Sebagai salah satu provinsi dengan penduduk terpadat di Indonesia, Sumatera Utara (Sumut) jadi pasar otomotif yang signifikan.
Tidak hanya mobil, penjualan motor pun cukup besar di sini dan penguasa pasarnya adalah merek Honda.
PT Indako Trading Coy sebagai main dealer Sumut mengklaim jika Honda jadi merek motor favorit konsumen saat ini.
Baca juga : Honda BeAT Ditargetkan Terjual 40 Ribuan Unit di Jawa Barat
"Di wilayah ini sekitar 80 persen penjualan, iya tentunya kami mendominasi," kata Leo Wijaya, Predisen Director Indako.
"Tentunya produk motor matic masih jadi favorit," sambungnya kepada Autofun.co.id, Senin (22/7/2024).
Dari model yang tersedia, Leo menyebutkan jika Honda BeAT Series masih jadi yang diminati.
Terlebih usai pengenalan regional yang dilakukan beberapa hari lalu, masyarakat Sumut disebutnya sangat antisias.
"Termasuk BeAT Street terbaru ya, responnya sangat bagus kalau dibanding model sebelumnya," beber Leo.
Kemudian model yang masih terhitung baru yakni Honda Stylo 160 juga cukup diminati.
"Bahkan untuk Stylo 160 ini kita sampai harus inden, jadi saya todong nih AHM untuk suplai lebih banyak," katanya lagi.
Meski motor matic mendominasi, namun wilayah pinggir kota dan wilayah perkebunan, masih membutuhkan motor tipe bebek atau sport.
Baca juga : Ini Alasan Honda BeAT Street Terbaru Pakai Pelek 12 Inci
Menurut Leo karena kondisi wilayah juga, dan masyarakat wilayah tertentu yang sudah terbiasa dengan motor bebek atau sport.
Secara penjualan, Indako rata-rata bisa melepas hingga 19.000 unit motor tiap bulannya di Sumut.
Ada pun persentase pembelian secara tunai cukup tinggi, yakni 45 persen dan 55 persen sisanya pembelian kredit.
"Kalau secara nasional, kontribusi kami di Sumut ini sekitar 4-5 persen," pungkasnya.