Daftar Lengkap Model dan Varian Toyota Kijang Innova Mulai 2004 Hingga 2015, Mana yang Paling Layak Dipilih?

Varian Toyota Kijang Innova yang sudah diproduksi PT Toyota Astra Motor (TAM) untuk pasar Indonesia tentunya sudah banyak sekali.

Varian ini ada yang dibedakan berdasarkan penamaan tipe, jenis mesin yang dipakai apakah Innova bensin atau diesel, hingga adanya opsi pemakaian gearbox manual 5 percepatan serta yang dibekali transmisi otomatis (A/T).

Kemudian mobil ini juga telah diproduksi di beberapa negara lainnya seperti India, Malaysia, Filipina, Taiwan, dan Vietnam.

 

Di India pakai nama Innova Crysta

Innova juga dijual di Brunei Darussalam, Kamboja, Myanmar, Singapura, Thailand, negara-negara di Teluk Arab (GCC), Ekuador, Mesir, Jamaika, dan Argentina.

Sosok Toyota Kijang Innova memang sudah dikenal cukup lama oleh masyarakat Tanah Air.

Melihat kilas balik sejarahnya, kendaraan Multi Purpose Vehicle yang diperkenalkan oleh PT TAM pada 1 September 2004 ini memiliki kode AN40.

Tentunya Innova juga telah mengalami tiga kali pergantian generasi, dimana untuk Kijang Innova generasi kedua dijuluki Innova Reborn, sementara Innova generasi ketiga kini dinamakan Innova Zenix.

Nah apa saja ragam varian Toyota Kijang Innova yang beredar di Indonesia? Mari kita ulas satu persatu berdasarkan tahun kelahiran mobil tersebut.

Baca juga: Update Harga Bekas Toyota Innova Reborn 2022, Kini Hanya Seharga Toyota Veloz Baru

Toyota Kijang Innova 2004-2008

Toyota Kijang Innova 2004-2008

Generasi pertama Toyota Kijang Innova ini memiliki bentuk yang lebih membulat pada tampilan eksteriornya serta tersedia dalam varian tipe E, G, V, dan V Luxury.

Bicara soal jantung pacu, pada Innova generasi pertamanya hadir dengan pilihan mesin bensin 1 TR-FE VVT-i 2.000 cc dan 2 TR-FE VVT-i 2.700 cc yang khusus hadir dalam varian Toyota Kijang Innova V.

Sedangkan versi diesel D4D atau Direct Four Stroke Turbo Commonrail Injection 2.500 cc hanya tersedia pada varian E, G, dan V.

Mengenai pilihan tranmisi otomatis hanya tersedia pada tipe G dan V, atapun tipe E pakai transmisi manual 5 percepatan.

Untuk tipe E pada sisi interior sudah menggunakan lapisan jok fabric yang kemudian dilengkapi dengan empat speaker.

Tipe G juga dilengkapi empat speaker dan dua tweeter, plus ada high adjuster untuk pengaturan jok.

Innova 2.7 V yang pupulasinya sedikit (Foto: Instagram @bestmotor.id)

Untuk opsi tambahan, ada pilihan layar monitor di plafon 8 inci, khusus pada varian G Luxury.

Varian V yang merupakan tipe teratas generasi Kijang Innova ini, sudah dihiasi aksen wood panel dan balutan kulit sintetis pada interior.

Bahkan varian V juga telah menggunakan AC digital dan Multi Information Display (MID) yang memungkinkan pengendara dengan mudah mendapat informasi seputar kendaraan.

Menariknya, pada tipe V Luxury juga sudah dilengkapi captain seat di baris kedua, serta ABS dan airbag untuk fitur keselamatannya.

Sebagai informasi, PT TAM pernah mengahadirkan varian Kijang Innova 2.7 V yang diluncurkan pada 2005 serta dikenal dengan julukan Kijang Arab.

Tipe ini memakai mesin bensin 2.700 cc yang dipadukan dengan transmisi otomatis, serta dilengkapi dengan Dual SRS Airbags, ABS, dan captain seats untuk baris kedua.

Sayangnya pada tahun 2007, tipe ini dipensiunkan karena rendahnya permintaan yang diakibatkan oleh harganya yang relatif tinggi, serta karena dianggap lebih boros dalam hal konsumsi bahan bakarnya.

Baca juga: Harga Bekas Selisih Rp50 Juta, Ini Bedanya Toyota Kijang Innova Venturer Diesel dan Bensin

Toyota Kijang Innova 2009-2011

Toyota Kijang Innova 2009-2011

Toyota memberikan penyegaran pada Kijang Innova generasi pertama di tahun 2009.

Sebagai update minor, desain grillnya kini diberikan sentuhan krom dengan model empat garis horizontal, termasuk ubahan pada desain lampu utama dan belakang, serta lekukan bumper modern dan desain velgnya juga ikut direvisi sedikit.

Pada model facelift ini Innova tipe V dilengkapi dengan Audio Steering Switch dan AC otomatis.

