window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Tembus Rp 45 Juta, Mending Yamaha NMax 'Turbo' atau XMax Bekas?

Fariz · 3 Jul, 2024 09:30

Tembus Rp 45 Juta, Mending Yamaha NMax 'Turbo' atau XMax Bekas? 01

Yamaha NMax "Turbo" Tech MAX Ultimate dijual Rp 45 jutaan setara Yamaha XMax 250 bekas.
  • Dimensi NMax lebih mudah digunakan di jalur perkotaan padat.
  • Tenaga XMax 250 baru terasa nikmat ketika dipakai turing.

Yamaha NMax “Turbo” terus menjadi perbincangan karena konsep marketingnnya yang unik.

Menamai fitur barunya yaitu YECVT (Yamaha Electrical Continuously Variable Transmission) dengan “Turbo”

Walaupun memang pada kata “Turbo” cukup jelas menggunakan tanda petik (“”) sehingga bukan berarti turbo yang sebenarnya.

Mereka ingin memberitahukan kalau YECVT ini bisa memberikan rasa atau sensasi turbo pada NMax terbaru.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Dengan adanya sensasi 'narik' saat tombol Y-Shift ditekan, karena putaran mesin akan melonjak tinggi, dan respon mesin lebih ringan.

Selain penggunaan kata “Turbo” yang juga cukup menjadi bahan perbincangan adalah harganya varian tertingginya yang kini lebih dari Rp 40 juta.

Tepatnya Rp 45,250 juta on the road Jakarta untuk NMax “Turbo” Tech MAX Ultimate, dan tipe ini khusus untuk pasar Indonesia saja.

Dengan harga tersebut, tentu saja langsung banyak kaum mendang-mending yang membandingkan harganya dengan Yamaha XMax 250 bekas generasi pertama.

Baca juga: Viral Yamaha RX-King Terjual Hingga Rp 200 Juta, Kok Bisa?

Tembus Rp 45 Juta, Mending Yamaha NMax 'Turbo' atau XMax Bekas? 01

Yamaha NMax "Turbo" Tech MAX Ultimate dilengkapi beragam fitur terkini

Memang kalau melihat beberapa situs jual beli online, Yamaha XMax bekas tahun 2017 juga 2018 dijual di angka Rp 40 jutaan.

Lalu dengan harga serupa, lebih baik mana antara Yamaha NMax “Turbo” Tech MAX Ultimate dengan Yamaha XMax 250 bekas?

Dimensi Yamaha NMax "Turbo" Lebih Ringkas

Yang pertama dan paling terlihat tentu saja kedua matic ini memiliki perbedaan dimensi, NMax punya panjang 1.935 mm dengan lebar 740 mm dan tinggi 1.200 mm.

Perbandingan Dimensi
Yamaha XMax 250 P x L x T 2.160 mm x 790 mm x 1.385 mm
Berat isi 179 kg
Yamaha Nmax "Turbo" Tech MAX Ultimate P x L x T 1.935 mm x 740 mm x 1.200 mm
Berat isi 135 kg

Sedangkan XMax jelas lebih gambot, tercatat punya panjang 2.160 mm dengan lebar 790 mm dan tinggi 1.385 mm.

Baca juga: Jajal Yamaha NMax "Turbo" Termahal, Performance Damper Bikin Stabil!

Perbedaan dimensi ini jelas cukup berpengaruh terhadap pengendaliannya, NMax akan lebih mudah dikendalikan terutama di kondisi jalan perkotaan yang cukup padat.

Lalu XMax dengan dimensinya yang gambot membuat pengendaranya membutuhkan tenaga ekstra, saat mengendalikan motor ini di jalanan padat perkotaan.

Namun kelebihannya XMax terasa lebih antep ketika digunakan dalam perjalanan panjang atau jauh, terutama ketika terkena angin kencang maka motor tidak mudah limbung.

Adanya perbedaan dimensi tentunya juga berpengaruh terhadap bobot dari kedua matic ini.

Yamaha NMax “Turbo” Tech MAX Ultimate tercatat memiliki berat isi 135 kg, sedangkan XMax 250 punya berat isi 179 kg. Jauh!

Tembus Rp 45 Juta, Mending Yamaha NMax 'Turbo' atau XMax Bekas? 02

Dimensi XMax 250 cukup gambot untuk dipakai di perkotaan

Baca juga: Masih Bingung? Ini Cara Kerja YECVT Yamaha NMax 'Turbo'

Artinya ada perbedaan berat mencapai 44 kg, tentu yang lebih berat membutuhkan tenaga lebih dalam pengendaliannya.

