Cek Lagi 5 Daya Tarik Honda PCX 160, Matic Premium Nan Nyaman
Fariz · 15 Sep, 2024 08:00
0
0
Suguhan fitur modern dan fitur kemanan terkini.
Mesin 157 cc yang punya karakter linear di setiap kecepatan.
Honda PCX sudah hadir di Indonesia sejak tahun 2010, motor dengan nama lengkap Personal Comfort Xaloon ini awalnya hadir dengan mesin 125 cc.
Kala itu motor ini didatangkan langsung oleh PT Astra Honda Motor (AHM) dari Thailand.
Hingga terus berevolusi sampai saat ini di Indonesia PCX sudah memasuki generasi ke-4 dengan mesin 160 cc.
Kini hadir dengan desain yang semakin elegan dan premium tapi juga tegas serta ada sedikit bumbu-bumbu sporty untuk menyesuaikan dengan selera pasar Indonesia.
Hal tersebut bisa langsung terasa ketika melihatnya dari sisi depan, desain tebengnya lebar dengan reflektor lampu utama cukup besar dan menjalar hingga ke atas karena gabung dengan lampu sein.
Nyala lampu utamanya juga memperlihatkan kalau motor ini modern dan kece, karena lampu utamanya ditemani dengan DRL memanjang. Cakep!
Kemudian bisa dikatakan juga kalau PCX 160 ini punya bodi berbahan plastik ABS cukup banyak.
Dengan begitu warna pada bodi motor terasa penuh dan juga nyambung dari depan, samping, hingga ke bodi belakang.
Memang makin ke sini PCX mulai berbenah untuk membuat tampilannya sedikit lebih tegas, ini terbukti pada PCX 160 dibandingkan PCX 150.
Desain tebeng dan juga bodi belakang juga lebih lancip seolah ingin memberi kesan sporty.
2. Punya Fitur Berkelas
Penggunaan lampu full LED sebenarnya bukan hal baru di PCX karena sudah mulai digunakan sejak generasi ke-2 yang kala itu masih CBU asal Vietnam.
Penggunaan lampu LED ini membuatnya lebih hemat daya tapi pancarannya tetap terang jika dibandingkan tipe bohlam, selain itu kesan modern sangat terasa di sini.
Fitur lainnya ada spidometer full digital dengan negative display, ukuran angka dan hurufnya cukup besar sehingga mudah dipantau, isi informasinya juga cukup lengkap.
Lalu ada USB power charger pada kompartemen kiri yang berguna untuk mengisi daya, Honda Smart Key System yang bisa digunakan juga untuk anti-theft alarm dan answer back system.
Dan gak lupa fitur lain seperti ACG (Alternating Current Generator) starter juga ISS (Idling Stop System).
Di sektor keamanan pengendaranya, Honda PCX 160 disematkan fitur side stand switch yang akan mematikan mesin ketika standar samping terbuka.
Lalu ada juga pilihan sistem rem CBS yang akan membagi porsi rem depan dan belakang.
Artinya motor ini akan semakin nyaman terutama saat dikendarai dalam kondisi jauh seperti keluar kota, karena pengendaranya tidak perlu sering-sering mengisi ulang tangki bensinnya.
Menurut hasil pengujian internal tim AutoFun Indonesia, Honda PCX 160 mencatatkan konsumsi bensin rata-rata di angka 39,3 km/liter pada MID dan 42 km/liter pada metode full to full.
Artinya sekali isi penuh tangki bensin 8,1 liternya ini bisa membawa PCX 160 berjalan sejauh kurang lebih 318-340 km. Mantab!
4. Kapasitas Bagasi Honda PCX 160
Salah satu keuntungan dimensi bodi yang gambot tentu saja akan memberikan ruang penyimpanan luas.
Ini karena desain rangka yang lebih lebar akan memungkinkan dimensi bagasi dapat dibuat menjadi lebih luas.
Seperti pada PCX 160 ini, meskipun hanya dibekali 1 buah kompartemen di depan tapi di bawah joknya terdapat ruang bagasi dengan kapasitas mencapai 30 liter!
Tentu saja ini bisa menampung banyak sekali barang bawaan, termasuk sebuah helm dengan sangat mudah di sisi depan, sangat fungsional.
5. Mesin Bertenaga
Yang tidak kalah menarik dari motor ini tentu saja dari sektor mesin, memang sih dengan nama PCX 160 ini merupakan angka pembulatan dari kapasitas murni mesinnya yang hanya 156,9 cc.
Hasil tersebut didapat dari penggunaan diameter piston 60 mm yang dikombinasi panjang langkah 55,5 mm, rasio kompresi cukup tinggi karena berada di angka 12:1.
Mesin ini juga merupakan mesin matic generasi terbaru dari Honda, dengan embel-embel eSP+ yang mana sudah menggunakan 4 buah katup pada kepala silinder.
Dengan begitu klaim tenaga maksimalnya berada di angka 16 ps di 8.500 rpm dan torsi maksimalnya diklaim 14,7 Nm pada 6.500 rpm.
Meski klaim tenaganya cukup besar, tapi mesin dengan pendingin radiator ini punya karakter CVT yang dibuat linear.
Saat digunakan tidak ada tenaga yang terlalu dominan di kecepatan tertentu, torsi serta tenaganya terasa begitu merata sejak kecepatan rendah hingga kecepatan tinggi.
Positifnya PCX 160 jadi terasa nyaman ketika diajak cruising santai atau ketika berkendara di jalur panjang seperti saat keluar kota, karena mesin seperti tidak kehabisan nafas.
Sisi negatifnya memang akan terasa kurang begitu responsif ketika dibutuhkan tenaga lebih.
Seperti saat menaklukan tanjakan atau ketika ingin menyalip, harus membuka gas lebih dalam untuk membuat motor ini dapat melaju.
Kesimpulan
Kala kompetitor hadir dengan model baru, Honda PCX 160 masih relevan untuk dimiliki sebagai motor matic premium yang nyaman.
Posisi berkendara khas, ketinggian jok yang pas, serta handling lincah jadi nilai jual dari motor ini.
Kapasitas tangki yang lebih besar dari kompetitor membuatnya bisa melaju lebih jauh, kala dipakai untuk touring.
Akomodasi pun memuaskan dengan ruang bagasi berkapasitas 30 liter, yang juga lebih lega dari kompetitornya.
Mulai menjadi jurnalis otomotif & test rider sejak tahun 2015, ketertarikan terhadap dunia otomotif terutama sepeda motor jadi pemicunya. Berkendara, touring, hingga balap sepeda motor menjadi hal yang melekat dan dilakukan sampai saat ini.
Facebook: Fariz Ibrahim
Instagram: @farizibrahim17