Kemudian di Juli 2009, Toyota merilis Kijang Innova varian G Luxury dan V Luxury. 

Di generasi ini, Toyota menawarkan Innova varian terendah, yakni tipe J.

Secara fitur, model ini hanya dilengkapi dengan AC single di depan, power steering, power window, velg 14 inci, namun tidak dilengkapi sistem infotaiment.

Toyota menghadirkan varian J pada Kijang Innova ini sebagai opsi untuk kendaraan operasional perkantoran.

Tidak hanya mendapat update di sektor tampilan dan fitur, pada jantung pacunya di generasi ini berhasil disematkan teknologi Euro 2.

Selain lebih hemat bahan bakar juga mampu mengurangi emisi gas buang.

Oh iya, karena tipe J ini menggantikan varian E sebagai tipe terendahnya, namun untuk tipe E sedikit naik kelas lantaran kini telah dilengkapi AC double blower, Toyota Auto Alarm, dan juga varian bertransmisi otomatis.

Meski begitu, rear wiper dan fog lamp juga belum disediakan pada varian J ini.

Baca juga: Nggak Usah Beli Fortuner, Toyota Kijang Innova Generasi Pertama Tak Kalah Tangguh

Toyota Kijang Innova 2011-2013

Toyota Kijang Innova 2011-2013

Facelift kedua Toyota Kijang Innova hadir dipertengahan 2011 yang pakai nama Grand New Kijang Innova.

Innova menawarkan tampilan lebih segar pada ekterior dengan menggunakan lima garis horizontal dilapis krom, dan lekuk kap mesinnya juga ada sedikit pembaruan..

Model lampu depan memperoleh update bentuk lebih atraktif yang mana bagian ujung bentuknya seakan bersayap dan berpadu dengan fog lamp.

Pada penyegaran kedua ini, Innova tipe J telah dilengkapi head unit double DIN, plus empat speaker, AC double blower, pelek kaleng 14 inci, wiper belakang, dan wiper intermittent.

Sedangkan untuk varian di aatsnya yakni tipe E, varian ini sudah lebih lengkap terlihat 11-12 dengan tipe G yang mana sudah mendapat tambahan perlindungan bumper belakang, spoiler, velg alloy R15, side moulding, namun belum dilengkapi fog lamp.

Pada facelift ketiga, fitur keselamatan Kijang Innova tipe E telah dilengkapi sabuk pretensioner dan force limiter, sedangkan varian G memperoleh dual SRS airbags.

Baca juga: Konsumsi BBM Toyota Kijang Innova Venturer Bensin dan Diesel, Mana yang Irit Uang Jalan?

Toyota Kijang Innova 2013-2015

Toyota Kijang Innova 2013-2015

Pada 2013, Toyota Kijang Innova kembali mendapat penyegaran secara minor. TAM sendiri mempercantik dan mempertegas tampilan luarnya.

Grill daripada facelift ketiganya kini memiliki dimensi yang lebih besar. Sebagian besar orang menyebutnya sebagai Innova barong.

Untuk semua model, baik J, E, G dan V sudah dilengkapi Dual SRS Airbag, sabuk pengaman dengan pre-tensioner, dan force limiter.

Sementara untuk tampilan lainnya memperoleh sedikit sentuhan baru dengan desain yang lebih lebar lengkap dengan body kit, underguard, serta cover fog lamp baru yang membuatnya tampil lebih luxury.

Baca juga: Keunggulan Toyota Kijang Innova Bensin 2.7, Varian Langka Incaran Kolektor Bikin Harganya Gelap

Varian Toyota Kijang Innova 2011-2013 Paling Layak untuk Dipilih

Toyota Kijang Innova lansiran 2011-2013 layan untuk dipilih saat ini

Setelah mengulas seluruh model dan varian Toyota Kijang Innova pada generasi pertama yang diproduksi mulai 2004 hingga 2015, kini saatnya menentukan varian mana yang layak untuk dipilih.

Menurut kami, Kijang Innova lansiran 2011-2013 sangat cocok untuk dipilih saat ini. Selain memiliki bentuk yang proper dari segi tampilan luarnya, fitur yang dimiliki juga tergolong lengkap.

Seperti yang sudah kami sampaikan sebelumnya, untuk tipe E nya saja menggunakan velg R15 berbahan dasar alloy, double blower, Head Unit 2 DIN CD dengan 4 Speaker, dan Rear Wiper. Fitur keselamatannya pun dilengkapi SRS Airbag, sabuk pretensioner dan force limiter.

Pada varian G Luxury, kalian juga sudah bisa menemukan jok dengan captain seat di baris keduanya. Dengan begitu punumpang di baris kedua tidak akan mudah lelah ketika melakukan perjalan jauh.

Di sisi lain, penumpang pun akan merasa lebih nyaman karena masing-masing jok sudah dilengkapi dengan arm rest serta busa yang tebal. Begitupun pada penumpang baris ketiganya, mereka juga bebas dengan mudah keluar masuk mobil melalui celah lorong ditengahnya tanpa harus mengganggu penumpang lainnya.

Perlu kalian ketahui, pada generasi ini Toyota Kijang Innova E dan G diesel matic paling sering diburu dan layak untuk dipilih. Selain mampu menghasilkan tenaga dan torsi yang cukup buas, konsumsi BBMnya pun tergolong irit.

Mengetahui pasaran harga bekasnya, varian dieselnya kini dibandrol Rp180 jutaan. Bicara tipe teratasnya, yakni V, model ini dipatok Rp210 jutaan.

Tampilan belakang Toyota Kijang Innova 2011-2013

Jika budget kalian terbatas, opsi lainnya ada pada Toyota Kijang Innova E dan G bensin manual.

Kenapa kami lebih menyarankan transmisi manual? Karena untuk mesin bensin yang dikawinkan transmisi otomatis, tingkat responsifnya kurang begitu baik.

Melihat harga bekasnya dari salah satu situs jual beli mobil bekas, kedua varian bensinnya ini ditawarkan Rp120 jutaan. Untuk tipe V nya berada di harga Rp140 jutaan.

Setelah melihat ulasan di atas mengenai model dan varian Toyota Kijang Innova generasi pertama, kalian tertarik untuk memilih yang mana?

Baca juga: Berburu SUV RWD, Apakah Lebih Untung Beli Toyota Rush Baru Dibanding Mitsubishi Pajero Sport Bekas?

    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia...

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Toyota Kijang Innova

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

Lihat Lebih

Video Pendek Terkait

Related Videos

Toyota Innova Zenix Jauh Lebih Baik dari Reborn?

Rekomendasi Mobil Keluarga AutoFun Indonesia 2023 (FCR)

Kijang Innova Elektrik Akhirnya Mobil Wajib Orang Kaya Butuh Colokan Listrik

Toyota Kijang Innova 50th Limited Edition, Bakal Jadi Barang Langka

Pesaing Kijang innova ! Mobil MPV Keluarga Mewah serasa Toyota Alphard Kia carnival 2021

NETA Auto Indonesia selaku agen pemegang merek mobil listrik NETA di Tanah Air sudah mengumumkan bakal meluncurkan dua SUV listrik pada tahun depan, satu diantaranya disebut-sebut NETA X. Kabar mengenai kehadiran produk terbarunya di Indonesia pada tahun depan disampaikan secara langsung oleh Jordy Angkawidjaja, Product Planning Manager PT NETA Auto Indonesia (NAI), Selasa (12/12/2023). "Ada dua new model di tahun depan, di pertengahan tahun pertama modelnya Small SUV dan berikutnya menyusul Med
Suzuki Jimny 5 pintu saat ini sedang ramai dibicarakan karena kabarnya bakal segera dijual resmi di Indonesia. Meski pihak PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) belum berkometar apa-apa untuk versi Long Wheel Base (LWB) dari Jimny generasi keempat tersebut, tetapi beberapa bukti jika unit ini siap-siap masuk ke Tanah Air sudah terhendus. Perusahaan dengan logo huruf S ini terdeteksi sudah menampilkan data Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) untuk unit Jimny 5 pintu di situs resmi Badan Pendapatan Dae
Pemerintah akhirnya menerbitkan Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 79 tahun 2023 tentang Perubahan atau Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle) Untuk Transportasi Jalan. Perpres yang ditandatangani Presiden Joko Widodo tersebut pada 8 Desember 2023 tersebut diketahui sengaja dilakukan revisi untuk percepatan peningkatan ekosistem kendaraan bermotor listrik berbasis baterai. Selain itu, pemer
Konsumsi BBM Toyota Kijang Innova Reborn bensin kerap diberi stigma negatif oleh sebagian besar masyarakat, karena dianggap kurang cocok untuk pemakaian di dalam kota. Akibatnya, citra Innova Reborn bermesin gasoline ini kalah pamor dibanding saudara kembarnya yang dijejali mesin berbahan bakar diesel. Namun benarkah kesan boros pada konsumsi BBM Toyota Innova Reborn bensin ini segitu menyeramkan sehingga hanya yang bukan kaum mendang-mending saja yang menikmati medium MPV tersebut? Untuk itulah
Kali ini Autofun akan membahas tentang kelemahan dan kelebihan Honda CR-V generasi ketiga yang secara tampilan masih terlihat modern dibanding mobil-mobil masa kini. Honda CR-V memang menjadi salah satu living legend SUV monokok di Indonesia. Hingga saat ini, sudah ada lima generasi CR-V yang beredar di tanah air, dan satu generasi tersukses Honda CR-V yaitu dengan kode sasis RE1 dan RE3 atau yang juga mendapat julukan di Indonesia sebagai CR-V kura-kura. Sebutan kura-kura ini muncul karena desa

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaruPembaruan
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

Toyota Kijang Innova
Lihat