Sama-Sama Tipe Tertinggi, Pilih Honda PCX 160 atau Yamaha NMax 155?
Herdi · 24 Des, 2024 16:00
0
0
Honda PCX 160 dan Yamaha NMax 155.
Honda PCX 160 dan Yamaha NMax 155 memiliki varian tertinggi.
Keduanya mempunya fitur paling lengkap dan harganya tembus di atas Rp 40 juta.
Bersaing disegmen matic premium.
Honda PCX 160 dan Yamaha NMax 155 di tahun 2024 ini berbarengan menghadirkan model terbaru, dengan menawarkan berbagai keunggulannya masing-masing.
Tentu saja bagi Anda yang awam dan ingin memiliki motor matic dengan body gambot akan merasa bingung, karena keduanya memiliki nama besar dan reputasi cukup baik.
Sebelumnya, beberapa waktu lalu MotoFun mengulas versi termurah dari PCX 160 dan NMax 155. Maka dari itu kali ini giliran versi termahalnya yang akan kita bahas.
Karena jadi varian tertinggi, baik PCX 160 RoadSync maupun NMax 155 Turbo Tech Max Ultimate, sama-sama harus dibayar dengan mahar di atas Rp 40 jutaan.
Namun jika melihat harganya, NMax 155 Turbo Tech Max Ultimate memang harganya jauh lebih mahal, yaitu selisih Rp 5.055.000.
Untuk detailnya perbandingan harganya dengan status on the road Jakarta, lihat sebagai berikut:
Perbandingan Harga
Model
Harga
Model
Harga
Honda PCX 160 RoadSync
Rp 40.350.000
Yamaha NMax 155 Turbo Tech Max Ultimate
Rp 45.405.000
Adapun dengan mengetahui perbedaan harganya, maka berikut ini sejumlah perbandingan fitur dan spesifikasinya.
Desain Honda PCX 160 RoadSync
Lampu sein menyatu dengan LED DRL.
Honda PCX 160 yang meluncur di awal Desember 2024, hadi dengan tampil lebih segar dan agresif, dengan penggunaan lampu depan yang menyipit dan dibuat lebih tipis.
Terdapat pula LED DRL berbentuk V yang menempel dengan lampu utamanya, dan kini memakai 4 titik LED sebagai penerangannya.
Uniknya pada bagian bawah lampu, dibuat semacam sirip tipis seperti winglet.
Motor matic ini sudah dilengkapi windscreen yang tidak terlalu tinggi, dan kini di baliknya ada setang telanjang yang tertutup cover.
Pada bagian samping motor, mempunyai lekuk garis yang tegas, dari depan, tengah hingga buritan.
Bodi belakang ramping.
Untuk bagian buritan, motor ini sudah dilengkapi LED Bar sebagai lampu belakang yang melebar dan di atasnya sebagai lampu rem.
Lampu sein kini dibuat menjulur ke bawah dan melebar keluar, yang seperti membentuk taring.
Desain Yamaha NMax 155 Turbo Tech Max Ultimate
Desain tak beda dengan versi di atas atau bawahnya.
Yamaha NMax 155 yang meluncur pada pertengahan tahun 2024 hadir dengan berbagai perubahan cukup menarik.
Secara tampilan, motor ini sudah menggunakan LED dan pada bagian depan dilengkapi Dual Projector LED sehingga pencahayaan jadi optimal, dan lebih terang.
Hanya saja, dimensi per lampu-lampuan NMax 155 dibuat lebih mungil dibandingkan versi sebelumnya, dan pada bagian windshield jadi lebih tinggi dari versi sebelumnya.
Lampu LED projector ganda, menggoda.
Untuk bentuknya, NMax 155 tetap mempertahankan bentuknya yang cukup besar, dan pada bagian samping memiliki garis, bahkan sekilas jadi mirip saudaranya, Xmax.
Oia, pada bagian stang NMax 155 khususnya tipe Turbo Tech Max Ultimate, memiliki tombol lebih banyak, karena pada bagian kiri memiliki saklar untuk menekan tombol turbo.
Fitur Unggulan Honda PCX 160 RoadSync
Smart Key System sudah jadi fitur standar.
