetap kuat dan berfungsi dengan baik. Namun, jika baterai tidak berfungsi dengan baik, hal itu dapat mencegah motor starter menerima daya, sehingga memengaruhi fungsinya. Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaga kesehatan baterai. Tanda pertama kerusakan atau malfungsi memerlukan tindakan segera - memperbaiki atau mengganti baterai secara efektif untuk memastikan kelancaran pengoperasian.
3.Dinamo Dipaksa untuk Bekerja Maksimal
Terus menggunakan tenaga saat motor tampak kesulitan untuk dihidupkan dapat menyebabkan kerusakan serius. Jika mesin masih tidak mau hidup setelah beberapa kali dicoba, sebaiknya jeda dan biarkan starter dingin sebelum mencoba lagi. Menahan starter yang tidak berfungsi dapat menyebabkannya menjadi terlalu panas, berisiko merusak komponen di sekitarnya. Jadi, istirahatlah, biarkan starter menjadi dingin, dan coba hidupkan mesin lagi. Jika mesin masih tidak mau hidup, Anda perlu menemui mekanik profesional.
Cara Perbaiki Dinamo Starter Mobil yang Rusak
Setelah Anda memahami tanda dan penyebab starter mobil rusak, ada baiknya Anda mempelajari cara memperbaikinya.
1.Lakukan Pemeriksaan Rutin Pada Soket Dinamo Starter
Jika starter mobil Anda tidak berfungsi tetapi lampu dasbor berkedip, berikut adalah beberapa langkah penting yang harus dilakukan. Pertama periksa soket pada alternator starter, biasanya kabel kecil terhubung dengannya. Kemudian, periksa sekring di relai. Jika Anda mendengar bunyi "klik" selama aktivasi relai, kemungkinan masalahnya bukan disebabkan oleh relai atau sekring. Untuk masalah serius, mobil Anda harus segera dibawa ke bengkel resmi untuk memastikan layanan yang berkualitas.
2.Kabel Aki wajib Selalu Diperiksa
Jika mobil Anda dan semua kontrolnya mati saat Anda menyalakannya, mungkin ada masalah dengan kabel aki. Pastikan untuk memeriksa kondisi kabel dan memperbaiki bagian yang kendur. Jika masalah berlanjut setelah Anda mencoba memperbaikinya, Anda harus membawa mobil Anda ke garasi terdekat secara efektif. Perlu diingat bahwa berbagai bagian lain di dalam mobil juga bisa bermasalah dan memerlukan perbaikan ekstensif. Selalu pastikan perbaikan ini dilakukan oleh teknisi profesional untuk hasil terbaik.
Bagi pemilik mobil, alternator starter berperan penting dalam meningkatkan efisiensi mobil saat dinyalakan. Jadi, sangat penting untuk mengawasi bagian-bagian yang menyalakan mesin Anda.