Dan NMax terasa lebih mudah serta tidak terlalu menguras tenaga pengendaranya.

Posisi Berkendara

Dimensi yang lebih ramping serta bobot yang lebih ringan juga membuat struktur rangka lebih kecil, sehingga posisi jok NMax pun lebih rendah, hanya 770 mm.

XMax 250 dengan dimensi gambot membuat struktur rangka menjadi lebih tinggi, sehingga tinggi joknya menjadi 795 mm.

Perbandingan Tinggi Jok
Yamaha XMax 250 795 mm
Yamaha NMax "Turbo" Tech MAX Ultimate 770 mm

Bahkan XMax 250 ini joknya tidak hanya lebih tinggi, tapi juga lebih lebar sehingga postur 170 cm perlu jinjit ketika kaki menapak.

Baca juga: Mau Kredit Yamaha NMax 2025, Cicilan Masih Sejutaan!

Tembus Rp 45 Juta, Mending Yamaha NMax 'Turbo' atau XMax Bekas? 03

Jok NMax lebih ramping dan rendah

Tapi ada sisi positifnya, jok XMax 250 yang lebih lebar juga empuk membuat perjalanan terasa lebih nyaman kalau dibandingkan dengan jok NMax.

Dari segi posisi berkendara, keduanya menawarkan sensasi yang mirip seperti posisi kaki yang bisa sedikit selonjoran, serta posisi setang tinggi yang memberi rasa santai pada pundak juga lengan.

Ruang Penyimpanan Yamaha XMax Unggul

Punya dimensi gambot, tentunya membuat XMax memiliki ruang penyimpanan lebih banyak juga lebih luas jika dibandingkan dengan NMax.

Kedua matic ini memiliki 2 buah laci penyimpanan di depan, bedanya kedua laci XMax dilengkapi dengan penutup dan punya ruang lebih luas.

Baca juga: Telisik Spesifikasi Yamaha NMax 2025, Tampang Predator Mesin Lebih Gacor!

Tembus Rp 45 Juta, Mending Yamaha NMax 'Turbo' atau XMax Bekas? 04

Bagasi XMax bisa memuat 2 helm full face

Begitu juga ruang bagasi di bawah joknya, NMax punya luas bagasi 25 liter yang sebenarnya sudah cukup untuk penggunaan sehari-hari, dapat digunakan untuk menyimpan berbagai barang bawaan.

Namun XMax ruang bagasinya lebih luas lagi karena kapasitasnya berkisar 36,9 liter, bisa menampung 2 buah helm full face dengan mudah.

Fitur & Teknologi Unggul Yamaha NMax "Turbo"

Karena merupakan produk teranyar, jadi tidak heran kalau suguhan fitur dan teknologi pada NMax “Turbo” Tech MAX Ultimate menjadi lebih modern kalau dibandingkan dengan XMax generasi pertama.

Seperti lampu yang sudah full LED, spidometer digital dengan TFT display, sistem navigasi, sistem konektivitas Y-Connect, sampai fitur YECVT yang paling terbaru.

Baca juga: Beda Rp 900 Ribuan, Mending Honda PCX 160 ABS Atau Yamaha NMax Turbo?

Tembus Rp 45 Juta, Mending Yamaha NMax 'Turbo' atau XMax Bekas? 05

Spidometer NMax kini lebih modern dengan layar TFT.

Meski begitu keduanya punya beberapa fitur yang mirip, seperti adanya TCS, ABS dual channel, dan ada smart key system dengan fitur answer back system.

Perbedaan Mesin

Kalau bicara mesin, tentu bisa langsung disimpulkan kalau XMax dengan mesin 250 cc memiliki performa yang lebih tinggi.

Punya spesifikasi mesin SOHC 4 katup, 4 tak, pendingin cairan, fuel injection, dengan diameter piston 70 mm dan panjang langkah 64,9 mm.

Mesin dengan perbandingan kompresi 10,5:1 ini klaimnya punya tenaga maksimal 22,8 ps di 7.000 rpm dan torsi maksimal 24,3 Nm di 5.500 rpm.

Baca juga: Pemilik Yamaha XMax dan Honda Forza Perlu Bikin SIM C1?

Kalau NMax terbaru ini spesifikasinya tetap 155 cc SOHC 4 katup dengan VVA, pendingin cairan, fuel injection, dan tentu dengan teknologi YECVT.

Pakai diameter piston 58 mm dan panjang langkah 58,7 mm, mesin dengan rasio kompresi 11,6:1 ini klaimnya punya tenaga maksimal 15,3 ps di 8.000 rpm dan torsi maksimal 14,2 Nm pada 6.500 rpm.

Perbandingan Mesin
Yamaha XMax 250   Yamaha NMax "Turbo" Tech MAX Ultimate
SOHC 4 katup, 4 tak, pendingin cairan, fuel injection Tipe Mesin

155 cc SOHC 4 katup dengan VVA, pendingin cairan, fuel injection, YECVT

70 x 64,9 mm Bore x stroke 58 x 58,7 mm
10,5:1 Rasio kompresi 11,6:1
22,8 ps @7.000 rpm Tenaga maksimal 15,3 ps @8.000 rpm
24,3 Nm @5.500 rpm Torsi maksimal 14,2 Nm @6.500 rpm

Untuk jalan perkotaan tentu saja performa dari XMax 250 bisa dibilang lebih dari cukup, kalau dipakai perjalanan jauh atau turing barulah penggunanya bisa merasakan kelebihan dari mesin satu ini.

Tenaga yang cenderung linear sejak putaran rendah, ditambah rasio transmisi panjang membuat XMax 250 cukup nikmat, rasanya mesin seperti tidak kehabisan ‘nafas’ ketika dipakai keluar kota.

Baca juga: Cek Harga Terkini Maxi Yamaha, Xmax Tembus Rp 71 Jutaan!

Tembus Rp 45 Juta, Mending Yamaha NMax 'Turbo' atau XMax Bekas? 06

Mesin Xmax 250 punya tenaga besar dan linear

Sedangkan untuk NMax tentu saja karakter mesinnya sangat cukup dipakai di kondisi perkotaan, apalagi dengan teknologi YECVT membuat respon akselerasinya menjadi lebih cepat.

Meski begitu bukan berarti mesin NMax terbaru ini kurang cocok untuk perjalanan luar kota ya.

Rasanya tetap mumpuni karena kapasitas mesinnya 155 cc yang artinya cukup oke untuk rata-rata kondisi perkotaan maupun luar kota.

Tapi perlu diingat juga nih, performa yang lebih unggul berkat mesin 250 cc maka harus ditebus dengan konsumsi bahan bakar yang lebih boros juga.

Apalagi XMax 250 belum dibekali dengan fitur SSS atau Stop & Start System seperti NMax, jadi mesin akan terus hidup meski sedang tidak digunakan, contoh kondisinya seperti sedang menunggu lampu lalu lintas.

Kesimpulan

Dari penjelasan tersebut, rasanya bisa disimpulkan kalau kedua matic ini memiliki kelebihan masing-masing.

Baca juga: KYB Rilis Shockbreaker Untuk XMax dan Aerox 155, Harga Mulai Rp 4 Jutaan

Tembus Rp 45 Juta, Mending Yamaha NMax 'Turbo' atau XMax Bekas? 07

YECVT membuat rasio bisa diatur dengan mudah melalui saklar Y-Shift di kiri

Yang perlu menjadi catatan juga adalah tidak semua orang cocok menggunakan XMax 250 dan juga NMax "Turbo" Tech MAX Ultimate.

Karena semuanya kembali lagi terhadap kebutuhan dari tiap pengendara, yang ingin matic di perkotaan padat bisa pilih NMax.

Bagi yang butuh motor turing santai dengan ruang penyimpanan besar tentunya bisa meminang XMax 250 bekas.

Dan hal yang patut diperhitungkan juga yakni biaya perawatan, untuk penggantian oli misalnya, NMax butuh 1 liter sedangkan XMax butuh 1,6 liter.

Kemudian biaya jasa di servis di bengkel resmi pun tentunya lebih mahal XMax ketimbang NMax terbaru sekalipun.

Jadi mending beli 155 cc tapi baru atau 250 cc tapi bekas nih?

Fariz

Senior Writer

Mulai menjadi jurnalis otomotif & test rider sejak tahun 2015, ketertarikan terhadap dunia otomotif terutama sepeda motor jadi pemicunya. Berkendara, touring, hingga balap sepeda motor menjadi hal yang melekat dan dilakukan sampai saat ini. Facebook: Fariz Ibrahim Instagram: @farizibrahim17

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });