SM Sport GY150 resmi mengasal pada ajang IMOS 2018 silam dengan harga jual yang sngat terjangkau yakni 19,88 juta.
Di kelas motor trail SM Sport GY150 menjadi motor trail dengan harga yang cukup terjangkau, setelah Viar Cross X 150 yang dilepas Rp 17 jutaan kala itu.
Berbeda dengan pabrikan Jepang seperti Kawasaki KLX 150, Honda CRF150L, Yamaha WR155 menjual motor bergaya trail dengan kapasitas mesin 150 cc dengan harga diatas Rp 30 jutaan.
Baca juga : Kawasaki KLX 140R F 2022 Diam-Diam Hadir di Indonesia, Rp 39 Jutaan Mantap Buat Terabasan
Bukanlah harga yang ingin dijabarkan melainkan pengenalan lebih mendalam dari sosok SM Sport GY150.
Merek motor asal Malaysia tersebut kini dijual dengan harga 27,050 juta (OTR Jabodetabek). Kenapa melonjak lebih mahal?
SM Sport GY150 menganut gaya semi trail dengan kategori dual purpose, kini sudah mendapat penyegaran tampilan namanya menjadi SM Sport GY150 Aries.
Namun secara garis besar, melihat tampilan depan tampak terlihat identitas motor trail seperti sepatbor gantung, cover suspensi, penggunaan stang trail.
Menariknya pada untuk menampung bahan bakar, SM Sport GY150 Aries kini dibekali tangki berkapasitas 12 liter.
Naik dari yang sebelumnya hanya 10 liter saja. Kapasitas tangki yang besar tentunya membuat tampilan dari motor semi trail ini berbeda.
Baca juga : Berburu Motor Trail Bekas buat Terabas, Ada Honda CRF150L dan Kawasaki KLX150L
Tercatat diatas kertas dimensi dari SM Sport GY150 Aries memiliki panjang 2.120 mm, lebar 850 mm dan tinggi 1.180 mm dengan bobot mencapai 132kg.
Dengan dimensi ini tampaknya bukan sulit bagi SM Sport GY150 untuk melibas jalan aspal dan tanah.
Meski begitu ada perubahan pada sektor kaki - kaki yang kini dibuat lebih sederhana dan simpel.
Pada model barunya, tidak lagi mengadopsi suspensi depan jenis upside down dengan kelir emas.
Sementara kenyamanan pembonceng ditopang suspensi tunggal yang sama seperti pendahulunya.
Baca juga : Bingung Pilih Honda CRF 150 L atau Yamaha WR 155 R, Simak Dulu Komparasinya
Untuk melibas jalur tanah dan aspal karet bundar yang punya diameter lebih besar, agar lebih proper melibas jalur off road.
Ukuran ban depan kini 2.75-21 dan belakang 4.10-18. Padahal sebelumnya berukuran 90/90-19 di depan dan belakang 110/90-17.
Dari sektor pengereman sudah mengaplikasikan cakram pada kedua roda. Ditambah penempatan knalpot yang menggantung di sisi kanan jok.
Jika melihat motor semi trail di Indonesia tampaknya tampilan SM Sport GY150 tidak kalah ganteng dengan TVS Max 125 Trail. Namun keduanya punya kapasitas mesin yang berbeda.
Mesin SOHC, satu silinder, 4 stroke, berkubikasi 149cc dengan spesifikasi bore 62 mm dan stroke 49,5 mm.
Memompa daya untuk menghasilkan tenaga maksimal mencapai 11,5 PS pada putaran 8.000 rpm dan torsi 10 Nm pada 7.500 rpm.
Baca juga : Ini Kelebihan dan Kekurangan Kawasaki KLX150 2021, Pelopor Motor Trail 150 Cc di Indonesia
Secara kinerja, mesinnya ini sedikit lebih bertenaga dari generasi sebelumnya, namun torsinya turun signifikan.
Ya, output mesinnya memang tak terlalu istimewa karena motor ini pun masih pakai karburator untuk pengabut bahan bakarnya.
Penggunaan fitur dan teknologi modern tampaknya bukan yang utama pada kelas motor trail dan semi trail.
SM Sport GY150 Aries hanya di dukung lampu belakang LED, panel instrumen kombinasi analog dengan digital dan shutter key.
Baca juga : Review Lengkap Honda CRF150L 2021, Sang Idola Baru Motor Garuk Tanah
Bisa dikatakan SM Sport GY150 Aries menjadi motor trail dengan harga yang terjangkau, dibawah Rp 30 juta.
Sementara kompetitor asal Jepang yang mengusung gaya motor trail murni, banyak yang sudah di atas Rp 30 jutaan.
Penampilan semi trail juga unik, cocok untuk menjadi motor operasional di perkebunan.
Spesifikasi SM Sport GY150 Aries | ||
---|---|---|
Dimensi | ||
P x L x T | 2.120 x 850 x 1.180 mm | |
Sumbu Roda | 1.360 mm | |
Tinggi Jok | 850 mm | |
Jarak Terendah | 250 mm | |
Kapasitas Tangki | 12 liter | |
Berat Isi | 132 kg | |
Mesin | ||
Tipe | 4-tak, SOHC 2 katup, pendingin udara | |
Kapasitas | 149,4 cc | |
Diameter x Langkah | 62 x 49,5 mm | |
Tenaga Maksimal | 115 PS @ 8.000 rpm | |
Torsi Maksimal | 10 Nm @ 7.500 rpm | |
Kaki-Kaki | ||
Suspensi Depan | Teleskopik | |
Suspensi Belakang | Monosok | |
Rem Depan | Cakram | |
Rem Belakang | Cakram | |
Ban Depan | 2.75-21 | |
Ban Belakang | 4.10-18 |