Dengan berbagai perubahan, Honda PCX 160 RoadSync tentu sudah memiliki berbagai fitur yang cukup menjanjikan.
Sebagai fitur standar, selain lampu sudah LED dan DRL, PCX 160 RoadSync sudah dilengkapi Power Outlet menggunakan USB Type C untuk mengisi daya smartphone.
Kemudian ada juga Smart Key System sebagai kunci kontak sekaligus Anti Theft Alarm juga Answer Back System.
Tipe teratas sudah pakai layar TFT dengan konektivitas.
Panel meter sudah layar TFT 5 inci yang berisi beragam informasi, dengan tampilan lebih canggih dan modern, termasuk bisa navigasi alias penunjuk arah.
Layar panel ini juga bisa menghubungkan motor dengan pengendara, melalui aplikasi RoadSync, sehingga motor bisa terkoneksi dengan smartphone dan juga intercom helm.
Alhasil fitur untuk menerima panggilan masuk, mendengar musik, menerima dan membalas pesan bisa dilakukan.
Bagasi 30 liter.
Bagasi berkapasitas 30 liter tetap dipertahankan, yang mana terbesar di kelasnya.
Tipe tertinggi ini sudah pakai teknologi Anti-lock Braking System (ABS) dan juga Honda Selectable Torque Control (HSTC) yang mampu mencegah roda belakang selip.
Fitur Yamaha NMax 155 Turbo Tech Max Ultimate
Yamaha NMax Turbo Tech Max dan Ultimate dilengkapi Turbo Riding Mode
Yamaha NMax 155 Turbo Tech Max Ultimate juga memiliki banyak fitur yang cukup menarik, sehingga memberikan kesan premium.
Lihat saja, selain lampu sudah full LED, motor matic ini juga dilengkapi speedometer digital dengan TFT display, sistem navigasi, sistem konektivitas Y-Connect, sampai fitur Yamaha Electric Continuous Variable Transmission (YECVT) yang paling terbaru
Beberapa fitur yang ada pada motor ini juga sudah dilengkapi Smart Key System dengan fitur Answer Back System.
Atur YECT melalui tombol Y-Shift di saklar kiri.
Motor matic ini sudah dilengkapi dengan fitur Electric Power Outlet USB Type-C dan juga Y-Connect yang dapat memberikan notifikasi pesan dan telepon, perih informasi yang ada pada layer panel meter yang informatif.
Yang paling menarik dari NMax 155 Turbo Tech Max Ultimate yaitu dilengkapi fitur Turbo Riding Mode, yang terdiri dari:
T Mode : Town Commuting yang bisa digunakan untuk penggunaan saat berkendara di perkotaan
S Mode : Sport Touring bisa dipakai saat berkendara yang membutuhkan akselerasi lebih seperti saat perjalanan keluar kota.
Performance Damper, impor Jepang.
Selain itu, ada juga tombol Turbo Y-Shift, dimana fitur ini akan memberikan pengalaman akselerasi dengan 3 tingkatan yaitu 1:low, 2: medium, 3:High, yang dapat dioperasikan dengan menekan tombol Y-Shift saat berakselerasi maupun saat ingin merasakan engine brake.
Tak sampai disitu, NMax tipe tertinggi ini juga sudah dilengkapi dengan ABS Dual Channel, dan tambahan accessories khusus berupa Performance Damper.
Kesimpulan
Tentunya dengan harga yang lebih dari Rp 40 juta, kedua motor ini menyajikan fitur dan teknologi yang canggih.
Fitur navigasi kini sudah terbenam dan menjadi fitur wajib untuk motor-motor kategori premium, agar pengendara tak perlu membuat smartphone untuk melihat navigasi.
Soal performa keduanya pun sejatinya NMax lebih unggul dengan teknologi mesin terbaru YECVT yang juga memiliki 2 Riding Mode.
Sementara PCX 160 tetap percaya diri dengan menggusung mesin 157 cc eSP+ yang dikenal bertenaga.
Mengawali karir sebagai jurnalis sejak tahun 2011 di salah satu media massa Nasional Tanah Air. Memiliki ketertarikan untuk membahas bidang otomotif, mulai dari sepeda motor, mobil, hingga bus dan truk.