Harga Selisih Banyak, Ini Beda ECU Standalone dan Piggyback!

Mapping ECU dan piggyback perlu dilakukan di atas mesin dyno agar lebih akurat.
  • Piggyback untuk memanipulasi semprotan bensin dan pengapian.
  • ECU standalone punya banyak variabel setingan.
  • Harga keduanya selisih jauh.

Motor jenis fuel injection bisa dikatakan lebih rumit tapi dapat menghasilkan konsumsi bahan bakar lebih efisien.

Dan punya tenaga lebih baik dibandingkan motor jenis karburator, salah satunya karena dilengkapi dengan ECU.

ECU atau Engine Control Unit merupakan otak dari motor fuel injection, tugasnya membaca seluruh sensor-sensor yang ada pada motor, kemudian memerintahkan sesuai dengan program yang sudah diatur.

Semakin banyak sensor yang disematkan pada motor, maka semakin baik pula performa motor karena tiap parameternya bisa terbaca dengan akurat.

Tapi di sisi lain, ECU ini jadi salah satu ganjalan bagi mereka yang senang upgrade sektor mesin.

Baca juga: Debut Publik, Honda Pajang ICON e: dan CUV e: di IMOS 2024

Pasalnya untuk mengubah debit bensin dan pengapian jadi lebih rumit ketika dibandingkan dengan motor karburator, yang hanya cukup mengganti pilot jet atau main jet saja.

Untuk hal itu terdapat beberapa opsi untuk dapat mengubah setingan seperti debit bensin agar mesin yang sudah di-upgrade.

Seperti penggantian ECU original menggunakan ECU aftermarket atau ECU standalone dan juga penggunaan Piggyback.

Lantas apa beda keduanya dan apa manfaatnya?

Piggyback

Yang pertama bisa memasang piggyback, ini sebenarnya bukan barang baru karena sudah lebih dulu hadir sejak era mobil injeksi, namun di motor tentu jadi hal baru.

Piggyback dari Dynojet termasuk yang punya setingan lengkap tapi harganya cukup mahal.

Baca juga: Pemerintah: IMOS 2024 Diharapkan Beri Kontribusi Positif untuk Industri Otomotif RI

“Piggyback hanya memanipulasi perintah ECU saat menyemprotkan bahan bakar, sehingga kita bisa mengatur besar kecilnya semprotan injektor sesuai dengan keinginan,” ujar Ryan Fasha dari Duta Motorsport.

Karena tugasnya hanya memanipulasi, jadi penggunaan piggyback ini tetap dibarengi dengan ECU original.

Harga dari piggyback ini cukup beragam, bahkan ada yang di bawah Rp 1 jutaan tapi dengan fitur yang terbilang sederhana dan kurang detail.

Umumnya seting bahan bakar pada piggyback terbagi menjadi rpm low, middle, dan high saja.

ECU BRT Juken jadi ECU standalone dengan harga terjangkau.

Baca juga: Fakta Vespa LX 125 Terbaru yang Dijual Mulai Rp 45 Jutaan

Tapi ada juga piggyback yang punya setingan lengkap dengan jarak rpm rapat, bahkan bisa juga mengatur limiter serta kurva pengapian.

Contohnya seperti Power Commander dari Dynojet asal Amerika, namun harganya bisa tembus Rp 6 jutaan, wow!

ECU Standalone

Karena menggantikan ECU bawaan, membuat ECU standalone memiliki fitur yang jauh lebih banyak jika dibandingkan dengan piggyback.

Karena semua parameter langsung dibaca oleh ECU, sehingga banyak sekali hal yang bisa diubah untuk ini, pastinya sangat berguna bagi mereka yang sudah upgrade mesin motor injeksinya.

ECU standalone itu menggantikan peran ECU standar, jadi lebih bebas mengatur debit bahan bakar, titik pengapian, injector timing sampai membuka limiter putaran mesin.

"Sehingga bisa jauh lebih tinggi dari standar bawaan pabrikan. Bisa dibilang penggunaan ECU Standalone bisa kita custom sesuai dengan keinginan dan maunya mesin,” tambah Ryan.

ECU Standalone punya banyak variabel informasi yang bisa dipantau dan diubah.

Baca juga: Cara Federal Oil Membuat Mekanik dan Bengkel Semakin Berkualitas

Secara efektivitas jelas kalau ECU standalone ini lebih unggul karena banyak sekali variabel yang bisa diubah, jika dibandingkan dengan piggyback.

Namun tentu saja secara harganya akan jauh lebih tinggi, yang paling terjangkau ada ECU BRT atau Bintang Racing Team yang dijual mulai di angka Rp 1 jutaan.

Tapi kalau mau lebih advanced bisa tengok ECU aRacer asal Taiwan, ECU ini sudah teruji di banyak kejuaraan balap sehingga kualitasnya cukup terjamin.

Jadi bajetnya cocok buat ECU standalone atau piggyback aja nih?

Ikuti media sosial kita:
Fariz

Senior Writer

Mulai menjadi jurnalis otomotif & test rider sejak tahun 2015, ketertarikan terhadap dunia otomotif terutama sepeda motor jad...

Video Pendek Terkait

Piggyback untuk memanipulasi semprotan bensin dan pengapian. ECU standalone punya banyak variabel setingan. Harga keduanya selisih jauh. Motor jenis fuel injection bisa dikatakan lebih rumit tapi dapat menghasilkan konsumsi bahan bakar lebih efisien. Dan punya tenaga lebih baik dibandingkan motor jenis karburator, salah satunya karena dilengkapi dengan ECU. ECU atau Engine Control Unit merupakan otak dari motor fuel injection, tugasnya membaca seluruh sensor-sensor yang ada pada motor, kemudian
Harapan pemerintah terhadap IMOS 2024 Penjualan sepeda motor masih terus tumbuh Melalui ajang Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2024, pemerintah berharap pameran sepeda motor ini dapat memberikan kontribusi positif terhadap industri otomotif Tanah Air. Hal tersebut diungkap oleh Faizol Riza, Wakil Menteri Perindustrian saat pembukaan IMOS 2024 hari ini di ICE, BSD City (30/10/2024). "Saya berharap pelaksanaan pameran IMOS 2024 ini dapat memberikan kontribusi positif terhadap ekosistem dan neraca
TVS iQube S punya ruang bagasi hingga 32 liter. Kesan modern dan kekinian disuguhkan oleh Honda CUV e:. Jadi opsi motor listrik premium. Segmen motor listrik (molis) premium semakin ramai karena baru saja kehadiran pendatang baru, yaitu Honda CUV e:. Motor ini sendiri merupakan motor listrik keempat yang dihadirkan oleh PT Astra Honda Motor. Motor listrik ini hadir dalam 2 pilihan tipe dengan rentang harga Rp 53-57 juta untuk tipe standar dengan warna Stellar Matte White, Stellar Matte Silver, d
Federal Oil gelar Mechanic Contest & Certification 2024. Mekanik Marc Marquez ikut hadir. Kontes adu skill mekanik diikuti ribuan peserta. PT ExxonMobil Lubricants Indonesia (EMLI) selaku produsen pelumas Federal Oil, kembali menggelar program tahunan Federal Oil Mechanic Contest & Certification 2024. Bertempat di Atria Hotel Gading Serpong, Tangerang Selatan Banten, Selasa (29/10/2024), grand final pemilihan mekanik terbaik bersertifikat ini tampak istimewa. Karena turut dihadiri salah satu mek
Yamaha Byson karburator punya tampilan gagah. Yamaha Byson injeksi lebih bertenaga dan irit. Harga bekas mulai dari Rp 3 jutaan. Yamaha Byson bekas lagi banyak dicari! Yup, dikenalkan sejak tahun 2010, Yamaha Byson akhirnya harus hilang dari pasaran sejak 2022 lalu. Ini setelah tak lagi dijual PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) sejak pertengahan tahun 2022 karena penjualan yang terus merosot. Motor yang menawarkan desain muscular dan big bike look ini sempat jadi motor sport yang pen

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 32,17 - 36,30 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor