window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Masih Diburu, Harga Vespa Sprint 150 3V Bekas Cuma Segini!

Fariz · 11 Okt, 2024 17:00

Masih Diburu, Harga Vespa Sprint 150 3V Bekas Cuma Segini! 01

Vespa Sprint 150 3V bekas masih menggiurkan.
  • Bagasi luas namun hawa cukup panas.
  • Mesin 154 cc dengan karakter kuat di putaran rendah.
  • Desain tak lekang masa.

Kalau bicara Vespa, rasanya sudah bukan lagi bicara kendaraan, tapi sudah menjadi bagian dari gaya hidup penggunanya, seperti halnya Vespa Sprint 150 3v

Vespa Sprint 150 3v merupakan salah satu varian vespa matic atau vespa modern yang disukai, jadi tidak heran kalau vespa sprint bekas cukup diminati.

Tapi memang tidak dapat dipungkiri kalau harga bekasnya cukup stabil, sehingga kalau ingin mencari kondisi bekas dengan harga terjangkau maka harus mencari Sprint 150 generasi awal.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Kalau berkaca dari harga barunya, saat ini Vespa Sprint 150 ABS dibanderol Rp 57,1 juta.

Dan jika melihat beberapa situs jual beli bekas motor ini sudah bisa dimiliki seharga Rp 29 jutaan untuk produksi tahun 2014.

Baca juga: Cocok Buat Motoran Santai, Segini Harga Vespa Sprint 150 Terbaru

Masih Diburu, Harga Vespa Sprint 150 3V Bekas Cuma Segini! 01

Desain Vespa cukup ikonik.

Artinya harga bekas Vespa Sprint 150 sudah hampir setengah dari harga barunya, tapi harga bekas tersebut tentu beragam tergantung dari kondisi motor tersebut.

Posisi Berkendara Vespa Sprint 150

Kalau soal desain sepertinya gak perlu dibicarakan lebih jauh lagi, karena Vespa punya desain tak lekang masa.

Motor ini sangat khas dengan rangka monokok menyatu bodi, terinspirasi dari binatang lebah.

Motor ini memiliki posisi berkendara nyaman karena posisi setangnya tinggi, jadi pundak terasa tegap santai dan tidak memberi beban berlebih pada lengan.

Masih Diburu, Harga Vespa Sprint 150 3V Bekas Cuma Segini! 02

Posisi berkendara santai karena posisi setang tinggi.

Joknya juga punya desain yang lebar dengan pijakan kaki cukup untuk sepatu ukuran 43.

Sayangnya posisi jok memang terbilang tinggi sehingga untuk postur 170 cm masih cukup jinjit.

Baca juga: Incar Wilayah Industri, Vespa dan Piaggio Buka Dealer di Tambun

Desain jok yang lebar tidak dibarengi juga dengan busa empuk, karakter busa joknya cenderung keras sehingga terasa kurang nyaman.

Dek pijakan kaki juga tidak begitu luas karena di sisi tengah terdapat tulangan rangka yang juga digunakan sebagai tempat menaruh kelistrikan seperti sekring dan aki.

Masih Diburu, Harga Vespa Sprint 150 3V Bekas Cuma Segini! 03

Spidometer pakai kombinasi analog dan digital.
 

Kompartemen Vespa Sprint 150

Lahir sebagai motor matic tentu saja salah satu keunggulannya adalah memiliki ruang penyimpanan cukup banyak.

Kalau di Vespa ruang penyimpanan yang khas tentu saja ada pada glove box di depan, tepatnya area bawah setang.

Memang tidak terlalu luas, tapi cukup untuk menaruh sarung tangan dan beberapa benda kecil lainnya.

Baca juga: Vespa Batik Dikenalkan Global, Kini Berbasis Primavera

Masih Diburu, Harga Vespa Sprint 150 3V Bekas Cuma Segini! 04

Ruang bagasi cukup dalam, bisa memuat helm.

Ruang penyimpanan lebih besar ada di bawah joknya, desain rangka dan bodi yang tinggi membuat ruang bagasinya cukup dalam, tapi memang tidak terlalu lebar.

Meski begitu bagasinya bisa memuat sebuah helm dengan cangkang yang tidak terlalu besar.

Sayangnya ruang bagasi ini menyerap panas cukup banyak sehingga membuat barang di bagasi ini hangat selama perjalanan, baiknya jangan simpan barang elektronik ya!

Fitur lainnya pada generasi ini tentu saja penggunaan kunci kontak konvensional tapi dengan fitur kemanaan immobilizer.

Kemudian ada kombinasi spidometer analog dengan digital, rem depan cakram, dan tentu mesin 150 cc.

Mesin 150 Cc 3V

Meski namanya Vespa Sprint 150 cc, namun kapasitas murni mesin ini adalah 154,8 cc yang merupakan hasil dari kombinasi diameter piston 58 mm dan panjang langkah 58,6 cc.

Baca juga: Viral Video Vespa LX125 Kerap Mogok, PID Beri Tanggapan Begini

Kepala silindernya menggunakan 3 buah katup, 2 katup untuk udara dan bahan bakar masuk dan 1 buah katup keluar yang mana ketiganya diatur oleh sebuah noken as atau camshaft.

Masih Diburu, Harga Vespa Sprint 150 3V Bekas Cuma Segini! 05

Mesin 154,8 cc yang kuat di putaran rendah.

Meski kapasitas mesinnya besar, namun mesin ini diciptakan bukan adu kecepatan, jadi bisa dibilang kapasitas besar mesinnya digunakan hanya untuk angkatan awal karena memang bobot motor ini cukup berat yang berasal dari sebagian besar plat besi pada rangka juga bodi.

Sehingga klaim maksimal tenaga mesin ini hanya 11,8 ps pada 7.500 rpm dan torsi maksimal 12 Nm di 5.000 rpm. 

Karakter tenaganya sendiri hanya kuat di putaran rendah, sedangkan putaran tengah hingga atas hanya perlahan menggelinding meskipun gas dibuka penuh.

Kesimpulan

Meski unit bekasnya cukup banyak, namun tetap harus jeli membelinya, apalagi saat ini banyak showroom motor bekas khusus Vespa modern.

Meski begitu, telisik dengan seksama surat-surat dan nomor rangka juga nomor mesin pada unit incaran.

Jika terdapat kondisi nomor rangka yang berantakan, cacat atau bekas ketrikan, ada baiknya tinggalkan, meski pedagang menjamin akan membantu proses balik nama dan mutasi.

Fariz

Senior Writer

Mulai menjadi jurnalis otomotif & test rider sejak tahun 2015, ketertarikan terhadap dunia otomotif terutama sepeda motor jadi pemicunya. Berkendara, touring, hingga balap sepeda motor menjadi hal yang melekat dan dilakukan sampai saat ini. Facebook: Fariz Ibrahim Instagram: @farizibrahim17

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });